in

Mengenal Kacang Pistachio Cemilan Sehat yang Banyak Manfaatnya

Kacang pistachio – Kacang-kacangan pada umumnya adalah biji buah dari suatu tumbuhan. Biji yang telah kering diselimuti oleh cangkang yang keras dan tidak mudah pecah pada saat buah matang. Jadi diperlukan untuk membuka cangkang tersebut untuk mendapatkan intinya.

Kacang sejati atau nut memiliki perbedaan dibandingkan dengan jenis kacang yang tergolong di dalam legum. Kacang sejati biasanya tumbuh sebagai biji sedangkan legum merupakan golongan dari tumbuhan yang menghasilkan sebuah kantong yang di dalamnya terdapat benih. Salah satu contoh kacang dari golongan legum ini adalah kacang pistachio.

Di Indonesia nama kacang pistachio belum terlalu populer dibandingkan dengan kacang almond, kacang tanah atau kacang mede. Hal tersebut mungkin bisa dibilang wajar, dikarenakan kacang ini belum bisa dikembangkan di Indonesia, sehingga kacang ini masih diimpor. Kacang yang populer di daerah wilayah Timur Tengah ini hingga Eropa ini bisa menjadi cemilan yang sehat.

Konon, pada zaman dahulu kacang pistachio ini merupakan makanan para kaum orang kaya termasuk kegemaran dari Ratu Bilqis atau Ratu Sheba. Kacang pistachio dikenal juga dengan sebutan kacang arab karena selalu dijadikan oleh-oleh setelah ibadah haji. Namun kini banyak kacang pistachio yang berasal dari Cina.

Masih penasaran dengan apa itu kacang pistachio? Artikel ini akan memberikan penjelasan semua yang perlu diketahui dan dipahami terkait dengan kacang Pistachio. Dimana akan dijelaskan dari apa itu kacang pistachio serta asalnya, nutrisi yang terkandung, dan manfaat  dari  mengkonsumsi kacang pistachio. Selamat membaca!

Informasi tentang Kacang Pistachio

pixabay.com/akirEVarga

Kacang pistachio merupakan jenis kacang yang berasal dari biji pohon Pistacia Vera. Tumbuhan ini adalah jenis pohon yang berukuran kecil dan masih termasuk kedalam keluarga dari jambu mete atau istilah latinnya anacardiaceae. Tumbuhan ini biasanya ditanam dan hidup di daerah yang kering seperti di negara Azerbaijan barat, Iran serta Turkmenistan.

Bentuknya yang seperti kacang mede memiliki cangkang yang cukup unik. Di Iran, kacang pistachio biasa disebut dengan smiling pistachio atau pistachio tersenyum, sedangkan di China biasa disebut dengan happy nut atau kacang bahagia. Alasan diberi nama tersebut dikarenakan cangkang dari kacang pistachio yang terbuka mirip seperti mulut orang yang sedang tersenyum.

Ciri khas dari kacang pistachio adalah bagian luarnya ditutupi dengan cangkang yang agak keras dengan warna putih kekuningan. Walaupun tampak luarnya seperti itu, di bagian dalamnya terdapat bagian biji yang nikmat kalau dikonsumsi dengan tekstur yang tidak terlalu keras dan memiliki warna hijau. Karena cita rasanya yang gurih biasanya dijadikan olahan makanan.

Di Iran, Turki dan kawasan Timur Tengah, kacang pistachio ini sering dijadikan sebagai campuran minuman yogurt tradisional atau campuran nasi biryani. Taburan kacang pistachio kadangkala dijadikan topping untuk es krim, baklava, hingga makanan manis Turkish Delight. Untuk masyarakat Indonesia biasanya kacang pistachio dijadikan sebagai oleh-oleh setelah pulang dari ibadah haji.

Cara panen pistachio tergolong mudah, para petani hanya cukup menggoyangkan pohon pistachio dan menunggu buah pistachio jatuh dengan sendirinya. Kacang pistachio berasal dari Suriah, Yunani dan Iran dimana tumbuhan ini sudah dibudidayakan selama lebih dari 10.000 tahun.

Setelah perang dunia kedua, para petani di California, Amerika Serikat mulai menanam kacang pistachio dan pada saat ini di daerah Amerika seperti di California, New Mexico dan Arizona bisa dijumpai banyak buah pistachio.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Kacang pistachio sering dijadikan sebagai cemilan yang memiliki tekstur yang renyah dan rasanya yang lezat, selain itu kacang pistachio memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Menurut sebuah studi kesehatan pada tahun 2014, orang yang telah mengkonsumsi setiap hari 25 gram kacang pistachio selama 12 minggu, telah meningkatkan indeks massa tubuh, protein C-reaktif, kadar glukosa darah dan menjaga tekanan darah.

Selain dijadikan cemilan, kacang pistachio yang memiliki warna hijau cerah sering dikonsumsi untuk dijadikan sebagai resep tambahan hidangan lain seperti pizza, oatmeal, kue hingga salad.

Kandungan Nutrisi Kacang Pistachio

Dalam satu porsi kacang pistachio sebanyak 28 gram atau sekitar 49 buah kacang pistachio terkandung beberapa nutrisi yang memberikan manfaat yang penting untuk kesehatan. Berikut adalah nutrisi yang terkandung di dalam kacang pistachio

  • Kalori : 159 gram
  • Karbohidrat : 8 gram
  • Serat : 3 gram
  • Protein : 6 gram
  • Lemak 13 gram ( 90 persen merupakan lemak tak jenuh)
  • Kalium : 6 persen  dari rekomendasi per hari
  • Fosfor : 11 persen dari rekomendasi per hari
  • Vitamin B6 : 28 persen dari rekomendasi per hari
  • Tiamin : 21 persen dari rekomendasi per hari
  • Tembaga : 41 persen dari rekomendasi per hari
  • Mangan: 15 persen dari rekomendasi per hari

Itulah kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kacang pistachio, di mana semua nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh sehingga bisa meningkatkan kesehatan dan dapat menangkal penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Manfaat Kacang Pistachio

pixabay.com/sunnysun0804

Selain memiliki rasa yang enak dan gurih, kacang pistachio juga mengandung beraneka ragam nutrisi yang berlimpah dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kacang pistachio ini dikenal kaya akan protein dan sering dijadikan sebagai sumber protein yang rendah lemak untuk para vegetarian. Berikut adalah beberapa manfaat dari kacang pistachio yang perlu diketahui, antara lain:

1.  Bisa membantu untuk menurunkan berat badan

Walaupun termasuk makanan yang padat akan energi, kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang paling ramah untuk menurunkan berat badan. Beberapa penelitian melihat efek dari kacang pistachio terdapat kaya akan serat dan protein, dimana kedua nutrisi tersebut dapat memberikan rasa kenyang dan membantu untuk makan lebih sedikit.

Lalu, mereka yang makan sekitar 53 gram kacang pistachio per hari sebagai cemilan bisa mengalami penurunan berat badan tubuh dua kali lipat dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi sekitar 56 gram pretzel setiap harinya.

Studi penelitian 24 minggu lainnya mengungkapkan bahwa seseorang yang memiliki berat badan yang berlebih mengkonsumsi sekitar 20 persen kalori kacang pistachio kehilangan sekitar 1,5 cm lebih ukuran lingkar pinggang mereka dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kacang pistachio. Salah satu faktor yang mempengaruhi sifat penurunan berat badan kacang pistachio adalah kandungan lemaknya tidak sepenuhnya terserap.

2. Meningkatkan Kesehatan Usus

Kacang pistachio memiliki kaya akan serat, satu porsi saja sudah setara dengan 3 gram serat. Serat akan bergerak ke sistem pencernaan dan beberapa jenis serat dicerna oleh bakteri baik di dalam usus, sehingga menjadi prebiotik.

Kemudian, bakteri baik yang di dalam usus memfermentasikan serat dan mengubahnya menjadi asam lemak yang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan seperti penurunan risiko gangguan pencernaan, penyakit jantung, serta kanker.

Jadi, dengan mengonsumsi kacang pistachio dapat meningkatkan bakteri penghasil butirat di usus yang dalam jumlah lebih banyak dibandingkan dengan makan almond yang bermanfaat untuk kesehatan

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain kaya akan antioksidan yang tinggi, kacang pistachio bisa juga menurunkan kolesterol darah dan meningkatkan tekanan darah, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Kacang pistachio memiliki kandungan lemak paling rendah di antara kacang lainnya, dimana lemak yang terkandung dalam kacang pistachio terdiri dari 90 persen lemak tidak jenuh yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

4. Mengobati Diabetes

Walaupun di dalam kacang pistachio terdapat kandungan karbohidrat yang tinggi dibandingkan dengan kacang lainnya, kacang pistachio memiliki indeks  glikemik yang rendah, dimana dengan mengkonsumsinya tidak akan menyebabkan meningkatnya gula darah dalam jumlah yang besar.

Penelitian mengungkapkan bahwa dengan makan kacang pistachio dapat meningkatkan kadar gula darah yang sehat. Ini dibuktikan dengan menambahkan sekitar 56 gram kacang pistachio ke makanan yang memiliki karbohidrat yang tinggi, setelah mengkonsumsinya gula darah pada seseorang yang sehat berkurang sekitar 20-30 persen.

Selain kaya akan lemak sehat dan serat, kacang pistachio juga mengandung banyak antioksidan, senyawa fenolik, dan karotenoid, yang semuanya memiliki manfaat untuk mengendalikan gula darah. Kacang pistachio juga dapat meningkatkan kadar peptida, hormon di dalam tubuh yang berfungsi untuk mengatur kadar glukosa pada penderita diabetes.

5. Mencegah Kanker

Antioksidan sangatlah penting untuk kesehatan tubuh karena bisa mencegah kerusakan sel dan mengurangi risiko penyakit salah satunya kanker. Kacang pistachio mengandung banyak antioksidan dibandingkan dengan kacang dan biji-bijian lainnya.

Sebuah penelitian yang diikuti oleh 800 pasien yang menderita kanker usus besar mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi kacang-kacangan dapat menurunkan sel kanker secara signifikan. Kacang-kacangan juga bisa menurunkan risiko kematian pada pasien yang mengalami kanker usus besar stadium 3.

6. Meningkatkan Kesehatan Pembuluh Darah

Sistem peredaran darah merupakan salah satu sistem organ dalam tubuh yang memiliki peranan penting. Sistem peredaran darah memiliki fungsi untuk mengirimkan darah, nutrisi, serta oksigen ke seluruh tubuh. Pada saat aliran darah dalam tubuh berkurang mengakibatkan beberapa kondisi seperti timbulnya gejala penyakit di sistem peredaran darah.

Oleh karena itu sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dari pembuluh darah. Mengonsumsi kacang pistachio merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Karena di dalam kacang pistachio terkandung L-arginine yang bekerja menjadi oksida nitrat yang berfungsi untuk membantu melebarkan pembuluh darah dalam tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Di antara jenis kacang-kacangan yang lain, kacang pistachio memiliki kandungan zeaxanthin dan lutein paling tinggi, dimana kedua kandungan zat tersebut termasuk antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Zat-zat tersebut berfungsi untuk melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan karena cahaya biru dan degenerasi makula akibat usia, dimana suatu kondisi penglihatan sentral mengalami gangguan atau hilang.

8. Baik untuk Vegan dan Vegetarian

Salah satu masalah dalam program vegan dan vegetarian adalah kekurangan protein yang berasal dari daging. Namun, dengan keberadaan kacang pistachio bisa menjadi sebuah solusi untuk mengatasinya. Dalam 1 gram kacang pistachio, terdapat kandungan 6 gram protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kacang pistachio merupakan sumber protein terbaik untuk para vegan dan vegetarian. Selain itu, apabila dibandingkan dengan jenis kacang yang lain, kacang pistachio memiliki jumlah kalori yang terbilang kecil. Dalam 28 gram kacang pistachio hanya mengandung 159 kalori.

9. Mempercepat  Pemulihan Otot

Ketika setelah berolahraga, terkadang sendi dan otot terasa nyeri dan pegal terutama setelah berolahraga berat. Hal yang terjadi dikarenakan proses memperbaiki serat otot yang membentuk kotak pada saat berolahraga. Ada beberapa cara yang bisa membuat rasa nyeri dan pegal cepat hilang, yaitu dengan mengkonsumsi kacang pistachio.

Ini dikarenakan kacang pistachio memiliki rasio asam amino esensial dan branched chain nya lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kacang yang lain. Asam amino branched chain memiliki fungsi untuk meningkatkan pemulihan otot setelah berolahraga.

10. Meningkatkan Fungsi Otak

Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan konsentrasi dan mengingat bisa saja mengalami penurunan. Dengan mengonsumsi kacang pistachio memiliki fungsi untuk meningkatkan daya ingat. Di dalam kacang pistachio terkandung kaya akan vitamin B6, nutrisi yang dapat membantu untuk meningkatkan fungsi otak.

Vitamin B6 tersebut bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak, yang pada akhirnya bisa untuk mempertajam kemampuan untuk mengingat serta meningkatkan kemampuan konsentrasi.

11. Membuat Awet Muda

Perawatan menggunakan skincare ataupun klinik kecantikan memang akan membantu untuk membuat kulit wajah terlihat awet muda. Namun ada cara lain untuk tetap tampil segar dan terlihat awet muda dengan mengonsumsi makanan salah satunya kacang pistachio. Kacang pistachio bisa membantu untuk melawan proses penuaan.

Hal ini dikarenakan di dalam kacang pistachio terkandung antioksidan yang bisa menangkal efek buruk dari radikal bebas di dalam tubuh.

12. Membantu Menyerap Zat Besi

Kacang pistachio memiliki kandungan tembaga yang cukup tinggi. Dimana kandungan tembaga tersebut memiliki fungsi untuk membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh dari sumber makanan. Ini dapat membantu untuk mengatasi masalah anemia dikarenakan meningkatnya jumlah hemoglobin serta aliran darah di dalam tubuh.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui tentang manfaat dari kacang pistachio untuk kesehatan. Ada banyak nutrisi yang sangat penting terkandung di dalam kacang tersebut, sehingga  membantu untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh.

Tumbuhan kacang memiliki banyak manfaat yang sangat berguna untuk manusia. Ada beberapa manfaat yang bisa Grameds baca pada buku “Manfaat Khasiat Kacang”. Buku tersebut bisa Grameds dapatkan dengan cara mengakses link yang ada di bawah ini.

Kesimpulan

Kacang pistachio merupakan biji yang telah diambil dari pohon yang bernama Pistacia Vera yang masih satu keluarga dengan kacang mede. Pohon kacang pistachio tumbuh di daerah Timur Tengah, Afghanistan, Azerbaijan, Turki dan Iran. Sampai saat ini, Iran menjadi negara penghasil kacang pistachio terbanyak di dunia.

Pada kenyataanya kacang pistachio ini bisa dinikmati dengan berbagai cara seperti hiasan salad, cemilan, hingga topping pizza. Ketika kacang pistachio ini dipanggang akan berwarna hijau atau ungu yang indah dan bisa ditambahkan ke berbagai makanan penutup. Seperti jenis kacang lainnya, kacang pistachio bisa juga dijadikan sebagai pesto atau selai kacang.

Selain memberikan rasa yang gurih dan nikmat untuk berbagai jenis makanan, kacang pistachio juga memberikan berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Seperti jenis kacang pada umumnya, kacang pistachio kaya akan sumber lemak yang baik, protein, karbohidrat serta serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain nutrisi tersebut, kacang pistachio juga mengandung senyawa bioaktif seperti karotenoid dan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan.

Kacang pistachio juga kaya akan kandungan mineralnya seperti kalium,kalsium, besi, magnesium, seng,tembaga, fosfor, dan natrium. Mereka semua akan memberikan esensial seperti vitamin A, B, C, E dan K serta betain dan Kolin.

Kacang terkadang bisa diolah untuk menjadi makanan atau camilan yang enak. Ada beberapa resep untuk mengolah kacang menjadi camilan  bisa Grameds baca pada buku  “Resep Favorit Untuk Usaha Cemilan kacang”. Buku tersebut bisa Grameds dapatkan dengan cara mengakses link yang ada di bawah ini.

Tanaman kacang sangat berpengaruh dalam penyediaan pangan di dalam negeri maupun luar negeri. Penjelasan terkait betapa pentingnya tanaman kacang dalam penyediaan pangan Grameds baca pada buku “Kacang Potensial”. Buku tersebut bisa Grameds dapatkan dengan cara mengakses link yang ada di bawah ini.

Usaha dalam budidaya kacang sayur di dalam negeri memiliki peluang dan prospek yang cerah. Penjelasan secara lengkap mengenai budidaya kacang sayur bisa Grameds baca pada “Sukses Budi Daya Aneka Kacang Sayur di Pekarangan dan Perkebunan”. Buku tersebut bisa Grameds dapatkan dengan cara mengakses link yang ada di bawah ini.

Demikian artikel yang menjelaskan terkait dengan  kacang pistachio. Grameds bisa membaca buku-buku secara lengkap mengenai tumbuhan kacang-kacangan lainnya dengan mengakses gramedia.com untuk mendapatkannya. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Mochamad Harris

Sumber :

  • https://www.orami.co.id/magazine/kacang-pistachio
  • https://www.tribunnewswiki.com/2021/10/29/kacang-pistachio
  • https://www.tribunnewswiki.com/2021/10/29/kacang-pistachio

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah