in

12 Manfaat Kolang Kaling untuk Tubuh

Pour Red Food Coloring to the Pan with Pam Fruit, Step by Step Making Manisan Kolang Kaling for Ramadan Breakfasting and Ied Fitr

Manfaat kolang kaling sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Kolang kaling memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh. Kolang kaling akan memberikan asupan vitamin untuk tubuh.

Di kalam kolang kaling terdapat vitamin A, memiliki manfaat yang baik untuk memperkuat penglihatan. Vitamin B, memiliki manfaat untuk peremajaan kulit serta sel-sel yang ada di dalam tubuh. Vitamin C, memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Masih banyak lagi kandungan baik di dalam kolang kaling. Hal itu membuat kolang kaling memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat kolang kaling? Artikel ini akan membahas mengenai 12 manfaat kolang kaling.

Manfaat Kolang Kaling

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Ied foodie from jakarta

Manfaat kolang kaling adalah dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Salah satu kandungan baik di dalam kolang kaling adalah vitamin C. Vitamin C yang ada di dalam kolang kaling terbilang cukup tinggi.

Vitamin C memiliki peran sebagai antioksidan. Maka vitamin C ini dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan di dalam tubuh. Inilah manfaat kolang kaling sebagai penjaga sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, kolang kaling dapat menangkal radikal bebas. Gunanya supaya tidak melekat pada jaringan dan sel tubuh. sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan. Ini akan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

2. Melancarkan pencernaan

Ied foodie from jakarta

Manfaat kolang kaling baik untuk pencernaan. 100 gram kolang kaling memiliki kandungan serat tidak larut atau serat kasar sekitar 1,6 gram. Serat-serat tersebut akan mendukung pergerakan dari sistem pencernaan.

Selain itu, serat tersebut akan membantu meningkatkan massa feses. Kolang kaling ini dapat dikonsumsi pada orang yang sedang menderita sembelit. Masalah sembelit akan teratasi melalui kolang kaling.

Konsumsilah sekitar 5 sampai 10 buah kolang kaling. Kamu bisa melarutkannya di dalam sedikit air gula untuk mengonsumsinya. Ini akan membuat rasa kolang kaling lebih terasa nikmat.

3. Membantu memperkuat tulang

Manisan Kolang-Kaling, or preserved sugar palm fruit, tinted pinku red. An Indonesian typical refreshment and dessert during Ramadan month and in Idul Fitri or Hari Raya.

Untuk memperkuat tulang, banyak orang yang mengonsumsi susu. Susu adalah minuman yang memiliki banyak kandungan kalsium di dalamnya. Oleh sebab itu, susu akan membantu memperkuat tulang.

Akan tetapi, tidak hanya susu saja yang dapat memperkuat tulang. Manfaat kolang kaling juga dapat membantu memperkuat tulang. Terlebih susu juga memiliki bentuk kalori yang berisiko cukup tinggi.

Mengonsumsi susu secara berlebihan dapat membuat tubuh menjadi terlalu gemuk. Untuk mengganti susu, kamu bisa mengonsumsi kolang kaling. Kolang kaling memiliki khasiat yang baik untuk tulang.

Di dalam 100 gram kolang kaling terdapat kandungan kalsium sebesar 91 mg kalsium. Berbeda dari kolang kaling, susu memiliki kandungan 125 mg kalsium pada setiap 100 gram susu. Inilah yang membuat kolang kaling juga bisa menjadi pengganti susu dalam membantu memperkuat kesehatan tulang.

Pangan Sehat Tinggi Kalsium: Kolang-kaling & Siwalan
Pangan Sehat Tinggi Kalsium: Kolang-kaling & Siwalan

tombol beli buku

Buku ini menampilkan 30 resep yang dapat menjadi inspirasi untuk menyajikan makanan dan minuman yang istimewa untuk keluarga tercinta dan handai taulan. Kolang-kaling dan Siwalan dikenal sebagai buah yang kerap dijadikan sebagai bahan campuran membuat es campur. Selain lezat, Kolang-kaling juga kaya akan kalsium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang. Bahkan kandungan galaktomanan yang terdapat pada Kolang-kaling dipercaya mampu mengatasi penyakit radang sendi.

Manfaat Kolang Kaling

4. Mencegah anemia

picture of kolang-kaling or sugar palm fruit

Manfaat kolang kaling selanjutnya adalah dapat mencegah anemia. Kolang kaling memiliki zat besi di dalamnya. Ini adalah komponen yang penting dari hemoglobin.

Komponen ini berfungsi untuk memasok oksigen. Oksigen akan mengalir ke seluruh jaringan tubuh. Aliran oksigen ini akan ada di dalam sirkulasi darah.

Kolang kaling adalah makanan yang dapat mencukupi asupan zat besi. Zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat didapatkan melalui kolang kaling. Ketika zat besi terpenuhi, maka tubuh akan terhindar dari risiko anemia.

5. Makanan saat diet

One of indonesian traditional fasting food

Manfaat kolang kaling juga bisa dirasakan oleh orang yang sedang dalam program penurunan berat badan. Ada penelitian yang dilakukan oleh para ahli terkait kolang kaling. Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan bahwa banyak kandungan yang ada pada setiap 100 gram kolang kaling.

Ditemukan sekitar 4,0 gram karbohidrat total, 0,69 gram protein, serat kasar sebesar 0,95 gram dan kadar abu sekitar 1 gram. Tidak hanya itu, terdapat sekitar 94% kandungan air pada buah kolang kaling.

Inilah yang membuat buat kolang kaling terasa segar di dalam tubuh ketika dikonsumsi. Mengonsumsi kolang kaling juga akan menimbulkan rasa kenyang.

Di dalam kolang kaling juga terdapat kandungan agar-agar. Kandungan ini akan menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Inilah manfaat kolang kaling untuk program diet.

Mengonsumsi kolang kali akan menahan nafsu makan yang berlebihan. Kolang kaling adalah cemilan yang cocok untuk diet.

BACA JUGA: 10 Manfaat Kacang Tanah untuk Tubuh

6. Produk perawatan alami

Macro shot of “kolang kaling”, fruit of “aren tree” / Arenga pinnata, a kind of palm tree that usually grow at tropical forest such as Indonesia

Manfaat kolang kaling selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai produk perawatan alami. Manfaat ini cocok bagi kamu yang sedang menjalani perawatan kulit. Kamu dapat menggunakan kolang kaling sebagai bahan alami untuk perawatan kulit.

Perawatan kulit tidak hanya dilakukan dari luar kulit saja. Akan tetapi, kamu juga harus memberi kulit nutrisi dari dalam. Nutrisi tersebut dapat didapatkan dari makanan atau minuman.

Konsumsilah makanan  yang baik untuk kulit. Salah satunya adalah kolang kaling. Kolang kaling mengandung vitamin B. Vitamin ini memiliki khasiat yang baik untuk kulit dan tubuh.

Mengonsumsi kolang kaling akan membuat kulit menjadi lebih cantik. Selain itu, kulit juga akan memancarkan cahaya yang alami. Semua berkat perawatan dari luar maupun dalam kulit.

7. Membantu mengobati radang sendi

Sugar palm fruit or kolang kaling at Ramadan Bazar market

Manfaat kolang kaling juga dapat membantu mengobati radang sendi. Hal ini karena terdapat sifat obat analgesik di dalam kolang kaling. Inilah yang membuat kolang kaling dapat menjadi pilihan obat dalam mengobati radang sendi.

Selain sifat anti analgesik, terdapat kandungan baik yang ada pada kolang kaling. Kandungan tersebut adalah galactomannan. Kandungan galactomannan bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada sendi- sendi yang meradang.

8. Mengobati gatal

Sugar Palm Fruit or Kolang-kaling for sale at Vegetable Market in Indonesia

Buah kolang kaling memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Akan tetapi, tidak hanya buahnya saja yang terdapat banyak manfaat. Getah kolang kaling juga memiliki khasiat.

Khasiatnya adalah dapat menjadi obat untuk gatal-gatal pada tubuh. Namun penggunaannya tidak bisa sembarangan. Kamu harus memerlukan tutorial penggunaan kolang-kaling untuk obat gatal dari orang yang sudah berpengalaman.

Manfaat Kolang Kaling

9. Menenangkan kulit yang iritasi

Sugar palm fruit on wooden plate on white background.

Kulit yang sedang mengalami iritasi akan terasa gatal. Kulit juga akan terlihat lebih kering dan bersisik. Tak jarang kulit yang iritasi akan berwarna kemerahan.

Kondisi tersebut akan membuat rasa nyeri atau perih pada area yang ititasi. Iritasi yang ringan memiliki tingkat bahaya yang rendah. Namun, iritasi yang parah akan membuat kamu terganggu, sehingga tidak dapat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Penyebab kulit iritasi bisa bermacam-macam. Bahkan, ada penyebab yang tidak disadari. Seperti hawa panas, bahan pakaian yang tidak cocok, minyak wangi, produk kecantikan, produk bahan karet, sabun cuci tangan, bunga, pembersih rumah, perhiasan, tabir surya, gigitan serangga, makanan yang pedas, dan hal lainnya.

Manfaat kolang kaling juga dapat menenangkan kulit yang sedang iritasi. Kamu bisa menggunakan kolang kaling pada area yang iritasi. Caranya cukup mudah.

Siapkanlah beberapa butir kolang kaling yang sudah bersih. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan kolang kaling ke area kulit yang iritasi. Kamu tidak perlu khawatir, kolang kaling adalah buah yang aman untuk kulit sensitif.

Minuman yang terbuat dari kolang kaling juga berkhasiat. Minuman kolang kaling memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Radang kulit adalah penyakit yang dapat diatasi oleh kolang kaling. Kolang kaling ini juga aman untuk orang dewasa, bayi yang baru lahir maupun untuk anak-anak.

10. Mencegah osteoporosis

Sugar palm fruit on wooden plate on black background.

Osteoporosis adalah kondisi tulang yang kepadatannya berkurang. Kondisi ini akan membuat tulang menjadi keropos. Akibatnya, tulang akan mudah patah.

Osteoporosis adalah penyakit yang cukup jarang menimbulkan gejala. Gejala penyakit osteoporosis baru diketahui saat penderitanya jatuh. Ketika jatuh kemudian cedera dan patah tulang, maka baru terlihat penyakit osteoporosis tersebut.

Penyakit osteoporosis ini tidak terkait dengan usia. Osteoporosis dapat dialami oleh siapa saja, dari kalangan mana saja. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Akan tetapi, penyakit osteoporosis ini lebih sering dialami oleh perempuan yang sudah di masa menopause. Hal ini terjadi karena tulang kekurangan kadar estrogen. Sehingga akan mempengaruhi kepadatan tulang.

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya. Kolang kaling memiliki manfaat yang baik untuk tulang. Maka dari itu, kolang kaling akan membantu kamu untuk mencegah osteoporosis.

Di dalam 100 gram kolang kaling terdapat 243 fosfor dan 91 kalsium. Kedua kandungan tersebut akan membantu menjaga tulang. Tulang akan tumbuh lebih baik dan sehat, sehingga manfaat kolang kaling dapat membuat kamu terhindar dari osteoporosis.

Buku Ajar Osteoporosis: Patofisiologi dan Peran Atom Mineral dalam Manajemen
Buku Ajar Osteoporosis: Patofisiologi dan Peran Atom Mineral dalam Manajemen

tombol beli buku

Buku Ajar Osteoporosis: Patofisiologi dan Peran Atom Mineral dalam Manajemen Terapi ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pembaca tentang patofisiologi osteoporosis, terutama peranan atom mineral dalam perkembangan struktur tulang dalam perkembangan penyakit. Topik-topik yang dikemas dalam buku ini memaparkan aspek-aspek biologi molekuler dan biofisika tentang patofisiologi osteoporosis, hierarki atom mineral dalam perkembangan fungsi tulang, serta perkembangan terbaru aplikasi nano hidroksiapatit.

11. Menghidrasi tubuh

Sugar palm fruit on wooden plate on wood background.

Kolang kaling adalah buah yang memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Oleh sebab itu, manfaat kolang kaling dapat menghidrasi tubuh. Mengonsumsi kolang kaling akan membantu tubuh dalam menambah cairan.

Kolang kaling akan mengisi kembali nutrisi dan mineral yang sudah hilang. Selain itu, kolang kaling juga akan meredakan panas di dalam tubuh. Beragam kandungan mineral dan vitamin yang ada di kolang kaling akan membuat tubuh terhindar dari dehidrasi.

12. Menjaga kadar gula darah

Ramadan Food Kolang Kaling Compote close up view

Manfaat kolang kaling juga dapat menjaga kadar gula darah. Kolang kaling mempunyai indeks glikemik yang rendah. Hal ini menjadi aman dikonsumsi oleh penderita obesitas atau penderita diabetes.

Mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi akan membuat lonjakan di kadar gula darah. Inilah yang membuat kolang kaling aman untuk kadar gula darah.

Hidup Sehat Pasca Diabetes, Berhasil Selama 21 Tahun Mengendalikan Diabetes
Hidup Sehat Pasca Diabetes, Berhasil Selama 21 Tahun Mengendalikan Diabetes

tombol beli buku

Buku ini ditulis sendiri oleh seorang survivor diabetes berdasarkan pengalaman riset, observasi, tanya jawab dan interview dengan dokter-dokter pribadinya. Buku ini diharapkan bisa membantu banyak orang, baik yang masih menunjukkan gejala, yang sudah terkena Diabetes, atau bahkan yang sudah terkena komplikasi.

Itulah 12 manfaat kolang kaling untuk tubuh. Meskipun memiliki banyak manfaat, kamu tetap disarankan untuk mengonsumsinya secukupnya ya, Grameds. Jangan sampai mengonsumsi kolang kaling secara berlebihan.

Temukan hal-hal menarik lainnya dalam www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih