in

Rekomendasi Menu Diet Sehat Setiap Hari!

Dalam kehidupan sehari-hari, kita memerlukan asupan gizi yang bernutrisi sesuai dengan kebutuhan. Begitu pula dengan orang yang ingin menurunkan berat badannya dengan berdiet. Banyak orang menganggap bahwa dengan berdiet, mereka tidak akan mendapatkan nutrisi yang baik.

Makanan untuk diet pada umumnya mengandung kalori yang rendah, sedikit karbohidrat, serta lemak tak jenuh. Namun, membuat menu diet bukanlah hal yang sulit.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, Grameds dapat membaca artikel di bawah ini yang berisikan menu diet sehat yang mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan agar tubuh dapat bekerja dengan baik. Simak informasi berikut!

Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat

Berdasarkan kutipan dari healthline.com, berikut ini ada beberapa jenis makanan yang dapat dijadikan rekomendasi ketika sedang berdiet, sebagai berikut.

1. Sayuran Hijau

sayuran hijau

[algolia_carousel]

Rekomendasi bahan makanan pertama, yaitu sayuran hijau seperti halnya kangkung, sawi, bayam, dan berbagai sayuran hijau lainnya yang baik untuk menjadi bahan makanan dalam menu diet yang sehat.

Sayuran hijau sendiri mengandung senyawa yang dapat meningkatkan serat yang berfungsi untuk pemenuhan rasa kenyang serta mengurangi rasa nafsu makan yang berlebih.

Temukan berbagai panduan serta 90 resep sehat dan lezat yang terdiri dari aneka snack, laut, minuman, serta dessert yang disusun sedemkikian rupa pada buku Diet Ketogenik: Panduan & Resep Sehat.

2. Telur Rebus

telur rebus

Rekomendasi bahan makanan kedua, yaitu telur rebus yang baik karena mengandung vitamin serta protein yang baik ketika menjalani diet. Di dalam telur sendiri terdapat nutrisi seperti vitamin D serta kolin yang ada pada bagian kuning telur.

Selain itu, bagian putih telur juga mengandung sekitar 4 hingga 6 gram protein yang dapat menjadi sumber energi dalam menjadi kebutuhan sehari-hari.

3. Ikan Salmon

ikan salmon

Rekomendasi bahan makanan ketiga, yaitu ikan salmon yang memiliki kandungan protein serta asam lemak omega 3. Protein yang ada pada ikan salmon sendiri dapat berfungsi menjadi sumber energi.

Sedangkan kandungan asam lemak omega 3 yang ada dapat membantu dalam mencegah peradangan serta obesitas pada seseorang.

4. Brokoli, Kembang Kol, dan Kubis

brokoli

Rekomendasi bahan makanan keempat, yaitu brokoli, kembang kol, serta kubis yang memiliki kandungan protein, serat, serta rendah akan kalori. Protein yang terkandung pada ketiga sayuran di atas ini memiliki senyawa yang dapat membantu menurunkan resiko seseorang untuk terkena penyakit kanker.

5. Dada Ayam

dada ayam

Rekomendasi bahan makanan kelima, yaitu dada ayam yang memiliki kandungan zat besi serta protein yang tinggi. Pada umumnya, dada ayam ini dapat diolah dan dimasak tanpa menggunakan bagian kulit.

Bagian dada ayam ini juga mengandung sedikit lemak jenuh yang baik untuk tubuh dibandingkan dengan daging bagian ayam lainnya.

6. Daging Sapi Tanpa Lemak

daging sapi tanpa lemak

Rekomendasi bahan makanan keenam, yaitu daging sapi tanpa lemak atau daging merah. Daging sapi tanpa lemak sendiri memiliki kandungan protein serta zat besi yang juga baik untuk tubuh. Selain itu, bagian daging tanpa lemak ini juga baik bagi seseorang yang sedang menjalani diet karena rendah akan karbohidrat.

7. Daging Domba

daging domba

Rekomendasi bahan makanan ketujuh, yaitu daging domba yang kaya akan protein, fosfor, zat besi, serta vitamin B1. Daging domba tanpa lemak juga dapat menjadi salah satu sumber protein bagi Grameds khususnya yang sedang menjalani diet rendah lemak.

8. Kentang dan Ubi Rebus

kentang dan ubi rebus

Rekomendasi bahan makanan kedelapan, yaitu kentang dan ubi rebus. Hal ini dikarenakan, sayuran jenis kentang serta umbi-umbian ini mengandung karbohidrat dan juga kalium yang memiliki peran untuk menjaga tekanan darah seseorang agar tetap stabil.

9. Ikan Tuna

ikan tuna

Rekomendasi bahan makanan kesembilan, yaitu ikan tuna yang memiliki kandungan lemak sehat serta protein yang dapat memberikan manfaat baik pada organ jantung. Selain itu, dengan mengkonsumsi ikan tuna dapat juga memberikan manfaat dalam menyehatkan mata serta otak.

[algolia_carousel page=2]

10. Kacang-kacangan

kacang-kacangan

Rekomendasi bahan makanan kesepuluh, yaitu kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan seperti, kacang tanah serta kacang polong dapat dikonsumsi sebagai menu diet dengan cara direbus.

Kacang sendiri memiliki kandungan protein serta serat yang dapat membantu untuk memberikan rasa kenyang pada tubuh. Namun, terdapat hal yang harus diperhatikan ketika mengkonsumsi kacang, yaitu porsi konsumsinya.

Jika Grameds mengkonsumsi kacang dalam jumlah yang terlalu banyak, dapat menyebabkan gas serta kembung. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang ada pada kacang-kacangan tersebut.

11. Kacang Hijau

kacang hijau

Rekomendasi bahan makanan kesebelas, yaitu kacang hijau atau yang juga bisa disebut sebagai kacang panjang. Pada umumnya sendiri, kacang panjang dapat dikonsumsi dengan cara ditumis maupun menjadi salah satu bahan makanan di dalam sup.

Kacang hijau sendiri memiliki banyak kandungan, seperti vitamin, magnesium, serta zat besi yang bermanfaat bagi tubuh. Kacang hijau juga dapat bermanfaat untuk mengatasi depresi, meningkatkan kesehatan pada tulang, serta mencegah penyakit stroke pada seseorang.

Temukan 80 resep kreasi yang dibagi menjadi 6 kategori yaitu, menu gorengan sehat, menu rebus, menu tumis, menu diabetes, serta menu bekal anak pada Menu Sehat dan Diet Ala Devi Irwantari.

12. Kacang Merah

kacang merah

Rekomendasi bahan makanan kedua belas, yaitu kacang merah yang memiliki banyak kandungan vitamin, serat, serta vitamin.Kacang merah sendiri dapat bermanfaat bagi kesehatan organ jantung, menjadi bahan makanan pada menu diet yang dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

13. Kacang Lentil

kacang lentil

Rekomendasi bahan makanan ketiga belas, yaitu kacang lentil yang memiliki bentuk serupa dengan kacang hijau. Kacang lentil sendiri memiliki kandungan serat, kalori, protein, serta karbohidrat yang baik untuk dijadikan menu diet.

Dengan mengkonsumsi kacang lentil ini juga dapat memberikan manfaat, seperti melancarkan pencernaan serta melancarkan proses buang air, menjaga kesehatan organ jantung, serta dapat meredakan peradangan.

14. Tomat

tomat

Rekomendasi bahan makanan keempat belas, yaitu tomat yang dapat masuk ke dalam kategori buah dan juga sayur. Pada umumnya sendiri, tomat dapat dikonsumsi dengan menambahkannya ke dalam sup maupun menjadi campuran dalam jus buah.

Tomat sendiri memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan serta bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan. Selain dapat diolah, tomat juga dapat dimakan secara mentah jika sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelumnya.

Tomat yang dikonsumsi secara mentah juga dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh serta membantu proses pencernaan orang yang mengkonsumsinya.

15. Bawang Putih

bawang putih

Rekomendasi bahan makanan kelima belas, yaitu bawang putih yang juga sering digunakan sebagai bumbu dapur dan memiliki manfaat untuk menambahkan rasa pada makanan.

Bawang putih sendiri termasuk ke dalam kategori umbi dan masih satu keluarga dengan bawang merah serta daun bawang. Dengan mengkonsumsi bawang putih sendiri dapat memberikan berbagai manfaat, seperti menyehatkan organ jantung, mengendalikan tekanan darah, serta mengatasi jerawat.

16. Sayur Sup

sayur sup

Rekomendasi bahan makanan keenam belas, yaitu sayur sup yang pada umumnya berisikan sayuran serta biji-bijian yang dapat membantu dalam proses diet. Sup dengan kuah bening biasanya berisikan berbagai sayuran yang penting untuk tubuh.

Grameds juga dapat membuatnya dengan mudah dengan mencampurkan berbagai sayuran seperti wortel, kentang, kacang-kacangan, serta bahan lainnya sesuai selera yang dapat membantu dalam proses diet. Temukan resepnya melalui buku Diet Minimalis dibawah ini!

17. Buah Alpukat

buah alpukat

Rekomendasi bahan makanan ketujuh belas, yaitu buah alpukat yang memiliki kandungan serat, vitamin, lemak sehat, serta terdapat kandungan asam lemak tidak jenuh yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Buah alpukat sendiri juga dapat mencegah serta mengurangi rasa lapar dan juga mengenyangkan tubuh jika dikonsumsi yang dapat membantu dalam mengurangi berat badan saat berdiet.

18. Biji-bijian

biji-bijian

Rekomendasi bahan makanan kedelapan belas, yaitu biji-bijian. Contohnya seperti gandum, beras merah, serta oatmeal yang kaya akan serat. Mengkonsumsi serat sendiri dapat membantu dalam meningkatkan metabolisme dalam tubuh serta meningkatkan rasa kenyang.

Bagi Grameds yang sedang menjalani program diet, beras merah dapat dijadikan pilihan karena memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat memberikan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.

19. Cabai Rawit

cabai rawit

Rekomendasi bahan makanan kesembilan belas, yaitu cabai rawit yang pada umumnya digunakan sebagai bumbu dapur untuk memberikan rasa pedas pada bahan makanan.

Selain itu, cabai rawit sendiri juga dapat membantu dalam program diet, karena memiliki kandungan capsaicin yang baik untuk dikonsumsi ketika ingin menurunkan berat badan.

20. Buah-buahan

buah-buahan

Rekomendasi bahan makanan kedua puluh, yaitu buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami yang bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh serta membantu mengurangi pengkonsumsian gula.

Dengan mengkonsumsi buah segar dapat bermanfaat bagi tubuh karena rendah akan kalori serta karbohidrat sehingga dapat menjadi alternatif cemilan bagi Grameds yang sedang berdiet.

21. Jeruk Bali

jeruk bali

Rekomendasi bahan makanan kedua puluh satu, yaitu jeruk bali yang memiliki kandungan vitamin, serat, serta nutrisi yang dapat membantu mencegah munculnya rasa lapar.

Nutrisi Penting yang Wajib Ada dalam Menu Diet Sehat

Bahan makanan yang sudah disebutkan di atas, memiliki berbagai nutrisi penting yang baik untuk tubuh. Namun, apa saja manfaat dari nutrisi yang terkandung di dalamnya tersebut? Simak informasi berikut untuk lebih memahaminya.

1. Karbohidrat

Yang pertama, yaitu karbohidrat yang menjadi sumber energi utama di dalam tubuh. Selain itu, dengan mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup, otak juga dapat bekerja lebih maksimal.

Terdapat beberapa rekomendasi bahan makanan yang mengandung karbohidrat baik seperti biji-bijian utuh, buah, kacang-kacangan, serta berbagai macam sayuran.

Namun, ada pula bahan makanan karbohidrat yang harus dikurangi atau dibatasi jumlah pengkonsumsiannya, seperti nasi putih, minuman soda, minuman buah di dalam kemasan, keripik kentang, permen, serta berbagai macam kue manis.

2. Protein

Yang kedua, yaitu protein yang juga dapat menjadi sumber energi di dalam tubuh. Dengan memiliki asupan nutrisi protein yang cukup, dapat bermanfaat dalam pertumbuhan jaringan tubuh, membantu untuk menjaga kesehatan dalam tubuh, serta dapat membantu tubuh untuk menyembuhkan dengan sendirinya.

Kandungan protein sendiri dapat ditemukan di berbagai bahan makanan, seperti ikan, daging, daging unggas, telur, keju, kacang-kacangan, serta kedelai.

3. Lemak

Yang ketiga, yaitu lemak. Banyak orang yang menghindari makanan dengan kandungan lemak di dalamnya, padahal tubuh kita sendiri juga membutuhkan asupan lemak yang cukup agar dapat menjaga struktur sel.

Selain itu, lemak juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti membantu jaringan tubuh untuk berfungsi dengan baik, membantu produksi hormon, serta membantu dalam proses penyerapan vitamin.

4. Vitamin dan Mineral

Yang keempat, yaitu vitamin serta mineral yang dapat membantu berbagai organ yang ada di dalam tubuh dapat berjalan dengan sesuai fungsinya.

Beberapa vitamin yang dibutuhkan tubuh sendiri seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, serta vitamin K. Selain itu, beberapa mineral yang juga dibutuhkan di dalam tubuh, antara lain zat besi, zinc, selenium, kalsium, serta kalium.

5. Air

Yang kelima, yaitu air. Walaupun tidak memiliki nutrisi, air dapat memberikan manfaat bagi tubuh, yaitu menghindari tubuh dari dehidrasi. Hal ini dikarenakan tubuh manusia terdiri dari sekitar setengah air.

Selain dengan mengkonsumsi air, Grameds juga dapat mendapatkan kebutuhan cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi buah serta sayuran.

Contoh Rekomendasi Menu Diet 2.000 Kalori

Walaupun nilai gizi menjadi salah satu hal penting ketika sedang menjalani program diet, namun Grameds juga harus memperhatikan kebutuhan kalori harian yang masuk ke dalam tubuh. Pada umumnya, rata-rata orang dewasa setiap harinya membutuhkan sekitar 2.000 kalori.

Menurut Healthline, diet rendah karbohidrat yang tepat dapat memberikan dampak positif dalam menurunkan berat badan yang signifikan. Namun, pilihan makanan serta jumlah porsi yang dikonsumsi juga disesuaikan dengan kebutuhan kalori yang dibutuhkan masing-masing tubuh.

Pada umumnya, porsi kalori yang tepat untuk makan siang maupun makan malam sendiri sebesar 25 persen dari total kalori harian. Seperti contohnya, jika kebutuhan kalori harian Grameds adalah 1.900, maka menu makan siang maupun makan malam yang tepat sebesar 475 kalori.

Berikut ini adalah beberapa contoh rekomendasi menu diet yang dapat kamu jadikan referensi untuk memulai program diet kamu!

1. Sarapan

Untuk sarapan sendiri, Grameds dapat mengisi perut dengan mengkonsumsi dua butir telur yang diolah dengan cara direbus maupun dimasak orak arik dengan menggunakan sedikit minyak.

Selain itu agar dapat lebih mengenyangkan, Grameds juga dapat menambahkan roti gandum sebanyak dua lembar yang diolesi mentega serta satu gelas susu rendah lemak atau low fat milk maupun satu gelas kopi tanpa menggunakan susu dan gula.

Beberapa alternatif lainnya untuk sarapan, Grameds juga dapat mengkonsumsi alpukat, berbagai jenis sayuran, tomat, smoothie dan masih banyak lagi.

2. Makan siang

Selanjutnya, untuk makan siang Grameds dapat mengkonsumsi satu potong dada ayam yang diolah dengan cara dipanggang maupun ditumis. Kamu juga dapat menambahkan satu porsi sayur-sayuran, seperti salad maupun gado-gado.

Jika merasa masih kurang, Grameds juga dapat menambahkan sedikit nasi. Untuk alternatif dari nasi sendiri, Grameds dapat menggantinya dengan kentang yang direbus maupun dipanggang.

3. Makan malam

Selanjutnya, untuk makan malam Grameds dapat mengkonsumsi satu porsi brokoli yang sudah dikukus maupun ditumis dengan ditambahkan sedikit nasi merah, satu potong ikan, beserta satu porsi sayur-sayuran, seperti salad dengan isi didalamnya berupa bayam, tomat, dan juga bawang bombai.

4. Camilan

Jika diantara waktu jam makan yang sudah dibuat Grameds masih merasa lapar, terdapat beberapa rekomendasi camilan yang dapat membantu untuk mengurangi rasa lapar tersebut dan dapat dikonsumsi setiap harinya.

Beberapa contoh camilan yang direkomendasikan sendiri adalah buah-buahan, kacang-kacangan, oatmeal, serta yogurt rendah lemak.

Berikut berbagai rekomendasi menu diet sehat yang dapat membantu Grameds untuk memulai program diet. Jika Grameds masih kesulitan menentukan menu yang tepat untuk memulai diet, berbagai buku resep yang ada di Gramedia juga dapat dijadikan referensi untuk membuat makanan yang enak, bernutrisi dan pastinya bergizi!

Selain menjaga pola makanan, kamu juga dapat memulai untuk berolahraga secara rutin yang dapat membantu proses penurunan berat badan dan menjaga kebugaran tubuh.

Oleh sebab itu, bagi Grameds yang sedang mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan ataupun kebingungan untuk memulai program diet, temukan berbagai buku resep menu diet hanya di Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas yang akan selalu membantu kamu memenuhi segala kebutuhan-Mu!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Menu Diet Sehat

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Andrew