Best Seller Buku Motivasi & Self Improvement Mudah

Jelajahi Best Seller Buku Gaya Hidup Sehat dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

Yuk , Hidup Sehat

Resep Hidup Sehat

Cegah Diabetes Sebelum Terlambat: Sebuah Cara Hidup Sehat Ag

Lebih Muda 20 Tahun, Rahasia Hidup Sehat Dan Berumur Panjang

Hidup Sehat Tanpa Gluten

Hidup Sehat Bersama KUCING Kesayangan

Menuju Hidup Sehat dan Panjang Umur

Finding Sisu: Hidup Sehat Dan Seimbang Ala Orang Finlandia

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku¬† seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku¬† seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

gramedia best seller

Tetang Best Seller Buku Motivasi & Self Improvement Mudah

Jelajahi Best Seller Buku Gaya Hidup Sehat dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    Memiliki tubuh dan pikiran yang sehat tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Namun, hal tersebut sering kali hanya sebatas keinginan yang tidak diusahakan. Keinginan untuk selalu sehat terkadang tidak diikuti dengan tindakan untuk menjaga diri agar tetap sehat, baik sehat secara fisik maupun mental.

    Meskipun terdapat banyak cara yang dapat diterapkan, memiliki gaya hidup sehat terkadang memang tidak mudah untuk dilakukan. Cukup sulit untuk mengubah gaya hidup seseorang yang tidak teratur menjadi gaya hidup sehat. Seseorang mungkin akan menghadapi berbagai kendala dalam usaha untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

    Kendala utama dalam usaha untuk menerapkan gaya hidup sehat adalah rasa malas yang timbul dalam diri seseorang serta anggapan yang menyepelekan pentingnya kesehatan. Karena itu, diperlukan adanya niat dan tekad yang cukup kuat dari dalam diri seseorang untuk memiliki gaya hidup sehat.

    Untuk menerapkan gaya hidup sehat juga dibutuhkan adanya komitmen jangka panjang sehingga gaya hidup sehat dapat menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan. Dengan memiliki niat, tekad, komitmen yang kuat, gaya hidup sehat yang diinginkan akan dapat terwujud sehingga kualitas hidup pun dapat meningkat hingga membawa pengaruh positif bagi lingkungan.

    Sebagian orang mungkin masih belum begitu memahami mengenai bagaimana cara untuk menjaga gaya hidup sehat. Cara untuk menjaga gaya hidup sehat yang baik dan benar adalah berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik, terutama pada kesehatan. Gaya hidup sehat dapat dimulai dari kegiatan rutin sehari-hari, seperti menyisihkan waktu untuk makan, tidak melakukan pekerjaan sampai larut malam, serta memiliki jam tidur yang cukup.

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa gaya hidup yang tidak sehat, seperti pola makan tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik dapat menjadi penyebab utama dari berbagai gangguan kesehatan. Gaya hidup tidak sehat dapat menyebabkan tubuh menjadi rentan terserang berbagai jenis penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

    Gaya hidup sehat sangat penting untuk diterapkan dan harus dibiasakan sedini mungkin. Gaya hidup sehat tidak hanya sekadar cara untuk mencegah berbagai penyakit. Gaya hidup sehat dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik, mental, dan sosial. Gaya hidup sehat dilakukan agar kualitas hidup dapat meningkat secara keseluruhan hingga dapat hidup lebih lama.

    Gaya hidup sehat yang akan diterapkan perlu disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, kemampuan fisik, kondisi kesehatan, dan kebiasaan makan. Seseorang tidak dapat mengharapkan hasil perubahan gaya hidup yang sama dengan orang lain karena setiap orang memiliki kondisi yang berbeda. Namun, di samping perlu menyesuaikan gaya hidup sehat yang akan dilakukan, penerapan gaya hidup sehat sebenarnya tidak selalu rumit untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk memulai gaya hidup sehat.

     

    Cara Mudah Menerapkan Gaya Hidup Sehat

    1. Menyempatkan Olahraga secara Teratur

    Melakukan olahraga secara teratur akan memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Olahraga secara teratur dapat meningkatkan kekuatan otot, memperkuat daya tahan tubuh, serta meningkatkan kesehatan jantung. Melakukan olahraga secara rutin juga dapat membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh serta melancarkan sistem peredaran darah. Hal tersebut dapat menjadikan seseorang menjadi lebih bugar dan memiliki lebih banyak energi untuk melakukan berbagai kegiatan.

    Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mental. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kegiatan fisik dapat merangsang produksi endorfin sehingga dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia dan lebih tenang.

    Untuk membiasakan gaya hidup sehat, olahraga dapat dilakukan dengan melakukan jenis olahraga yang disukai. Olahraga perlu dilakukan setidaknya selama 150 menit dalam setiap minggunya. Olahraga dapat dilakukan dengan aktivitas sederhana, seperti dengan berjalan kaki dan naik-turun tangga. Hal yang terpenting adalah membuat tubuh selalu aktif bergerak setiap hari.

    2. Menghindari Stres

    Memiliki tubuh yang sehat tentu tidak akan lengkap tanpa mental yang sehat. Kesehatan fisik dan kesehatan mental perlu dijaga secara beriringan. Kesehatan mental yang buruk dapat menguras energi dan fokus seseorang sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung.

    Stres dapat terjadi karena berbagai hal, seperti tugas yang menumpuk, macet di jalan, keuangan yang semakin menipis, dan hubungan asmara yang kacau. Saat seseorang merasa stres, semua sistem dalam tubuh akan merespon dengan cara yang berbeda. Stres yang bersifat kronis dapat berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan. Karena itu, stres harus sebisa mungkin untuk dikurangi dengan menghindari berbagai hal yang dapat menjadi penyebab stres.

    Stres dapat dikurangi dengan melakukan olahraga secara teratur. Perasaan stres yang disebabkan karena rasa kesepian juga dapat dikurangi dengan melakukan sosialisasi bersama orang lain, seperti menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman.

    Saat stres muncul saat sedang melakukan sebuah aktivitas, berhentilah sejenak dari aktivitas tersebut. Cobalah untuk menenangkan diri dengan mengambil napas dalam-dalam dan menghembuskannya  secara perlahan. Lakukan hal tersebut berulang kali hingga merasa merasa lebih tenang.

    Stres juga dapat dihindari dengan melakukan berbagai kegiatan yang disenangi, seperti membaca, menulis jurnal, berjalan-jalan santai, dan mendengarkan musik. Membuat diri merasa nyaman dengan melakukan sesuatu yang disenangi menjadi salah satu hal yang penting dilakukan untuk menghindari stres.

    3. Menjaga Pola Makan

    Untuk menerapkan gaya hidup sehat, pola makan menjadi hal yang sangat perlu untuk diperhatikan. Makanan dapat mempengaruhi kinerja tubuh seseorang sehingga penting untuk memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi setiap hari.

    Makanan yang dikonsumsi harus memenuhi gizi seimbang, seperti karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Jenis makanan yang dikonsumsi juga tidak boleh hanya bergantung pada makanan pokok, seperti nasi. Makanan pokok dapat diganti dengan jenis makanan lain, seperti jagung, ubi, dan kentang. Makanan yang akan dikonsumsi juga harus diolah dengan baik. Makanan yang diolah dengan cara digoreng perlu untuk dihindari dan diganti dengan makanan yang diolah secara lebih sehat, seperti direbus, dikukus, atau ditumis.

    Selain itu, porsi makanan juga perlu diperhatikan. Memperhatikan porsi makan sangat penting untuk mencegah kegemukan dan mencegah berbagai penyakit kronis karena sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan tidak baik untuk tubuh. Makan di piring atau mangkuk yang kecil dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga porsi makan.

    4. Banyak Mengonsumsi Air Putih

    Mengonsumsi air putih yang cukup dapat menjadi cara yang mudah untuk menerapkan gaya hidup sehat. Meskipun mudah untuk diterapkan, minum air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air putih dapat mengeluarkan racun yang terdapat di dalam tubuh, membantu menjaga fungsi otak yang sehat, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan suasana hati yang positif. Selain itu, air putih juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat rasa kenyang dan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar.

    Tubuh yang memiliki berbagai aktivitas sangat membutuhkan asupan cairan karena sekitar 60 persen dari komposisi tubuh adalah air. Namun, cairan yang terdapat dalam tubuh akan terus berkurang setiap harinya. Karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi. Setiap orang sangat dianjurkan untuk mengonsumsi minimal 8 gelas air putih setiap hari

    5. Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

    Menjaga waktu tidur juga menjadi salah satu hal yang penting dalam menerapkan gaya hidup sehat. Kualitas tidur yang baik akan menjadi sebuah pondasi yang dapat membentuk pikiran dan tubuh yang sehat. Pondasi yang tidak terbentuk dengan baik akan berdampak pada kesehatan, seperti fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati, hingga berat badan.

    Kualitas tidur yang buruk dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti membuat seseorang merasa lelah dan lamban serta meningkatkan risiko penyakit diabetes, jantung. dan tekanan darah tinggi. Selain itu, kurangnya waktu tidur juga memungkinkan seseorang merasa lebih mudah tersinggung dan murung.

    Kualitas tidur seseorang dapat ditingkatkan dengan membuat jadwal tidur yang sesuai dengan kebutuhan tidur dan jadwal pagi yang dimiliki. Waktu tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa sekitar 7 sampai 9 jam setiap malam. Kualitas tidur juga dapat ditingkatkan dengan mengurangi konsumsi kafein, terutama di malam hari. Lingkungan tidur juga perlu diciptakan senyaman mungkin agar tidur dapat lebih nyenyak.

    6. Mengurangi Konsumsi Gula

    Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis dapat menjadikan gaya hidup yang lebih sehat. Meskipun memiliki rasa yang enak dan sangat menggoda lidah, makanan atau minuman manis yang dikonsumsi secara berlebih dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, penyakit stroke, hingga penyakit kanker. Karena itu, gaya hidup sehat dengan mengurangi konsumsi makanan atau minuman manis perlu dimulai secara perlahan.

    Seseorang yang biasanya mengonsumsi teh atau kopi dengan gula dapat mengurangi takaran gula yang digunakan. Minuman kemasan yang sering dikonsumsi juga perlu dihentikan dan mengganti dengan mengonsumsi potongan buah segar. Selain lebih sehat untuk dikonsumsi, gula yang terkandung di dalam buah segar juga tidak sebanyak gula yang terkandung dalam minuman kemasan.

    7. Membiasakan Hidup Bersih

    Menjaga kebersihan tubuh menjadi salah satu kebiasaan hidup sehat yang harus diterapkan. Kebersihan akan memberikan kenyamanan dan kesehatan dalam diri seseorang. Selain itu, kebersihan juga dapat menciptakan suasana hati yang baik.

    Rajin mencuci tangan menjadi hal dasar yang perlu diterapkan dalam menjaga kebersihan. Tangan berperan penting dalam berbagai aktivitas sehari-hari sehingga mungkin menjadi tempat banyak kuman.

    Mandi dan mencuci muka juga menjadi hal yang penting untuk menjaga kebersihan tubuh. Mandi dan mencuci muka setelah melakukan berbagai aktivitas akan membuat tubuh menjadi lebih bersih dan sehat. Mandi akan membersihkan tubuh dari kuman dan debu yang menempel di rambut dan kulit.

    Selain kebersihan tubuh, kebersihan lingkungan juga sangat penting untuk dijaga. Lingkungan yang kotor akan menjadi sarang kuman yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Membersihkan lingkungan dapat menjadi aktivitas fisik yang bermanfaat bagi tubuh dan lingkungan yang bersih dapat membuat aktivitas menjadi lebih nyaman.

    8. Mengurangi Waktu Bermain Handphone

    Terlalu banyak bermain handphone menjadi salah satu kebiasaan yang harus dikurangi untuk menciptakan gaya hidup sehat. Bermain handphone sering kali membuat seseorang lupa waktu. Padahal, hal tersebut dapat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

    Kebiasaan bermain handphone yang terlalu lama telah dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes, dan emboli paru. Selain itu, kegiatan bermain handphone yang tidak diimbangi dengan kegiatan fisik lainnya dapat menurunkan kemampuan kognitif otak.

    Sebagian besar waktu bermain handphone biasanya dihabiskan untuk membuka media sosial. Media sosial sendiri dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental seseorang. Terlalu lama bermain media sosial dapat menimbulkan rasa iri pada orang lain yang akan menurunkan suasana hati hingga meningkatkan risiko terjadinya depresi.