in

15+ Manfaat Habbatussauda bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Habbatussauda – Sebagai masyarakat Indonesia, Grameds tentu sudah tidak asing lagi dengan habbatussauda atau jintan hitam. Apa itu habbatussauda? Memiliki nama latin Nigella sativa, habbatussauda merupakan biji jintan hitam yang tumbuh di kawasan Eropa bagian selatan dan Timur Tengah.

Tumbuhan ini dipercaya memberikan beragam manfaat bagi kesehatan jika mengonsumsinya secara rutin. Sebagai tanaman berbunga tahunan, biji jintan hitam sejatinya berasal dari keluarga Ranunculaceae.

Habbatussauda atau yang dikenal dengan black cumin berasal dari daerah laut Mediteranian. Tanaman ini memiliki kelopak bunga berwarna ungu kebiruan atau putih. Bunga adas, kalonji, jintan hitam, dan ketumbar romawi merupakan nama lain dari biji habbatussauda.

Sedangkan dalam padanan bahasa Inggris, habbatussauda kerap dikenal dengan nama black seed. Habbatussauda atau jintan hitam di negara asalnya sering digunakan sebagai pengawet alami dan bumbu penyedap untuk masakan.

Habbatussauda memiliki aroma yang khas layaknya kombinasi bawang merah, oregano, dan lada hitam. Kemudian rasa jintan hitam atau habbatussauda cenderung pedas dan agak pahit. Habbatussauda atau black seed yang tumbuh di berbagai belahan dunia disebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam.

Ibnu Sina filsuf dunia medis yang dijuluki sebagai Bapak Kedokteran Modern merupakan orang pertama yang meneliti habbatussauda atau jintan hitam. Khasiat habbatussauda sudah terkenal berabad-abad lamanya.

Dalam penelitiannya, Ibnu Sina mengatakan ada banyak manfaat yang dibawa oleh obat herbal Timur Tengah ini. Manfaat habbatussauda secara historis telah digunakan untuk pengobatan sesak napas, sakit kepala, sakit gigi, hidung tersumbat, cacingan, radang sendi, dan lain sebagainya.

Karena habbatussauda memiliki beragam khasiat, bijinya kerap diekstrak menjadi minyak, kapsul, krim, ataupun gel. Perlu diketahui, semua ekstrak tersebut bisa dikonsumsi secara langsung.

Kandungan antioksidan dan protein di dalam habbatussauda dapat mencegah berbagai penyakit. Tanaman habbatussauda atau black seed mengandung banyak zat aktif, seperti alkaloid, thymoquinone, flavonoid, saponin, asam lemak, atsiri, arginine, potassium, omega 9, omega 6, kalsium, magnesium, niasin, sterol, selenium, dan omega 3.

Habbatussauda atau jintan hitam juga memiliki kandungan multivitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B6. Semua kandungan yang dimiliki habbatussauda tentu baik bagi kesehatan tubuh.

Dirangkum dari beberapa sumber, manfaat habbatussauda atau jintan hitam tidak hanya yang sudah disebutkan di atas, lho Grameds. Ternyata ada banyak manfaat lain yang mungkin belum Grameds ketahui. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Manfaat Habbatussauda

Kini produk berbahan habbatussauda sudah hadir dengan berbagai bentuk, baik kapsul maupun minyak. Agar Grameds tidak ragu untuk mengonsumsi habbatussauda, berikut manfaat yang harus kamu ketahui.

1. Menurunkan Berat Badan

Habatussauda memiliki segudang manfaat bagi kamu kaum wanita. Manfaat habbatussauda yang pertama ialah menurunkan berat badan.

Masalah berat badan kerap membuat sebagian wanita menjadi tidak percaya diri, bukan? Sejumlah penelitian menemukan bahwa suplemen habbatussauda dapat membantu menurunkan indeks massa tubuh.

banner-promo-gramedia

Mereka yang telah mengonsumsi suplemen habbatussauda tidak merasakan adanya efek samping. Sebuah riset menyimpulkan bahwa minyak jintan hitam diyakini mampu mengatasi masalah obesitas.

Dengan mengonsumsi minyak habbatussauda, Grameds bisa menurunkan berat badan sekaligus mengecilkan lingkar pinggang. Menarik, bukan?

2. Mengendalikan Kadar Gula

Minyak jintan hitam atau habbatussauda bermanfaat untuk mengendalikan diabetes. Dengan mengonsumsi habbatussauda, penderita diabetes dapat memperbaiki kadar gula darah dan kadar kolestrol darah.

3. Mengobati rheumatoid arthritis

Jintan hitam diduga dapat membantu pengobatan pada penyakit rheumatoid arthritis, lho Grameds. Sebuah riset telah dilakukan pada 43 orang wanita penderita rheumatoid arthritis untuk tingkat ringan dan sedang.

Partisipan diberikan kapsul minyak habbatussauda setiap hari dalam kurun waktu satu bulan. Hasilnya, partisipan yang meminum kapsul tersebut membuktikan bahwa habbatussauda dapat mengurangi gejala arthritis, yakni peradangan dan pembengkakan sendi.

tombol beli buku

4. Menekan Kadar Kolestrol

Zat seperti lemak yang ditemukan di seluruh tubuh disebut kolestrol. Meskipun tubuh membutuhkannya, peningkatan risiko penyakit jantung dapat terjadi akibat jumlah kolestrol yang tinggi dan menumpuk.

Manfaat habbatussauda atau jintan hitam terbukti efektif untuk menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Kandungan asam lemak, yakni asam linoleat dan asam oleat dalam habbatussauda berperan penting untuk menurunkan kadar kolestrol.

5. Menjaga Kecantikan Kulit

Habbatussauda ternyata kerap dijadikan sebagai salah satu campuran dalam produk kecantikan karena khasiatnya yang dinilai bagus untuk wajah dan kulit. Penyakit kulit seperti jerawat, eksim, dan kulit kering terbukti dapat diatasi dengan kandungan protein, alkaloid, dan saponin di dalam jintan hitam.

Sebuah riset skala kecil membuktikan bahwa orang yang menderita eksim dapat mengambil manfaat habbatussauda sebagai obat. Riset tersebut memperlihatkan reaksi bahwa jintan hitam diyakini mampu meredakan gejala eksim di tangan.

Efek antimikroba dan antiradang dari minyak habbatussauda dapat menjadi solusi bagi kamu yang mengalami masalah jerawat. Habbatussauda yang diformulasikan sebagai losion dipercaya sebagai pengobatan pada jerawat vulgaris.

Habbatussauda atau jintan hitam memiliki kandungan anti oksidan, vitamin E, dan asam limonet yang dapat menangkal radikal bebas. Kemudian habbatussauda diyakini mampu meregenerasi sel-sel kulit secara cepat sehingga nutrisi dan kesehatan kulit terjaga dengan baik.

Selain itu, habbatussauda dalam bentuk minyak diyakini mampu melembutkan kulit dan melembapkan rambut. Habbatussauda dapat menjadi pengganti urang-aring dalam menjaga kesehatan rambut, lho Grameds.

6. Meredakan Gejala Alergi di Saluran Napas

Habbatussauda atau jintan hitam dalam bentuk minyak dipercaya memiliki manfaat yang menjanjikan dalam pengobatan alergi. Minyak jintan hitam dapat mengurangi berbagai gejala alergi, seperti hidung gatal, hidung berair, penyumbatan di hidung, dan bersin-bersin.

Kemudian beberapa riset membuktikan bahwa minyak jintan hitam atau habbatussauda dapat mengobati sinus melalui senyawa antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, antihistamin, dan efek analgesik. Luar biasa, bukan?

7. Berpotensi Melawan Sel Kanker

Manfaat lain dari habbatussauda atau jintan hitam ialah memiliki efek antikanker dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Ekstrak jintan hitam dalam penelitian tabung reaksi diklaim mampu membunuh sel kanker payudara, lho Grameds.

Zat aktif berupa tymoquinone di dalam habbatussauda berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain kanker payudara, aktivitas antikanker dari thymoquinone telah terbukti untuk kanker darah, usus, hati, pankreas, paru-paru, leher rahim, hingga prostat.

8. Berpotensi Menjaga Kesehatan Hati

Membunuh racun, memetabolisir obat-obatan, dan memproduksi protein merupakan berbagai tugas penting dari organ hati pada tubuh manusia. Jintan hitam atau habbatussauda ternyata mampu menjaga kesehatan hati.

9. Meningkatkan Kualitas Sperma

Sebuah studi mengenai habbatussauda atau jintan hitam telah membuktikan bahwa tanaman tersebut dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria yang didiagnosis mengalami infertilitas. Ditemukan pula fakta bahwa habbatussauda atau black seed bermanfaat untuk program hamil dalam membantu sperma berenang lebih cepat. Kemudian kandungan antioksidan pada habbatussauda juga turut membantu melindungi sperma dari kerusakan.

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

10. Mengurangi Gejala Asma

Bagi Grameds yang menderita asma, kamu bisa mencoba manfaat habbatussauda untuk mengurangi gejala yang timbul. Di dalam habbatussauda atau biji jintan hitam terdapat efek antiradang yang berfungsi menurunkan gejala asma seperti sesak napas.

Selain sesak napas, berikut adalah gejala yang kerap diderita seseorang dengan riwayat asma.

  • Bernapas lebih cepat
  • Batuk dan sesak dada yang parah
  • Terengah-engah untuk berbicara, makan, ataupun tidur
  • Detak jantung yang lebih cepat
  • Bibir atau jari membiru

Meski memiliki kandungan yang mampu menyembuhkan asma, ada baiknya Grameds berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar tidak berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

11. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Mengurangi peradangan dan pertumbuhan bakteri terbukti menjadi manfaat minyak jintan hitam untuk membantu penyembuhan luka. Bekerja menumbuhkan serat kolagen baru menjadi salah satu manfaat habbatussauda untuk menciptakan kulit baru yang lebih sehat.

Jika Grameds memiliki bekas luka yang tak kunjung hilang, cobalah untuk mengoleskan minyak habbatussauda pada luka tersebut. Agar proses pemulihan berangsur cepat, Grameds bisa mengoleskannya secara rutin.

12. Meningkatkan Sistem Reproduksi Pria

Habbatussauda atau jintan hitam memiliki kandungan kalium sebagai elemen penting untuk meningkatkan sistem reproduksi pria. Kandungan kalium pada habbatussauda dipercaya dapat meningkatkan kinerja otot sekaligus sumber mineral yang baik dalam membangun sistem reproduksi pria.

13. Mengatasi Kondisi Psoriasis

Grameds dapat merasakan manfaat habbatussauda untuk kulit, lho. Kondisi kulit berupa kelainan autoimun hiperproliferatif yang dapat menyebabkan gatal dan nyeri pada kulit kepala hingga wajah disebut psoriasis.

Penggunaan minyak habbatussauda yang dioleskan dalam bentuk salep memiliki pengaruh yang baik untuk mengatasi kondisi psoriasis. Dapat disimpulkan bahwa manfaat habbatussauda memiliki efek terbaik apabila dikombinasikan dengan salep dan obat minum pada penderita psoriasis.

14. Vitiligo yang Berkurang

Penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit dan mengakibatkan bercak hitam pada kulit disebut vitiligo. Sel-sel penghasil kulit yang tidak berfungsi akan menyebabkan hal tersebut terjadi.

Dilakukan sebuah penelitian terhadap pasien lesi vitiligo dengan menggunakan pengobatan minyak habbatussauda dan minyak ikan untuk menguji manfaat dari tumbuhan beraroma khas ini. Dari penelitian tersebut disampaikan bahwa pasien lesi vitiligo memutuskan untuk memakai habbatussauda sebagai obat alternatif sehari-hari.

Habbatussauda dapat membantu menyebarkan melanin di dalam kulit. Kemudian habbatussauda atau jintan hitam turut meningkatkan intensitas melanin di dalam melanopsin.

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

15. Memiliki Kandungan Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam habbatussauda penting dikonsumsi untuk mengurangi peradangan dan membantu melindungi diri dari kondisi penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer. Secara khusus, habbatussauda memiliki efek antiradang dan antioksidan yang kuat untuk wanita karena kaya akan thymoqiunone. Tanaman yang tumbuh di daerah Timur Tengah ini juga dapat membantu mengobati beberapa jenis kanker dan melindungi kesehatan otak.

16. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Garis pertahanan tubuh yang dapat mencegah masuknya patogen penyebab penyakit disebut sistem imun. Fungsi sistem imun harus tetap dijaga agar bisa melindungi tubuh dengan optimal.

Jika berbicara perkara daya tahan tubuh, sebagian besar orang mungkin akan memilih cara mudah dengan bahan alami. Habbatussauda merupakan salah satu bahan alami yang terkenal punya banyak manfaat untuk menguatkan kekebalan tubuh.

Kandungan antioksidan seperti flavonoid dan thymoquinone dalam habbatussauda mampu memperkuat respon imun tubuh dalam rangka melawan serangan penyakit. Senyawa antioksidan di dalam tanaman habbatussauda diyakini mampu mengoptimalkan fungsi pertahanan pada tubuh.

17. Membantu Pencernaan

Habbatussauda atau jintan hitam memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat memperbaiki ganguan sistem pencernaan. Ekstrak habbatussauda kerap digunakan untuk mengurangi gas dalam perut dan meredakan rasa kembung.

Baca juga:

Itulah uraian beberapa manfaat habbatussauda bagi kesehatan tubuh yang mungkin berguna untuk Grameds. Kini berbagai produk kemasan berbahan dasar habbatussauda atau jintan hitam telah hadir di pasaran. Grameds disarankan untuk mengikuti anjuran dosis yang tertera pada informasi produk saat mengonsumsi habbatussauda.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila