in

Daftar 12 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Anda Coba

Makanan khas Surabaya – Membahas tentang wisata kuliner memang tidak ada habisnya, karena makanan sendiri merupakan kebutuhan primer manusia. Jadi, wisata yang satu ini berperan untuk memenuhi kebutuhan sekaligus keinginan. Jika kita berkunjung ke daerah-daerah yang baru, pastinya kita ingin mencicipi makanan khas daerah tersebut.

Pada artikel kali ini, akan dibahas sejumlah rekomendasi makanan khas kota terbesar kedua di Indonesia, yakni Kota Surabaya. Surabaya menjadi salah satu kota yang kerap kali menjadi destinasi wisata. Sebab, Kota Surabaya menjadi salah satu kota yang paling berkembang dan maju dalam berbagai hal.

Keunggulan Kota Surabaya ini didukung juga dengan keunikan tempat-tempat wisata dan juga makanan khasnya. Makanan khas Surabaya umumnya dapat dinikmati di siang hari atau malam hari. Berbagai macam makanan khas yang memiliki cita rasa yang unik dapat menjadi pilihan ketika Grameds berkunjung ke Kota Surabaya.

Di bawah ini akan diuraikan sejumlah makanan khas Kota Surabaya yang bisa Grameds coba. Simak sampai selesai, ya!

Makanan Khas Kota Surabaya

 

1. Tahu Campur Surabaya

Tahu Campur menjadi salah satu makanan yang biasa ditemukan di pulau Jawa. Namun, Tahu Campur khas Surabaya memiliki beberapa perbedaan dari tahu campur yang bisa ditemukan di daerah lain. Jika biasanya tahu campur dilengkapi dengan bumbu kacang sebagai siramannya, bumbu Tahu Campur khas Surabaya ini akan disiram kuah soto sapi. Kuah soto sapi yang digunakan dicampur dengan bumbu petis, sehingga mempunyai rasa pedas yang khas.

Isian dari Tahu Campur Surabaya di antaranya, yakni tahu, tauge, mie, kubis, dan perkedel atau lentho. Tidak lupa juga dilengkapi dengan daging sapi dari kuah soto, kerupuk udang, dan sambal. Dalam setiap suapannya, dijamin Anda dapat merasakan rasa gurih dan pedas yang segar serta menggugah nafsu makan.

Makanan khas Surabaya yang satu ini akan lebih nikmat ketika disantap pada musim hujan, untuk menghangatkan tubuh di tengah cuaca yang dingin. Kuliner khas yang satu ini juga merupakan salah satu kuliner yang terjangkau harganya. Grameds bisa mendapatkan santapan nikmat ini dengan harga mulai dari 15 ribu Rupiah saja.

2. Nasi Cumi

Sebagai kota yang berlokasi di pesisir, Kota Surabaya tentunya kaya akan berbagai macam hidangan olahan seafood. Salah satu hidangan yang cukup populer adalah Nasi Cumi. Hidangan yang tampak sangat sederhana ini ternyata memiliki cita rasa khas yang nikmat, sehingga menjadi favorit banyak orang.

Hidangan nasi dan cumi ini biasanya dilengkapi juga dengan berbagai lauk lain seperti empal, serundeng, telur, dan peyek udang. Untuk menambahkan cita rasa yang lebih mantap, terkadang nasi cumi juga dihidangkan bersama sambal pencit atau sambal mangga muda.

Hidangan yang sederhana ini juga sangat terjangkau harganya. Grameds bisa menikmati Nasi Cumi khas Surabaya dengan merogoh kocek mulai dari 18 ribu Rupiah saja per porsinya.

3. Rawon Surabaya

Rawon menjadi salah satu makanan khas daerah Jawa Timur yang paling populer. Salah satu daerah yang paling terkenal memiliki rawon yang nikmat adalah Surabaya.Ciri utama dari makanan khas Surabaya ini adalah kuah yang berwarna hitam pekat, yang berasal dari bumbu kluwek. Raeon sendiri merupakan sejenis sup yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya, dan terkadang juga disajikan bersama telur.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Bumbu untuk membuat kuah rawon terdiri dari kluwek, ketumbar, bawang, cabai, serai, kemiri, kunir, dan laos yang dihaluskan kemudian ditumis hingga harum. Cara membuat Rawon Surabaya juga dinilai cukup mudah. Setelah menyiapkan bahan bumbu halus dan menumisnya, Anda hanya perlu menambahkan kuah kaldu sapi dan potongan daging sapi, lalu masak hingga matang.

Sebagai pelengkap, Rawon Surabaya juga biasa ditambahkan tauge, empal goreng, daun bawang, kerupuk udang, dan sambal. Rawon Surabaya ini memiliki banyak variasi juga, sehingga Grameds bisa mendapatkan banyak pilihan. Satu porsi Rawon Surabaya bisa Grameds dapatkan dengan harga mulai dari 30 ribu Rupiah saja per porsinya.

4. Nasi Krawu

Nasi Krawu ini sebetulnya berasal dari Gresik, tetapi hidangan yang satu ini bisa Grameds temukan di berbagai tempat di Kota Surabaya. Maka itu, hidangan yang satu ini pun disebut sebagai salah satu makanan khas Surabaya. DIketahui, alasan hidangan ini dinamakan Nasi Krawu, karena ketika membuatnya, para penjual akan mengambil semua komponen-komponen makanan menggunakan tangan atau yang dalam Bahasa Jawa disebut di-krawuk.

Nasi Krawu biasanya berisikan berbagai macam lauk, seperti suwiran daging sapi, telur, babat, kikil, serundeng kelapa yang gurih, dan sambal terasi. Cara penyajian Nasi Krawu ini juga unik, di mana disajikan di atas daun pisang atau pincuk yang menambahkan aroma, sehingga rasanya semakin nikmat. Satu porsi dari Nasi Krawu bisa Grameds dapatkan dengan harga yang terjangkau, yaitu mulai dari 20 ribu Rupiah.

5. Pecel Semanggi

Makanan khas Surabaya selanjutnya yang wajib Grameds coba ketika berkunjung ke Ibu Kota Provinsi Jawa Timur adalah Pecel Semanggi. Secara umum, makanan khas Surabaya yang satu ini seperti pecel pada umumnya, tetapi yang membedakan adalah menggunakan daun semanggi sebagai pengganti sayur.

Makanan khas Surabaya yang satu ini terdiri atas sejenis tanaman paku, semanggi, yang dikukus dan dicampur dengan daun pepaya serta tauge, kemudian disiram bumbu kacang yang manis, gurih, dan juga pedas.

Bumbu siram yang digunakan dibuat secara khusus dari campuran kacang, petis, gula merah, dan ubi rambat, sehingga menghasilkan tekstur yang lebih lembut. Pecel Semanggi biasanya disajikan menggunakan daun pisang atau pincuk dan ditambahkan kerupuk karak yang bisa digunakan sebagai sendok.

Pecel Semanggi ini bisa Grameds temukan di banyak tempat di Surabaya. Harga satu porsi Pecel Semanggi ini juga tentunya sangat terjangkau, yakni mulai dari 10 ribu Rupiah saja, lho. Jangan lupa cobain ya!

Banyak sekali makanan pendamping beras yang memiliki cita rasa khas. Bahkan, bisa dibilang ada lebih dari 500-an makanan Nusantara yang cocok untuk menjadi pendamping beras, apa saja itu? Nah, kamu bisa temukan jawabannya pada buku 550 Pesona Kuliner Nusantara Pendamping Beras. Lewat buku ini, Grameds akan makanan pembuka, sup, makanan utama, makanan penutup, dan kudapan khas Nusantara.

 

6. Tahu Tek Surabaya

Jika di atas tadi sudah dijelaskan ada tahu campur, ada juga makanan khas Kota Surabaya yang serupa dengan hidangan itu, yakni Tahu Tek atau yang dikenal juga dengan nama Tahu Telur. Asal-usul hidangan ini bisa dinamakan Tahu Tek, karena pedagang yang menjual kuliner ini biasa menghasilkan bunyi “tek-tek” dari penggunaan gunting. Sedangkan, disebut juga sebagai Tahu Telur, karena sebelum tahu digoreng, tahu akan dicampurkan dulu ke dalam telur yang telah dikocok.

Cara membuat Tahu Tek ini cukup sederhana, dimulai dengan menyiapkan bumbu Tahu Tek terlebih dahulu, yakni bumbu kacang dengan campuran petis, bawang, dan cabai. Setelah semua bahan tersebut dihaluskan dan dicampurkan hingga menjadi pekat, bumbu tersebut kemudian disiramkan di atas potongan tahu telor yang sudah digoreng dan lontong.

Tak lupa juga, disajikan dengan tambahan sayur seperti tauge, kentang, dan timun, serta kerupuk yang menjadi pelengkap kuliner khas Surabaya ini.

Tahu Tek Surabaya ini memiliki rasa gurih, manis, dan pedas yang tentunya nikmat, dan porsinya juga cukup mengenyangkan, karena menyajikan lontong dan banyak komponen lain. Grameds bisa mendapatkan satu porsi Tahu Tek mulai dari harga 10 ribu saja.

7. Lontong Kupang

Lontong Kupang atau yang bisa disebut juga sebagai Kupang Lontong adalah kuliner khas daerah Jawa Timur pesisir, termasuk juga Kota Surabaya. Grameds mungkin ada yang memiliki pertanyaan, mengapa dinamakan Lontong Kupang jika tidak berasal dari daerah Kupang.

Hidangan ini diberi nama Lontong Kupang, karena bahan utamanya adalah kerang kupang. Kerang kupang yang disajikan biasanya adalah kerang kupang putih yang berukuran kecil dan mengandung banyak protein, sehingga baik untuk kesehatan.

Lontong Kupang ini akan menyajikan kerang-kerang kecil yang direbus, lalu diberi siraman kuah kaldu gurih yang juga diberi perasan jeruk nipis dan sambal petis. Lontong Kupang ini biasanya disajikan dengan sate kerang dan direkomendasikan untuk dinikmati dengan minuman  es kelapa muda.

Lontong Kupang ini akan menyajikan rasa gurih, asam, manis, dan pedas, yang pastinya berpadu dengan nikmat di dalam mulut. Grameds bisa menemukan Lontong Kupang di berbagai tempat di Kota Surabaya. Harga Lontong Kupang ini juga masih terjangkau, yakni mulai dari 15 ribu Rupiah saja per porsinya.

8. Lontong Balap

Makanan khas Kota Surabaya selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Lontong Balap. Kuliner yang satu ini disebut-sebut sebagai salah satu makanan khas Surabaya yang legendaris, karena makanan ini sudah ada sejak tahun 1956. Lontong Balap diketahui berasal dari daerah Kutisari dan Kendangsari, dekat dengan Pasar Wonokromo.

Makanan ini diberi Lontong Balap, karena para penjualnya yang selalu berlari ketika memikul dagangannya yang berat, sehingga terlihat seperti sedang balapan. Lontong Balap sendiri merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang menyajikan lontong, tahu goreng, perkedel kacang hijau atau lentho, tauge rebus, bawang goreng, kecap, kemudian disiram dengan kuah yang manis dan gurih. Rasa dari Lontong Balap juga semakin lengkap ketika dinikmati bersama dengan sambal petis.

Hal yang membuat Lontong Balap ini menjadi unik, yakni jumlah tauge yang begitu banyak serta perkedel kacang tolo yang menjadi isiannya. Grameds masih bisa menemukan dengan mudah banyak penjual Lontong Balap di sekitar Kota Surabaya. Satu porsi Lontong Balap ini dijual dengan harga mulai dari 15 ribu Rupiah saja. Menarik sekali ya!

9. Soto Gubeng Pojok Surabaya

Soto Gubeng Pojok Surabaya atau yang dikenal juga dengan nama Soto Madura adalah salah satu sajian khas Kota Surabaya yang nikmat dan segar. Ciri khas dari Soto Gubeng Pojok Surabaya ini, yakni kuahnya yang tidak terlalu kental dan tidak berwarna kuning. Soto Gubeng Pojok Surabaya ini biasanya berisi daging sapi beserta jeroannya, seperti usus dan babat.

Soto Gubeng Pojok Surabaya ini akan menyajikan rasa kuah yang gurih, segar dari campuran perasan jeruk nipis, serta pedas dari sambal yang disajikan. Dijamin, Grameds akan menikmati setiap suapan Soto Gubeng Pojok Surabaya ini. Harga satu porsi Soto Gubeng Pojok Surabaya ini juga masih terjangkau, dengan bisa didapatkan mulai dari 20 ribu Rupiah saja, sudah lengkap dengan nasi putih hangat.

10. Rujak Cingur

Makanan yang satu ini mungkin sudah sering Grameds temukan di banyak daerah. Rujak Cingur sendiri sudah sangat terkenal sebagai salah satu kuliner khas Surabaya yang mempunyai cita rasa yang lezat dan unik dengan bumbu petis yang melimpah.

Banyak orang juga yang kerap kali menyebut Rujak Cingur ini sebagai Rujak Ulek, karena proses pembuatannya yang diulek, sehingga semua bahan menyatu.

Disebut sebagai Rujak Cingur, karena makanan ini menggunakan cingur, yakni potongan bibir sapi. Cingur sendiri dalam Bahasa Jawa berarti “mulut”. Ini juga yang menjadi daya tarik dari makanan khas Ibu Kota Jawa Timur ini. Tak perlu khawatir akan rasa dan tekstur dari cingur sapi, karena cingur sapi yang disajikan telah melalui proses perebusan yang lama, sehingga teksturnya kenyal dan empuk.

Cingur sapi tersebut akan dicampur dengan sayur rebus dan potongan lontong. Satu porsi Rujak Cingur akan menyajikan rasa gurih, asam, pedas, dan tentunya aroma khas bumbu kacang petis yang menggugah selera makan. Ditambah lagi, Rujak Cingur biasa disajikan juga di atas daun pisang atau pincuk, dan ditambahkan kerupuk udang.

Pedagang Rujak Cingur bisa Grameds temukan bertebaran di sepanjang jalan di Kota Surabaya. Jadi, Grameds tidak perlu bingung untuk mencarinya. Satu porsi Rujak Cingur boasa dibanderol dengan harga mulai dari 15 ribu Rupiah saja.

Berbagai macam jenis makanan bisa ditemukan di negara Indonesia, mulai dari makanan dengan tumis-tumisan hingga makanan berkuah, seperti soto dan sup. Nah, bagi Grameds yang masih bingung untuk membuat sup dan soto, tak perlu khawatir karena pada buku (SERI KULINER NUSANTARA) SUP & SOTO, kamu bisa mencoba berbagai resep sup dan soto yang kaya akan kenikmatan.

 

11. Sate Lisidu 

Makanan khas Surabaya selanjutnya yang juga tak boleh Grameds lewatkan adalah aneka hidangan sate. Salah satunya adalah Sate Lisidu legendaris. Sate Lisidu ini menjadi populer, karena bentuknya yang berbeda dari sate pada umumnya dan tentunya rasanya yang nikmat. Jika sate pada umumnya terpisah-pisah dan tak terlalu panjang, Sate Lisidu ini berbentuk memanjang dan menyatu.

Daging yang biasa digunakan untuk membuat Sate Lisidu adalah daging ayam kampung, sehingga rasa dan teksturnya lebih nikmat. Sebelum dibakar, daging sate yang telah dimarinasi dengan berbagai bumbu akan dikukus terlebih dahulu, sehingga tidak perlu dibakar di atas arang untuk waktu yang lama.

Seperti sate pada umumnya, Sate Lisidu juga akan disajikan dengan bumbu kacang yang kental, yang membuat Sate Lisidu sangat nikmat untuk disantap.

Selain bagian daging, ada juga Sate Lisidu yang menyajikan sate jeroan, seperti sate hati ayam dan sebagainya. Tidak sulit untuk menemukan penjual Sate Lisidu di Kota Surabaya. Untuk harga Sate Lisidu sendiri bervariasi, tergantung dengan jenis daging yang digunakan. Namun, kuliner khas Surabaya yang satu ini masih cukup terjangkau, karena bisa didapatkan mulai dari harga 25 ribu Rupiah.

Bosan dengan makanan rumah yang begitu saja? Kamu bisa mencoba berbagai resep makanan Nusantara yang penuh dengan kenikmatan. Salah satu buku yang bisa dijadikan referensi untuk mencoba berbagai masakan Nusantara adalah 180 Resep Masakan Nusantara Racikan Nyonya Rumah

Banyak resep yang ada pada buku ini akan memudahkan Grameds mencoba resep-resep baru. Dapatkan segera buku ini di gramedia.com.

 

12. Sate Klopo 

Selain Sate Lisidu, salah satu jenis sate yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Surabaya adalah Sate Klopo. Sesuai dengan namanya, “klopo” yang dalam Bahasa Jawa berarti “kelapa”, sate daging atau jeroan akan dilumuri dengan bumbu kelapa. Setelah potongan daging sapi atau ayam dibakar bersama lemak dan potongan jeroan, sate akan diberikan taburan serundeng kelapa yang gurih.

Sate Klopo juga dilengkapi dengan bumbu kacang yang pedas, sehingga membuat hidangan ini semakin nikmat. Aroma arang, bumbu kacang yang pedas, dan gurihnya serundeng kelapa akan bercampur secara pas di setiap potongan daging sate. Satu porsi Sate Klopo biasanya berisi 10 tusuk yang dibanderol dengan harga mulai dari 20 ribu per porsi.

Nah, itu dia Grameds 12 Makanan khas Surabaya yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke sana. Dari penjelasannya saja sudah menggugah selera, ya. Bagi Grameds yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang kuliner nusantara, kalian bisa mendapatkan informasi melalui berbagai buku yang bisa Anda temukan di Gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu menyediakan informasi terlengkap dan terbaik untuk Anda. Selamat membaca. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriel

Rujukan:

  • https://salsawisata.com/makanan-khas-surabaya/4/
  • https://surabaya.liputan6.com/read/4484359/10-makanan-khas-surabaya-yang-enak-dan-bikin-ketagihan-wajib-dicoba
Sumber : theatlantamall


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Khansa Amira

Khansa adalah seorang Content Writer yang telah berkarir sejak tahun 2021 dan dunia kepenulisan selalu menarik baginya. Dengan menulis Khansa dapat membuka wawasan dan pandangan baru tentang topik-topik menarik, terutama dunia kuliner.