in

15 Manfaat Madu bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Madu – Kandungan nutrisi yang tinggi pada madu membuat banyak orang menyukainya. Grameds bisa memetik berbagai manfaat madu jika mengonsumsinya secara rutin.

Madu sudah lama menduduki takhta sebagai ratu lebah dunia kecantikan. Ternyata madu memiliki manfaat yang sangat banyak, lho Grameds. Kamu pasti pernah mencoba berbagai resep masker wajah rumahan berbahan dasar madu, bukan?

Manfaat madu telah dikenal sejak lama oleh seluruh kalangan masyarakat. Tak hanya mengandung gula, madu juga memiliki senyawa aktif, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K, karotenoid, flavonoid, dan asam fenolik.

Madu menjadi bahan alami kuno yang sangat baik untuk perawatan kecantikan sederhana. Madu dalam bentuknya yang alami dihasilkan oleh aktivitas bahan tanaman, enzim, dan bakteri hidup.

Aktivitas tersebut mampu menciptakan bahan yang kuat dengan segudang kegunaan praktis. Cairan kental, lengket, dan manis madu dihasilkan oleh lebah di dalam sarang.

Pembuatan madu dengan proses yang unik membuatnya sangat berarti untuk keperluan kosmetik, mulai dari menyembuhkan bekas luka, membersihkan jerawat, hingga meratakan warna kulit. Tidak heran jika beragam manfaat untuk wajah bisa kamu dapatkan dengan madu.

Penyembuhan alami, khususnya untuk penyembuhan luka menjadi sifat yang dimiliki madu. Selain itu, madu juga berperan penting untuk membangun kolagen sebagai antiaging yang hebat.

Sifat antibakteri dan antioksidan yang bisa menyelamatkan kulit dimiliki oleh madu mentah sebagai bahan alami dengan manfaat luar biasa untuk kulit. Madu mentah juga dipercaya dapat menjadi solusi resep rumahan untuk perawatan yang membantu kulit kembali bercahaya, lho.

Madu memiliki segudang nutrisi yang tidak perlu diragukan lagi. Rasa manis alami yang dimiliki madu kerap membuatnya menjadi pelengkap makanan dan minuman.

Cairan manis madu yang menyerupai sirup dalam berbagai budaya selama berabad-abad telah digunakan dalam banyak keperluan pengobatan. Madu dapat berkhasiat untuk memelihara kesehatan, mencegah penyakit, dan membantu proses penyembuhan penyakit.

Mengapa demikan? Itu semua karena sifat dan daya kerja madu berkhasiat terhadap hampir semua sistem di dalam tubuh.

Madu yang berasal dari sumber alami juga memiliki segudang manfaat, baik untuk kecantikan dan kesehatan. Simak berbagai manfaat madu berikut ini, Grameds.

tombol beli buku

15 Manfaat Madu bagi Kesehatan dan Kecantikan

1. Membuat Tidur Menjadi Nyenyak

Grameds bisa memenuhi berbagai kebutuhan dalam menjaga kesehatan melalui kandungan vitamin di dalam madu. Mengonsumsi madu sebelum tidur diyakini akan mendatangkan banyak manfaat.

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi madu sebelum tidur ialah membuat tidur semakin nyenyak. Madu murni memiliki kandungan insulin yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Bagi Grameds yang kerap merasa kesulitan tidur atau insomnia, cobalah untuk mengonsumsi madu murni secara rutin sebelum tidur.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Madu memiliki segudang nutrisi dan vitamin baik untuk menjaga imunitas tubuh. Madu murni diyakini mampu meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh, lho Grameds. Tubuh kamu akan menjadi fit dan terhindar dari berbagai risiko penyakit dengan mengonsumsi madu secara rutin.

3. Mengurangi Berat Badan

Ilustrasi Penurunan Berat Badan (sumber: today.com)

Apakah Grameds sedang tidak percaya diri dengan kondisi berat badan yang terus bertambah? Sebagian besar orang mungkin akan mengira jika mengonsumsi madu sebelum tidur akan meningkatkan berat badan.

Sebaliknya, kamu bisa mengonsumsi madu sebelum tidur sebagai upaya untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi madu sebelum tidur dipercaya dapat membakar lemak dengan cepat dan meningkatkan fungsi hati.

Fakta menarik lainnya, mengonsumsi madu sebelum tidur dinilai mampu menekan keinginan kamu untuk makan. Dengan begitu, Grameds tidak akan merasakan lapar di malam hari dan berat badan menjadi lebih terjaga. Tertarik untuk mengonsumsinya?

4. Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Batuk dan sakit tenggorokan kerap menjadi dua gangguan kesehatan yang dialami banyak orang. Mengonsumsi makanan yang kurang sehat bisa menjadi salah satu penyebab batuk dan sakit tenggorokan.

Grameds bisa mengonsumsi madu murni untuk menyembuhkan gangguan pada saluran pernapasan. Dalam berbagai hasil penelitian, madu murni terbukti mampu menyembuhkan batuk dan infeksi saluran pernapasan.

5. Meningkatkan Energi

Mengonsumsi madu sebelum tidur dapat membantu meningkatkan energi di dalam tubuh. Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan karena madu memiliki kandungan karbohidrat sekitar 80% untuk memasok energi lebih banyak.

Rutin mengonsumsi madu sebelum tidur akan membuatmu memiliki energi berlebih saat bangun pagi. Dengan mengonsumsinya, badan akan menjadi jauh lebih segar sehingga aktivitas lancar.

6. Membantu Proses Penyembuhan Diabetes

Madu hitam menjadi salah satu jenis madu yang familiar dan banyak dikonsumsi. Sama seperti madu murni lainnya, madu hitam juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Meski madu memiliki rasa manis yang alami, ternyata madu hitam menjadi salah satu obat penyembuhan diabetes. Madu memiliki kandungan alkaloid tinggi yang dapat digunakan untuk pengobatan.

Kemudian madu memiliki kadar gula yang relatif kecil sehingga tidak berisiko cepat meningkatkan kadar gula dalam darah. Manfaat madu yang satu ini juga perlu diimbangi dengan pola hidup sehat agar penyakit diabetes penderita benar-benar sembuh.

Bagi Grameds penderita diabetes, mengonsumsi madu hitam sangat dianjurkan dalam kadar secukupnya. Jika masih ragu, Grameds bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengambil keputusan yang tepat dalam pengobatan.

7. Mengobati Penyakit Asam Urat

Asam urat menjadi salah satu penyakit yang menyerang persendian. Penyakit asam urat muncul karena kadar asam urat atau uric acid kamu terlalu tinggi.

Untuk mengatasi penyakit ini ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Mengonsumsi madu hitam bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi penyakit asam urat.

Grameds bisa memperoleh manfaat madu untuk menetralkan senyawa purin yang ada di dalam tubuh. Senyawa purin dapat memicu kadar asam urat yang tinggi.

Mengonsumsi madu hitam memang dapat menurunkan kadar asam urat. Namun, Grameds bisa melakukan pengobatan asam urat yang lebih intensif dengan memeriksakan diri ke dokter.

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

8. Mengurangi Gejala Maag

Gangguan pada saluran pencernaan di dalam lambung atau yang kerap disebut penyakit maag terjadi pada beberapa orang. Kondisi tersebut kerap membuat penderitanya mengalami rasa sakit pada bagian perut, mulai dari mual hingga rasa nyeri yang tidak nyaman.

Obat untuk penyakit yang satu ini memang sudah banyak ditemukan. Namun, Grameds perlu mewaspadai pengobatan kimia berlebihan yang dapat menyebabkan efek samping.

Sebagian besar orang memilih untuk mengonsumsi obat herbal atau bahan alami untuk mengatasi penyakit maag. Madu hitam bisa menjadi salah satu bahan alami untuk mengurangi gejala tersebut. Sifat antibiotik yang dimiliki madu dapat mengurangi rasa sakit penyebab infeksi bakteri.

9. Baik untuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Ilustrasi Menjaga Kesehatan Jantung (sumber: drlivigood.com)

Jantung menjadi salah satu organ tubuh manusia yang vital. Jika fungsi jantung sebagai organ tubuh yang vital terganggu, maka akan turut memengaruhi fungsi organ lainnya.

Mengonsumsi madu hitam secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan jantung, lho Grameds. Selain itu, madu hitam juga dipercaya mampu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Dengan mengonsumsi madu hitam, Grameds dapat menurunkan risiko aterosklerosis atau plat yang dapat menyebabkan sumbatan pembuluh arteri. Mengonsumsi madu hitam secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung dengan baik.

10. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Salah satu penyakit yang mematikan dan membutuhkan waktu panjang untuk pengobatannya ialah kanker. Ada beragam penyebab kanker, salah satunya ialah tubuh kerap terpapar radikal bebas.

Beberapa hasil penelitian telah menyatakan bahwa manfaat madu hitam dapat mengurangi risiko kanker.  Madu hitam memiliki kandungan antioksidan atau flavonoid yang dapat menurunkan risiko pertumbuhkan kanker payudara dan kanker lambung.

11. Mencegah Alzheimer

Madu memiliki manfaat bagi kesehatan sebagai pencegah penyakit alzheimer yang kerap diderita oleh lansia. Kondisi ketika kemampuan berpikir mulai berkurang disebut alzheimer.

Penyakit ini umumnya terjadi pada usia 65 tahun ke atas. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak flavonoid atau antioksidan dipercaya mampu mencegah penyakit alzheimer.

banner-promo-gramedia

Madu hitam dengan kandungan flavonoid yang tinggi dapat menjadi salah satu obat pencegah alzheimer. Rutinlah mengonsumsi madu hitam untuk memperoleh manfaat yang satu ini.

12. Melembapkan Kulit

Sebagai perempuan, Grameds tentu pernah merasakan kulit wajah yang tiba-tiba menjadi kering. Kondisi kulit kering kerap terjadi karena kulit kamu kehilangan minyak alami yang berfungsi melembapkan kulit.

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, madu juga berkhasiat untuk kecantikan atau wajah. Madu kerap dijadikan salah satu bahan dasar yang digunakan pada produk perawatan kulit.

Madu memiliki manfaat yang baik untuk wajah, yakni melembapkan kulit. Jika Grameds saat ini merasa kulit wajah terlalu kering, gunakan madu untuk melembapkannya.

Bagaimana caranya menggunakannya? Grameds bisa langsung mengoleskan madu layaknya menggunakan masker kecantikan.

Setelah itu, tunggu sampai kering dan bilas wajah dengan air bersih. Untuk mendapatkan wajah yang lembap dan sehat, lakukan perawatan tersebut selama beberapa kali secara rutin dalam sepekan.

13. Menyembuhkan Jerawat dan Bekas Jerawat

Ilustrasi Masalah Kulit Berjerawat (sumber: baene.in)

Kulit wajah berjerawat kerap dikeluhkan oleh banyak orang, baik perempuan maupun laki-laki. Kini banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan jerawat membandel.

Madu menjadi salah satu bahan alami yang dapat menyembuhkan jerawat. Kandungan antiinflamasi yang dimiliki madu dapat mengurangi peradangan penyebab jerawat.

Selain menyembuhkan jerawat, madu juga berkhasiat untuk menyamarkan atau menghilangkan bekas jerawat. Bagaimana cara melakukannya? Cara untuk memanfaatkan madu sebagai bahan alami penyembuh jerawat dan bekas jerawat tidaklah sulit.

Grameds bisa mengoleskan madu ke wajah layaknya memakai masker kecantikan, tunggu beberapa menit, dan bilas dengan air bersih. Kemudian campuran madu murni dan bubuk kunyit juga dapat membantu menyembuhkan jerawat dengan hasil yang maksimal dan cepat.

tombol beli buku

14. Menyembuhkan Bibir Kering

Ada saat dimana kamu merasa bahwa bibir menjadi lebih kering dari biasanya. Kondisi bibir kering kerap disebabkan oleh kurangnya cairan atau dehidrasi dalam tubuh.

Kondisi bibir kering juga sering menimbulkan rasa tidak nyaman, bukan? Terkadang kondisi bibir kering disertai dengan rasa perih bahkan terluka. Bagaimana cara mengatasinya?

Grameds bisa mengatasi masalah bibir kering dengan menggunakan madu. Kamu bisa mengoleskan madu sebelum tidur layaknya menggunakan pemoles bibir atau lip balm. Manfaat madu yang satu ini dapat kamu rasakan keesokan harinya dan mendapati bibir yang kering menjadi lebih lembap.

15. Memutihkan Wajah

Madu diyakini dapat memberikan manfaat, yakni mencerahkan atau memutihkan wajah. Kaum hawa tentu mendambakan kulit yang bersih dan cerah, bukan?

Berbagai produk kecantikan mungkin dapat memutihkan kulit dalam waktu sekejap. Namun, itu semua belum tentu aman untu kesehatan kulitmu.

Menggunakan madu alami bisa menjadi salah satu cara aman untuk memutihkan atau mencerahkan wajah. Grameds bisa mencampurkan madu dengan berbagai bahan alami, seperti yoghurt ataupun lemon.

Setelah itu, kamu bisa langsung mengoleskannya pada wajah sebagai masker kecantikan. Kemudian diamkan sekitar 15 menit dan bilas menggunakan air hangat.

Kombinasi madu dan yoghurt diyakini dapat mencerahkan, memberi efek mendinginkan, dan menenangkan kulit. Kamu bisa melakukan perawatan ini beberapa kali dalam satu minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga:

Itulah beberapa manfaat madu yang bisa Grameds dapatkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Nikmati manfaat-manfaat tersebut dengan menggunakan madu secara rutin dalam kadar yang wajar.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila