in

Manfaat Wedang Uwuh Hingga Asal Usulnya

 

Manfaat wedang uwuh – Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia sangat kaya akan minuman rempah-rempah yang menyehatkan dan menghangatkan tubuh. Minuman tradisional ini dipercaya bisa memberikan kekebalan dan juga imunitas tubuh. Salah satu minuman tradisional yang populer dan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh adalah wedang uwuh. Manfaat wedang uwuh ini cukup beragam, mulai dari kaya akan antioksidan dan juga antiinflamasi.

Konon katanya, hampir semua minuman tradisional mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan. Tidak terkecuali dengan wedang uwuh. Saat kita berbicara tentang wedang jahe dan juga wedang ronde, tentu kita semua tahu bahwa minuman rempah-rempah tersebut sangat terkenal dan bisa kita temui dimana saja. Lalu, bagaimana saat kita berbicara tentang wedang uwuh?

Mungkin tidak semua orang mengetahui tentang minuman tradisional wedang uwuh yang berasal dari Jawa Tengah. Dalam bahasa aslinya, wedang itu berarti minuman, dan uwuh memiliki arti sampah. Oleh karena itu, wedang uwuh ini seringkali disebut dengan minuman sampah. Tampilan dari wedang uwuh sendiri memang tidak beraturan dan mirip dengan sisa sampah. Walaupun begitu, wedang uwuh ini mempunyai cita rasa yang enak dan hangat serta mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Wedang uwuh ini adalah salah satu minuman tradisional yang berasal dari Yogyakarta. Pastinya, minuman ini kerap dikaitkan dengan pengobatan tradisional yang biasanya diminum saat masih hangat atau panas.

Wedang uwuh mempunyai rasa yang manis dan juga pedas dengan warna merah cerah serta aroma yang harum khas rempah-rempah. Rasa pedas yang ada di dalam wedang uwuh ini berasal dari bahan jahe, kemudian rasa manisnya berasal dari gula batu, sementara warna merahnya berasal dari bahan secang, dan aroma harum nya berasal dari campuran rempah yakni kayu manis, pala, sereh, cengkeh, dan juga kapulaga.

Dulunya, wedang uwuh ini masih dibuat dalam bentuk bahan utuh berupa campuran air dan juga rempah-rempah asli. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman dan juga kebutuhan akan kepraktisan, sekarang ini wedang uwuh telah dikembangkan menjadi bentuk instan, salah satunya berbentuk celup.

Penasaran dengan asal-usul wedang uwuh dan manfaat wedang uwuh? Yuk simak ulasan ini sampai selesai, ya.

Asal-Usul Wedang Uwuh

Asal mula wedang uwuh ini tergolong cukup unik, yakni berasal dari kisah Raja Mataram, Sultan Agung yang pada saat itu sedang mencari tempat yang akan dijadikan sebagai pemakaman keluarga para raja. Sultan Agung bersama dengan para pengawalnya sudah mengelilingi tempat sampai pada akhirnya menemukan sebuah Bukit Merak Imogiri yang dianggap paling cocok untuk tempat pemakaman. Akan tetapi, sebelum benar-benar dipilih, Sultan Agung melakukan semedi terlebih dulu supaya lebih yakin hatinya.

Pada saat semedi di malam hari, Sultan Agung ini meminta para pengawalnya membuatkan minuman yang bisa menghangatkan badannya karena memang kondisi bukit yang sangat dingin. Pengawal pun membuatkan wedang secang kemudian meletakkannya di bawah pohon tempat sang raja bersemedi.

Karena angin bertiup dengan cukup kencang, daun dan juga ranting pohon beterbangan sampai tidak sengaja jatuh ke dalam minuman raja. Karena hari gelap, Sultan Agung tidak sadar bahwa rantang dan pohon yang jatuh ikut larut ke dalam minumannya. Ia pun menikmati minuman tersebut tanpa menyadari bahwa ada ranting dan daun yang ikut terminum.

Kemudian esok paginya, Sultan Agung kembali meminta untuk dibuatkan wedang yang sama persis dengan minuman yang dibuat pada malam itu. Raja menganggap bahwa minuman tersebut sangat enak dan bisa menghangatkan tubuhnya. Pengawal pun mengambil sisa minuman raja di malam itu dan mengamati bahan apa saja yang digunakan untuk membuat minuman itu.

Ia terkejut saat menyadari bahwa ada bahan lainnya yang ikut masuk ke dalam minuman secang tersebut. Pada akhirnya, pengawal membuatkan minuman itu untuk raja dan sampai sekarang wedang secang yang bercampur dengan daun dan serta ranting tersebut dikenal dengan nama wedang uwuh.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Di dalam masyarakat, awalnya wedang uwuh ini dijual dalam bentuk bahan-bahan yang masih utuh berupa rempah-rempah. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, wedang uwuh mulai bisa dinikmati secara instan, baik itu dalam bentuk bubuk ataupuin celup.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya apabila wedang uwuh ini berasal dari daerah Jawa. Meski begitu, sekarang minuman yang kaya akan manfaat ini sudah menyebar ke banyak daerah. Salah satu daerah yang memiliki banyak sekali minuman khas adalah Yogyakarta.

Ingin tahu lebih banyak tentang minuman khas Yogyakarta? Yuk cari tahu informasinya lewat buku 26 Minuman Tradisional Khas Yogyakarta Dari Bir Jawa Sampai Wedang Uwuh karya Murdijati Gardjito. Dalam buku ini, ada sekitar 24 resep minuman tradisional dari Jogja dan sekitarnya yang bisa kamu coba.

Bahan-Bahan dalam Wedang Uwuh

pixabay.com/Daria-Yakovleva

Wedang uwuh terbuat dari berbagai jenis rempah-rempah. Berikut ini adalah beberapa kandungan yang membuat wedang uwuh bisa menghangatkan dan menyegarkan tubuh, antara lain:

1. Jahe

Salah satu kandungan rempah dalam wedang uwuh ini adalah jahe. Jahe sendiri mempunyai sifat antikoagulan yang bisa mencegah penggumpalan darah, mencegah serangan jantung, stroke, hingga mengurangi kolesterol dalam tubuh. Di dalam jahe, juga ada kandungan minyak atsiri yang bisa mengeluarkan gas dalam usus. Sehingga hal itu bisa mengurangi gejala mual dan muntah. Minyak atsiri yang ada di dalam jahe juga bisa bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

2. Kayu Secang

Adapun kandungan lain yang ada di dalam wedang uwuh yaitu kayu secang yang berwarna merah. Kayu yang satu ini sudah lama dikenal sebagai ramuan tradisional yang bisa mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, secang juga mempunyai sifat anti kanker, bisa melancarkan peredaran darah, dan juga mengandung antioksidan tinggi.

3. Cengkeh

Bahan lainnya yang juga digunakan untuk membuat wedang uwuh yaitu cengkeh. Dalam hal ini, bagian cengkeh yang digunakan antara lain bunga cengkeh, batang cengkeh, dan juga daun cengkeh. Rasa cengkeh yang tajam, hangat, dan beraroma khas membuat cengkeh bisa menghilangkan kolik, mual, dan perut kembung.

Bunga cengkeh juga mengandung minyak atsiri dan juga senyawa kimia yang bermanfaat untuk tubuh. Tak hanya itu saja, minyak cengkeh juga digunakan oleh para dokter gigi sebagai zat penghilang rasa sakit.

4. Kayu Manis

Di dalam wedang uwuh juga ada kandungan kayu manis dan juga daun kayu manis yang membuat minuman ini terasa semakin enak dan nikmat. Kayu manis mempunyai sifat antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. Ada beberapa penyakit yang bisa diobati dengan kayu manis, antara lain sakit perut, sakit kepala, dan juga kelelahan.

5. Pala dan Daun Pala

Kandungan berikutnya yang ada di dalam wedang uwuh adalah pala dan juga daun pala. Pala yang mempunyai aroma khas semerbak mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh. Pada pala ini, ada kandungan berupa polifenol, flavonoid, dan juga saponin yang bisa menyembuhkan batuk berlendir, kejang otot, nyeri, dan lainnya.

Bicara soal wedang uwuh, maka kita tak bisa melewatkan yang namanya minuman hangat. Sudah ada berapa jenis minuman hangat yang pernah kamu coba? Nah, jika ingin mencoba beberapa resep minuman hangat yang baik untuk tubuh, maka kamu bisa membaca buku Yuk Wedangan! Minuman Hangat Legendaris. 

Buku ini dilengkapi dengan berbagai resep minuman yang menarik untuk dicoba sendiri atau sebagai ide membuka usaha. Jadi, tunggu apalagi, segera dapatkan bukunya di gramedia.com, ya.

6. Sereh

Kandungan lainnya yang ada di dalam wedang uwuh yaitu sereh. Bagian sereh yang biasanya digunakan untuk membuat wedang uwuh adalah bagian akar sereh dan jug daun sereh. Akar sereh ini bermanfaat untuk menghangatkan badan, meluruhkan air seni, dan juga berkumur. Sementara daun sereh bermanfaat untuk meluruhkan kentut ataupun angin yang ada di dalam perut, meredakan kejang, dan menambah nafsu makan.

7. Kapulaga

Di dalam wedang uwuh juga ada kandungan kapulaga. Kapulaga ini terdiri dari beberapa zat penting yakni sineol, minyak atsiri, borneol, silikat, terpineol, sabinena, terpinil, kersik, dan asetat. Beberapa kandungan tersebut bisa mencegah tulang keropos dan mengobati batuk.

8. Gula Batu

Wedang uwuh juga mengandung gula batu yang mempunyai cita rasa yang manis. Gula batu ini bisa menghilangkan aroma dan citarasa bahan-bahan rempah dari wedang uwuh. Selain itu, gula batu juga mempunyai khasiat sebagai obat batuk.

Manfaat Wedang Uwuh untuk Kesehatan Tubuh

Wedang uwuh ini terbukti mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, wedang uwuh banyak dikonsumsi oleh banyak orang. Jadi, apa saja manfaat wedang uwuh untuk kesehatan? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Sebagai Antioksidan

Manfaat wedang uwuh yang pertama yaitu sebagai antioksidan, Untuk para pecinta teh pasti tahu bahwa mereka bisa memenuhi kebutuhan dosis antioksidan harian hanya dari segelas teh saja. Antioksidan ini merupakan senyawa yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif, yang bisa berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis. Namun, patut dipahami bahwa teh juga bisa menyebabkan keasaman yang pernah dan juga kecanduan kafein.

Apabila kita dan keluarga menginginkan pengganti teh yang baik dan bisa memberikan semua kebutuhan antioksidan tanpa adanya efek negatif, maka cobalah untuk mengonsumsi teh dari bahan secang seperti yang ada di dalam wedang uwuh. Sebuah penelitian sudah membuktikan bahwa secang dapat memberikan lebih banyak antioksidan dan perlindungan yang baik terhadap radikal bebas.

Tak hanya secang saja, bahan lainnya yang ada di dalam wedang uwuh juga mengandung antioksidan dengan kadar yang tinggi. Misalnya saja cengkeh. Selain mengandung berbagai vitamin dan juga mineral penting, cengkeh juga kaya akan antioksidan. Selain itu, cengkeh juga mengandung senyawa yang biasanya disebut dengan eugenol, yang mana sudah terbukti bertindak sebagai antioksidan alami.

Selain mengonsumsi air putih yang bersih, jernih, dan steril sebagai minuman utama. Jenis minuman hangat dan dingin yang memiliki warna, rasa, serta aroma tertentu juga menjadi bagian dari kebutuhan dalam hidup sehari-hari. Ingin mencoba minuman hangat dan dingin yang menyegarkan? Yuk coba resepnya seperti yang ada pada buku Seri Penganan Jadul Tetap Favorit – Minuman Hangat & Dingin.


2. Sebagai Anti Inflamasi

Manfaat wedang uwuh berikutnya yaitu sebagai anti inflamasi. Kandungan yang ada di dalam wedang uwuh ini juga bermanfaat untuk melawan infeksi ataupun peradangan dan memperbaiki kerusakan pada jaringan atau peradangan yang terjadi ketika tubuh seseorang terpapar zat asing.

Konsumsi wedang uwuh sangat penting dan bermanfaat karena minuman rempah-rempah ini bisa meminimalisir peradangan yang dapat menjadi masalah apabila kronis. Tidak hanya kronis saja, peradangan akan menjadi sangat berbahaya saat ia menyerang jaringan yang ada di dalam tubuh itu sendiri.

Misalnya saja, kayu manis yang ada di dalam wedang uwuh, sebuah studi menunjukkan bahwa rempah-rempah ini dan kandungan antioksidannya mempunyai sifat anti inflamasi yang tinggi. Tak hanya kayu manis, kapulaga yang terkandung di dalam wedang uwuh juga mempunyai manfaat serupa.

Kapulaga juga kaya akan senyawa yang dapat melawan peradangan. Sementara itu, anti inflamasi ditemukan berlimpah di dalam kapulaga dan bisa membantu melindungi sel dari kerusakan serta menghentikan peradangan yang terjadi.

Studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa makan bubuk kapulaga bisa menurunkan peradangan hati yang disebabkan oleh makan makanan yang tinggi lemak dan karbohidrat. Walaupun tidak banyak penelitian mengenai efek anti inflamasi kapulaga pada tubuh manusia. Penelitian juga menunjukkan bahwa suplemennya bisa meningkatkan status antioksidan sampai 90 persen.

3. Menstabilkan Hemoglobin

Kadar hemoglobin yang rendah bisa mengakibatkan masalah seperti anemia, pusing, kulit pucat, lemah, dan juga kelelahan secara umum. Gula batu yang ada di dalam wedang uwuh datang sebagai penyelamat karena tak hanya bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin, namun juga meregenerasi sirkulasi darah dalam tubuh.

4. Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Manfaat wedang uwuh berikutnya yaitu bisa meredakan batuk dan juga sakit tenggorokan. Cuaca dingin bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, termasuk juga batuk dan sakit tenggorokan. Akan tetapi, gula batu yang ada di dalam wedang uwuh dipercaya mempunyai khasiat obat tertentu dan juga nutrisi penting yang bisa membantu meringankan kondisi tersebut secara instan.

Untuk penyakit tersebut, kita hanya perlu mengonsumsi wedang uwuh di malam hari dan pastinya minum selagi masih hangat. Campuran rempah yang ada di dalam wedang uwuh bisa membantu mengeluarkan lendir berlebih yang mengganggu pernafasan dan tenggorokan.

5. Sebagai Antimikroba

Manfaat wedang uwuh berikutnya yaitu sebagai antimikroba. Rempah sereh yang ada di dalam wedang uwuh bisa membantu mengobati infeksi mulut dan juga gigi yang berlubang karena sifat antimikroba yang dimilikinya. Menurut studi in vitro tahun 2012, yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health, minyak esensial serai menunjukkan adanya kemampuan antimikroba dalam melawan bakteri Streptococcus atau bakteri yang paling berperan atas kerusakan gigi.

Penelitian berikutnya menemukan bahwa minyak serai dan juga ion perak bisa bekerja sama melawan beberapa jenis bakteri dan juga jamur secara in vitro. Tak hanya serai saja, manfaat yang sama juga dapat ditemui dalam rempah kayu secang yang ada di dalam wedang uwuh. Sebab, air yang direbus dengan serutan kayu secang ternyata juga mempunyai sifat antimikroba. Kayu secang ini mempunyai metanol yang bisa menghambat methicillin ataupun resisten terhadap bakteri Staphylococcus aureus yang bisa menyebabkan infeksi kulit, keracunan makanan, dan juga infeksi sendi.

6. Anti Alergi

Manfaat wedang uwuh berikutnya yaitu sebagai anti alergi. Dimana kandungan kayu secang yang ada di dalam wedang uwuh ini ternyata sangat baik untuk orang-orang yang mempunyai masalah alergi. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ada di dalam kayu secang ini terutama secang chalcone mempunyai sifat anti alergi yang cukup kuat.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat wedang uwuh berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Air dengan rempah kayu secang sangat baik untuk kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa Brazilein, yakni pigmen merah yang ada di dalam kayu secang mempunyai efek positif untuk kesehatan jantung. Tak hanya kayu secang saja, namun kayu manis juga sering kali dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung yang mana merupakan penyebab kematian dini paling umum.

Sekitar 1 gram atau setara dengan setengah sendok teh kayu manis per harinya sudah terbukti mempunyai efek yang menguntungkan untuk para penderita diabetes tipe 2. Rempah kayu manis ini bisa membantu mengurangi tingkat kolesterol secara total yakni khususnya kolesterol LDL dan juga trigliserida.

Demikian penjelasan mengenai manfaat wedang uwuh dan berbagai kandungan rempah yang ada di dalamnya. Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang minuman tradisional rempah-rempah, kamu dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Umam

Rujukan:

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-wedang-uwuh-untuk-kesehatan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah