in

14 Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Arrangement of bay leaves in various shades of green

Grameds, sudah tahu manfaat daun salam? Daun salam adalah salah satu rempah yang ada di Indonesia. Daun salam sering dihubungkan dengan makanan-makanan yang lezat. Hal itu memang karena daun salam memiliki peran yang besar dalam beberapa masakan.

Akan tetapi, manfaat daun salam tidak hanya sebatas untuk masakan saja. Banyak sekali manfaat daun salam untuk tubuh kita. Mulai dari menjaga sampai mengobati tubuh dari penyakit. Lalu, apa saja manfaat daun salam? Artikel ini akan membahas macam-macam manfaat daun salam.

Manfaat Daun Salam

1. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Manfat daun salam: Membantu menurunkan kadar kolesterol
Cooking herb, bay leaves.

Manfaat daun salam dapat dirasakan oleh penderita kolesterol. Daun salam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LSL. Kolesterol trigliserida juga dapat diatasi oleh daun salam.

Banyak kandungan di dalam daun salam. Seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium dan caffeic acid. Kandungan-kandungan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL yang ada di dalam tubuh.

Dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition pada tahun 2009, menyebutkan mengenai manfaat mengonsumsi daun salam. Mengonsumsi daun salam 1 sampai 3 gra, setiap hari bisa membantu menurunkan kolesterol. Penurunannya total mencapai 24 persen.

Penurunan trigliserida sampai 34 persen. Kolesterol LDL sampai 40 persen. Selain itu, mengonsumsi daun salam juga dapat meningkatkan kolesterol HDL sebanyak 29 persen.

Tanaman Obat Terpopuler Untuk Pelangsing Dan Penurun Kolesterol
Tanaman Obat Terpopuler Untuk Pelangsing Dan Penurun Kolesterol

tombol beli buku

2. Menurunkan risiko serangan jantung

Manfaat daun salam: Menurunkan risiko serangan jantung
Bay leaves in wooden bowl with copy space

Salah satu penyakit mematikan di dunia adalah penyakit jantung. Serangan jantung adalah salah satu penyebab pertama kematian yang ada di dunia ini. Hal ini tentu sangat membahayakan.

Serangan jantung adalah sebuah kondisi ketika alirah darah ke otot jantung terhambat. Banyak penyebab yang bisa terjadi dari serangan jantung. Namun, salah satu penyebab utamanya adalah penyakit kantung coroner.

Penyakit jantung coroner adalah kondisi dimana tersumbatnya pembuluh darah. Pembuluh darah yang seharusnya memasok darah ke jantung  atau pembuluh darah coroner akan mengalami penyempitan. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal. Seperti lemak yang menumpuk atau karena rokok.

Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi daun salam. Daun salam dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Efeknya memang tidak langsung didapatkan. Namun bisa dirasakan di kemudian hari.

Daun salam akan menurunkan kadar kolesterol jahat. Sehingga dapat melindungi lapisan pembuluh darah. Selain itu, daun salam akan ikut berkontribusi dalam penurunan tekanan darah. Sehingga dapat mencegah risiko terjadinya serangan jantung.

4. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat daun salam: Menurunkan kadar gula darahManfaat daun salam selanjutnya adalah mampu membantu menurunkan kadar gula darah. Di dalam daun salam, terdapat kandungan zat polifenol. Zat ini dipercaya memiliki peran yang baik dalam penurunan kadar gula darah.

Ada sebuah penelitian yang membuktikan ini. Menurut penelitian itu, mengonsumsi 1 sampai 3 gram daun salam setiap hari dapat membantu menurunkan kadar gula. Hal ini dilakukan pada penderita diabetes. Daun salam yang dikonsumsi berbentuk kapsul.

Akan tetapi, tidak bisa sembarangan dalam konsumsi daun salam. Mengonsumsi daun salam yang bersamaan dengan obat harus melalui pantauan. Selain itu, kadar gula darah juga harus dipantau. Hal yang ditakutkan adalah terjadinya perubahan secara drastis.

banner-promo-gramedia

5. Membantu mengobati kanker

Manfaat daun salam: Membantu mengobati kanker
Bay tree (Laurel) branch

Daun salam adalah salah satu obat dalam membantu penyembuhan penyakit kanker. Khususnya kanker payudara. Daun salam memiliki kandungan antioksidan. Kandungan ini berfungsi untuk melawan radikal bebas.

Radikal bebas yang dilawan adalah yang berkontribusi dalam pertumbuhan sel kanker. Meskipun begitu, tetap masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terhadap manfaat ini. Sehingga harus sesuai anjuran tenaga medis.

6. Mengobati batu ginjal

Manfaat daun salam: Mengobati batu ginjal
More Photos like this here…

Salah satu enzim yang ada di tubuh adalah enzim urease. Enzim ini memiliki kontribusi dalam pembentukan batu ginjal. Manfaat daun salam lain adalah dapat mengobati batu ginjal.

Cara kerjanya adalah dengan mengurangi kadar enzim urease yang ada di dalam tubuh. Maka demikian, daun salam dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyakit batu ginjal. Selain itu, daun salam juga dapat mengobati penyakit batu ginjal.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat daun salam: Meningkatkan kekebalan tubuh
Bay leaves isolated on white background

Daun salam mengandung berbagai vitamin. Salah satunya adalah vitamin C. Vitamin C adalah salah satu vitamin yang baik untuk tubuh.

Vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara yang cukup mudah. Siapkanlah 10 sampai 15 lembar daun salam segar. Setelah itu cucilah sampai bersih.

Kemudian kamu bisa merebusnya. Rebus daun salam dengan tiga gelas air. Rebus hingga hanya tersisa sebanyak satu gelas saja. Kemudian tunggu hingga dingin.

Jika sudah dingin, kamu bisa menyaring air rebusan daun salam tersebut. Minumlah saat malam hari. Kamu bisa meminumnya secara teratur.

8. Memutihkan gigi

Manfaat daun salam: Memutihkan gigi
Close-up photo showing the glossy evergreen leaves of a bay tree, which is regularly clipped / trimmed and growing in the garden. Bay trees are a popular compact species of laurel, with glossy leaves and small shoots that respond well to pruning. Of note, the Latin name for bay is: laurus nobilis.

Salah satu masalah gigi yang sering ditemui adalah gigi yang warnanya kekuningan. Akibatnya tingkat kepercayaan diri dapat menurun. Selain itu, akan mengganggu kesehatan mulut.

Maka dari itu banyak orang yang rela melakukan berbagai cara. Cara-cara tersebut dilakukan untuk memutihkan gigi. Seperti melalui bahan kimia atau perawatan dari dokter yang terbilang mahal.

Akan tetapi, sebenarnya ada acara yang lebih mudah. Cara tersebut adalah dengan menggunakan daun salam. Kamu bisa meminum air rebusan daun salam.

Pertama-tama, keringkanlah daun salam dengan cara dijemur. Jika sudah kering, kamu bisa menghancurkannya. Kemudian campurkan dengan perasan air jeruk lemon. Hasilnya bisa kamu gunakan untuk menggosok bahkan menyikat gigi.

Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut
Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut

tombol beli buku

9. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat daun salam: Menjaga kesehatan rambut
Bay leaf (Laurus nobilis) (bay laurel/sweet bay/bay tree/true laurel/laurel tree) the aromatic leaves use for seasoning in cooking, native to the Mediterranean region.

Tidak hanya untuk gigi saja. Manfaat daun salam juga bisa digunakan untuk rambut. Daun salam dipercaya mampu menjaga kesehatan rambut.

Rambut yang sehat dan kuat adalah salah satu idaman banyak orang. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Kamu bisa menggunakan daun salam untuk menjaga kesehatan rambut.

Siapkanlah beberapa lembar daun salam, kemudian panaskan daun salam. Jika sudah, kamu bisa mencampur daun salam dengan minyak kemiri atau minyak zaitun. Campurlah selama beberapa menit. Setelah itu kamu bisa mengaplikasikannya ke rambut dengan cara menggosok.

10. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat daun salam: Menjaga kesehatan pencernaan
Foglie Di alloro – Fra le Mani – Donna

Manfaat daun salam juga dikenal baik untuk  menjaga kesehatan pencernaan. Daun salam memiliki kandungan organic yang bisa membantu mengendapkan sakit perut. Selain itu, beberapa penyakit lainnya juga dapat diatasi.

Daun salam juga diketahui bisa membantu merangsang buang air kecil. Sehingga dapat menurunkan toksisitas pada tubuh. Caranya dengan mengonsumsi daun salam dengan takaran yang pas dan sesuai.

11. Mengatasi asam urat

Manfaat daun salam: Mengatasi asam urat
Isolated bay leaf. Laurel leaves on a white background. Bayleaf. laurel lea.

Manfaat daun salam selanjutnya yaitu dapat mengatasi asam urat. Asam urat adalah kondisi dimana tubuh merasakan nyeri. Selain itu, terjadi pembengkakan pada bagian sendi.

Salah satu obat yang mampu mengatasi asam urat adalah daun salam. Kamu bisa meminum racikan dari daun salam. Caranya juga sangat mudah.

banner-promo-gramedia

Siapkanlah beberapa daun salam. Cuci bersih daun salam. Setelah itu, rebuslah daun salam dengan 10 gelas air.

Rebuslah sampai air mendidih, dan air berkurang hingga setengahnya saja. Kamu bisa meminumnya dua kali dalam sehari. Kamu akan merasakan manfaat dari daun salam tersebut. Namun perlu diingat bahwa mengonsumsi daun salam harus dalam jumlah yang pas.

12. Mengatasi ketombe

Manfaat daun salam: Mengatasi ketombe
Dry Bay Leaves – Laurel Tree leaves, aromatic herb and Indian spices on the wooden spoon, rustic background, macro.

Daun salam ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe. Daun salam dapat dijadikan sebagai obat herbal dalam mengatasi ketombe. Hal itu bisa dilakukan karena terdapat kandungan minyak esensial di dalam daun salam.

Sehingga kandungan tersebut dapat digunakan sebagai tonik rambut. Maka daun salam mampu melawan ketombe. Ini adalah salah satu cara yang mudah dan praktis.

Rebuslah dua lembar daun salam dengan air. Setelah selesai, tunggulah air rebusan itu sampai dingin. Jika sudah, pakailah air rebusan daun salam itu untuk membilas rambut. Kamu bisa menerapkannya secara rutin. Seperti satu kali dalam seminggu.

13. Mencerahkan warna kulit

Manfaat daun salam: Mencerahkan warna kulit
High angle view of a twig of Fresh laurel bay leaves isolated on white. one loose leaf

Manfaat daun salam lainnya adalah mencerahkan warna kulit. Daun salam dapat dijadikan alternatif dalam mencerahkan warna kulit. Sehingga kamu tidak perlu lagi merogoh kocek yang dalam.

Pakailah beberapa lembar daun salam. Kamu bisa memakai secara kering maupun basah. Masukkan daun salam ke dalam air mendidih. Rebuslah dengan api kecil selama 10 menit.

Jika sudah, tunggulah air tersebut hingga dingin. Sesuai dengan suhu udara standar. Kamu bisa memasukan air daun salam yang sudah dingin ke dalam botol semprotan. Air daun salam siap dipakai.

14. Mengatasi jerawat

Manfaat daun salam: Mengatasi jerawat
Close up view of fresh organic bay leaves on rustic wooden table. The bay leaves are places in a wicker basket. Predominant colors are green and brown. XXXL 42Mp studio photo taken with SONY A7rII and Zeiss Batis 40mm F2.0 CF

Bagi yang ingin mengatasi masalah jerawat, kamu bisa menggunakan daun salam dalam hal ini. Manfaat daun salam dapat digunakan untuk mengatasi jerawat.

Gilinglah daun salam kering sehingga menjadi bubuk. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes jus lemon untuk pelengkap.

Oleskan campurkan kedua bahan alami tadi ke kulit yang berjerawat. Kamu bisa rutin menggunakannya dua kali dalam seminggu. Kamu bisa mendapatkan hasil maksimal dari perawatan sederhana ini.

Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Sendiri
Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Sendiri

tombol beli buku

Itulah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan dan tubuh. Mengonsumsi daun salam sesuai cara dan takaran yang pas memang akan membuahkan banyak manfaat. Namun, Grameds tetap perlu waspada. Jangan sampai pemakaian daun salam terjadi secara berlebihan. Hal itu akan mengganggu kesehatan nantinya.

Temukan hal menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi artikel dan buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

banner-promo-gramedia

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih