in

10 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

10 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan – Jika grameds mendengar tentang susu kedelai apa yang akan terlintas di benak pikiran kamu ya? Tentu saja manfaat yang akan didapatkan dari mengonsumsi susu kedelai.

Ya, susu kedelai memang memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Susu kedelai bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang memiliki alergi dan tidak menyukai susu sapi loh. Selain itu, susu kedelai juga bisa kamu konsumsi sehari-hari.

Sebagian orang mungkin tidak merasa asing dengan manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi susu kedelai, salah satu contohnya adalah ibu hamil dan menyusui. Tidak hanya itu, bagi kamu yang memiliki gaya hidup dengan pola makan yang hanya berasal dari hewan atau biasa disebut vegetarian maka hal ini bisa dijadikan sebagai alternatif sumber nutrisi.

Susu kedelai adalah salah satu jenis minuman yang kaya akan nutrisi dan tentunya dapat dikonsumsi sehari-hari. Tidak hanya itu, susu kedelai memiliki sumber karbohidrat, gula serat, protein, dan lemak yang baik bagi tubuh serta kaya akan vitamin dan mineral.

Grameds sebelum kita membahas lebih jauh apa saja manfaat dari susu kedelai, yuk simak beberapa kandungan yang wajib kamu ketahui dari susu kedelai berikut ini.

Kandungan Susu Kedelai

Berdasarkan data dari Web MD dan United States Department of Agriculture (USDA) serta situs Panganku diketahui bahwa terdapat beberapa kandungan pada susu kedelai dengan banyak nutrisi di dalamnya dan zat gizi yang baik bagi kesehatan tubuh kamu, antara lain:

  1. Vitamin B3: 0,51 mg
  2. Vitamin B2: 0,07 mg
  3. Folat: 18 mg
  4. Vitamin B6: 0,08 mg
  5. Vitamin B1: 0,06 mg
  6. Kalori: 100
  7. Protein: 7 gram
  8. Lemak: 4 gram
  9. Karbohidrat: 8 gram
  10. Serat: 1 gram
  11. Zat besi: 0,64 mg
  12. Magnesium: 25 mg
  13. Kalium: 118 mg
  14. Zinc: 0,12 mg
  15. Fosfor: 52 mg
  16. Kalsium: 25 mg
  17. Gula: 6 gram
  18. Natrium: 51 mg
  19. Tembaga: 0,13 mg
  20. Mangan: 0,22 mg
  21. Air: 87,0 gram
  22. Niacin: 0,7 mg
  23. Karoten total: 200 mg

Grameds sudah tahu dong kandungan apa saja yang ada di dalam susu kedelai melalui penjelasan di atas tadi. Nah, pembahasan selanjutnya adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi susu kedelai yang baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Simak hingga artikel ini ya!

Manfaat Susu Kedelai

1. Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat pertama yang didapatkan dari mengonsumsi susu kedelai adalah dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat yang terkandung di dalam susu kedelai mampu menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam darah tersebut.

Selain itu, protein yang terbuat dari adanya asam amino mempunyai keuntungan untuk mencegah berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, asam amino yang terkandung dalam susu kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Poin penting yang dapat dijadikan solusi terbaik adalah dengan mengontrol asupan makanan yang rendah akan kolesterol sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit.

Kamu juga bisa membaca salah satu buku berikut ini untuk membantu dalam menurunkan kolesterol yang dialami ya grameds.

banner-promo-gramedia

2. Membantu Proses Pertumbuhan

Susu kedelai memiliki salah satu kandungan, yaitu protein. Protein ini memiliki peran yang cukup penting dalam memberikan nutrisi di dalam tubuh. Kandungan protein di dalam susu kedelai dapat mendukung proses tumbuh kembang anak-anak yang sedang mengalami pertumbuhan. Selain itu, susu kedelai juga merupakan salah satu sumber protein nabati yang mudah dicerna di dalam tubuh.

3. Mencegah Risiko Kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam susu kedelai mampu mencegah serta menurunkan risiko terhadap kanker payudara sekitar 25% dengan mengonsumsi 10 mg kedelai setiap harinya. Antioksidan juga berfungsi menurunkan risiko kanker payudara terutama yang sedang mengalami masa menopause dan perimenopause.

Tidak perlu khawatir ya grameds, jika susu kedelai tidak dapat membantu kamu dalam mengatasi kanker payudara tersebut. Maka, gramedia menghadirkan salah satu buku berikut ini dalam mengatasi solusi di atas.

4. Menurunkan Berat Badan

Grameds kamu sudah tahu bukan bahwa di dalam susu kedelai memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Oleh karena itu, salah satu manfaatnya dapat menurunkan berat badan hingga mencegah adanya obesitas pada tubuh. Selain itu, susu kedelai yang tinggi akan serat dan protein dapat juga menjaga kestabilan tekanan darah tentunya diikuti dengan mengatur serta menjaga pola diet yang sehat.

5. Melancarkan Saluran Pencernaan

Manfaat berikutnya yang didapatkan dari mengonsumsi susu kedelai adalah dapat melancarkan saluran pencernaan di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam susu kedelai yang banyak memiliki karbohidrat, lemak, protein hingga antioksidan isoflavon yang mampu meningkatkan penyerapan makanan di dalam usus sehingga proses pencernaan di dalam tubuh dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, kandungan serat yang cukup tinggi pada susu kedelai juga dapat mengatasi beberapa masalah pencernaan seperti, sembelit, wasir, dan lain sebagainya. Jika grameds rutin dalam mengkonsumsi susu kedelai setiap harinya maka sistem pencernaan di dalam tubuh kamu dapat berjalan lancar.

6. Mencegah Gejala Osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit pada tulang yang ditandai dengan menurunnya kepadatan pada tulang yang umumnya dialami pada masa menopause. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi susu kedelai yang dipercaya mampu untuk mencegah pengeroposan pada tulang atau menurunkan gejala osteoporosis tersebut. Hal ini juga diperkaya oleh kandungan kalsium yang terdapat pada susu kedelai.

Grameds bisa juga membaca salah satu buku di bawah ini untuk mencegah gejala osteoporosis yang sedang kamu alami. Langsung saja klik di bawah ini ya!

7. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat lainnya dari susu kedelai yang jarang diketahui oleh banyak orang adalah mampu dalam menjaga kesehatan hati. Kandungan isoflavon yang terdapat pada susu kedelai dapat memberikan suatu efek antioksidan di dalam tubuh yang dapat mencegah kerusakan pada hati. Isoflavon juga dapat membantu proses dari kinerja hati dalam menawarkan zat-zat beracun yang masuk ke dalam tubuh.

Kandungan lainnya, seperti vitamin B dan vitamin B6 juga bermanfaat dalam proses peningkatan suasana hati. Susu kedelai yang juga mengandung magnesium dapat membantu tubuh dalam melepas hormon serotonin untuk mengatasi pikiran yang depresi.

banner-promo-gramedia

8. Menjaga Sel Darah Merah

Susu kedelai yang mengandung vitamin B12 dapat membantu dan memenuhi fungsi sel darah merah di dalam tubuh sehingga mengurangi risiko anemia. Selain itu, kandungan zat besi di dalamnya juga dapat membantu sel darah merah dalam mengedarkan oksigen ke dalam tubuh menjadi lebih lancar.

9. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Grameds tentu tahu berbagai macam produk yang terbuat dari kedelai selain susu kedelai bukan. Ya, olahan kedelai dipercaya dapat membantu dalam meningkatkan proses kesuburan pada wanita. Oleh sebab itu, bagi kamu para wanita yang membaca artikel ini disarankan untuk mengkonsumsi olahan kedelai atau susu kedelai sebelum menjalani program hamil agar cepat mengandung.

10. Menyehatkan Rambut dan Kulit

Manfaat lainnya yang perlu kamu ketahui, yaitu dapat menyehatkan rambut dan kulit. Mengonsumsi secara bersama makanan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi dapat berdampak baik bagi kesehatan rambutmu. Hal ini dikarenakan kedelai yang dapat merangsang adanya proses pertumbuhan pada rambut.

Selain itu, mengonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari olahan kedelai juga dapat mencegah datangnya berbagai macam jenis penyakit pada kulit dan bisa menghambat proses penuaan dini.

Nah, seperti itulah pembahasan mengenai beberapa manfaat susu kedelai yang dapat menjadi solusi dalam mengatasi beberapa jenis kesehatan grameds di rumah.

Jika Grameds memiliki ketertarikan untuk mencari beberapa manfaat susu kedelai lainnya kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam menemani kamu untuk berkembang dan melangkah maju setiap harinya. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Penulis: Elsya Islamay

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Elsya Islamay