in

17 Manfaat Air Kelapa Muda, Apa Saja?

Manfaat air kelapa muda sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Mulai dari merawat kulit sampai membantu mengatasi racun. Hal itu karena di dalam air kelapa muda, terdapat banyak kandungan yang sangat baik untuk tubuh.

Lalu, apa saja manfaat air kelapa muda bagi tubuh? Artikel ini akan membahas mengenai 17 manfaat air kelapa muda bagi tubuh.

1. Menyembuhkan sakit perut

Manfaat air kelapa muda: Menyembuhkan sakit perut
Cheerful young woman on a tropical beach at sunset drinking a fresh young coconut.

Air kelapa memiliki manfaat untuk menyembuhkan sakit perut. Kandungan air dan gula yang berasal dari makanan sering diserap dengan tidak baik oleh lapisan perut. Hal itu membuat perut mengalami radang.

Serta menyebabkan kehilangan mineral seperti kalium, magnesium dan natrium. Air kelapa muda memiliki peran dalam hal ini. Manfaat air kelapa muda dapat mengembalikan kekurangan mineral tersebut.

Caranya adalah dengan menyediakan potasium dan vitamin. Selain itu, terdapat mineral lainnya. Tanin yang terdapat di dalam air kala juga mampu untuk meredakan peradangan.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat air kelapa muda: Menjaga kesehatan jantung
coconut water and fresh coconut on wooden background

Manfaat air kelapa muda selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Air kelapa tidak mengandung lemak dan kolesterol. Sehingga dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik. Selain itu, dapat juga membantu menurunkan jumlah kolesterol jahat.

Maka akan membantu melindungi jantung. Mengonsumsi air kelapa memang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Air kelapa memiliki kandungan yang bersifat anti-platelet dan anti-inflamasi. Ini berarti bahwa air kelapa bisa membantu mengurangi pembentukan plak. Selain itu, dapat juga meningkatkan sirkulasi darah.

Penyakit Jantung & Pembulu Darah : Diagonis, Solusi, Dan Pen
Penyakit Jantung & Pembulu Darah : Diagonis, Solusi, Dan Pen

tombol beli buku

Buku ini mengupas tuntas berbagai jenis penyakit jantung yang umum dijumpai di masyarakat. Menggunakan bahasa awam yang mudah dipahami, buku ini sangat cocok untuk pembaca yang ingin mengenal lebih jauh mengenai penyakit jantung yang harus diwaspadai.

3. Mencegah penyakit batu ginjal

Manfaat air kelapa muda: Mencegah penyakit batu ginjal
Shot of two drinks made from the husk of a coconut

Salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan banyak minum air mineral. Maka dengan begitu akan menjaga sistem ginjal supaya tetap sehat. Akan tetapi, minum air kelapa juga bagus untuk kesehatan ginjal.

Air kelapa muda dapat menjadi alternatif yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Minum air kelapa dapat membantu untuk mencegah penyakit batu ginjal. Sebuah penelitian dalam International Brazilian Journal of Urology, menyebutkan khasiat dari air kelapa.

Air kelapa bisa mengurangi pembentukan kristal yang ada di dalam urin. Hal ini akan membantu mencegah penyakit batu ginjal.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat air kelapa muda: Meningkatkan kekebalan tubuh
Woman having food for at the pool bar

Manfaat air kelapa muda lainnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Air kelapa muda memiliki banyak nutrisi. Selain itu, terdapat banyak vitamin seperti niacin, riboflavin, folates thiamine dan pyridoxine.

Air kelapa juga memiliki sifat anti bakteri dan anti virus. Ini akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Air kelapa juga dapat melawan infeksi virus seperti flu. Mengonsumsi air kelapa akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena asam lauratnya bersifat antijamur.

Selain itu, air kelapa juga bersifat anti bakteri serta antivirus. Ini akan membantu untuk melawan infeksi, sekaligus menyingkirkan cacing usus. Bakteri candida juga dapat disingkirkan. Air kelapa memiliki kandungan kalium yang bisa membantu untuk menjaga darah serta sel-sel.

5. Minuman setelah olahraga

Manfaat air kelapa muda: Minuman setelah olahragaAir kelapa memiliki kandungan elektrolit alami. Ini membuat air kelapa sangat cocok untuk menjadi minuman setelah berolahraga. Selain menyehatkan, air kelapa dibuat tanpa pewarna makanan, tanpa tambahan gula atau pemanis buatan.

Studi dari International Society for Horticultural Science sudah menunjukkan bahwa air kelapa memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah mencegah dehidrasi selepas olahraga. Air kelapa akan membantu untuk mengisi kembali cairan yang hilang ketika berolahraga.

Para peneliti juga sudah merekomendasikan dalam penggunaan air kelapa. Sebaiknya air kelapa dikonsumsi tanpa tambahan gula. Hal itu akan menyebabkan terhambatnya proses hidrasi. Sehingga akan menambah kalori yang sebenarnya tidak diperlukan oleh tubuh.

6. Menurunkan tekanan darah

Manfaat air kelapa muda: Menurunkan tekanan darahManfaat air kelapa muda lainnya adalah untuk menurunkan tekanan darah. Air kelapa memiliki kandungan yang bagus untuk mengontrol tekanan darah. Di dalam satu penelitian kecil yang sudah diterbitkan dalam West Indian Medical Journal, menyebutkan manfaat air kelapa.

Menurut penelitian tersebut, orang yang memiliki tekanan darah tinggi yang mengonsumsi air kelapa akan secara signifikan meningkatkan tekanan darah sistolik dalam 71% peserta. Air kelapa juga mengandung 600 miligram atau mg potassium dalam tiap 8 ons atau 240 mililiter/ml.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Kalium sudah terbukti untuk menurunkan tekanan darah pada orang yang memiliki tekanan darah normal atau tinggi. Terlebih, air kelapa juga memiliki aktivitas anti-trombotik, berarti dapat mencegah pembentukan dari gumpalan darah.

7. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat air kelapa muda: Menjaga kesehatan kulitSalah satu manfaat air kelapa muda adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Kulit yang kurang sehat biasanya terjadi karena dehidrasi. Kurangnya hidrasi dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Dalam beberapa kasus bahkan kulit akan terkelupas.

Mengonsumsi air kelapa muda bisa memenuhi kebutuhan hidrasi. Air kelapa muda akan berkontribusi kepada kebutuhan kulit. Sehingga akan meningkatkan sirkulasi dan kulit menjadi lebih bercahaya.

Varietas dari air kelapa juga memiliki vitamin C yang alami. Ini akan membantu merangsang sintesis kolagen didalam tubuh. Ada sekitar 10 miligram Vitamin C per 100 gram air kelapa muda. Sehingga ini akan membantu untuk menjaga kulit. Efek yang dapat dirasakan yaitu kulit tetap kencang dan awet muda.

8. Memiliki kandungan antioksidan

manfaat air kelapa muda: Memiliki kandungan antioksidanpexels-photo-4985526Air kelapa muda memiliki kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan adalah hal yang sangat penting untuk tubuh. Antioksidan akan menjaga tubuh agar tetap sehat.

Antioksidan adalah senyawa penting yang memiliki fungsi untuk melindungi sel-sel. Sel di dalam tubuh akan terlindung dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas ini bisa berasal dari polusi lingkungan.

Seperti asap, racun, produk pengawet makanan dan minuman. Selain itu, radikal bebas juga dapat berasal dari stress. Stress adalah salah satu penyebab dari adanya penyakit.

Mengonsumsi air kelapa muda yang mengandung banyak antioksidan akan membantu melindungi tubuh. Studi di dalam Jurnal Anais da Academia Brasileira de menunjukkan bahwa air kelapa bisa memberikan antioksidan. Sehingga air kelapa dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.

9. Menurunkan berat badan

Manfaat air kelapa muda: Menurunkan berat badanAsupan air yang cukup di dalam tubuh sangat penting. Itu akan memberi nutrisi dalam setiap sel di tubuh. selain itu, dapat mengoptimalkan sistem metabolisme.

Sebagian orang terkadang salah mengenali rasa haus. Mereka menganggap rasa haus adalah rasa lapar. Hal itu membuat mereka untuk makan secara berlebihan. Ini akan membuat berat badan naik.

Di dalam air kelapa muda, memang banyak kalorinya. Akan tetapi, manfaat dari air kelapa muda secara substansial adalah lebih rendah kalori. Dibandingkan dengan air jus atau soda, air kelapa jauh lebih sehat.

Ini akan memengaruhi berat badan. Jika kamu mengganti minuman manis dengan air kelapa muda, maka akan membantu menurunkan berat badan. Selain itu, kalori di dalam tubuh juga akan berkurang.

Gaya Hidup Enak Menurunkan Berat Badan Langsung Langsing
Gaya Hidup Enak Menurunkan Berat Badan Langsung Langsing

tombol beli buku

Buku ini membahas secara rinci apa dan bagaimana obesitas itu. Anda bisa menikmati makan enak dan tetap kenyang, tetapi tidak sampai menjadi gemuk, bahkan bisa menurunkan berat badan. Setelah membaca buku ini, Anda bisa hidup sehat, tidak gemuk lagi, dan terhindar dari banyak penyakit. Anda dapat mencegah, memerangi, dan mengalahkan obesitas Anda. Pasti bisa!

10. Membantu memaksimalkan kinerja fisik

Manfaat air kelapa muda: Membantu memaksimalkan kinerja fisikTubuh yang kekurangan air akan menyebabkan dehidrasi. Ini akan mempengaruhi kinerja fisik. Sehingga kinerja fisik akan terganggu dan menurun.

Dehidrasi bisa menyebabkan dampak negatif bagi tubuh. Jika mengalami dehidrasi, sedikitnya ada 2% kadar air yang hilang dari tubuh. Tak jarang, para atlet akan kehilangan 6% sampai 10% dari berat air  yang dilalui. Kehilangan air yang dialami para atlet biasanya melalui keringat.

Hal ini akan menyebabkan suhu tubuh mengalami perubahan. Selain itu, akan menjadi kelelahan dan adanya penurunan motivasi. Mengonsumsi air kelapa muda akan mencegah dehidrasi secara optimal. Ini akan mengatasi kelelahan, maka aktivitas atau kinerja fisik akan menjadi maksimal.

11. Efek anti penuaan

Manfaat air kelapa muda: Efek anti penuaanDi dalam air kelapa muda terdapat sitokinin. Sitokinin memiliki efek anti-penuaan pada jaringan dan sel. Ini akan menurunkan risiko penyakit terkait degenerative dan usia. Selain menyegarkan, air kelapa muda akan membuat kulit menjadi halus dan bersih.

Selain diminum, air kelapa dapat dijadikan sebagai masker wajah. Caranya adalah dengan membuat pasta dari dua sendok teh bubuk cendana. Campurkanlah dengan air kelapa muda.

Setelah itu, kamu bisa mulai mengoleskan pasta ini pada kulit. Tunggulan sampai mengering. Jika sudah, kamu bisa membilas dengan sedikit air.

Lakukanlah kegiatan ini  selama tiga kali dalam seminggu. Maka kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Kulit akan tampak halus dan awet muda.

Berpacu Melawan Usia, Rahasia Awet Muda Tanpa Obat Dan Kosmetika/200177587
Berpacu Melawan Usia, Rahasia Awet Muda Tanpa Obat Dan Kosmetika/200177587

tombol beli buku

Semakin bertambahnya usia, pasti kondisi kulit akan semakin tua pula. Banyak kerutan serta masalah yang terjadi pada kulit. Maka dari itu, dianjurkan untuk merawat kulit sejak usia muda. Hal itu akan berpengaruh dan membuahkan hasil pada usia nanti. Kulit yang sehat tidak serta merta didapat begitu saja. Banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan hidup sehat. Buku ini akan membahas mengenai rahasia awet muda tanpa kosmetik dan obat-obatan.

12. Mencegah dan mengobati sakit kepala

Manfaat air kelapa muda: Mencegah dan mengobati sakit kepala
Fresh Coconut Water Drink in glass with coconut leaf on wooden background

Manfaat air kelapa muda juga untuk mencegah sakit kepala. Selain itu, mengkonsumsi air kelapa muda juga sekaligus dapat mengobati sakit kepala. Sakit kepala ini biasanya disebabkan karena dehidrasi.

Penelitian dalam jurnal BMC Public Health menunjukan bahwa sakit kepala merupakan salah satu gejala dari dehidrasi. Disebutkan juga bahwa ini adalah gejala yang paling umum. Contohnya dalam sebuah penelitian yang sudah terbit dalam Family Practice pada 393 orang. Penelitian ini menunjukan bahwa 40% partisipan akan mengalami sakit kepala jika mengalami dehidrasi.

Terlebih lagi, beberapa penelitian juga membuktikan bahwa minum air kelapa dapat mengatasinya. Air kelapa muda bisa membantu meredakan sakit kepala. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 102 pria menunjukan beberapa hal. Salah satunya adalah, jika minum 1,5 liter air dalam satu hari mampu menghasilkan peningkatan yang cukup signifikan.

13. Baik untuk pencernaan

Manfaat air kelapa muda: Baik untuk pencernaanManfaat air kelapa muda untuk kesehatan lainnya adalah untuk pencernaan. Air kepala diklaim dapat menjadi obat untuk beberapa penyakit. Salah satunya adalah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

Air kelapa dapat digunakan untuk obat diare atau gangguan pencernaan. Air kelapa bisa berguna untuk menggantikan cairan yang hilang dari gastrointestinal ketika diare. Selain itu, dapat juga mengatasi konstipasi dan cacingan. Infeksi kandung kemih dan gangguan ginjal juga dapat diobati melalui air kelapa muda.

Osmolaritas di dalam air kelapa juga lebih besar dibandingkan dari ORS atau Oral Rehydration Therapy. WHO merekomendasikan ORS sebagai pengobatan ketika diare.

Kandungan-kandungan yang ada di air kelapa adalah enzim, asam amino, asam lemak dan mineral. Ini membuat air kelapa memiliki osmolaritas yang tinggi.  Selain itu, air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah. Di dalam air kelapa juga terdapat asam amino dan gula yang tinggi.

Kandungan-kandungan tersebut adalah komposisi cairan yang seimbang. Sehingga air kelapa adalah minuman yang tepat untuk mencegah dehidrasi. Terlebih jika dehidrasi terjadi akibat dari gangguan pencernaan.

14. Meningkatkan stamina tubuh

Manfaat air kelapa muda: Meningkatkan stamina tubuhAir kelapa adalah minuman yang menyegarkan tubuh. Namun, disamping itu tetapi memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah dapat meningkatkan stamina tubuh. Di dalam air kelapa, terdapat kandungan karbohidrat. Sehingga dapat digunakan untuk untuk menghasilkan energi. Maka dari itu, setelah minum air kelapa muda akan lebih bersemangat dalam beraktivitas.

15. Baik untuk ibu hamil dan janinnya

Manfaat air kelapa muda: Baik untuk ibu hamil dan janinnya
Cheerful pregnant woman having fresh coconut on the beach sitting on a picnic foldable chair by the seaside and enjoying the sunset. Summer vacation during pregnancy and outdoors lifestyle

Ketika hamil, air kelapa dapat menjadi opsi minuman sehat. Hal itu karena air kelapa dapat menghidrasi serta menyediakan elektrolit. Sehingga air kelapa bisa mengatasi mual dan muntah yang dirasakan oleh ibu hamil.

Perempuan yang mengalami tekanan darah tinggi saat hamil juga dapat mengonsumsi air kelapa. Air kelapa dapat membantu menurunkannya karena di dalamnya terdapat kalium. Nutrisi ini bisa berkontribusi ketika regulasi aliran darah dan tekanan darah.

Sebuah studi dalam West Indian Medical Journal yang dilaksanakan pada tahun 2015 membuktikan beberapa hal. Air kelapa yang dikonsumsi selama dua minggu bisa mengurangi tekanan darah sistolik. Ini diuji pada sejumlah partisipan. Sebanyak 71% membuktikannya.

Namun ada hal lain yang perlu diwaspadai. Air kelapa tidak boleh dijadikan sebagai pengganti perawatan. Tetap harus sesuai aturan dokter, untuk tekanan darah tinggi pada seseorang yang sedang hamil. Bisa disebut dengan preeklamsia. Sehingga perlu adanya konsultasi dengan dokter.

16. Meningkatkan kesehatan seksual

Manfaat air kelapa muda: Meningkatkan kesehatan seksual
Young couple enjoying a drink from a coconut while enjoying a day at the beach

Manfaat air kelapa muda lainnya juga bisa didapatkan dalam masalah kesehatan seksual. Di dalam air kelapa, terdapat sumber elektrolit yang alami. Ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan seksual.

Air kelapa memiliki banyak vitamin C di dalam kandungannya. Selain itu, terdapat juga mineral di dalamnya. Ini membuat air kelapa dapat meningkatkan produksi hormon seks. Terutama pada magnesium dan vitamin C.

17. Mengatasi diabetes

Manfaat air kelapa muda: Mengatasi diabetesManfaat air kelapa muda juga dapat dirasakan penderita diabetes. Manfaat ini tidak boleh diremehkan. Air kelapa adalah salah satu minuman elektrolit yang mengandung banyak zat.

Di dalam air kelapa, terdapat zat besi, vitamin C, kalsium serta natrium yang tinggi. Kandungan-kandungan nutrisi itu dikenal dapat mencegah fluktuasi glukosa di dalam darah. Hal itu akan membuat kadar gula darah pada penderita diabetes dapat terkendali.

Itulah 17 manfaat air kelapa muda. Meskipun memiliki manfaat yang luar biasa, tentu dianjurkan untuk minum secukupnya. Jangan sampai minum air kelapa muda secara berlebihan.

Temukan hal menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi artikel serta buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih