in

10+ Rekomendasi Makanan Khas Sidoarjo: Dijamin Lezat dan Menggugah Selera

Makanan khas Sidoarjo – Di setiap daerah yang ada di Indonesia tentu mempunyai makanan khas yang dapat dicicipi atau dijadikan sebagai oleh-oleh. Tidak terkecuali makanan khas Sidoarjo, Jawa Timur. Makanan khas dari daerah Sidoarjo ini juga banyak variasinya. Untuk kamu yang berkunjung ke daerah ini, maka kamu wajib mencicipi kuliner khas Sidoarjo yang lezat dan legendaris.

Sidoarjo sendiri adalah salah satu daerah yang ada di Jawa Timur yang sangat populer dengan musibah yang terjadi pada beberapa tahun lalu, yakni lumpur lapindo. Perlu diketahui bahwa Sidoarjo mempunyai berbagai macam daya tarik, sehingga banyak orang yang ingin berkunjung ke daerah ini.

Ketika kamu berkunjung ke Sidoarjo, sempatkanlah untuk mencicipi berbagai kuliner khas Sidoarjo yang banyak tersedia di sekitaran wilayah tersebut. Selain itu, kamu juga bisa memperoleh berbagai macam oleh-oleh yang khas dari Sidoarjo.

Rekomendasi Makanan Khas Sidoarjo

Makanan khas Sidoarjo adalah makanan yang banyak disukai berbagai macam kalangan saat berkunjung ke daerah tersebut. Orang-orang pastinya memerlukan makanan dalam kehidupannya. Oleh sebab itu, selera dari masing-masing orang akan berbeda-beda.

Namun, siapa yang bisa menolak kelezatan dari makanan khas tiap daerah yang mempunyai keunikan dan cita rasanya sendiri? Pastinya tidak ada ‘kan? Sebab, cita rasa dari setiap makanan khas yang ada di berbagai daerah tentu sangat unik, sehingga sangat menggoda untuk dicoba.

Kali ini, kita akan membahas tentang beberapa jenis makanan khas Sidoarjo. Tak dapat kita pungkiri bahwa kenikmatan dan juga kelezatannya sangat menggugah selera. Terlebih harganya yang relatif terjangkau pastinya sudah menjadi incaran para pelancong.

Untuk kamu para wisatawan yang kerap berburu kuliner lezat, maka makanan khas Sidoarjo wajib untuk dinikmati.Jenis makanan khas Sidoarjo ini ada yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh juga ya. Penasaran makanan apa saja yang wajib dicoba saat berkunjung ke Sidoarjo? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Lontong Kupang Sidoarjo

travellingyuk.com

Lontong Kupang adalah salah satu makanan khas Sidoarjo yang sangat melegenda. Penasaran seperti apa rasanya? Tentunya, kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat.

Akan sangat rugi jika kamu tidak mencicipi makanan khas Sidoarjo yang satu ini. Kuliner Lontong Kupang ini di bagian dalamnya terdiri dari berbagai macam isian, mulai dari lontong, kupang, lentho, dan ditambah dengan siraman kuah kupang.

Apa itu kupang? Jadi, ternyata kupang itu adalah jenis kerang laut yang memiliki ukuran cukup kecil dan berwarna putih. Lalu, untuk lentho adalah olahan kacang tolo yang dibuat dengan bentuk oval, mirip dengan perkedel, setelah itu langsung digoreng.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Untuk cara penyajiannya yakni dengan cara memasukkan irisan kuah lontong dan juga lentho ke dalam piring. Setelah itu, lontong dan juga lentho akan disiram dengan kuah kupang yang sudah dibumbui dengan petis dan bawang putih.

Caranya sendiri yakni saat sebelum dihidangkan, bawang putih dan juga cabe dihaluskan terlebih dulu. Setelah itu, tambah dengan petis, biasanya juga akan ditambahkan dengan perasaan air jeruk nipis.

Rasanya sendiri akan jauh lebih nikmat apabila menggunakan petis yang pedas dan dicampur dengan cabe rawit yang sudah dihaluskan. Pada saat kamu sedang memakan lontong kupang ini, akan terasa lebih nikmat dan pas bila ditemani dengan es degan ataupun sate kerang.

Tentunya akan menjadi terasa lebih mantap dan juga lezat. Untuk kamu yang ingin mencicipi makan lontong kupang dengan rasa yang maknyus, cobalah untuk datang ke warung Pak Misari, yang beralamat di Jln. Mojopahit No. 62, Bulusidokare, Sidoarjo, Jawa Timur.

 

2. Petis Udang Sidoarjo

Logo dari Kabupaten Sidoarjo yakni Bandeng dan Udang tidak hanya sekadar ikon saja, tapi daerah ini memang salah satu penghasil bandeng dan juga udang terbesar di Pulau Jawa. Oleh karena itu, udang dapat diolah menjadi beberapa jenis makanan di sini, salah satunya yakni Petis Udang.

Oleh-oleh khas Sidoarjo ini terbuat dari bahan baku udang yang telah direbus dan kemudian dicampurkan dengan gula merah sampai mengental dan berwarna kehitaman. Rasa Petis Udang sendiri lebih gurih dan lebih khas rasanya dibandingkan dengan petis pada umumnya. Di Jawa Timur, Petis Udang ini akan digunakan sebagai campuran makanan, seperti misalnya lontong kupang, rujak cingur, dan jenis makanan lainnya.

3. Bandeng Asap Sidoarjo

Makanan khas Sidoarjo berikutnya yakni bandeng asap yang sudah populer kemana-mana. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Sidoarjo adalah salah satu kota penghasil bandeng terbesar di Jawa. Jadi, tak heran bila masyarakat disini sangat memanfaatkan ikan bandeng menjadi salah satu makanan khas Sidoarjo.

Bandeng asap adalah salah satu kuliner khas Sidoarjo yang cara pembuatannya melalui proses pengasapan. Makanan khas yang satu ini bisa dibilang sebagai oleh-oleh yang harus dibawa pulang ketika berkunjung ke Sidoarjo. Bandeng asap ini dapat bertahan walaupun tidak dimasukkan ke dalam kulkas.

4. Bandeng Presto

Selain terkenal dengan bandeng asapnya, makanan khas Sidoarjo lain yang terbuat dari bahan baku bandeng adalah Bandeng Presto. Kuliner yang satu ini sebaiknya jangan kamu lewatkan jika sedang mencari oleh-oleh khas Sidoarjo.

Untuk cara pengolahannya sendiri yakni dimasak dengan menggunakan presto, sehingga semua tulang yang ada di dalam ikan bandeng akan berubah menjadi lunak dan enak untuk dimakan.

Lain halnya dengan bandeng presto pada umumnya, bandeng presto khas Sidoarjo ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Jadi, tidak heran bila bandeng presto ini sangat disukai oleh berbagai kalangan.

Selain mempunyai aroma yang khas, namun duri-duri yang ada di ikan bandeng ini juga tidak perlu dihilangkan sebelum memakannya. Karena duri tersebut sudah lunak ketika dimasak dengan menggunakan presto.

5. Telur Asin

Apakah kamu sudah pernah makan telur asin? Untuk jenis makanan khas Sidoarjo ini dibuat menggunakan telur bebek yang berwarna biru. Telur asin ini memiliki cita rasa yang sangat enak dan banyak disukai oleh berbagai kalangan.

Makanan khas yang memiliki cita rasa asin dan sangat tahan lama ini sudah terkenal ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Namun, untuk telur asin khas Sidoarjo ini mempunyai ciri khasnya sendiri yang tidak ada di dalam telur asin lainnya. Khusus untuk daerah Sidoarjo, para penggemar kuliner telur asin akan menemukan telur asin dengan berbagai varian rasa.

Di antaranya yaitu ada yang dibuat dengan rasa udang, rasa kepiting, dan rasa ikan salmon yang memiliki cita rasa lezat. Aneka rasa dari telur asin tersebut dihasilkan dengan cara mengolah telur asin itu sendiri. Di antaranya yakni menggunakan konsep asap, oven, dan juga goreng.

6. Sate Kerang Sidoarjo

selerasa.com

Biasanya, sate yang paling terkenal adalah sate ayam, sapi, ataupun kambing. Namun di Sidoarjo, ada sate yang dapat dijadikan sebagai salah satu makanan khas dari daerah tersebut, yaitu sate kerang. Sate kerang ini termasuk ke dalam salah satu sate yang terbuat dari kerang segar yang dilumuri dengan bumbu kecap dan juga kacang.

Biasanya, sate kerang disajikan bersama dengan Kupang Lontong untuk kemudian dijadikan sebagai pelengkap dari makanan tersebut. Jajanan yang satu ini sudah sejak lama terkenal di Sidoarjo dan disukai oleh berbagai kalangan. Kamu bisa menemukan sate ini di berbagai tempat yang ada di Sidoarjo.

7. Otak-otak Bandeng

keluyuran

Selain diolah menjadi Bandeng Presto dan juga Bandeng Asap, di Sidoarjo ikan bandeng juga diolah menjadi otak-otak. Masakan yang satu ini dibuat dengan cara memisahkan daging bandeng dan juga durinya. Daging bandeng tersebut kemudian dihaluskan, setelah itu dicampur dengan berbagai macam bumbu khas seperti sangraian kelapa, garam, gula, santan, dan berbagai macam bumbu lain.

Berikutnya, daging bandeng akan dikukus selama beberapa menit. Kuliner yang satu ini mempunyai tekstur yang lembut dengan cita rasa gurih yang sangat otentik, tentunya akan meningkatkan selera makan kita.

8. Sop Buntut Khas Sidoarjo

garenesia.com

Sop Buntut khas Sidoarjo ini harus kamu coba ketika sedang berkunjung ke kota ini. Berbeda dengan Sop Buntut yang berasal dari daerah lain, Sop Buntut khas Sidoarjo ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan bumbunya yang sangat khas.

Lalu, kuahnya yang bening, segar, dan tidak tercium amis dari daging membuat kuliner ini sangat lezat untuk disantap selagi hangat. Itulah kelebihan dari Sop Buntut khas Sidoarjo. Selain itu, dagingnya sendiri juga mempunyai tekstur yang empuk dan bumbunya yang meresap sampai ke tulang-tulangnya.

9. Kue Lumpur Bakar

Selain bisa membeli kue kering khas Sidoarjo, kamu juga bisa membeli kue basah untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Sidoarjo, yakni kue lumpur bakar. Tekstur dari kue ini sangat lembut dan lembek, ketika digigit pastinya kamu akan merasakan kenikmatannya.

Kue yang satu ini dibuat dengan proses dibakar sehingga dinamakan kue lumpur bakar. Untuk kue khas Sidoarjo ini tersedia dalam dua rasa, di antaranya yaitu rasa original dan juga rasa kelapa. Meskipun hanya ada dua rasa, tetapi kelezatan dari kue ini tidak kalah lezat dengan kue-kue lain.

10. Rawon Gajah Mada

pergikuliner.com

Makanan khas Sidoarjo berikutnya adalah kuliner yang mempunyai cita rasa sangat enak. Penampilan dari makanan yang satu ini yakni mempunyai kuah yang berwarna hitam pekat yang dihasilkan dari rempah bernama kluwek. Kluwek sendiri adalah kekhasan dari daerah Sidoarjo. Rasanya yang gurih, manis, dan juga legit dari rawon ini sangat menggugah selera.

Kuliner yang sangat fenomenal dan legendaris ini sangat laris dan populer untuk warga lokal ataupun wisatawan. Nama Gajah Mada sendiri diambil dari letak rumah makan rawon yang berada di Jalan Gajah Mada atau Sidoarjo Kota, yakni jalan raya arah Surabaya-Malang. Ciri khas dari rawon ini adalah kuah yang gurih dan daging empal serta sambal dan topping kecambah.

11. Wader Kriuk

Makanan khas Sidoarjo selanjutnya adalah Wader Kriuk. Kuliner dari Sidoarjo yang diawetkan ini terbuat dari ikan wader yang digoreng sampai garing. Jadi, wader adalah jenis ikan kecil yang hidup di air tawar. Proses pembuatannya sendiri juga tergolong sederhana, ikan wader yang sudah dibersihkan akan dibumbui dan kemudian digoreng sampai garing.

Umumnya, Wader Kriuk ini akan dinikmati dengan pelengkap berupa cocolan sambal. Perpaduan rasa yang lezat dan teksturnya yang renyah dan gurih menjadikan Wader Kriuk ini pas untuk dijadikan sebagai camilan. Pastinya, makanan yang satu ini tahan lama. Jadi, untuk kamu yang ingin menjadikan Wader Kriuk sebagai oleh-oleh, sangat disarankan untuk memilih kuliner yang satu ini.

12. Bakso Cak Pitung

Apabila kamu penggemar bakso, maka makanan khas Sidoarjo yang satu ini wajib kamu coba, yakni Bakso Cak Pitung. Nama Bakso Cak Pitung ini diambil dari nama pemilik sebuah warung bakso yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Berbeda dari bakso lainnya, Bakso Cak Pitung ini dibuat dengan isian yang pastinya khas dan nikmat.

Menu bakso unik yang bisa kamu temukan yaitu bakso keju, bakso mercon, bakso jamur, bakso telur, dan lain sebagainya. Dari semua varian bakso tersebut, bakso mercon yang menjadi primadona pengunjung saat mencoba olahan Bakso Cak Pitung. Perpaduan rasa dan kuahnya yang sangat gurih, akan membuat kamu lebih berselera untuk menikmatinya.

13. Bakso Rindu Malam

Bagi kamu para penggemar bakso, tidak lengkap rasanya jika hanya mencoba Bakso Cak Pitung saja ketika berkunjung ke Kabupaten Sidoarjo. Disini, kamu juga bisa menemukan warung bakso yang tidak kalah lezat dan legendaris, yakni Bakso Rindu Malam. Olahan bakso yang tersedia dalam berbagai varian menu.

Kamu bisa memesan bakso isi telur puyuh, bakso halus, bakso kasar, dan berbagai pilihan bakso lain. Selain itu, kamu juga dapat memesan bakso tersebut dalam satu paket, lengkap dengan tahu goreng, siomay, bihun, dan mie kuning. Rasa baksonya sendiri cukup kenyal dan dagingnya cukup terasa, sehingga membuat bakso ini terasa istimewa saat disantap dalam kondisi hangat di tengah cuaca mendung.

14. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang merupakan makanan khas Sidoarjo yang terbuat dari tepung tapioka dan juga udang yang sudah ditumbuk halus. Lalu, adonan tersebut akan diberi berbagai macam bumbu dan dikukus. Kerupuk Udang yang telah dikukus berikutnya akan dijemur sampai kering dan siap untuk digoreng.

Umumnya, oleh banyak orang Kerupuk Udang ini dijadikan sebagai pendamping berbagai hidangan. Teksturnya yang renyah dengan aroma udang yang khas pastinya akan meningkatkan selera makan. Terlebih lagi, rasa udang yang cukup dominan membuat kerupuk ini semakin unik, nikmat, dan renyah. Cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

15. Ote-ote Porong

Mungkin banyak diantara kita yang belum tahu, apa sih Ote-ote Porong? Jadi, ote-ote merupakan sebutan untuk bakwan goreng. Mengapa dinamakan ote-ote? Karena biasanya terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan berbagai macam isian, seperti misalnya cincangan daging ayam atau babi, tiram, dan juga rumput laut yang membuat kuliner ini semakin terasa istimewa.

Berikutnya, adonan tersebut digoreng sampai kecoklatan. Walaupun tekstur luarnya garing, namun bagian dalamnya sangat lembut dan enak. Terlebih, jika kamu menyantapnya dalam keadaan yang masih hangat.

Demikian beberapa rekomendasi makanan khas Sidoarjo yang wajib kamu coba saat sedang berkunjung ataupun berlibur di kota tersebut. Berbagai macam keunikan makanan khas Sidoarjo di atas dapat membuat liburan kamu jauh lebih menyenangkan.

Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang makanan khas daerah lainnya dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com.  Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Umam

sumber:

17+ Makanan Khas Sidoarjo (Ada yang Bisa Diawetkan!)

15 Makanan Khas Sidoarjo yang Terkenal & Wajib Dicoba

Sumber : theatlantamall

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Khansa Amira

Khansa adalah seorang Content Writer yang telah berkarir sejak tahun 2021 dan dunia kepenulisan selalu menarik baginya. Dengan menulis Khansa dapat membuka wawasan dan pandangan baru tentang topik-topik menarik, terutama dunia kuliner.