in

Ketahui Beragam Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil – Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi penting selama kehamilan. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang, ibu hamil membutuhkan zat gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan keadaan tidak hamil.

Hal ini bukan tanpa alasan karena dengan gizi seimbang akan memberikan kesehatan bagi ibu dan juga memberikan gizi yang baik bagi janinnya. Janin yang ada di dalam kandungan ibu mengambil setiap zat gizi dari makanan yang telah dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, janin akan mengambil simpanan gizi yang telah disimpan dalam tubuh sang ibu.

Sudah tak bisa dimungkiri kalau kebutuhan dari asam folat pada ibu hamil akan terus mengalami peningkatan. Hal ini karena ketika hamil, sang ibu membutuhkan banyak sekali zat untuk melakukan pembentukan sel saraf dan juga sel darah merah.

Kacang hijau merupakan salah satu makanan sehat  untuk ibu hamil yang dapat diolah menjadi sari kacang hijau, bubur, onde-onde dan masih banyak lagi.

Dikarenakan kandungan yang ada di dalam kacang hijau sangat baik untuk ibu hamil, maka manfaat kacang hijau untuk ibu hamil juga sangat banyak. Lalu, apakah kamu sudah mengetahui manfaat apa saja yang bisa diperoleh ibu hamil?

Biar kamu enggak penasaran lagi, maka bisa simak artikel tentang manfaat kacang hijau untuk ibu hamil ini, Grameds. Namun, sebelum membahas inti dari artikel ini, rasanya kurang lengkap kalau tidak membahas tentang kandungan kacang hijau.

Kandungan Kacang Hijau

Sudah ada banyak penelitian mengungkapkan bahwa kacang hijau menjadi salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Hal ini dikarenakan dalam kacang hijau terkandung asam amino esensial. Terlebih, asam amino esensial tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Adapun asam amino esensial yang dimaksud, seperti leusin, valin, arginin, fenilalanin, lisin, dan lain-lain.

Secara terperinci berikut ini beberapa kandungan kacang hijau jika dalam takaran 200 gram:

  • Kalori : 212
  • Lemak : 0,8 gram
  • Protein : 14,2 gram
  • Karbohidrat : 38,7 gram
  • Serat : 15,4 gram

Bukan hanya ada beberapa kandungan yang telah disebutkan, tetapi kacang hijau juga memiliki magnesium, fosfor, kalium, folat, selenium, dan vitamin B1, B2, B3, B5, B6.

Oleh sebab itu, bisa dibilang kalau semua kandungan kacang hijau tersebut sangat pas untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau kita akan membahas tentang manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Nah, pada poin ini, kita akan membahasnya lebih dalam. Jadi, tetap simak artikelnya ya, Grameds.

1. Bisa meningkatkan sel darah merah

Asam folat yang ada di dalam kacang hijau ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil terutama dalam 12 minggu pertama.

Menurut Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan, asupan asam folat pada ibu hamil diketahui untuk mencegah terjadinya neural tube defect (cacat tabung saraf), terutama spina bifida (tulang belakang tidak menurut sempurna) dan anencephaly (otak janin tidak terbentuk).

Kebutuhan asam folat harian di masa kehamilan adalah 600 hingga 800 mikrogram. Berdasarkan data Kementerian Pertanian Amerika Serikat (U.S. Departement of Agriculture), dalam 100 g kacang hijau mengandung 159 mikrogram (mcg) folat. Kacang hijau bisa bermanfaat bagi ibu hamil terutama dalam meningkatkan sel-sel darah merah.

2. Bisa menjaga kesehatan janin dan melindungi ibu dari penyakit 

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya adalah sumber vitamin yang tinggi. Vitamin yang ada di dalam kacang hijau, seperti B1 dan B2. Vitamin yang ada di dalam kacang hijau ini.

Selain itu, dalam kacang hijau terkandung seng yang mana sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk menjaga metabolisme energi dan juga menjaga produk hormon reproduksi wanita yang memiliki peran untuk melepaskan sel telur dari ovarium.

Pada sari kacang hijau ini, bisa dibilang sebagai sumber serat yang cukup tinggi, Selain itu, ada kandungan lainnya, seperti karotenoid, mineral esensial. Dengan semua kandungan itu, maka ibu hamil bisa terus sehat dan tetap bugar selama kehamilan.

3. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Saat kehamilan, risiko penyakit jantung tetap ada, sehingga sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang hijau disarankan untuk ibu hamil. Sebuah studi dalam jurnal Atherosclerosis menemukan bahwa magnesium dalam kacang hijau dapat menurunkan angka kematian akibat kardiovaskuler terutama bagi wanita.

Kacang hijau ini mengandung banyak sekali antioksidan seperti flavonoid yang di mana kandungan tersebut bisa mencegah seseorang terkena penyakit yang disebabkan karena radikal bebas. Selain itu, kandungan flavonoid ini bisa membantu seseorang dalam meredakan panas dalam dan juga membuat aliran darah pada pembuluh darah menjadi lebih lancar.

Dengan begitu, aliran vitamin B menjadi lebih lancar juga, sehingga detak jantung akan tetap terjaga dengan baik. Oleh sebab itu, kacang hijau ini sangat baik untuk ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit jantung. Jadi, untuk para ibu hamil jangan ragu mengonsumsi kacang hijau, ya.

 

4. Menurunkan tekanan darah

Manfaat mengonsumsi kacang hijau selanjutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah. Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang bahwa tekanan darah yang tinggi bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh apalagi bagi para ibu hamil. Oleh sebab itu, sudah seharusnya bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatannya termasuk menjaga tekanan darah.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Circulation mengungkapkan bahwa kacang hijau bisa membantu seseorang dalam menurunkan tekanan darah. Hal ini dapat terjadi karena di dalam kacang hijau terkandung serat, magnesium, dan potassium yang cukup baik untuk tubuh.

 

5. Membantu menjaga kesehatan pencernaan 

Pencernaan dapat bermasalah selama kehamilan. Bahkan, gangguan pencernaan ini bisa saja akan mengganggu sang ibu ketika mengandung. Maka dari itu, sudah seharusnya bagi para ibu hamil untuk bisa menjaga kesehatan pencernaannya. Dari sekian banyak makanan yang dapat dikonsumsi dan baik untuk pencernaan adalah kacang hijau.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil ini sangatlah baik. Hal ini karena kandung serat pada kacang hijau yang cukup tinggi.

Menurut studi dalam jurnal Current Opinion in Clinical Nutrition & Metabolic Care, kacang hijau mengandung pati resisten yang membantu bakteri sehat dalam usus untuk mencerna dan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek (butirat).

Butirat ini mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan kekebalan usus, bahkan menurunkan risiko kanker usus besar. Kacang hijau juga mengandung sejenis serat yang disebut pectin. Dengan serat yang ada di dalam kacang hijau, maka bisa menjaga kesehatan usus pada ibu hamil. Dengan begitu, makanan yang masuk ke dalam tubuh akan lebih mudah diolah oleh usus.

 

6. Mencegah infeksi

Infeksi yang terjadi di dalam tubuh yang dialami oleh ibu hamil ini bisa dibilang jika dibiarkan akan bisa membahayakan ibu hamil dan juga janinnya. Oleh sebab itu, sudah seharusnya bagi para ibu hamil untuk memerhatikan dirinya apakah ada infeksi di dalam tubuh atau tidak.

Ternyata, kacang hijau sangatlah baik dikonsumsi bagi ibu hamil karena mengandung Niacin dan juga Tiamin yang di mana kedua zat tersebut bisa menjadi sumber gizi ibu hamil yang berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kacang hijau secara rutin, maka ibu hamil bisa terhindar dari infeksi.

 

7. Mencegah anemia

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa anemia ini bisa membahayakan kesehatan tubuh. Terlebih lagi, anemia sangat berbahaya bagi para ibu yang sedang mengandung janinnya. Jadi, bagi ibu hamil menjaga agar tidak terkena anemia adalah salah satu hal yang cukup penting.

Nah, untuk menjaganya itu, ibu hamil bisa mengonsumsi kacang hijau dengan rutin. Selain itu, ketika mengonsumsi kacang hijau dengan rutin, maka hemoglobin akan terus mengalir dengan lancar, sehingga anemia pun dapat dicegah.

 

8. Membantu untuk mengatasi morning sickness

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat membantu ibu hamil dalam mengatasi morning sickness. Bukan hal yang asing lagi kalau morning sickness bisa saja terjadi pada ibu hamil terutama pada awal kehamilan. Namun, dengan mengonsumsi kacang hijau secara rutin, maka morning sickness bisa segera diatasi.

Hal ini bukan tanpa alasan karena di dalam kacang hijau terkandung vitamin B1 dan vitamin B2. Dengan begitu, ibu hamil akan lebih tenang ketika bangun di pagi hari.

 

9. Menjaga sel dan cairan tubuh

Cairan tubuh ibu hamil selama masa kehamilan akan terus berkurang karena dibagi dengan janin yang ada di dalamnya. Jadi, ibu hamil sangat perlu untuk menjaga cairan tubuh agar tidak mudah sakit dan ibu serta janinnya tetap dalam keadaan sehat.

Untuk mencegah terjadinya cairan tubuh yang berkurang secara drastis, maka ibu hamil bisa mengonsumsi kacang hijau dengan rutin. Dengan begitu, ibu hamil akan lebih mudah dalam mempertahankan cairan tubuh.

 

10. Mencegah kecatatan

Kekurangan asam folat selama masa kehamilan bisa berisiko pada kecacatan bayi ketika dilahirkan. Kelainan seperti bibir sumbing, kelainan jantung pada bayi yang baru lahir bahkan hingga kerusakan pada otak bisa menjadi dampak apabila ibu hamil tidak memenuhi asupan asam folat.

Maka dari itu, ibu hamil juga perlu mengonsumsi bahan makanan yang mengandung asam folat, salah satunya adalah kacang hijau.

11. Mempercepat penyembuhan luka

Ketika ibu sedang mengandung, maka kerusakan sel yang terjadi ketika proses persalinan akan sulit untuk disembuhkan terutama pada bagian di daerah jalan lahir. Oleh sebab itu, bagi ibu hamil biasanya disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti kacang hijau. Dengan konsumsi kacang hijau secara rutin, maka ibu hamil akan lebih mudah dalam menyembuhkan luka setelah proses kehamilan.

Selain itu, protein ini juga dibutuhkan janin dalam masa pertumbuhannya, sehingga ada baiknya dikonsumsi sejak masa awal kehamilan .

12. Mencegah bayi lahir prematur

Pada masa kehamilan, perempuan terkadang mengalami kekurangan mikronutrien seperti zinc. Jadi, grameds perlu berhati-hati dan berkonsultasi dengan dokter apa yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah terjadinya janin tidak berkembang. Kandungan zinc serta zat besi pada kacang hijau juga mempunyai manfaat untuk bumil atau perempuan hamil. Tidak hanya itu, kedua kandungan tersebut bisa juga mengurangi risiko bayi prematur.

 

13. Membantu perkembangan bayi

Tidak hanya kaya zat besi serta protein, di dalam kacang hijau juga terdapat asam folat yang dibutuhkan di masa kehamilan. Meskipun bukan menjadi sumber utama, grameds bisa mengonsumsi bubur kacang hijau sebagai asupan tambahan. Dengan begitu, janin yang ada di dalam kandungan bisa mendapatkan pertumbuhan yang maksimal.

 

14. Menurunkan risiko celiac

Celiac adalah kondisi autoimun karena konsumsi gluten. Jika sampai terjadi pada ibu hamil hal ini dapat membuat penyerapan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh terganggu. Maka dari itu, ada risiko bayi yang mungkin saja mengalami kekurangan nutrisi dan gizi selama masa kandungan. Namun, dengan mengonsumsi kacang hijau secara rutin, maka risiko tersebut bisa dikurangi.

 

15. Membantu mengontrol gula darah

Kacang hijau mempunyai beberapa sifat yang membantu menjaga kadar gula darah tetap rendah. Oleh sebab itu, bagi ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang hijau agar gula darah tetap terjaga, sehingga kesehatan ibu hamil dan janin pun bisa tetap terjaga.

 

Apa Yang Diperhatikan Saat Mengonsumsi Kacang Hijau?

Pada dasarnya, tidak ada cara khusus ketika mengonsumsi kacang hijau. Akan tetapi, supaya tetap bisa menikmati olahan kacang hijau dan juga merasakan manfaat dari kacang hijau, maka ibu hamil disarankan untuk merebusnya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Lalu, Grameds bisa mengonsumsinya dengan cara minum air dari rebusan atau membuat bubur kacang hijau.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi kacang hijau yang sudah berubah menjadi tauge. Jika sudah seperti itu, sebaiknya jangan mengonsumsinya di keadaan mentah.

Pasalnya, kemungkinan terdapat bakteri yang berbahaya untuk kehamilan. Selalu konsultasikan dengan dokter mengenai asupan yang grameds konsumsi di masa kehamilan, ya.

Demikian pembahasan tentang manfaat kacang hijau untuk Ibu hamil. Karena, asupan nutrisi yang sehat dapat menjamin kesehatan ibu hamil juga mendukung optimalnya pertumbuhan dan perkembangan janin. Selama kehamilan banyak hal yang harus diperhatikan ya grameds, termasuk perkembangan si kecil di dalam rahim agar ibu tetap sehat dan si kecil lahir dengan selamat.

Jika Grameds masih bingung, dan membutuhkan referensi terkait tentang manfaat kacang hijau untuk ibu hamil secara lengkap kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Semoga artikel ini menginspirasimu ya! Selamat mencoba, sehat-sehat Bumil!

Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

 

 

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy