in

10 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

10 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan – Grameds tahu tidak bahwa banyak sekali tanaman di Indonesia yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan loh. Salah satunya adalah temulawak.

Apakah kamu pernah mendengar tanaman temulawak? Apa itu temulawak?

Temulawak adalah tanaman asli yang berasal dari Indonesia. Bentuk dari temulawak biasanya mirip dengan kunyit. Temulawak ini memiliki sebuah nama latin yakni Curcuma xanthorrhiza yang memiliki bentuk, seperti tabung dengan diameter panjangnya sekitar 6 cm.

Pada umumnya, temulawak ini memiliki kulit yang berwarna kuning muda. Sebagai jenis tanaman monokotil yang tidak memiliki akar tunggang. Temulawak ini hanya mempunyai akar rimpang.

Rimpang adalah salah satu bagian pada batang yang terletak di bawah tanah. Rimpang juga bisa disebut sebagai umbi akar atau umbi batang. Di antara semua rimpang bergenus Curcuma, rimpang temulawak inilah yang paling besar di antara tanaman lainnya.

Rimpang pada temulawak terdiri dari rimpang induk dan anakan. Rimpang induknya memiliki bentuk yang bulat, seperti telur dan berwarna kuning tua. Sedangkan, pada bagian dalamnya memiliki warna jingga kecoklatan.

Rimpang pada temulawak memiliki beberapa kandungan, seperti protein, minyak atsiri, kurkumin, lemak, selulosa, mineral, dan pati. Komponen terbesar di dalam rimpang temulawak adalah pati. Umumnya pati berwarna putih kekuningan karena mengandung kurkuminoid.

Tidak hanya itu, di dalam rimpang temulawak juga terdapat tiga zat aktif yang baik bagi kesehatan. Pertama, germakron yang berfungsi menghambat pembengkakan dan anti radang. Kedua, p-trimetil karbinol dan seskuiterpen d-kamper yang berfungsi dapat meningkatkan produksi dan empedu. Sedangkan, yang ketiga adalah turmeron yang berfungsi sebagai anti mikroba.

Manfaat pada tanaman temulawak ini sudah biasa digunakan sebagai pengobatan tradisional China sejak ribuan tahun yang lalu. Biasanya temulawak tumbuh secara liar dan tidak memerlukan penanganan secara khusus.

Jika kamu ingin mengetahui lebih luas lagi tentang temulawak atau budidayanya, grameds dapat membaca salah satu rekomendasi buku berikut ini sebagai solusi dalam memberikan informasi-informasi terbarunya. Langsung saja klik di bawah ini ya!

Nah, grameds sudah tahu apa itu temulawak dan beberapa kandungannya bukan? Selanjutnya kita akan membahas tentang beberapa manfaat yang didapatkan bagi kesehatan saat mengkonsumsi temulawak.

Simak hingga akhir artikel di bawah ini ya grameds!

Berikut ini adalah 10 manfaat temulawak bagi kesehatan, di antaranya sebagai berikut.

1. Mengatasi Sistem Pencernaan

Manfaat temulawak yang pertama bagi kesehatan adalah dapat mengatasi sistem pencernaan di dalam tubuh. Hal ini tentu merangsang produksi pada cairan di kantong empedu yang dapat membantu sistem pencernaan hingga metabolisme makanan di dalam tubuh dapat dicerna dengan baik.

Selain itu, beberapa pendapat ahli lain mengemukakan bahwa temulawak juga bermanfaat dalam mengatasi perut yang kembung, meningkatkan nafsu makan, dan membantu sistem pencernaan yang tidak lancar.

2. Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit mengerikan yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Beberapa ahli mengemukakan penelitiannya bahwa kandungan pada temulawak dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel jahat pada kanker, seperti kanker payudara, kanker usus, dan kanker prostat.

Sebuah riset pada tahun 2001 menyatakan bahwa kandungan di dalam temulawak jika dapat dimanfaatkan dengan baik maka dapat menghambat pertumbuhan pada kanker prostat. Adapun, penelitian dari University of Maryland Medical Center yang menjelaskan bahwa kandungan zat antioksidan di dalam temulawak dapat menghentikan adanya pertumbuhan pada kanker.

3. Mengobati Arthritis

Manfaat temulawak berikutnya adalah dapat mengobati arthritis. Arthritis atau yang biasa disebut dengan peradangan sendi dapat menyerang beberapa sendi pada tubuh kita. Adapun, dua jenis arthritis yang paling umum untuk diketahui yaitu osteoarthritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA).

Kandungan kurkumin di dalam temulawak merupakan senyawa anti inflamasi yang sangat kuat. Hal ini tentu dapat membantu dalam mengobati peradangan sendi. Kandungan kurkumin ini memberikan efek yang baik bagi radang sendi tersebut.

Jangan khawatir ya grameds, apabila temulawak tidak dapat memberikan solusi yang baik kamu dapat membaca salah satu buku berikut ini dalam mengatasi peradangan sendi yang sedang diderita. Silakan klik di bawah ini!

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat temulawak selanjutnya yaitu dapat meningkatkan fungsi pada otak. Kandungan senyawa kurkumin pada temulawak dapat memicu adanya peningkatan kadar BDNF.

BDNF adalah hormon yang dapat membantu sekaligus memperbaiki dan memperbanyak neuron di dalam otak manusia. Neuron mampu dalam membentuk suatu koneksi yang baru di wilayah tertentu sehingga manfaat temulawak ini bisa membantu dalam mencegah penyakit alzheimer atau gangguan pada otak.

5. Mengobati Stres

Pada suatu penelitian, bagi orang yang mengkonsumsi temulawak secara efektif dapat terhindar dari stres atau depresi loh grameds. Kandungan kurkumin di dalam temulawak memberikan efektif yang baik dalam mengatasi antidepresan.

Selain itu, depresi juga berkaitan dengan adanya penurunan pada tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF) dan penyusutan hipokampus. Area di dalam otak berperan dalam memberikan pembelajaran dan memori yang baik. Adapun, beberapa penelitian yang membuktikan bahwa manfaat dari temulawak bagi kesehatan dapat meningkatkan neurotransmitter otak pada hormon serotonin dan dopamin.

Grameds juga bisa loh membaca salah satu rekomendasi ebook berikut ini untuk menangani stres yang sedang diderita. Dengan membaca ebook ini kamu akan menemukan petunjuk hidup yang baik sehingga terhindar dari stres. Yuk, langsung saja klik bukunya di bawah ini!

6. Mencegah Serangan Jantung

Manfaat temulawak bagi kesehatan berikutnya adalah dapat menurunkan adanya risiko pada penyakit jantung. Salah satu jenis penyakit yang satu ini merupakan penyebab nomor satu kematian terbanyak di dunia.

Kandungan kurkumin pada temulawak dapat memicu peningkatan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah sehingga terjadilah suatu kerusakan endotelium yang membuat peredaran darah menjadi tidak lancar dan berakibat pembekuan pada darah.

7. Mengobati Jerawat

Temulawak tidak hanya memiliki manfaat bagi kesehatan saja, pada dunia kecantikan temulawak bisa digunakan untuk mengobati jerawat pada wajah loh grameds. Hal ini dikarenakan adanya sifat astringent yang ada di dalam temulawak tersebut. Astringent ini bermanfaat dalam mengurangi suatu produksi minyak pada kelenjar.

Sifat astringent ini dapat membantu dalam mengecilkan pori-pori di kulit sehingga dapat mencegah munculnya jerawat pada permukaan kulit. Kandungan  antibakteri dan antioksidan di dalam temulawak juga dapat menyembuhkan jerawat.

Tidak hanya itu, ada juga kandungan antiseptik di dalam temulawak yang dapat membantu dalam hal membersihkan kulit dari bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Dengan demikian, jerawat yang meradang akan berangsur membaik dan sembuh secara perlahan.

8. Mencegah DBD

Kandungan minyak atsiri di dalam temulawak memiliki manfaat untuk menangkal nyamuk aedes aegypti sehingga tidak menghisap darah di dalam tubuh kamu. Hal ini dikarenakan salah satu jenis nyamuk ini pembawa virus dengue dapat mencegah dari bahayanya penyakit demam berdarah.

9. Obat Diuretik Alami

Manfaat temulawak bagi kesehatan lainnya yang sayang untuk kamu lewatkan yakni dapat sebagai obat diuretik alami. Diuretik adalah salah satu zat yang dapat membantu dalam membersihkan tubuh dari garam atau natrium dan air. Oleh karena itu, tidak akan terjadi suatu penumpukan cairan yang ada di dalam tubuh.

Salah satu zat ini dapat merangsang ginjal untuk melepaskan lebih banyak lagi natrium ke dalam urine. Manfaat diuretik pada temulawak ini juga akan mengambil kelebihan cairan dari pembuluh darah. Proses ini membantu dalam mengurangi tekanan pada dinding pembuluh Anda.

Pada umumnya diuretik sangat dibutuhkan dalam membantu, mencegah, mengobati, dan memperbaiki masalah kesehatan, seperti ginjal, gagal jantung, pembengkakan jaringan, dan gagal hati.

10. Menambah Nafsu Makan

Manfaat temulawak bagi kesehatan berikutnya adalah dapat menambah tingkat nafsu pada makan. Tidak jarang sebagian orang tua yang telah memiliki anak akan mengalami kesusahan dalam memberikan makan. Oleh karena itu, temulawak bisa menjadi salah satu solusi yang ampuh dalam meningkatkan nafsu makan tersebut.

Pada umumnya temulawak yang telah diolah dapat berbentuk beraneka macam, seperti suplemen, jamu, minuman instan, dan lain sebagainya yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak. Temulawak ini dapat menjadi solusi dalam mempercepat proses pengosongan di lambung sehingga nafsu makan akan segera meningkat kembali.

Grameds tidak perlu khawatir jika temulawak belum bisa mengatasi kendala dalam menangani anak yang susah makan, kamu bisa memilih salah satu rekomendasi ebook berikut ini dalam memberikan solusi terbaiknya.

Nah, itulah ulasan pada satu artikel ini tentang 10 manfaat temulawak bagi kesehatan. Semoga setelah membaca artikel ini grameds bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang temulawak yang belum kamu ketahui.

Jika grameds memiliki ketertarikan untuk mencari manfaat lainnya tentang temulawak bagi kesehatan kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam menemani kamu dalam berkembang dan melangkah maju setiap harinya. Selamat belajar dan semoga bermanfaat ya!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Elsya Islamay



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Elsya Islamay