Buku Teknik Elektronika Dasar Best Seller

Jelajahi Buku Teknik Elektronika Dasar Best Seller dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

Elektronika Digital Dan Sistem Embedded

Elektronika Digital Dan Sistem Embedded

Elektronika Dasar +Cd

Elektronika Dasar +Cd

Pengenalan Elektronika Daya, Penyearah AC-DC

Pengenalan Elektronika Daya, Penyearah AC-DC

Arduino sensor

Arduino & Sensor : Tuntunan Praktis Mempelajari Pengunaan Sensor Untuk Aneka Proyek Elektronika Berbasis Arduino +CD

dasar listrik elektronika program keahlian

Smk/Mak Kl.X Dasar Listrik & Elektronika, Program Keahlian T

Elektronika Dasar Pengenalan Praktis

Elektronika Dasar Pengenalan Praktis

elektronika dasar 1

Elektronika Dasar

membangun aplikasi elektronika dengan raspberry

Membangun Aplikasi Elektronika dengan Raspberry Pi 2 dan WhatsApp

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tentang Buku Teknik Elektronika Dasar Best Seller

Jelajahi Rekomendasi Buku Manajemen Pemasaran Best Seller dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    Seller.gramedia.com – Pada era dimana pertumbuhan teknologi kian cepat ini, perangkat- perangkat elektronika kemudian digunakan pada hampir seluruh lini kehidupan mulai dari pengaturan mutu produk serta prosedur produksi, otomasi produksi serta pengerjaan informasi untuk riset. Begitu pula di kehidupan sehari- hari, perangkat elektronika merupakan sebagai pendukung kualitas hidup seseorang. Simak penjelasan lebih lengkapnya mengenai elektronika berikut ini:

     

    Definisi Elektronika 

    Istilah “Elektronika” pada dasarnya berasal dari dua kata yaitu “Elektron” dan “Mekanika” atau dalam bahasa Inggris “Electronics” berasal dari dua kata “Electron” dan “Mechanics” yang artinya pergerakan aliran Elektron. Pada era dimana perkembangan teknologi kian pesat dan perangkat-perangkat elekronik merupakan perangkat yang digunakan pada hampir seluruh industri untuk mengendalikan kualitas produk dan proses produksi, otomasi produksi dan juga pengolahan data untuk penelitian. 

     

    Demikian juga di kehidupan sehari-hari, perangkat-perangkat elektronik merupakan salah satu perangkat penting dalam menunjang kualitas hidup manusia. Misalnya Ponsel yang digunakan untuk berkomunikasi, Televisi untuk sarana hiburan atau mendapatkan berita penting, 

     

    Kamera untuk menangkap momen-momen penting dalam hidup dan masih banyak lagi perangkat-perangkat rumah tangga dan perangkat pribadi yang menggunakan prinsip dan komponen elektronika untuk dapat mengoperasikannya.  Berikut ini adalah beberapa definisi elektronika:

    • Elektronika merupakan cabang teknik yang menangani konduksi arus melalui vakum atau gas atau semikonduktor.
    • Elektronika merupakan Perangkat atau teknologi yang terkait dengan atau menggunakan sirkuit dan komponen arus searah tegangan rendah dan padat, biasanya untuk pengiriman dan atau pemrosesan data analog atau digital. 
    • Elektronika sebagaicabang fisika yang berkaitan dengan emisi dan efek elektron dan pengoperasian perangkat elektronik. 
    • Elektronika merupakan ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya. 
    • Elektronika adalah cabang sains yang berhubungan dengan studi aliran dan pengendalian elektron (listrik), studi tentang perilaku dan efeknya pada vakum, gas, dan semikonduktor serta perangkat-perangkat lainnya yang menggunakan elektron tersebut. Pengendalian elektron ini dilakukan oleh perangkat elektronika dengan cara menghambat, membawa, memilih, mengarahkan, mengalihkan, menyimpan, memanipulasi, dan mengeksploitasi elektron. 

    Dari beberapa definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa Elektronika adalah suatu cabang teknik atau fisika yang mengendalikan aliran elektron atau partikel yang bermuatan listik pada komponen-komponen aktif seperti Transistor, Dioda dan IC serta komponen-komponen pasif elektronika seperti Resistor, Kapasitor dan Induktor. 

     

    Pengertian Elektronika Menurut Para Ahli

    Menurut Elektronika Industri, pengertian elektronika adalah sebuah disiplin ilmu yang khusus mempelajari segala perangkat atau alat listrik berarus lemah yang pengoperasiannya dengan mengontrol aliran elektron atau partikel-partikel bermuatan listrik dalam suatu alat atau sistem seperti personal komputer, peralatan elektronik, semikonduktor, termocouple, dan lain lain. 

     

    Elektronika ini merupakan salah satu cabang ilmu dari fisika sedangkan bentuk, desain serta pembuatan sirkuit (electronics circuit) merupakan cabang dari teknik elektro, teknik komputer, serta ilmu teknik elektronika instrumentasi. 

     

    Untuk lebih memantapkan lagi mengenai pengertian elektronika, ada beberapa definisi dari para ahli yang dapat memberikan gambaran pengertian tentang elektronika, sebagai berikut : 

    • Menurut Fitrzgerald, Higginbotham dan Grabel, Elektronika adalah cabang ilmu listrik yang bersangkutan secara luas dengan alih informasi menggunakan tenaga elektromagnetik. 
    • Menurut J. Millman; Elektronika adalah ilmu dan teknologi tentang melintasnya partikel bermuatan listrik didalam suatu gas atau suatu ruang hampa, atau suatu semikonduktor
    • Menurut E. Carol Young; Elektronika meliputi studi, perancangan dan penggunaan piranti-piranti yang berdasar hantaran listrik di dalam suatu ruang hampa, gas dan semikonduktor
    •  Menurut H.C. Yohannes; Elektronika ialah ilmu yang mempelajari sifat-sifat dan pemakaian piranti (“devices” = alat) yang asas kerjanya ialah aliran elektron dalam ruang hampa atau gas (seperti dalam tabung-tabung radio)dan aliran elektron dalam semipenghantar (seperti misalnya dalam transistor).

     

    Komponen Dasar Elektronika (Resistor, kapasitor,dan Induktor)

    Jika dilihat secara umum, komponen elektronika terbagi ke dalam dua jenis. Hal ini jika didasarkan dari fungsi kerja yang dimilikinya, yakni ada komponen elektronika aktif dan komponen pasif. Komponen pasif merupakan sebuah komponen elektronika yang bisa beroperasi tanpa membutuhkan arus atau tegangan listrik tambahan ketika sedang bekerja. 

     

    Contoh yang termasuk dalam komponen pasif adalah kapasitor, resistor, induktor, serta trafo atau yang sering disebut transformator. Selain komponen pasif, ada pula komponen elektronika aktif. Ini merupakan komponen yang membutuhkan arus atau tegangan internal agar bisa beroperasi. Komponen yang aktif ini bisa menguatkan dan juga menyearahkan arus listrik. Komponen aktif juga bisa mengubah bentuk energi menjadi energi lainnya. Contoh dari komponen aktif ini diantaranya adalah transistor, dioda, dan IC atau Integrated Circuit.

    Resistor 

    Resistor adalah salah komponen dasar elektronika yang digunakan untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam sebuah rangkaian. Sesuai mana nya resistor bersifat resistif dan umumnya terbuat dari bahan karbon. Dari hukum ohm diketahui, resistansi berbanding terbalik dengan jumlah arus yang mengalir melaluinya. Satuan resistansi dari suatu resistor disebut ohm atau dilambangkan dengan simbol omega. 

     

    Kapasitor 

    Kapasitor adalah komponen dasar elektronika yang mempunyai kemampuan menyimpan elektron-elektron selama waktu yang tidak tentu. Kapasitor memiliki karakteristik meneruskan tegangan AC yang melaluinya dan menolak atau menahan tegangan DC. Kapasitor sering berfungsi menekan bahkan menghilangkan nois dan membantu membuat tegangan suplai menjadi semakin stabil. Besarnya kapasitas si dari sebuah kapasitor dinyatakan dalam farad yang dimana struktur sebuah kapasitor terbuat dari 2 buah plat metal yang dipisahkan oleh suatu bahan dielektrik. 

    Induktor 

    Induktor adalah komponen dasar elektronika yang digunakan sebagai beban induktif, bentuknya rangkaian gulungan kawat dengan menggunakan inti logam maupun Ferit. Biasanya digunakan sebagai filter. Nilai induktansi sebuah induktor dinyatakan dalam satuan Henry. 1Henry= 1000mH. Sifat-sifat elektrik dari sebuah induktor ditentukan oleh panjangnya induktor, diameter induktor, jumlah lilitan, dan bahan yang mengelilingi nya. Induktor dapat dipakai sebagai penampung energy listrik.

     

    Cabang Ilmu Elektronika

    Elektronika merupakan cabang dari ilmu elektro. Pengertian elektro sendiri adalah ilmu yang mempelajari sifat sifat elektron atau fenomena kelistrikan. Sedangkan elektro sebagai cabang dari ilmu fisika, yaitu cabang ilmu yang mempelajari tentang materi dan energi, baik itu fenomena maupun perilaku dari materi atau energi itu sendiri. 

     

    Banyak ilmuwan mengatakan bahwa fisika merupakan ilmu yang fundamental, atau menjadi dasar bagi cabang cabang ilmu lain. 

     

    Sejarah perkembangan elektronika di dunia sebenarnya telah berkembang pesat mulai dari tahun 1900 an, namun elektronika berkembang pesat sejak ditemukannya komponen elektronika yaitu transistor oleh William Shockley pada tahun 1947. Transistor sendiri adalah komponen elektronika yang berfungsi sebagai penguat dan saklar yang diaktifkan secara elektronik, bukan secara mekanik. Sebelumnya, engineer elektronika menggunakan Tabung vakum untuk membuat rangkaian elektronik. 

     

    Namun setelah transistor ditemukan tabung vacuum sudah jarang digunakan karena ukurannya yang besar dan disipasi daya yang besar pula, berbeda dengan transistor yang dengan kehandalannya yakni ukuran yang jauh lebih kecil namun kemampuan daya yang lebih besar. Beberapa cabang ilmu Elektronika diantaranya seperti 

    Elektronika Analog Dan Digital 

    Elektronika terbagi menjadi dua jenis, yakni elektronika digital dan elektronika analog. Tidak hanya itu pula ada elektronika daya, elektronika dasar, serta elektronika industri. Elektronika analog adalah cabang ilmu elektronika yang fokus menekuni guna serta sistem analog yang berhubungan dengan sinyal kontinyu ataupun sinyal analog. Pada elektronika analog, materi yang dipelajari berkaitan dengan pengolahan atau pemrosesan sinyal sinusoida ataupun sinyal analog itu sendiri. Terdapat beberapa hal yang membuat elektronika digital dan analog menjadi berbeda tidak hanya tipe sinyal yang diproses. 

     

    Banyak pihak yang beranggapan bahwa elektronika digital dianggap lebih mutakhir dibandingkan dengan sinyal analog. Elektronika digital dapat mengirim data dalam jumlah yang lebih banyak dan konstan.  

     

    Sementara Elektronika Digital adalah bagian ilmu elektronika yang mempelajari perihal pemrosesan sinyal digital ataupun dapat disebut juga sinyal diskrit. Sinyal digital berupa sinyal logic Low (0) serta logic High (1) yang bersifat terputus putus. Tidak hanya itu, elektronika digital merupakan aplikasi dari prinsip bilangan aljabar boolean yang dipakai dalam bermacam teknologi elektronik semacam komputer, telepon, dan perangkat elektronik mutakhir yang lain. 

     

    Elektronika Daya 

     

    Elektronika daya adalah cabang ilmu dalam elektronika yang mempelajari mengenai elektronika arus kuat. Dalam elektronika daya ini, aspek ilmu yang dipelajari mencakup listrik arus kuat seperti halnya transmisi tenaga listrik jarak jauh, hingga dengan kemampuan daya pada transmisi bertegangan tinggi. 

     

    Elektronika Industri 

    Teknik elektronika industri adalah bidang teknik yang fokus menekuni seluruh hal mengenai komponen listrik dan bermacam berbagai peralatan semikonduktor. Teknik elektronika industri digolongkan ke dalam bagian teknik listrik maupun teknik elektro. Demikian materi mengenai pengertian elektronika semoga ini dapat memberikan manfaat untuk sahabat semua.

     

    Penerapan Ilmu Elektronika dalam Kehidupan Sehari-hari

    Alat-alat yang menggunakan dasar kerja elektronika ini biasanya disebut sebagai peralatan elektronik (electronic devices). Contoh peralatan atau piranti elektronik ini diantaranya Tabung Sinar Katoda (Cathode Ray Tube, CRT), radio, TV, perekam kaset, perekam kaset video (VCR), perekam VCD, perekam DVD,kamera video, kamera digital, komputer pribadi desktop, komputer Laptop, PDA (komputer saku), robot, smart card, dan lain-lain. Pada era teknologi informasi ini, Teknologi yang menggunakan Elektronika dapat ditemukan dimana-mana, hampir semua bidang menggunakannya, diantaranya:

    • Komunikasi dan Hiburan: Telepon kabel, Ponsel, Televisi, Radio, Audio/Video Player, Konsol Game, Komputer. 
    • Pengendalian dan Instrumen: Pengendalian Mesin produksi di Industri-industri, Inverter, Multimeter, Pencacah Frekuensi (Frequency Counter, Osiloskop, Spectrum Analyzer, signal generator dan lain sebagainya. 
    • Aplikasi Pertahanan dan Keamanan: Radar, Sistem Sonar dan sistem Infra-merah yang digunakan untuk mendeteksi pesawat tempur, kapal selam, kapal perang lawan. Sistem Peluru Kendali dan Sistem komunikasi militer juga menggunakan sistem Elektronika. 
    • Aplikasi di Industri – Otomasi mesin produksi dan pengendalian pada ketebalan produk, kualitas produk, massa produk, suhu dan kelembaban pada produk dan bahan produksi dapat dikendalikan oleh perangkat-perangkat elektronika. Penggunaan komputer dan Ponsel untuk membeli tiket kereta api dan pesawat, pengendalian sistem pembangkitan listrik dan lain-lainnya. 
    • Medis dan Ilmiah – Dokter dan para peneliti menggunakan alat-alat elektronika untuk mendeteksi kesehatan pasien seperti EKG (Electrocardiographs), X-ray, endoscopy, Ultrasound scanner, mesin pendeteksi kadar gula, kolesterol, tekanan darah dan lain-lainnya. 
    • Otomotif– Dalam menjalankan operasional manufakturing mobil atau motor, perangkat elektronika digunakan untuk mengendalikan mesin produksi dan mengawasi jalannya produksi. Sedangkan pada mobil itu sendiri, perangkat-perangkat elektronika juga dipasangkan pada kendaraan bermotor seperti sistem pengapian (ignition system), multipoint fuel injection (MPFI) system, pengisian ulang aki mobil dan lain sebagainya.