in ,

Rekomendasi Kuliner Jogja yang Bisa Manjakan Lidah Kalian

Kuliner Jogja – Jogja adalah salah satu daerah yang memiliki beragam kekayaan dalam berbagai hal. Mulai dari kebudayaan, destinasi wisata hingga kuliner khas daerah tersebut selalu bisa menjadikan Jogja tampak lain daripada lainnya.

Berkunjung ke Jogja rasanya tak lengkap jika tak mencoba mencicipi makanan khas yang ada di daerah tersebut. Tenang tak perlu bingung jika kalian belum tahu rekomendasi wisata kuliner Jogja yang bisa dicicipi.

Sebab dalam artikel ini akan dibahas lebih dalam lagi terkait dengan rekomendasi wisata kuliner Jogja yang tentunya soal rasa tak perlu diragukan lagi. Lalu apa saja daftar wisata kuliner Jogja yang bisa dicoba? Berikut ini merupakan penjelasan akan rekomendasi daftar wisata kuliner daerah Jogja.

Deretan Kuliner Jogja yang Bangkitkan Selera

Gudeg Yu Djum

sumber: traveloka

Bicara tentang kuliner Jogja tentunya tak bisa lepas dari yang namanya gudeg. Meski saat ini sudah banyak penjual menu makanan gudeg, namun tak semua mampu memberikan citra rasa khas gudeg Jogja.

Salah satu rekomendasi tempat makan daerah Jogja yang menawarkan gudeg jogja adalah Gudeg Yu Djum. Bahkan banyak orang sudah begitu mengenal Gudeg Yu Djum karena memang sudah berdiri sejak tahun 1950-an.

Tak hanya bisa disantap di tempat saja, namun kalian juga bisa membawa gudeg dari Gudeg Yu Djum ke rumah sebagai oleh-oleh khas Jogja. Gudeg Yu Djum sendiri berlokasi di Jl. Kaliurang Km. 4.5, Karangasem, Mbarek CT III/22, Jogjakarta.

Namun ada beberapa outlet Gudeg Yu Djum yang sudah tersebar luas di beberapa lokasi seperti Jalan Kaliurang, Jalan Laksda Adisucipto, Jalan Wates, Jalan Wonosari, hingga dekat Yogyakarta International Airport . Sedangkan untuk harga menu makanan yang ditawarkan di Gudeg Yu Djum adalah mulai dari Rp20.000-an per porsinya.

Gudeg Pawon

Masih dengan menu kuliner yang sama yaitu gudeg Jogja. Kalian juga bisa mampir ke Gudeg Pawon yang berlokasi di Jl. Prof. Dr. Soepomo SH, Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Jogjakarta. Dengan harga mulai dari Rp20.000-an per porsinya menjadikan Gudeg Pawon selalu laris diserbu pengunjung.

Hal unik yang tak bisa diberikan oleh penjual lainnya adalah kalian bisa menengok langsung proses masak gudeg di Gudeg Pawon. Tentunya hal ini akan menjadi pengalaman tersendiri bagi para pelanggan yang ingin tahu lebih dalam lagi tentang cara masak gudeg Jogja yang begitu legendary hingga saat ini.

Konon katanya karena para pelanggan bisa menengok langsung ke dapur selama proses pembuatan menu makanan gudeg inilah yang menjadikan rumah makan tersebut diberikan nama Gudeg Pawon. Kata pawon jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah dapur.
Namun untuk mendapatkan menu dari Gudeg Pawon, kalian harus bisa lebih berusaha. Karena Gudeg Pawon sendiri mulai buka pukul 22.00 WIB.

Gudeg Permata

Jogja memang selalu memiliki menu andalan gudeg di setiap tempat makan. Salah satunya yang ada di Gudeg Permata yang terletak di Jl. Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Jogjakarta atau di sisi barat bekas gedung bioskop Permata.

makan Gudeg Permata sendiri buka mulai pukul 20.30 WIB sama seperti penjual gudeg di tempat lainnya. Namun untuk bisa mendapatkan satu porsi di Gudeg Permata, kalian wajib banget datang awal.

Hal ini dikarenakan Gudeg Permata selalu ramai pembeli. Bahkan meski belum buka sekalipun sudah banyak yang antre. Di warung makan Gudeg Permata, kalian bisa melihat berbagai macam isian yang ada di dalam baskom.

Mulai dari telur, sambal krecek, ayam suwir, tetelan dan masih banyak pilihan lainnya. Tentunya makan gudeg di warung makan Gudeg Permata sangat cocok ditemani dengan teh hangat sambil melihat suasana di Jogja malam hari. Tenang untuk harga per porsi yang ditawarkan oleh warung makan Gudeg Permata begitu terjangkau kok. Kalian bisa mendapatkan satu porsi menu makanan di Gudeg Permata mulai dari harga Rp20.000-an saja.

Gudeg Mbah Lindu

Jika bertanya siapa penjual gudeg legendaris di Jogja, mungkin Gudeg Mbah Lindu adalah salah satunya. Karena konon katanya Gudeg Mbah Lindu di Jogja sudah berusia hampir 100 tahun lamanya dengan citra rasa yang terus dipertahankan.

Saat ini Mbah Lindu yang sudah berusia renta banyak dibantu oleh anak-anaknya ketika berjualan. Meski begitu Mbah Lindu tetap aktif turut menjual gudeg khas Jogja ini seperti saat usia muda.

Harga per porsi yang ditawarkan oleh Gudeg Mbah Lindu adalah mulai dari Rp15.000-an saja. Kalian bisa menemukan Gudeg Mbah Lindu di Jl. Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271. Sedangkan untuk jam operasionalnya adalah mulai pukul 05.00 hingga 10.30 WIB.

Angkringan KR Pak Jabrik

Ke Jogja namun tak mampir ke angkringannya, rasanya seperti ada yang kurang lho. Angkringan KR Pak Jabrik bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat nongkrong yang menawarkan harga cukup terjangkau di kantong semua orang.

Harga yang ditawarkan oleh Angkringan KR Pak Jabrik rata-rata mulai dari Rp2.000-an saja per bungkusnya. Angkringan KR Pak Jabrik sendiri terletak di Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Kec. Jetis, Jogjakarta.

https://www.gramedia.com/products/jogja-culinary-nongkrong-recommended-5-hc?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Angkringan Lik Man

sumber: IDN Times

Berikutya ada Angkringan Lik Man yang juga bisa kalian kunjungi ketika di Jogja. Lokasi dari Angkringan Lik Man adalah di Jl. Pasar Kembang, Sosromenduran, Gedong Tengen, Jogjakarta. Sama seperti angkringan pada umumnya, Angkringan Lik Man menyediakan makanan dengan harga yang tergolong terjangkau yaitu mulai dari Rp2.000-an per bungkusnya.

Angkringan Lik Man mampu memberikan menu yang berbeda daripada angkringan yang lainnya, yaitu adanya menu kopi jos. Salah satu kopi legendari yang bisa ditemukan di Jogja, dimana di atas kopi tersebut akan diberikan arang yang masih panas.

Karena keunikannya tersebutlah, kopi jos kerap dicari banyak orang ketika di Jogja. Angkringan Lik Man buka mulai dari sore hari dan kalian bisa mendapatkan banyak menu pilihan nasi kucing dan berbagai macam sate serta gorengan.

Bakpia Kurnia Sari

Wisata ke Jogja tanpa membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah rasanya tetap ada yang kurang yakan. Nah biasanya banyak orang menjadikan bakpia sebagai rekomendasi pilihan oleh-oleh.

Ada salah satu outlet penjual bakpia yang sudah begitu terkenal keberadaanya yaitu Bakpia Kurnia Sari. Bakpia Kurnia Sari berada di Jl. Glagahsari No.91, Jogjakarta. Dengan harga mulai dari Rp42.000 per kotaknya, kalian sudah bisa membawa pulang Bakpia Kurnia Sari.

Banyak menu pilihan rasa yang ditawarkan oleh Bakpia Kurnia Sari. Mulai dari rasa cokelat mete, keju, kacang hijau, kumbu hitam, tiramisu, kopi maupun susu bisa kalian jadikan pilihan. Bakpia yang ditawarkan oleh Bakpia Kurnia Sari memiliki tekstur yang lembut.

Oleh karena itu ketika membeli bakpia dari Bakpia Kurnia Sari selalu mampu memberikan citra rasa yang berbeda serta begitu nagih ketika dicicipi lho. Tak heran banyak orang membeli bakpia dari Bakpia Kurnia Sari lebih dari satu kotak.

https://ebooks.gramedia.com/id/buku/jalan-jalan-kuliner-aseli-jogja?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Bakpia Kukus Tugu Jogja

Bakpia kukus menjadi salah satu jenis bakpia yang begitu trending belakangan ini. Di mana bakpia kukus bisa memiliki tekstur yang lebih lembut daripada bakpia pada umumnya. Bahkan mungkin bakpia kukus memiliki rasa seperti kue bolu atau brownies.

Untuk bisa mendapatkan bakpia kukus legendaris dari Jogja, kalian bisa membelinya di Bakpia Kukus Tugu Jogja. Bakpia Kukus Tugu Jogja berada di Jl. Solo KM.9 No.3, Karangploso, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Jogjakarta.

Bakpia Kukus Tugu Jogja menawarkan harga per kotak dengan begitu terjangkau yaitu Rp36.000 per kotaknya. Selain itu banyak varian rasa Bakpia Kukus Tugu Jogja yang bisa kalian pilih, mulai dari rasa keju, kacang hijau, coklat dan stroberi.

Mie Ayam Bu Tumini

sumber: JogjaKita

Jika kalian begitu suka menu makanan dengan bahan baku mie, maka kalian tak boleh melewatkan Mie Ayam Bu Tumini. Mie Ayam Bu Tumini sendiri berada Jalan Imogiri Timur Nomor 187, Umbulharjo, Kota Yogyakarta dan buka setiap hari mulai jam 10.00 hingga 17.00 WIB.

Meski buka sampai sore, namun Mie Ayam Bu Tumini kerap habis sebelum jam tutup. Hal ini tak lain kuah coklat kental yang ditawarkan Mie Ayam Bu Tumini selalu memberikan citra rasa yang begitu khas dan tak dimiliki oleh mie ayam pada umumnya.

Hanya dengan harga Rp10.000, kalian sudah bisa menikmati satu porsi Mie Ayam Bu Tumini yang sudah dilengkapi dengan lauk ayam maupun ceker.

Sate Kere Bu Dibyo

Ingin makan sate namun hanya memiliki uang pas-pasan. Tentang Jogja selalu memberikan solusi untuk kalian yang ingin makan murah namun tetap kenyang. Dimana kalian bisa mencoba mampir ke Malioboro dan menikmati Sate Kere Bu Dibyo di pasar Beringharjo.

Sate kere sendiri menggunakan bahan dasar jeroan sapi yang dibakar menggunakan arang. Sejak jaman dahulu penyajian sate kere selalu berada di atas pincukan daun pisang. Rasa manis dan gurih selalu ditawarkan oleh Sate Kere Bu Dibyo. Bahkan beberapa pengunjung ada yang secara langsung request untuk bisa mendapatkan sate kere dengan tekstur yang agak gosong.

Lokasi tepat dari Sate Kere Bu Dibyo adalah di Jl. Pabringan No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122. Lalu untuk harga per porsi yang ditawarkannya adalah mulai dari Rp10.000-an saja, cukup murah bukan untuk harga sekelas menu makanan sate.

Sate Klatak Pak Bari

Jika kalian pernah nonton film AADC 2, tentunya warung makan Sate Klatak Pak Bari sangat taka sing. Sate Klatak Pak Bari memang terkenang dengan citra rasa yang begitu unik, enak, empuk serta tak bau. Yang membuat sate klatak berbeda dari lainnya adalah pada tusukan yang digunakan. Pasalnya sate klatak tak menggunakan tusukan bambu seperti sate pada umumnya namun menggunakan jeruji seperti yang terbuat dari besi.

Sate klatak di Sate Klatak Pak Bari sangat cocok dengan gulai hangat. Sate Klatak Pak Bari berlokasi di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Wonokromo II, Wonokromo, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791.

Untuk jam operasional Sate Klatak Pak Bari adalah mulai dari pukul 18.30 hingga 01.00 WIB. Sedangkan untuk harga per porsi Sate Klatak Pak Bari adalah mulai dari Rp20.000-an saja.

Es Buah PK

Jalan-jalan di Jogja tentunya akan menjadikan kalian merasa begitu dahaga. Nah salah satu rekomendasi warung es buah yang bisa dicoba adalah Es Buah PK. Nama PK sendiri merupakan singkatan dari Pakuningratan karena lokasi dari Es Buah PK ada di Jl. Pakuningratan No.76 A, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233.

Kabarnya Es Buah PK sudah berdiri sejak tahun 1973. Hanya dengan uang Rp10.000-an, kalian sudah bisa mendapatkan Es Buah PK yang memiliki banyak isian di dalamnya. Mulai dari potongan nangka, cincau hitam, sawo, kelapa mudah, alpukat, susu coklat ditambah parutan es.

Meski memiliki jam operasional dari jam 10.00 hingga 18.00 WIB. Es Buah PK tak pernah sepi dari antrian pembeli. Oleh karena itu ketika kalian datang ke Es Buah PK bersiaplah untuk antri dengan pembeli lainnya.

Oseng Mercon Bu Narti

sumber: Grab ID

Ingin menikmati menu makanan di Jogja yang menawarkan rasa pedas tiada tara, maka kalian bisa mencoba datang ke warung makan Oseng Mercon Bu Narti yang berlokasi di Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.110, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55262.

Oseng Mercon Bu Narti sudah berdiri sejak 20 tahun lalu dan tentunya citra rasa yang begitu khas tetap dipertahankan hingga saat ini. Menu oseng-oseng mercon yang ditawarkan oleh warung makan Oseng Mercon Bu Narti terdiri dari potongan kikil, daging, gajih, kulit serta tulang mudah dan cabai utuh yang begitu melimpah.

Hanya dengan uang Rp15.000 saja, kalian sudah bisa menikmati menu makanan oseng-oseng mercon dari warung makan Oseng Mercon Bu Narti. Lalu untuk jam operasional warung makan Oseng Mercon Bu Narti adalah mulai pukul 17.00 hingga 00.00 WIB.

Jenang Lempuyangan Bu Gesti

Ke Jogja tentunya tak boleh melewatkan jajanan tradisional seperti Jenang Lempuyangan Bu Gesti. Sampai saat ini Jenang Lempuyangan Bu Gesti tak pernah sepi dari para pembeli karena memang memberikan citra rasa yang tak pernah berubah sejak awal berdiri.

Jenang Lempuyangan Bu Gesti menawarkan tiga macam jenang atau bubur tradisional yang begitu manis ketika dicoba. Mulai dari jenang sumsum, jenang canding dan jenang mutiara bisa kalian dapatkan di Jenang Lempuyangan Bu Gesti. Tentunya ketiga jenis jenang tersebut bisa memberikan kenangan manis ketika kalian berada di Jogja.

Jenang Lempuyangan Bu Gesti berlokasi di Jl. Tegal Kemuning No.183, Tegal Panggung, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55212 dan memiliki jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB.

Sedangkan untuk harga satu porsi yang ditawarkan oleh Jenang Lempuyangan Bu Gesti berlokasi terbilang cukup terjangkau yaitu mulai Rp15.000-an saja.

Wedang Tahu Bu Sukardi

Umumnya wedang tahu di daerah lain disebut dengan nama tahwa atau kembang tahu. Namun di Jogja lebih kerap dikenal sebagai wedang tahu. Salah satu warung yang menjual menu wedang tahu adalah Wedang Tahu Bu Sukardi.

Kudapan pagi yang begitu ringan inti dibuat dari olahan kedelai lembut yang dilengkapi dengan kuah jahe mirip dengan wedang ronde. Wedang Tahu Bu Sukardi cocok banget dinikmati sebagai santapan ringan sebelum beraktivitas seharian.

Wedang Tahu Bu Sukardi berada di Jl. Kranggan No.75, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233 dan memiliki jam operasional mulai pukul 06.30 hingga 11.00 WIB. Sedangkan untuk harga satu porsi Wedang Tahu Bu Sukardi adalah Rp6.000-an saja.

Raminten House

Siapa sih yang tak tahu Raminten House yang begitu populer di Jogja. Raminten House sendiri terletak di Jalan FM Noto nomor 7, Kotabaru, Yogyakarta dan buka setiap hari mulai pukul 12.00 hingga 00.00 WIB.

Raminten House menyajikan makanan khas Jawa dengan interior tradisional yang bisa begitu nyaman ketika dikunjungi. Ketika masuk ke dalam Raminten House, kalian akan mendengar suara musik dan mencium bau wewangian bunga.

Seluruh makanan yang ada di Raminten House adalah menu warisan dari keluarga turun-temurun. Tak heran jika Raminten House selalu memberikan citra rasa khas di setiap menu makanan yang ditawarkan.

Nah itulah beberapa kuliner Jogja yang tak boleh kalian lewatkan ketika berkunjung ke daerah tersebut.Grameds juga bisa membaca buku-buku terkait Jogja dengan mengunjungi Gramedia.com agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

Baca juga:

Written by M. Hardi