in

Paris Van Java: Tempat Wisata Bandung Terkeren

Paris Van Java – Jika mendengar kata Bandung, mungkin kamu akan teringat dengan keindahan kotanya dan juga julukan Paris Van Java yang tersematkan untuk kota ini. Kota yang satu ini sudah sejak lama populer dan banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari dalam negeri ataupun luar negeri. Udaranya yang sangat sejuk membuat banyak orang betah untuk berlama-lama disana. Tak hanya itu saja, ibu kota provinsi Jawa Barat ini sudah terkenal sebagai kota wisata.

Adapun salah satu tempat wisata yang seringkali dikunjungi oleh para pelancong adalah Paris Van Java atau PVJ. Kira-kira apa saja ya yang ada di tempat wisata ini? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Sejarah Paris Van Java

sejarah paris van java

Sejarah penyebutan Paris Van Java pada kota Bandung ini ternyata sudah ada sejak masa kolonial Belanda. Julukan ini sudah tersandang sejak tahun 1920-an. Di tahun itu, Bandung sedang melakukan banyak pembangunan untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakatnya.

Nama PVJ itu sendiri mulai muncul ketika ada Bursa Tahunan di Jalan Aceh yang menyajikan berbagai macam tontonan dan juga hiburan. Tak hanya itu saja, di Jalan Braga juga menjadi salah satu pusat perbelanjaan dan juga fashion. Daerah perbelanjaan dan juga hiburan tersebut membuat Kota Bandung semakin mirip dengan Eropa, khususnya di Paris. Dari sinilah sebutan PVJ mulai digunakan untuk menyebutkan Kota Bandung.

Wisata Mall Paris Van Java

Sebenarnya, kata “Paris Van Java” ini tidak hanya digunakan untuk julukan kota Bandung saja. Ada juga tempat wisata yang dijuluki dengan nama tersebut. Pada bulan Juli 2006, pemerintah resmi membuka sebuah pusat perbelanjaan atau yang biasa disebut mal dengan nama Paris Van Java. Mal ini berhasil menarik banyak sekali wisatawan untuk datang berkunjung ke mal ini. Sehingga mal ini menjadi salah satu ikon Kota Bandung.

Sesuai dengan namanya, mal ini mengusung tema ala Eropa yaitu dengan memberikan nuansa outdoor. Nuansa ini akan membuat siapa saja yang datang berkunjung merasakan suasana seperti sedang berada di Paris. Untuk kamu yang belum pernah berkunjung ke tempat wisata ini, mungkin akan bertanya-tanya, hal apa saja yang membuat mal ini sangat spesial? Jadi, Mal PVJ ini menyediakan berbagai macam layanan, mulai dari pusat belanja, hiburan, kuliner, dan juga wisata edukasi.

Jika kamu masih penasaran, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Tempat Belanja

paris van java

Hampir sama dengan mal-mal lainnya yang ada di Indonesia, Mal PVJ ini juga menyediakan berbagai fasilitas belanja untuk semua pengunjung yang datang ke mal ini. Ada berbagai macam toko yang buka setiap harinya. Mulai dari menjual barang-barang yang berasal dari dalam negeri hingga luar negeri. Apabila kamu datang ketika akhir pekan, maka kamu akan melihat banyak sekali orang yang memadati mal ini untuk sekadar jalan-jalan dan juga berbelanja.

2. Wisata Kuliner

paris van java

Selain sebagai pusat perbelanjaan, Mal PVJ ini juga menyediakan berbagai macam cafe dan juga restoran yang dapat kamu kunjungi. Makanan yang tersedia pun sangat bervariasi. Mulai dari makanan khas Sunda sampai makanan Eropa juga tersedia disana.

3. Tempat Hiburan

paris van java

Selain belanja dan menikmati berbagai jenis makanan yang dijual di dalam mal tersebut, kamu juga bisa menikmati berbagai hiburan seperti karaoke. Hiburan tersebut akan membuat kamu dan juga keluarga tidak bosan apabila mengunjungi mal yang satu ini.

4. Sky Level

paris van java

Fasilitas yang satu ini adalah salah satu fasilitas yang menjadi pembeda antara Mal PVJ Bandung dengan mal yang ada di daerah lain. Di Sky Level, kamu bisa menikmati tempat ice skating. Wahana tersebut umumnya banyak dikunjungi oleh anak-anak, namun orang dewasa juga bisa mencobanya.

Tak hanya ice skating saja, disini juga ada mini farm yang bernama Lactasari Mini Farm. Ini adalah peternakan kecil yang dapat menjadi sarana belajar untuk anak-anak. Terdapat banyak sekali hewan yang ada di peternakan tersebut, mulai dari kelinci, kambing, dan hewan ternak lainnya.

Masih berkaitan dengan hewan, Paris Van Java juga mempunyai Mini Zoon. Kamu dan keluarga bisa melihat berbagai jenis koleksi kancil, burung, dan hewan lainnya. Selain itu, kamu juga dapat mencoba memberi makan untuk hewan-hewan tersebut.

Rute ke Lokasi Paris Van Java

Mal Paris Van Java sendiri berada di Kota Bandung, tepatnya di Jalan Sukajadi nomor 131 sampai 139. Untuk bisa sampai ke lokasi ini, kamu tidak perlu risau terkait aksesnya, karena jalan menuju ke lokasi tergolong mudah. Kamu dapat menggunakan moda transportasi umum ataupun dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Lokasi pusat perbelanjaan ini ada di dekat Gerbang Tol Pasteur. Jika kamu keluar dari gerbang tol tersebut, maka kamu akan melihat perempatan pertama. Dari perempatan tersebut, kamu harus berjalan menuju ke arah Surya Sumantri kemudian ke Gunung Batu. Dari tempat tersebut, lurus saja hingga menemukan jalan layang.

Lalu dari jalan layang tersebut, kamu bisa ambil jalan sebelah kiri. Setelah itu, pada perempatan kedua, belok kiri. Lokasi Paris Van Java kurang dari satu kilometer dari belokan tersebut. Apabila kamu bingung, kamu bisa bertanya kepada warga sekitar atau menggunakan Google Map.

Berapa Harga Tiket Masuk Paris Van Java?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Paris Van Java adalah mal dan juga tempat wisata. Sehingga tidak akan dipungut biaya untuk tiket masuk. Kamu hanya perlu datang dan langsung bisa berwisata di tempat tersebut. Hanya saja, apabila ingin mengakses beberapa fasilitas wisata hiburan yang ada disitu, seperti halnya karaoke atau Sky Level, ada tiket masuknya yang harus kamu bayar. Harganya pun cukup beragam, mulai dari 30 ribu rupiah sampai 50 ribu rupiah, bergantung dari jenis tempat yang kamu ingin coba.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Written by Lely Azizah