in ,

Rekomendasi Kuliner di Kota Malang

Kuliner Malang – Setiap daerah memiliki ciri khas dan keunggulannya masing-masing. Begitu pun dengan kota Malang. Di sana banyak sekali tempat wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi, salah satunya adalah wisata kulinernya.

Artikel kali ini akan membahas tentang wisata kuliner yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Malang. Sebenarnya, kota Malang identik dengan kuliner baksonya yang terkena. Namun, ternyata banyak kuliner menarik lainnya yang harus kamu coba loh!

Lalu, apakah kamu sudah mengetahui apa saja kuliner yang ada di Kota Malang? Nah, jika belum, tak perlu khawatir karena artikel ini akan membahas lebih jauh lagi tentang kuliner khas Malang.

Jadi, mari lihat rekomendasi kuliner Malang yang wajib kamu kunjungi di bawah ini.

Rekomendasi Kuliner di Kota Malang

1. Bakso President, Malang

Bagi wisatawan yang akan mengunjungi Malang, rekomendasi tempat kuliner yang pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Bakso President. Panggilan khususnya kepada semua pecinta bakso di Indonesia.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati beraneka ragaman olahan bakso khas Malang loh. Bagaimana dengan rasanya? Sudah pasti akan bikin kamu ketagihan saat mencobanya, rasanya sangat autentik sekali.

Ragam  bakso tersebut diantaranya ada bakso bakar yang dibalut dengan bumbu khas, ada juga bakso dengan jeroan, dan tersedia juga bakso original yang tak kalah menggugah selera.

Letak dari kedai Bakso President ini berada di Jalan Batanghari No. 5, Kota Malang. Jika bingung mencari lokasinya, kedai ini berada tepat di pinggir rel kereta. Jadi, saat kamu sedang menikmati kesegaran kuah bakso dan kereta sedang melintasi rel, maka getarannya akan sangat terasa.

Bakso President sendiri buka setiap harinya dari pukul 08.00 sampai 21.30. Saat kamu datang untuk mengunjungi kuliner Malang yang satu ini, sangat disarankan untuk datang lebih awal, terutama pada akhir pekan, karena akan sangat mengantri.

Oh ya, cukup siapkan kocek kurang lebih senilai Rp30.000,- saja, kamu sudah bisa makan di tempat legendaris ini. Jadi, jangan lupa kunjungi Bakso President saat mengunjungi Kota Malang ya.

 

2. Toko Oen, Kota Malang

Rekomendasi tempat kuliner di Malang yang kedua adalah toko Oen. Toko Oen ini adalah salah satu kedai paling tua yang ada di Malang loh.

Kedai ini menyajikan kuliner khas Eropa yang sampai saat ini resepnya tidak pernah berubah dan masih sama seperti dahulu.

Kedai Toko Oen ini terletak di Jalan Basuki Rahmat. Secara lebih mudah, Toko Oen ini berjarak kurang lebih sekitar 50 meter dari alun-alunnya Kota Malang.

Saat berada di Toko Oen, kamu bisa mencicipi aneka ragam jenis es krim buatan tangan yang rasanya sangat nikmat dan menyegarkan.

Dengan harga yang terjangkau dibandingkan dengan es krim pada umumnya, kamu bisa menikmati berbagai macam rasa yang lucu dan menyegarkan dahaga.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di Toko Oen kamu bisa menikmati es krim dengan berbagai rasa. Ada rasa coklat, ada rasa vanila, bahkan ada beberapa rasa kombinasi yang menyegarkan.

Tak hanya dengan ciri khas es krimnya yang enak, di kedai ini kamu bisa mencicipi berbagai menu pilihan lainnya seperti nasi goreng khas Malang, steak daging pilihan, dan juga berbagai kudapan manis yang membuat mood kamu naik.

Selain dimanjakan secara rasa, wisatawan yang berkunjung ke sana akan dimanjakan pula secara visual. Dimana interior dari kedai Toko Oen ini sangat klasik yang membuat suasananya sangat autentik.

Ternyata, toko ini telah dibuka sejak 1920 loh. Jadi, saat berlibur ke sini kamu bisa menikmati masa-masa tahun 1920-an atau bernostalgia  dengan kuliner yang nikmat.

 

3. Bubur Ayam Agus, Malang

Mungkin bagi sebagian orang makanan ini adalah makanan yang sudah sangat biasa dan kebanyakan diidentikan dengan makanan untuk orang sakit. Namun, siapa sangka kalau makanan sederhana ini justru adalah makanan yang selalu ada?

Kala sakit, pasti mencari bubur. Kala ingin sarapan, kadang kamu juga mencari bubur. Ya, kadang makanan ini disepelekan, padahal selalu ada. Ternyata, di Malang juga memiliki bubur khasnya loh.

Bubur Ayam Agus adalah salah satu tempat kuliner rekomendasi buat kamu yang suka dengan comfort food ala chinese. Bubur Ayam Agus memiliki lokasi di Jalan Simpang Wilis No. 4, Kota Malang, tempatnya berada di deretan ruko yang ada di sana.

Layaknya makanan cepat saji yang buka dari pagi sampai malam, begitu pun dengan Bubur Ayam Agus. Kamu bisa datang untuk sarapan atau bahkan sekedar makan malam. Topping dari bubur ini juga cukup lengkap.

Ada ayam suwir, bawang goreng, sayuran hijau, dan lain-lain. Saat kamu datang ke sana, ternyata tidak hanya ada bubur sebagai menu utamanya loh. Ada juga aneka hidangan lainnya seperti olahan mie, bakso, dan juga ada lumpia.

Harga yang disuguhkan oleh tempat ini juga sangat terjangkau. Cukup sediakan Rp25.000,- kamu sudah bisa makan dengan nikmat di sini. Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi Bubur Ayam Agus saat berkunjung ke Malang ya.

 

4. Orem-orem Khas Malang

Rekomendasi kuliner Malang selanjutnya adalah orem-orem. Bagi sebagian orang, mungkin mereka tidak pernah tahu apa itu orem-orem. Semua orang yang pernah mencicipi orem-orem mengaku bahwa makanan ini mirip sekali dengan opor.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kuah dari orem-orem ini dimasak dengan kuah santan yang kental, dengan isian tempe goreng dan juga ayam. Yap, ini adalah salah satu khas dari Malang.

Untuk mencicipi kuliner khas ini, kamu bisa pergi ke Jalan Blitar di Kota Malang. Tempat yang terkenal saat kuliner orem-orem ini adalah Orem Orem Khas Arema yang orem-oremnya begitu lezat.

Selain rasanya yang khas dan enak, ternyata untuk mendapatkan makanan ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak loh. Cukup dengan Rp10.000,- sudah bisa mendapatkan satu porsi orem-orem.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Orem Orem Khas Arema adalah pukul 09.30 sampai 16.30 WIB, tapi khusus hari Jumat mereka tutup ya, Grameds.

 

5. Hok Lay, Malang

Kuliner di kota Malang sangatlah beragam. Mulai dari kuliner yang menyajikan makanan khas tradisional yang autentik, sampai makanan peranakan Tionghoa. Terdapat salah satu tempat di sudut kota Malang, tepatnya di Jalan K.H. Ahmad Dahlan No.10, yang menyediakan makanan yang khas dan tradisional.

Tempat ini pertama kali dibuka tahun 1946, Hol Lay namanya. Tempat ini menyediakan kuliner-kuliner makanan yang khas. Tak hanya lezat tetapi juga terbilang cukup murah. Kedai ini masih menjadi legenda sampai saat ini loh.

Ada tiga makanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. Makanan yang pertama adalah Cwiemie, yang diolah dengan sangat presisi dan lembut dengan kuah yang sangat gurih.

Selain itu, topping yang digunakan untuk makanan yang satu ini juga sangat sempurna, tidak lebih dan kurang, pas. Hal ini yang menjadikan perpaduan bahan dan kondimen di dalam cwiemie sangat menyatu.

Menu selanjutnya, ada lumpia yang menjadi ciri khas dari Hok Lay. Satu porsi lumpia yang disediakan oleh Hok Loy berisikan dua lumpia goreng yang berisi rebung dan ayam.

Biasanya beberapa orang tidak akan kuat juga memakan rebung karena baunya yang sangat menyengat dan mengganggu. Namun, tidak dengan olahan rebung di lumpia Hok Loy ini.

Lumpia ini sangatlah enak dan lembut, tak khawatir akan mencium bau rebung yang kurang enak. Jika diamati dengan sesama, lumpia ini memiliki rasa yang sama dengan lumpia khas Semarang.

Makanan terakhir yang menjadi andalan Hok Loy adalah minuman yang bernama Fosco. Minuman ini menjadikan Hok Loy sangat diminati.

Dibuat dengan cara yang tradisional, Fosco adalah campuran susu dan coklat, yang menyempurnakan rasa dari setiap hidangan yang ada di Hok Loy. Jadi, jangan lupa kunjungi Hok Loy saat mampir ke Malang.

 

5. Pos Ketan Legenda, Malang

Ternyata Kota Malang memiliki banyak tempat bersejarah loh. Tak hanya wisata alam, tapi wisata kulinernya juga. Pos Ketan Legenda Malang ini pertama kali dibuka pada tahun 1967.

Kedai ini menjual beraneka ragam olahan ketan yang cukup laris di kalangan wisatawan yang berkunjung. Letak dari kedai Pos Ketan Legenda ini juga cukup strategis, hanya beberapa meter dari alun-alun Batu.

Dikarenakan tempatnya yang begitu mudah ditemui dan strategis, tentunya Pos Ketan Legenda tidak akan pernah sepi pengunjung. Bahkan, di beberapa waktu khusus banyak wisatawan yang harus rela mengantri untuk mencoba ketan yang ada di sini.

Kedai ini mulai beroperasi dari pukul 10.00 sampai pada pukul 02.00 subuh setiap harinya. Sedikit tips untuk kamu saat ingin berkunjung ke sini adalah pilihlah waktu yang tepat. Mungkin sekitar pukul 16.00 WIB atau sore hari, bahkan kunjungilah di subuh hari.

Pasalnya, saat malam, anak muda sering menjadikan Pos Ketan Legenda ini sebagai tempat nongkrong dan ngobrol dengan teman-temannya. Saat sepi, kamu bisa dengan mudah merasakan suasana yang menyenangkan.

Bisa ngobrol sembari menikmati udara Batu yang sejuk ditemani dengan ketan yang enak, tentunya bisa membuat mood kamu naik.

Terdapat beberapa menu yang menjadi andalan Pos Ketan Legenda, diantaranya adalah ketan bubuk original, ketan durian, ketan coklat, dan lain sebagainya. Kamu bisa mencoba semua varian menu yang ada di Pos Ketan Legenda ini dengan harga yang terjangkau.

Dimulai dari Rp10.000,- kamu bisa mendapatkan seporsi ketan pilihanmu. Tak hanya itu, ada juga minuman susu jahe, dimana susunya adalah susu murni segar yang diambil langsung dari peternakan sapi di Batu.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba menikmati udara dingin Batu ditemani dengan ketan khas dari Malang ini?

 

5. Putu Lanang

Masih pada kuliner manis yang membuat mood kamu naik. Malang juga punya kuliner yang terkenal seperti Putu Lanang. Makanan manis ini sama seperti kue putu yang gurih dan memiliki isian dalamnya gula merah.

Jika kamu ingin mendapatkan rasa autentik dan khas kue putu yang sebenarnya, kamu bisa berkunjung ke Jalan Jaksa Agung suprapto atau pergi ke kawasan Celaket, dekat dengan gang buntu.

Di tempat itulah kue putu legendari yang sudah ada sejak tahun 1935. Bahkan dengan umurmu saat ini, bukankah tempat ini jauh lebih tua? Ya, meskipun sudah diwariskan secara turun temurun, rasa dari kue putu di sini tetap dan masih seenak dulu.

Kue putu yang disajikan oleh Putu Lanang, masih disajikan dengan cara yang tradisional.  Kue putu yang terbuat dari tepung beras ini dikukus secara tradisional satu persatu.

Sebelum disajikan, kue putu akan di taburi dengan parutan kelapa muda dan gula merah yang sudah dicairkan. Apakah kamu sudah bisa membayangkan bagaimana kekhasan makanan yang satu ini?

Selain menjual kue putu tradisional, Putu Lanang juga menyediakan kudapan manis lainnya, diantaranya adalah cenil dan juga kue lupis. Harga yang ditawarkan di tempat ini juga salah terjangkau.

Jika kamu ingin mengunjungi tempat ini, jangan terlalu pagi ya. Pasalnya, tempat ini baru buka pukul 18.00 WIB dan tutup sampai makanan yang disediakan sudah habis. Selamat mencoba!

 

6. Sate Gebug

Mungkin banyak orang bertanya-tanya dengan kuliner yang satu ini. Mengapa namanya sate gebug? Hal ini dikarenakan prosesnya masaknya yang unik dan berbeda dengan sate-sate yang ada pada umumnya.

Jika biasanya sate pada umumnya akan dibumbui dan langsung dibakar, tapi beda dengan sate gebug. Sebelum sate ini di panggang di atas bara api, sate ini akan digebuk terlebih dahulu. Inilah alasan utama mengapa orang menamainya sebagai sate gebug.

Selain namanya yang berbeda, ternyata sate gebug juga memiliki penampilan yang berbeda. Mungkin karena dagingnya dipukul sebelum dibakar, makanya dagingnya akan terlihat agak hancur dan bertekstur, berbeda dengan sate ayam madura yang biasanya berbentuk daging iris utuh.

Rasa khas dari daging sate gebug tentunya tidak akan membuat wisatawan kecewa saat mencicipinya. Bumbu khas yang digunakan sudah diturunkan secara turun temurun dari generasi ke generasi, sehingga rasanya dijamin akan selalu enak sama seperti saat kedai ini pertama kali buka.

Untuk bisa mencicipi sate gebug ini, kamu bisa datang ke Jalan Jenderal Basuki Rahmad No. 113 A, Klojen, Malang. Kedai ini buka pada pukul 08.00 hingga pukul 16.30 WIB.

Demikianlah rekomendasi kuliner yang ada di Kota Malang. Saat kamu berkunjung ke Kota Malang, jangan lupa untuk mencicipi semua rekomendasi kuliner yang telah dipaparkan di atas ya.

Dijamin, kalian tidak akan menyesal, karena cita rasa dari rekomendasi kuliner di atas sangat unik dan menggugah selera. Oleh karena itu, jangan lupa juga untuk menyiapkan budget yang lebih agar semua rekomendasi kuliner di atas bisa di cicipi semua ya.

Kota Malang tak hanya terkenal dan kaya akan wisata kulinernya, tetapi banyak juga tempat di Kota Malang yang memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah pemandangan alamnya.

Jika kamu ingin ke melihat sunrise, wisata alam Gunung Bromo menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan.

Demikianlah artikel pembahasan tentang kuliner di Kota Malang. Semoga artikel ini bisa membantu kamu menemukan pilihan wisata kuliner yang tepat, yang ingin kamu kunjungi ya. Selamat mencoba.

Kunjungi Gramedia.com untuk informasi seputar buku resep untuk kuliner khas tradisional yang bisa kamu coba di rumah ya. Tak hanya itu, banyak sekali buku tentang tips memasak lainnya.

Selamat membaca dan mencoba ya, Grameds!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Indonesia sangat dikenal dengan aneka resepnya yang sangat beragam. Bahkan, setiap resepnya memiliki cita rasa yang khas dan pastinya bisa dibuat di rumah. Nah, untuk kamu yang penasaran dengan resep masakan Indonesia yang bisa dibuat di rumah, maka bisa membaca buku Masak Step by Step ala Dapur Ane.

100 resep yang ada pada buku ini, bisa mudah dipahami dan mudah diterapkan di rumah. Jadi, tunggu apalagi, segera dapatkan bukunya, Grameds.

 

Apakah kamu ingin mencoba resep masakan tradisional? Buku Kumpulan Resep Masakan Tradisional dari SABANG sampai MERAUKE adalah jawabannya. Melalui buku ini, pembaca akan tahu lebih banyak tentang resep masakan tradisional yang pastinya bisa dibuat di rumah. Bahkan, kamu juga bisa mencoba berbagai macam resep dari berbagai provinsi.

 

Nah, sesuai dengan tema dari artikel ini, yaitu kuliner Malang, maka rasanya kurang lengkap apabila tidak membaca buku tentang kuliner Malang. Buku Peta 50 Tempat Jajanan & Oleh-oleh Khas di Malang sangat pas untuk kamu jadikan sebagai referensi agar tidak salah memilih oleh-oleh khas Malang.

 

Penulis: Mega

Rujukan:

  • 12 Wisata Kuliner Malang yang Terkenal Enak dan Wajib Dicoba (tokopedia.com)
  • Kuliner Malang – 25 Makanan yang Harus Banget Untuk Dicoba (anekatempatwisata.com)
  • 22 Kuliner legendaris khas Malang yang masih tetap bertahan sejak lebih dari 50 tahun lalu (tripcanvas.co)