in

Manfaat Kayu Bajakah Bagi Kesehatan, Mitos atau Fakta?

Manfaat kayu bajakah – Pernahkah Grameds mendengar tentang manfaat dari akar bajakah untuk mengobati berbagai macam penyakit? Tidak sedikit tumbuhan serta tanaman tradisional di Indonesia yang diyakini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan dipercayai mampu mengobati segala macam penyakit, mulai dari penyakit ringan dan umum hingga penyakit cukup serius seperti kanker.

Salah satu dari tanaman tradisional Indonesia dengan khasiat serupa adalah akar bajakah atau kayu bajakah. Kayu bajakah ini diklaim memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk dapat mengobati kanker.

Karena beragam khasiat tersebutlah, kayu bajakah sempat booming dan membuat harga dari kayu ini melonjak tinggi dan sulit dicari. Lalu, benarkah klaim dari manfaat kayu bajakah tersebut? Apakah mitos atau fakta? Cek informasinya di sini.

Mengenal Kayu Bajakah dan Jenisnya

Sumber: Kompas.com

Kayu bajakah atau Spatholobus Littoralis Hassk merupakan tumbuhan yang menurut pengguna tradisional di wilayah Asia memiliki efek yang positif bagi kesehatan tubuh. Bajakah secara tradisional digunakan oleh suku Dayak.

Tumbuhan bajakah adalah tumbuhan yang merambat dengan ketinggian yang bisa mencapai hingga 50 meter. Tanaman ini pada umumnya tumbuh secara merambat pada pohon kayu dari suku Phaseoleae.

Bajakah pertama kali ditemukan oleh Justus Karl Hasskarl yaitu seorang ahli Botani asal Jerman di tahun 1842. Tanaman ini memiliki kurang lebih 29 spesies dan kebanyakan tumbuh di hutan tropis di Indonesia.

Daun dari tanaman bajakah tampala memiliki warna putih, kuning serta cokelat. Ciri khas dari daun bajakah adalah memiliki bentuk tajam. Bunga dari kayu bajakah berwarna merah muda, putih, ungu dengan bentuk kecil.

Suku Dayak tersebut menggunakan kayu bajakah sebagai obat-obatan tradisional untuk melawan kanker. Tumbuhan herbal yang satu ini juga cukup menarik banyak perhatian masyarakat Indonesia beberapa tahun belakangan ini.

 

 

Jenis-Jenis Kayu Bajakah

Dilansir dari laman Kraatje, bagian tertentu dari kayu bajakah kaya akan kandungan flavonoid serta senyawa fitokimia sehat yang lainnya. Ada beberapa jenis dari kayu bajakah yang dapat dikenali, di antaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Bajakah Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk)

Jenis kayu bajakah yang pertama adalah kayu bajakah yang sering digunakan oleh masyarakat di Kalimantan Tengah. Kayu bajakah jenis ini sering digunakan karena memiliki kandungan yang dapat mempercepat produksi kolagen serta mempercepat pembentukan epitel baru. Oleh sebab itu, kayu bajakah tampala sering digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

2. Bajakah Lamei

Menurut laman resmi Institut Pertanian Bogor (IPB), bajakah adalah tanaman hutan hujan tropis yang tumbuh secara merambat di daerah lembap. Cairan dari pohon bajakah lamei dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diare.

3. Bajakah Kalawit (Uncaria Gambir Roxb)

Pohon bajakah kalalawit memiliki kandungan phenol serta anti bacterial, tanaman ini juga dipercayai memiliki kandungan katekin cukup tinggi. Katekin merupakan zat yang dapat mencegah penyakit jantung, membantu meredakan pembentukan dari kolagen serta mengurangi kelebihan berat badan.

Manfaat kayu bajakah kalalawit cukup populer di kalangan masyarakat dan menjadi pengobatan herbal yang banyak dipilih saat ini.

Hal ini dikarenakan kayu bajakah kalalawit memiliki senyawa baik seperti denol, steroid, antioksidan, tanin dan lain sebagainya.

Mitos atau Fakta, Kayu Bajakah Dapat Sembuhkan Kanker? 

Sumber: Pexels

Salah satu khasiat yang membuat kayu bajakah menjadi booming beberapa waktu adalah karena klaim bahwa kayu bajakah dapat membantu menyembuhkan penyakit kanker. Klaim ini pertama kali dikatakan oleh 3 pelajar SMA di Indonesia yang meraih medali emas pada Invention Creativity Olympic di Seoul, Korea Selatan pada Juli tahun 2019.

Dalam beberapa riset, memang disebutkan bahwa kayu bajakah memiliki khasiat yang dapat membantu mengobati kanker pada mencit atau tikus kecil putih. Setelah itu, orang pun berbondong-bondong mencari akar dari tanaman bajakah untuk dijadikan sebagai obat herbal penyembuh kanker.

Bahkan, karena viralnya kayu bajakah, harga dari serpihan kayu bajakah mencapai Rp300 ribu per kilogram nya dan potongan dari kayu bajakah dijual seharga Rp 2 juta per potong.

Karena kehebohan dari khasiat kayu bajakah ini, kemudian Kementerian Kesehatan RI meluruskan klaim tersebut bersama dengan para ilmuwan lain. Mereka pun mengatakan hal yang sama, bahwa kayu bajakah memang memiliki potensi sebagai obat penyembuh kanker karena telah terbukti pada penelitian awal, tetapi kayu bajakah masih belum bisa dikatakan sebagai obat kanker karena diperlukan penelitian lebih lanjut dan pengujian terhadap manusia.

Dengan penelitian lebih lanjut, maka kita dapat melihat manfaat kayu bajakah yang dapat diuji selanjutnya sebagai berikut ini:

  • Efektivitas serta keamanan atau toksisitas tanaman bajakah ketika dikonsumsi oleh manusia.
  • Jumlah dosis yang tepat untuk dapat membantu menyembuhkan penyakit dan kondisi tertentu.
  • Jenis penyakit spesifik yang dapat disembuhkan dikarenakan satu obat tidak mungkin dapat menyembuhkan semua jenis kanker.
  • Cara kerja dari obat kayu bajakah ketika masuk ke tubuh manusia.

Pengujian obat dari kayu bajakah kepada manusia dapat berlangsung selama hitungan bulan maupun tahun dan harus melewati beberapa fase. Dimulai dari fase 1 untuk melihat toksisitas, keamanan serta cara kerja dari obat kayu bajakah, fase 2 untuk dapat melihat efektivitas serta efisiensi dalam jumlah sampel sedikit dan fase terakhir fase tiga untuk dapat melihat efektivitas dan efisiensi dalam jumlah sampel cukup banyak.

Apabila kayu bajakah dapat melewati ketiga fase tersebut, maka barulah kayu bajakah ini dicap lolos uji klinis dan dapat dijadikan sebagai salah satu kandidat dari obat kanker. Hingga saat ini, kayu bajakah pun masih banyak beredar di pasaran dan digunakan sebagai obat herbal dengan khasiat secara turun temurun termasuk dalam membantu menyembuhkan penyakit kanker.

Dari dulu hingga sekarang, memang belum terlalu banyak penelitian yang mengkaji mengenai manfaat dari kayu bajakah untuk kesehatan tubuh. Selain klaim sebagai obat kanker, penelitian lainnya menyatakan bahwa kayu bajakah memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai obat salep atau obat luar.

Dalam penelitian tersebut, diungkapkan bahwa kayu bajakah memiliki kandungan metabolit sekunder berupa saponin, flavonoid, tannin, terpenoid, fenol dan steroid akan tetapi tidak mengandung senyawa alkaloid.

Guna mendapatkan manfaat ini, kayu bajakah harus diolah lebih dulu, sehingga bisa menjadi salep dan dapat dioleskan pada luka mencit. Hasilnya salep dengan kandungan kayu bajakah 10% terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka pada mencit tersebut.

Meskipun begitu, khasiat dari kayu bajakah masih belum bisa menjadikan kayu bajakah sebagai obat paten untuk menyembuhkan penyakit kulit dikarenakan masih dibutuhkan penelitian lanjutan seperti halnya manfaat kayu bajakah sebagai obat penyembuh kanker.

Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan

Sumber: Pexels

Dari penjelasan mengenai mitos dan fakta tentang manfaat kayu bajakah, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa klaim khasiat dari kayu bajakah adalah fakta. Namun, masih membutuhkan penelitian lanjutan untuk mengetahui dosis dan penyakit spesifik yang dapat disembuhkan oleh kayu bajakah ini.

Meskipun begitu, Grameds tidak perlu ragu untuk menggunakan kayu bajakah demi menjaga kesehatan atau memperoleh khasiat dari kayu ini. Asalkan, Grameds tidak menggunakan kayu bajakah secara berlebihan dan menggunakan dosis secukupnya.

Selain sebagai obat penyembuh kanker, ada beberapa khasiat dari kayu bajakah untuk kesehatan. Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat pertama dari kayu bajakah adalah berkaitan dengan daya tahan tubuh. Hal ini berkaitan dengan kandungan antioksidan tinggi yang ada pada kayu bajakah, sehingga tubuh pun tidak mudah sakit ketika mengkonsumsinya.

Antioksidan yang ada dalam kayu bajakah sangatlah beragam. Di antaranya adalah tanin, fenolik, alkaloid, steroid, terpenoid, saponin hingga alkaloid.

Daya tahan tubuh yang baik, tentu saja dapat menurunkan risiko dari beberapa penyakit seperti flu, radang tenggorokan maupun peradangan yang lainnya.

2. Menangkal radikal bebas

Antioksidan menjadi senyawa utama yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dari teh bajakah.

Radikal bebas bisa saja menumpuk dalam tubuh dikarenakan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Asupan makanan tidak bergizi
  • Polusi udara berlebihan
  • Kebiasaan merokok
  • Minuman beralkohol

Gaya hidup tidak sehat juga dapat membuat tubuh seseorang memproduksi lebih banyak zat radikal bebas yang beracun bagi tubuh. Kayu bajakah yang diolah menjadi teh, dinilai dapat menangkal radikal bebas serta membuang segala racun dengan cara detoksifikasi alami.

3. Mengobati disentri

Masyarakat Kalimantan mempercayai bahwa kayu bajakah dapat bermanfaat bagi orang-orang yang mengalami disentri. Disentri merupakan infeksi atau radang yang terjadi pada usus dan menjadi penyebab diare.

Apabila disentri tidak segera diobati, maka akan mengakibatkan dehidrasi yang dapat berujung pada kondisi kesehatan memburuk. Kandungan anti bakteri yang ada pada kayu bajakah, dipercayai dapat membantu menyembuhkan disentri yang terjadi pada saluran pencernaan.

Manfaat teh bajakah bagi kesehatan tubuh ini juga dapat memulihkan saluran pencernaan yang mengalami peradangan dengan alami.

4. Meringankan rasa pegal-pegal

Kayu bajakah dapat dikonsumsi sebagai teh herbal. Selain sebagai teh, kayu bajakah juga diolah dalam bentuk salep dan madu. Konon, manfaat dari madu bajakah untuk kesehatan tubuh ialah dapat meringankan rasa pegal.

Orang-orang yang mudah merasa pegal karena pekerjaan, disarankan untuk mengonsumsi air rebusan kayu bajakah atau mengkonsumsi olahan teh dari kayu bajakah.

Tentu saja khasiat kayu bajakah ini tidak dapat dirasakan secara instan. Akan tetapi khasiat dari teh kayu bajakah dapat dirasakan berangsur-angsur ketika mengkonsumsinya secara rutin dengan dosis yang tepat.

5. Membantu menyembuhkan kanker dan tumor

Salah satu khasiat dari kayu bajakah yang membuat tanaman ini menjadi booming beberapa waktu lalu adalah karena diklaim sebagai obat kanker ataupun tumor.

Sebuah penelitian dari Laboratorium Universitas Lambung Mangkurat mengungkapkan, bahwa kayu bajakah yang diaplikasi pada tikus putih dapat menghilangkan sel tumor dalam kurun waktu 2 minggu saja.

Kayu bajakah memang memiliki senyawa antioksidan dan fitokimia. Kedua senyawa ini dinilai dapat melawan sel tumor serta kanker. Namun penelitian ini baru diuji coba pada hewan saja dan belum pada manusia.

6. Mempercepat proses penyembuhan pada luka luar

Dalam budaya masyarakat Kalimantan, khususnya suku Dayak, kayu bajakah dipercayai dapat menghentikan pendarahan. Tumbuhan bajakah juga sering digunakan untuk dapat membantu menyembuhkan luka luar.

Kandungan dari senyawa flavonoid, tanin dan fenolik dalam kayu bajakah diklaim mampu menyembuhkan luka luar lebih cepat.

Ketiga senyawa yang ada pada kayu bajakah, memiliki sifat angiogenesis yang dapat membantu pembentukan pembuluh darah baru. Oleh sebab itu, luka pun menjadi lebih cepat sembuh.

Manfaat dari kayu bajakah satu ini dapat diperoleh dengan mengolah kayu bajakah sebagai salep dengan ekstrak herbal atau mengoleskan tetesan rebusan air tanaman bajakah.

7. Mencegah penuaan dini

Antioksidan merupakan senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk dapat menjaga kesehatan kulit. Asupan dari antioksidan yang tinggi, diketahui dapat mencegah kulit menjadi keriput sebelum waktunya serta membuat kulit terasa lebih kencang maupun halus.

Penuaan dini dapat dihindari dengan memanfaatkan kayu bajakah karena tanaman ini memiliki kandungan antioksidan serta fitokimia di dalamnya.

Kedua senyawa tersebut mampu memicu produksi kolagen pada kulit. Seperti yang diketahui, bahwa kadar kolagen yang terjaga dengan baik, dapat membuat kulit tetap kenyal serta kencang, sehingga penuaan dini pun terhindari.

8. Memiliki sifat sebagai antibakteri

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin, kayu serta akar dari tanaman bajakah dapat bersifat sebagai antibakteri alami. Dalam penelitian tersebut pula, ditemukan bahwa kayu bajakah memiliki kandungan tanin, saponin dan flavonoid. Ketiga kandungan ini mampu mencegah bahkan menghancurkan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

9. Mencegah penyakit diabetes

Grameds bisa mendapatkan manfaat kayu bajakah dengan mengolah kayu ini sebagai minuman herbal. Menurut Journal of Ethnopharmacology, kayu bajakah digunakan untuk menyembuhkan kanker pada tikus putih.

Di luar itu, manfaat lain dari madu bajakah untuk tubuh adalah dapat menurunkan risiko dan bahkan mencegah penyakit diabetes. Meskipun begitu, manfaat kayu bajakah ini masih bersifat hipotesis saja. Artinya, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar memastikan klaim satu ini.

10. Tinggi kandungan antioksidan

Menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI), Spatholobus Littoralis Hassk memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas.

Kandungan antioksidan tinggi pada kayu bajakah diklaim lebih besar, lebih banyak ribuan kali dibandingkan jenis tanaman lainnya.

Menurut Universitas Lambung Mangkurat, tanaman bajakah memiliki kandungan 40 zat yang mampu membunuh sel-sel kanker yang ada pada tubuh. Zat tersebut termasuk stereida, terpenoid, saponin, fenol, alkonoid dan tannin.

Di samping 10 manfaat dari kayu bajakah bagi kesehatan tubuh, tidak menutup kemungkinan bahwa kayu bajakah dapat menimbulkan efek samping merugikan bagi seseorang yang mengkonsumsinya.

Diketahui bahwa efek samping dari kayu bajakah dapat mengganggu fungsi ginjal hingga liver seseorang. Hal ini khususnya terjadi jika orang tersebut mengonsumsi kayu bajakah dalam jangka waktu cukup lama, terus menerus dan dalam dosis cukup tinggi.

Selain itu, gangguan pencernaan pun dapat dialami oleh seseorang yang rutin mengkonsumsi kayu bajakah, terutama jika orang tersebut memiliki riwayat penyakit maag atau asam lambung.

Ada pula kemungkinan munculnya efek samping lainnya, mengingat ada banyak kandungan senyawa kimia yang ada pada kayu bajakah.

Namun, reaksi kayu bajakah pada setiap orang bisa berbeda-beda. Karena pada dasarnya dosis dari kayu bajakah untuk mendapatkan manfaat tertentu belum diketahui dengan pasti.

Karena hal tersebutlah, lebih baik Grameds mengkonsultasikan penggunaan kayu bajakah pada dokter sebelum memutuskan mengkonsumsinya.

Itulah penjelasan tentang manfaat kayu bajakah. Jika Grameds ingin mengetahui obat herbal yang berkhasiat untuk tubuh, Grameds bisa memperoleh informasinya dengan membaca buku.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan berbagai macam buku original dan berkualitas untuk Grameds. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy