in

20 Ide Kado Ulang Tahun Untuk Anak-Anak

20 Kado Ulang Tahun Untuk Anak-Anak – Kado adalah suatu hadiah yang diberikan kepada orang lain tanpa mengharapkan timbal balik. Kado dapat berupa barang, uang tunai, dan juga jasa. Pemberian kado ini gunanya untuk mendekatkan hubungan sosial dengan orang lain atau dengan keluarga sendiri.

Kado untuk anak laki-laki ini sedikit berbeda dengan kado orang dewasa. Jika kado orang dewasa biasanya terdiri dari barang-barang yang mahal, namun kado untuk anak-anak ini bisa saja kado dari barang-barang sederhana. Anak-anak biasanya meminta kado yang tidak jauh dari mainan.

Kado untuk anak juga perlu diperhatikan, karena beberapa barang yang dijual biasanya ada batasan umur dalam kemasannya. Kita tidak boleh sembarang membelikan hadiah untuk anak-anak, terutama untuk anak usia 1-5 tahun karena mereka rentan sekali menelan benda kecil.

Kado anak-anak biasanya barang yang sesuai dengan hobinya dan juga barang yang bisa membantunya untuk belajar juga. Sembari bermain anak-anak juga harus diajarkan tentang sesuatu di sekitarnya.

Ide pesta seru dalam buku ini tersedia untuk si kecil, anak usia 7 hingga dua belas tahun, hingga ABG dan remaja. Setiap ide pesta disesuaikan dengan kondisi setiap usia, dan hal-hal yang digemari mereka. Semua dikemas secara menarik dengan foto-foto pesta dan makanan yang disajikan. Beragam tips dan resep juga ditampilkan di buku ini.

Grameds, di bawah ini akan ada beberapa rekomendasi mengenai kado ulang tahun untuk anak-anak. Apa saja rekomendasinya? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Kado Sepeda

sepeda

Sepeda bisa menjadi pilihan kalian untuk diberikan kepada anak sebagai kado ulang tahun. Jika anak kalian baru ingin belajar sepeda, maka belikanlah sepeda roda empat seperti pada gambar. Di mana sepeda memiliki roda kecil untuk menyeimbangkan sepeda. Jika anak kalian sudah bisa naik sepeda, dua roda kecil di samping bisa di lepas dan menjadi sepeda roda dua pada umumnya.

Dalam membeli sepeda harus diperhatikan fitur-fiturnya. Pastikan semuanya sempurna dan aman untuk dinaiki anak-anak. Jika fitur-fitur dalam sepeda tidak lengkap, sebaiknya tukar dengan yang lebih lengkap.

Kado sepeda ini tentunya membuat anak-anak senang. Di mana anak-anak bisa belajar mengendarai sepeda meski masih roda empat. Tentunya harus diawasi orang tua jika dalam tahap belajar. Jika sudah bisa anak-anak bisa bermain dengan leluasa tanpa bantuan orang tua.

2. Kado Skuter Mini

skuter mini

Jika sudah bisa mengendarai sepeda, maka kalian bisa membelikan kado untuk ulang tahun anak berupa skuter mini. Skuter mini ini lebih ringkas daripada sepeda. Tetapi skuter mini tidak bisa lebih cepat daripada sepeda, penggunaannya hanya untuk santai saja.

banner-promo-gramedia

Skuter mini ini cara menggunakannya dengan mendorong skuter menggunakan salah satu kaki, untuk pengeremannya bisa menginjak roda bagian belakang. Jika anak kalian sudah bisa menyeimbangkan badan di sepeda maka sangat mudah juga untuk menggunakan skuter mini ini.

Anak-anak yang diberi kado skuter mini tentunya akan suka dan senang. Mereka akan bisa bermain dengan leluasa mengitari halaman sekitar rumah. Namun penggunaannya juga harus tetap diawasi. Karena anak-anak belum bisa menjaga dirinya dengan baik.

3. Kado Dapur Mainan

dapur mainan

Anak-anak pastinya adalah saat-saat dia penasaran dengan berbagai hal, contohnya seperti masak-memasak. Kalian bisa membelikan kado berupa dapur mainan untuk mewujudkan keinginan anak-anak yang ingin menirukan cara memasak seperti ibunya di rumah.

Dapur mainan ini memiliki bentuk yang mirip dengan dapur asli. Semua benda-benda yang memiliki hubungan dengan dapur sudah ada semua lengkap satu paket. Sambil bermain, kalian bisa mengajarkan anak kalian cara-cara menggunakan alat tersebut. Dengan diberi dapur mainan ini tentunya anak akan senang, dan semakin bertambah ilmu mengenai alat-alat dapur.

4. Kado Bangunan Mainan

bangunan mainan

Anak-anak tentunya suka dengan permainan menumpuk-numpuk benda. Jika anak kalian juga suka dengan hal tersebut maka kalian dapat memberinya kado berupa bangunan mainan. Bangunan mainan ini memiliki bahan dari balok kayu ringan. Mainan ini membantu untuk mengasah kreativitas anak sejak kecil.

Biarkan anak-anak berkreasi sendiri untuk menciptakan bangunan dengan bangunan mainan itu. Jika ia belum mengetahui caranya maka ajari terlebih dahulu bagaimana cara memainkannya. Setelah itu awasi anak-anak dan beri tahu jika ia bertanya. Anak-anak akan senang diberikan mainan seperti ini.

5. Kado Mainan Balok Susun

Mainan balok susun

Mainan lego ini hampir sama seperti bangunan mainan, hanya saja mainan lego ini dapat menempel antara satu dengan lainnya. Bisa dibilang mainan balok susun tidak rentan berantakan karena dapat dikaitkan hingga membentuk bangunan dan lain-lain. Kamu bisa membelikan anak kado berupa mainan balok susun.

Mainan ini juga mengasah kreativitas anak-anak. Mereka bisa membuat apa saja sesuka hati. Biarkan kreativitasnya berjalan dalam memainkan mainan tersebut. Beri mereka waktu dengan mainannya sendiri. Namun harus diawasi juga dari kejauhan agar tidak menelan mainannya itu. Anak-anak pasti senang menerima hadiah seperti ini, ia akan terus mencoba bentuk-bentuk baru dalam memainkan balok susun.

6. Kado Lilin Mainan

lilin mainan

Mainan lilin juga bisa dijadikan sebagai kado ulang tahun untuk anak-anak. Mainan ini juga hampir sama seperti bangunan mainan dan balok susun. Bedanya mainan ini bisa menempel satu sama lain tanpa ada pengait. Bahkan bisa mencampur dengan warna lain.

Mainan ini berbahan elastis dan sedikit lengket. Mainan ini lebih mudah daripada mainan lainnya karena pembentukannya sangat bebas. Lilin mainan bisa bebas dibentuk tanpa memikirkan bentuk dari lilin itu terhadap susunan lainnya. Dengan mainan ini anak-anak bisa menjadi lebih kreatif. Mereka bisa membuat bentuk apa saja sesuka hati mereka. Tentunya mereka senang dengan kado seperti ini.

7. Kado Buku Cerita Anak

buku cerita anak

Buku cerita anak bisa dijadikan pilihan sebagai kado ulang tahun untuk anak-anak. Kalian bisa membelinya jika anak kalian baru bisa membaca ataupun baru belajar membaca. Cerita anak biasanya dilengkapi dengan gambar-gambar dari cerita tersebut.

Buku cerita anak ini memiliki manfaat untuk mengedukasi anak-anak. Dengan banyak membaca tentunya akan banyak ilmu juga yang masuk, anak-anak pun akan semakin lancar membaca. Membaca juga harus didampingi oleh orang tua agar anak bisa bertanya jika ia tidak mengerti maksud dari cerita di dalamnya. Anak-anak pasti menyukai kado seperti ini, ia bisa melihat gambar-gambar yang unik dan menarik dari buku tersebut.

8. Kado Tas Sekolah

tas sekolah

Tas sekolah juga bisa dijadikan sebagai kado ulang tahun anak-anak. Jika kamu memiliki anak yang sudah sekolah mungkin TK atau SD, kamu bisa membelikan tas sekolah dengan motif yang lucu. Gambar-gambar karakter kartun juga bisa dipilih untuk jadi kado tas anak kalian.

Pemberian tas sekolah baru kepada anak juga dapat memancing mereka untuk semangat pergi ke sekolah. Dengan adanya tas baru pasti mereka sangat senang, mereka akan buru-buru ingin memakainya untuk pergi ke sekolah. Semangatnya itu bisa mendorong untuk semangat belajar juga.

9. Kado Kotak Makan

kotak makan

Anak yang masih belajar di TK dan SD biasanya membawa bekal makanannya masing-masing. Oleh karena itu, memberi kado berupa kotak makan adalah pilihan yang tepat.  Belilah kotak makan dengan model dan warna yang sesuai dengan anak-anak. Bila perlu beli juga botol minumnya dengan warna yang sama dengan kotak makan.

Dengan adanya kotak makan, kalian tidak perlu khawatir kesehatan makanan yang dimakan oleh anak, karena pastinya semua makanan berasal dari rumah. Hal tersebut berguna untuk meminimalkan peluang anak untuk jajan sembarangan. Anak juga akan lebih senang jika dibekali makanan dari rumah dan tidak perlu repot-repot untuk jajan makanan.

10. Kado Jam Tangan Anak

jam tangan anak

Jam tangan anak bisa jadi pilihan sebagai kado ulang tahun. Ketika anak sudah belajar di SD pastinya mereka ingin bergaya seperti orang dewasa. Mereka juga ingin merasakan memakai jam tangan seperti orang dewasa. Anak-anak biasanya memakai jam tangan tidak hanya fokus pada waktu, namun juga pada fitur-fitur yang ada. Jadi, sebaiknya membelikan jam tangan khusus anak-anak yang memiliki banyak fitur agar anak senang.

Dengan adanya jam tangan, anak juga bisa belajar mengenai waktu. Kalian bisa mengajari mereka mengenai hitungan waktu. Jadi, jika ia sedang sekolah atau bermain, mereka tahu waktu dan bisa belajar untuk menepati waktu dari kecil.

11. Kado Swipoa (Sempoa)

swipoa

Swipoa atau sempoa bisa dijadikan pilihan sebagai kado ulang tahun untuk anak. Swipoa bermanfaat untuk melatih anak agar pandai berhitung. Swipoa ini umumnya akan diajarkan di sekolah, namun akan lebih baik lagi jika memilikinya sendiri di rumah dan bisa belajar juga di rumah.

Swipoa ini digunakan untuk perhitungan matematika. Bisa untuk perhitungan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan akar kuadrat. Jika anak kalian masih TK atau SD, kalian bisa mengajarinya mulai dari penjumlahan sampai pembagian.

12. Kado Peralatan Ibadah

sajadah

Mengajarkan anak untuk ibadah harus dari sedini mungkin. Kita harus mengenalkan anak-anak pada ajaran agama yang dianut. Setiap keluarga tentunya memiliki agamanya masing-masing. Peralatan ibadah ini bisa dijadikan sebagai kado ulang tahun untuk anak-anak. Tujuannya adalah agar anak semakin rajin untuk beribadah dari kecil.

Ketika sudah dibiasakan dari kecil maka saat ia besar nanti tidak akan sulit baginya untuk beribadah. Tanamkan kebiasaan baik kepada anak sejak dini agar ia terbiasa ketika besar kelak.

13. Kado Peralatan Sekolah



peralatan sekolah

Peralatan sekolah ini bisa dijadikan pilihan sebagai kado ulang tahun untuk anak. Peralatan sekolah ini sangat bermanfaat untuk menunjang kegiatan belajar mengajarnya di sekolah anak. Diberikan peralatan sekolah dengan harapan anak bisa semakin rajin untuk sekolah dan belajar di rumah.

Peralatan sekolah merupakan hadiah yang terjangkau. Peralatan ini berupa buku, pensil, pulpen, penggaris, penghapus, dan lain-lain. Lengkapnya peralatan sekolah akan membuat anak terpacu untuk rajin belajar. Anak juga senang karena mendapat barang-barang baru untuknya.

14. Kado Sepatu Anak

sepatu anak

Sepatu juga bisa dijadikan pilihan sebagai kado ulang tahun anak. Anak suka sekali bepergian dan jalan-jalan untuk mengetahui hal-hal baru di luar rumah. Oleh karena itu, pemberian sepatu adalah hal yang tepat untuk anak. Anak pastinya sangat senang jika diberi hadiah sepatu, ia akan terus memakainya ketika bepergian ke luar rumah.

Selain sepatu untuk bergaya, kalian juga bisa memberikannya sepatu sekolah. Sepatu sekolah baru juga akan mendorong anak untuk semangat pergi ke sekolah. Anak-anak bisa jadi lebih percaya diri karena sepatu barunya.

15. Kado Pakaian Anak

pakaian anak

Membelikan pakaian sebagai kado ulang tahun juga ide yang bagus. Anak-anak tentunya akan senang dibelikan pakaian baru. Walaupun mereka tidak mengerti soal gaya berpakaian, namun mereka tahu bahwa pakaian yang diberi adalah dari kado ulang tahunnya.

Belikanlah pakaian anak dengan bentuk dan motif yang lucu. Model sebagaimana pakaian anak, jangan model yang terlalu monoton dan dewasa. Anak-anak biasanya memiliki pakaian yang cerah-cerah dan bervariasi.

16. Kado Kolam Renang Plastik

kolam renang plastik

Anak-anak sangat suka jika diajak bermain air, namun anak-anak sering kali takut jika diajak ke kolam renang karena merasa airnya dalam. Solusinya, kalian bisa memberikan kado berupa kolam renang plastik untuk anak kalian. Kalian dapat membelinya sesuai ukuran yang kalian inginkan. Kolam renang plastik ini berguna untuk melatih anak-anak untuk berani masuk ke kolam renang.

Jika hanya untuk bersenang-senang juga tidak apa. Karena kolam renang plastik ini memang digunakan untuk anak-anak yang ingin bermain air saja. Namun jika kalian ingin mengenalkannya kepada kolam renang lewat kolam renang plastik ini juga bisa. Biarkan mereka bersenang-senang dan beradaptasi dengan kolam renang ini sebelum belajar ke kolam renang sebenarnya.

17. Kado Alat Musik Anak

alat musik anak

Anak-anak perlu dikenalkan dengan banyak hal baru yang ada di sekitarnya. Kalian bisa membelikan alat musik anak sebagai kado ulang tahunnya. Alat musik mainan ini berguna untuk mengenalkan anak pada alat musik, nada, suara, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan musik.

Umumnya anak suka membunyi-bunyikan benda. Oleh karena itu, sebaiknya belikan alat musik anak agar mereka juga belajar, tidak hanya sekadar membunyikan saja. Hal seperti itu harus diajarkan sejak dini, karena ketika ia sekolah ia pastinya juga diajarkan beberapa alat musik.

18. Kado Alat Mewarnai

pensil warna

Anak-anak suka dengan menggambar dan mewarnai. Alangkah baiknya jika kita memfasilitasi hobi anak-anak tersebut. Kalian bisa memberikan kado berupa alat mewarnai untuk anak kalian. Dengan adanya alat mewarnai yang lengkap maka kreativitas anak semakin banyak. Ia dapat mewarnai sesuka hatinya sesuai dengan kreativitasnya.

Alat-alat mewarnai untuk anak biasanya seperti pensil warna, crayon, dan juga spidol warna. Jika anak-anak belum mengerti, kamu bisa mengajarkan cara untuk mewarnai dengan rapi. Kamu juga harus mengajarkan cara meraut pensil warna dan crayon jika sudah tumpul.

Buku tersebut adalah buku mewarnai untuk anak-anak yang berkaitan dengan benda di sekitarnya.

19. Kado Jas Hujan Anak

jas hujan anak

Kado jas hujan anak juga bisa menjadi pilihan kalian ketika anak sedang berulang tahun. Kalian bisa memberikannya untuk perlindungan mereka sewaktu sekolah. Hal ini membuktikan kepedulian kalian kepada anak kalian agar tidak terkena hujan ketika mereka pulang sekolah sendiri.

Semakin besar anak maka semakin ia ingin mandiri. Anak ingin berangkat dan pulang sekolah sendiri jika jarak dari rumah ke sekolah dekat. Namun bagaimana jika hujan tiba? Nah, inilah gunanya kalian membelikan jas hujan anak kepada anak kalian. Anak kalian tentunya akan terlindungi selama ia memakainya.

20. Kado Mainan Remote Control

mainan remote control

Anak-anak sangat senang bermain mainan dengan teknologi remote control. Kalian bisa memberi hadiah remote control kepada anak kalian saat mereka berulang tahun. Mereka tentunya akan sangat senang jika diberi hadiah seperti itu. Mereka akan selalu memainkannya dan juga mengajak teman-teman lainnya. Bahkan jika teman-temannya juga punya, mereka bisa bermain balapan mobil remote control di halaman rumah dengan teman-temannya.

Grameds, itulah 20 rekomendasi kado ulang tahun untuk anak-anak. Jika anak kalian sebentar lagi akan berulang tahun, rekomendasi di atas bisa dijadikan acuan kalian untuk memberikan hadiah kepada anak kalian.

Baca juga artikel terkait “20 Rekomendasi Kado Ulang Tahun Anak” :

Bagi kalian yang tertarik dengan buku-buku rekomendasi lain, kalian bisa membelinya di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan buku-buku yang mungkin kamu butuhkan. Yuk, beli bukunya sekarang juga!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq