in

Rekomendasi Headset Bluetooth dan Kabel Terbaik untuk Menemani Perjalananmu

Apakah Grameds sering bosan saat di perjalanan menuju kantor atau sekolah? Apalagi saat membuka handphone justru kadang membuat kepala pusing dan mual. Oleh karena itu, mendengarkan musik bisa jadi salah satu solusi yang tepat! Sambil menunggu sampai tujuan, adanya lagu yang membuat tidak terasa sampai ke tempat tujuan.

Untuk meningkatkan pengalaman mendengarkan musik selama perjalanan, kita bisa menggunakan perangkat headset. Perangkat ini memungkinkan penggunanya untuk bisa mendengarkan musik. headset sendiri memiliki berbagai jenis, ada yang menggunakan kabel dan ada yang sudah menggunakan Bluetooth.

Kehadiran headset Bluetooth ini memungkinkan kita untuk mendengarkan musik lebih mudah tanpa terhalang kabel. Tidak jarang juga, banyak yang menjadikan headset Bluetooth ini sebagai penambah poin estetik dalam hal berpakaian. Dengan menggunakan headset Bluetooth, seseorang bisa terlihat lebih trendy, lho.

Nah, Grameds, artikel ini akan membahas tentang seluk beluk headset Bluetooth dan perbedaannya dengan headset yang menggunakan kabel, hingga rekomendasi headset Bluetooth headset kabel terbaik yang bisa menjadi referensi untuk teman-teman Grameds. Yuk, simak ulasannya sampai selesai!

Rekomendasi Headset Bluetooth Terbaik

1. Huawei Freebuds Pro 2

(Sumber foto: huawei.com)

 

Huawei Freebuds Pro 2 menawarkan sejumlah keunggulan, termasuk teknologi noise cancellation (ANC) yang canggih. Headset Bluetooth ini memiliki tiga mode ANC berbeda yang dapat dipilih, mulai dari mengurangi kebisingan ringan hingga menciptakan lingkungan yang sepenuhnya tenang.

Fitur Triple Adaptive EQ memungkinkan perangkat ini secara otomatis menyesuaikan kualitas suara dan volume berdasarkan kondisi telinga dan cara penggunaan. Dengan teknologi Dual-Speaker True Sound, earbuds ini mampu menghasilkan treble yang jernih dan bass yang kuat, memberikan kualitas audio terbaik.

Huawei Freebuds Pro 2 tersedia dengan harga mulai dari Rp2,7 juta.

 

2. Baseus ENC BOWIE M2

(Sumber foto: baseusindonesia.com)

 

Rekomendasi headset Bluetooth terbaik yang kedua adalah Baseus ENC BOWIE M2, yang mempunyai berbagai spesifikasi perangkat yang menarik.

Perangkat ini sangat kompatibel dengan perangkat laptop yang sudah mendukung Bluetooth 5.0 ke atas. Headset Bluetooth ini juga sudah dilengkapi dengan fitur teknologi ANC (Active Noise Cancellation) yang memiliki fungsi untuk mengurangi kebisingan dari sekitar pengguna saat menggunakannya.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

Selain itu, juga terdapat fitur ENC Call Noise Reduction yang berfungsi untuk mengurangi kebisingan pada saat kita melakukan panggilan dan juga bisa mengurangi keterlambatan suara. Headset Bluetooth yang satu ini juga dilengkapi dengan transparency mode yang memungkinkan para penggunanya bisa mendengarkan suara yang ada di lingkungan sekitar lebih jelas tanpa harus melepas headset Bluetooth terlebih dulu.

Baseus ENC BOWIE M2 ini tersedia dengan harga mulai dari Rp400 ribuan.

 

3. Baseus Encok D02

(Sumber foto: baseusindonesia.com)

 

Baseus Encok D02 mengusung desain ear cup, meski begitu headset Bluetooth yang satu ini masih layak untuk dipilih. Sebab, headset Bluetooth ini bisa dilipat, sehingga lebih mudah untuk disimpan di dalam tas, terutama jika digunakan saat traveling. Jadi, tidak memakan tempat dan tidak khawatir akan rusak. Desain dari headset Bluetooth ini juga lebih praktis dan minimalis dengan bobot yang ringan.

Untuk audio, headset Bluetooth ini cukup unggul karena dilengkapi dengan fitur noise cancelling. Sehingga, suara menjadi lebih jelas dan tidak akan bocor pada saat kita gunakan di tempat ramai sekaligus. Baik untuk kita mendengarkan musik atau untuk melakukan panggilan telepon.

Baseus Encok D02 ini tersedia dengan harga Mulai dari Rp600 ribuan.

 

4. JETE SX2 Series

(Sumber foto: jete.id)

 

Rekomendasi headset Bluetooth terbaik yang selanjutnya adalah JETE SX2 Series. Headset Bluetooth ini memiliki fitur unggulan berupa Active Noise Cancelling yang menjadi nilai plus dalam headset Bluetooth ini. Adanya fitur tersebut membuat headset Bluetooth ini mampu meredam suara bising yang berasal dari luar. Selain itu, headset Bluetooth ini memiliki ketahanan baterai yang sangat unggul, yaitu 100 jam standby dan 36 jam playtime non-stop.

Tidak hanya suaranya saja yang menggelegar, headset Bluetooth ini juga mempunyai earpad yang tebal dan juga lembut. Headset Bluetooth ini juga mudah untuk disesuaikan, jadi tidak akan sakit kepala pada saat kita gunakan. Apalagi, headset Bluetooth ini menggunakan Bluetooth 5.3 yang mampu membuat koneksinya menjadi lebih stabil dan juga lebih cepat. Selain itu, konsumsi dayanya juga lebih rendah, sehingga pemakaiannya bisa lebih lama dan juga lebih hemat baterainya.

JETE SX2 Series dibandrol dengan harga mulai dari Rp700 ribuan.

 

5. Anker SoundBuds NB10

(Sumber foto: blibli.com)

 

Rekomendasi headset Bluetooth terbaik yang satu ini memiliki desain neckband, sehingga para penggunanya bisa memasang headset Bluetooth ini di area sekitar leher. Hal ini membuat kita tidak perlu khawatir headset Bluetooth yang kita gunakan terjatuh, karena mampu menempel dengan erat.

Headset Bluetooth ini sangat aman untuk kamu gunakan saat olahraga seperti jogging atau gym tanpa merasa terganggu pada bagian telinga.

Selain itu, headset Bluetooth ini juga memiliki desain yang praktis, sehingga mudah dibawa kemana saja. Output suaranya juga semakin jernih tanpa khawatir bisa terganggu ada suara bocor dari luar. Bagian yang terbaiknya lagi, headset Bluetooth ini sudah dilengkapi dengan ketahanan air dan keringat, jadi tidak mudah lengket ataupun rusak.

Harga headset Anker SoundBuds NB10 dimulai dari Rp500 ribuan.

Rekomendasi Headset Kabel Terbaik

1. Logitech – H340 USB Headset

Logitech - H340 USB Headset

 

Headset H340 USB merupakan headset yang dapat digunakan sehari-hari dengan koneksi USB-A plug-and-play yang sederhana. Melalui headset ini, kamu bisa menikmati kualitas suara yang sangat jernih, baik untuk mendengarkan musik maupun berkomunikasi dengan seseorang.

Headset H340 USB ini mempunyai headband yang fleksibel dan juga ringan, sehingga bisa menyesuaikan bentuk kepala kita. Tentunya hal ini membuat kita merasa lebih nyaman saat berkomunikasi menggunakan headset. Headset ini juga dapat digunakan pada semua jenis PC dengan port USB.

Headset tipe ini juga dilengkapi dengan mikrofon dengan fitur Noise-Reduction yang mampu mengurangi suara dari luar yang mengganggu. Mikrofon pada headset ini juga bisa diarahkan secara langsung dengan dengan mulut, agar lawan bicara kita bisa mendengarkan suara dengan lebih baik.

Detail:

Jenis mikrofon: Bi-directional

Tinggi: 160 mm

Lebar: 175 mm

Tebal: 60 mm

Berat: 0,1 kg

Harga headset ini dimulai dari Rp400 ribuan.

 

2. Logitech – H370 USB Headset

Logitech - H370 USB Headset

 

Rekomendasi headset yang selanjutnya adalah Headset Logitech H370. Headset tipe ini dilengkapi dengan konektor USB-A yang dapat disambungkan ke komputer. Headset ini memiliki in-line control yang sederhana pada bagian kabel headset-nya. Hal ini memungkinkan untuk kamu menyesuaikan volume atau membisukan panggilan tanpa gangguan.

Dengan menggunakan tipe headset ini, kamu dapat menikmati sajian komunikasi internet dengan sangat jernih, seolah kamu sedang bertemu langsung secara tatap muka dengan lawan bicara kamu, lho.

Hal ini memungkinkan terjadi karena adanya dukungan mikrofon dengan noise cancelling pada bagan kiri yang mempunyai kemampuan untuk bisa meminimalisir suara bising, sehingga tidak mengganggu komunikasi kamu.

Mikrofon yang ada pada headset juga dapat diposisikan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, headset ini memiliki desain yang sangat fleksibel. Walaupun headset ini memiliki harga yang terjangkau, tapi fitur yang dimiliki sangat unggul.

Headset ini mempunyai bobot yang ringan, disertai juga dengan bantalan telinga yang empuk, sehingga kita akan tetap nyaman meskipun menggunakannya dalam waktu yang lama. Tidak hanya itu, headset ini memiliki kabel sepanjang 7,87 kaki atau 240 cm, yang membuat kamu bisa bebas berdiri dan juga meregangkan tubuh jika dalam percakapan yang lama.

Detail:

Jenis Mikrofon: Bi-directional

Tinggi: 200 mm

Lebar: 245 mm

Tebal: 54 mm

Berat: 0,12 kg

Harga headset ini dimulai dari Rp400 ribuan.

 

3. Logitech H151 Stereo Headset – Black

Logitech H151 Stereo Headset - Black

 

Logitech H151 Stereo Headset ini sangat kompatibel dengan berbagai jenis sistem operasi dan juga platform yang menggunakan koneksi jack audio 3.5 mm standar. Jadi, kamu dapat memasang headset ini ke port 3.5 mm di komputer, tablet, ataupun di smartphone, maka headset bisa langsung siap digunakan.

Headset ini juga memiliki in-line control yang memungkinkan untuk kita mengontrol volume atau membisukan panggilan tanpa adanya gangguan. Noise-cancelling microphone pada headset ini juga bisa mengurangi noise dari luar.

Headset ini cocok untuk penggunaan pribadi ataupun untuk digunakan saat di kantor. Sebab, headset ini full stereo sound untuk melakukan panggilan, baik untuk panggilan video maupun telepon. Suara yang dihasilkan juga sangat jelas dan jernih, baik untuk mendengarkan musik, bermain game, dan lain sebagainya.

Mikrofon pada headset ini juga dapat berotasi 180 derajat, sehingga bisa digunakan dikiri ataupun di kanan. Mikrofon yang fleksibel ini bisa diposisikan untuk melakukan penangkapan suara yang baik dan juga suara-suara noise dari luar. Boom pada mikrofon juga bisa diselipkan, sehingga tidak akan mengganggu pada saat tidak lagi digunakan.

Untuk bagian headband-nya sendiri, Logitech H151 Stereo headset ini sangat kokoh, tetapi tetap ringan, sehingga mudah untuk disesuaikan. Ultra-soft foam ear cushion yang ada pada headset juga menghasilkan rasa nyaman saat dipakai meskipun sudah berjam-jam lamanya.

Detail:

Jenis mikrofon: Bi-directional

Tinggi: 200 mm

Lebar: 245 mm

Tebal: 65 mm

Berat: 0,08 kg

Harga headset ini dimulai dari Rp250 ribuan

Perbedaan Headset Bluetooth Vs Headset Kabel 

(Sumber foto: pixabay)

A. Headset Bluetooth

Berikut adalah kelebihan headset bluetooth:

  • Kualitas Suara Inferior, Tapi Tidak Bisa Berubah-ubah

Headset Bluetooth umumnya tidak memiliki kualitas suara sebaik headset berkabel. Kualitas suara dapat diimbangi, tetapi memerlukan biaya yang cukup besar karena harus menggunakan material yang lebih baik sebagai pengganti kabel.

Selain itu, jika jarak antara headset Bluetooth dan perangkat cukup jauh, suara yang dihasilkan bisa menjadi terputus-putus. Namun, sisi positif dari headset Bluetooth adalah suara tidak akan banyak berubah saat dipasangkan dengan perangkat lain.

 

  • Harus Mengisi Daya Baterai

Headset Bluetooth harus diisi terlebih dahulu daya baterainya pada saat ingin digunakan. Tentunya hal ini memberikan keterbatasan waktu untuk menggunakannya. Itu berarti, kamu juga perlu memperhatikan baterai pada smartphone kamu, MP3 atau berbagai jenis perangkat lainnya yang digunakan untuk menyimpan lagu.

 

  • Praktis Tapi Mudah Hilang

Saat menggunakan headset Bluetooth, kamu tidak perlu merasa kesal atau bingung karena harus mengurai kabel yang kusut, apalagi kalau kamu mempunyai aktivitas yang menuntut untuk gerakan cepat, seperti melakukan olahraga.

Akan tetapi, di sisi lain, menggunakan headset Bluetooth dengan ukuran yang kecil seperti AirPods, maka akan mudah hilang. Jika semuanya hilang, kamu bisa saja merasa kesal karena harus membeli yang baru. Tetapi, jika hanya satu sisi yang hilang, itu juga akan sangat menyebalkan karena terasa mengganggu.

 

  • Kompatibel ke Semua Perangkat yang Menggunakan Bluetooth

Headset Bluetooth mudah dipasangkan asalkan perangkat tersebut memiliki fitur Bluetooth. Kamu tidak perlu khawatir tentang lubang jack yang terkadang berbeda-beda. Masalah yang mungkin timbul adalah jika perangkat penyimpan lagumu memiliki masalah Bluetooth, sehingga tidak dapat atau sulit menerima sinyal.

B. Headset Kabel

Berikut adalah kelebihan headset kabel:

  • Mempunyai Kualitas Suara yang Sangat Baik

Headset kabel dapat memberikan kualitas suara yang lebih baik karena kabelnya mampu menghantarkan sinyal audio dengan lebih efisien. Perbedaan harganya bisa mencapai Rp500 ribu hanya untuk mendapatkan kualitas suara yang setara.

Selain itu, jika headset kabel juga memiliki fitur untuk mengganti kabel, kamu dapat lebih mengeksplorasi berbagai kualitas suara. Namun, berhati-hatilah, sering mengganti kabel bisa menjadi kebiasaan yang adiktif.

 

  • Tidak Perlu Mengisi Daya Baterai

Jika menggunakan headset kabel, tentunya kamu tidak perlu repot mengisi daya baterai saat ingin menggunakannya. Kamu tinggal memasangkan kabel headset untuk mendengarkan musik.

Namun, permasalahan lain yang muncul adalah kalau kamu menyimpan atau membawa headset kabel dengan cara yang tidak benar. Maka, waktu kamu bisa terbuang karena harus membenahi kabel headset yang kusut.

 

  • Kabel Mudah Putus

Permasalahan lain yang muncul dari headset kabel adalah kabelnya yang mudah putus. Mungkin secara tidak sengaja kita melipat kabel dengan cara yang tidak tepat, sehingga menyebabkan kabel yang ada di dalamnya putus. Jika hal itu terjadi, maka kamu tidak bisa mendengarkan apa-apa.

Jika kamu menggunakan headset kabel yang memiliki fitur ganti kabel, tentunya ini tidak menjadi masalah. Namun, jika kabelnya terpasang rapat dan tidak bisa diganti, kamu perlu membuang semuanya dan membeli yang baru. Meskipun begitu, kabel juga bisa menjadi pengaman dan penyelamat agar headphone atau earphone-mu tidak mudah jatuh.

 

  • Harus Menyesuaikan Kabel Jack

Kabel jack yang umum digunakan pada headphone memiliki ukuran standar sebesar 3,5 mm. Ukuran ini menjadi standar pada sebagian besar ponsel dan pemutar musik MP3. Namun, terdapat juga jack dengan ukuran yang berbeda, biasanya digunakan untuk terhubung ke amplifier yang digunakan dalam bermusik dengan instrumen listrik.

Salah satu permasalahan lain yang muncul adalah seiring perkembangan zaman, semakin banyak ponsel yang tidak lagi dilengkapi dengan headphone jack, sehingga mengakibatkan headphone jack yang dimiliki tidak dapat digunakan.

Untuk kamu yang bingung ingin menggunakan headset Bluetooth atau headset kabel, berikut rekomendasi headset Bluetooth terbaik dan headset kabel andalan. Ini bisa kamu jadikan referensi untuk memilih headset yang pas untuk kamu gunakan sesuai kebutuhan.

 

Itulah beberapa rekomendasi headset Bluetooth terbaik dan headset kabel andalan yang dapat kamu beli sesuai dengan kebutuhan kamu. Jadi bagaimana, apakah Grameds sudah menentukan akan membeli headset Bluetooth atau headset kabel andalan yang mana? Pantau spesifikasi berbagai jenis headset pada artikel ini, maka Grameds bisa tahu headset seperti apa yang sesuai kebutuhan.

Jika #SahabatTanpaBatas sudah menentukan ingin membeli headset yang mana, kamu bisa langsung memesannya di Gramedia.com ya!



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    92% 92% 1.3k / 1.4k
  • Tidak
    7% 7% 105 / 1.4k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Wu