in

25 Makanan Khas Korea yang Harus Dicoba

Makanan Khas Korea – Siapa yang selalu tergiur ketika melihat makanan khas Korea? Makanan khas Korea memang selalu memikat hati dunia. Terlebih bagi mereka yang sering menonton drama Korea.

Di dalam drama Korea, terdapat banyak makanan khas Korea yang disajikan disana. Tujuannya tidak hanya untuk menghibur. Akan tetapi, untuk mengenalkan kebudayaan Korea.

Apa saja makanan khas Korea yang sering ditampilkan? Simak 25 makanan khas Korea yang menggiurkan.

Makanan Khas Korea Tradisional

1. Kimchi

kimchiMakanan khas Korea yang sudah sangat dikenal dunia adalah kimchi. Kimchi adalah salah satu makanan pelengkap yang wajib ketika makan. Hampir semua makanan Korea akan dinikmati dengan kimchi.

Kimchi adalah sayuran yang difermentasi. Umumnya kimchi berwarna orange ke merah-merahan. Makanan ini sudah sangat populer di Indonesia, bahkan dunia.

Umumnya, kimchi terbuat dari sawi putih. Sawi putih tersebut akan difermentasi dengan menggunakan bumbu khas Korea, yaitu gochujang. Waktu melakukan fermentasi kimchi ini sekitar satu minggu.

Akan tetapi, ada juga beberapa varian yang dapat langsung dikonsumsi setelah diolah. Bagi masyarakat Korea, kimchi adalah salah satu lauk pendamping yang harus ada pada hampir seluruh makanan harian. Kimchi cocok dimakan dengan nasi, mie bahkan daging.

2. Japchae

JapchaeMakanan khas Korea selanjutnya adalah japchae. Japchae adalah makanan berupa tumisan yang umumnya dikonsumsi dengan nasi. Selain kimchi, japchae juga salah satu makanan yang sering dijumpai pada lauk makan masyarakat Korea.

Japchae adalah soun atau bihun khas korea yang ditumis dengan campuran sayuran dan daging. Daging yang paling sering digunakan dalam membuat japchae adalah daging sapi. Semua bahan-bahan tersebut akan ditumis dengan minyak wijen dan diberi bumbu-bumbu.

Umumnya, japchae digunakan untuk lauk pada acara-acara besar. Rupanya makanan ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Japchae adalah makanan khas Korea yang sudah ada sejak abad ke 17, tepatnya sejak Dinasti Joseon.

3. Tteok

tteokMakanan khas Korea selanjutnya adalah tteok. Tteok adalah makanan yang terbuat dari tepung beras ketan. Oleh karena itu, teksturnya akan sedikit lengket dan kenyal. Ada banyak cara dalam mengkonsumsi tteok. Seperti dikukus, direbus, bahkan digoreng.

4. Haemul Pajeon

Haemul PajoenHaemul memiliki arti makanan laut atau seafood. Sedangkan pajeon adalah nama dari makanan Korea berupa penekuk. Jadi haemul pajeon adalah penekuk yang berisi makanan laut.

Umumnya ketika ada perayaan tradisional Korea, makanan yang satu ini tidak pernah ketinggalan. Makanan ini berupa adonan yang di dalamnya berisi beberapa bahan. Seperti telur, daun bawang, cabai dan makanan laut seperti cumi-cumi, gurita dan yang lainnya. Jika di Indonesia, haemul pajeon mirip seperti martabak telur.

5. Chapssal

ChapssalMakanan khas Korea lainnya yang masuk ke dalam kategori makanan manis adalah chapssal. Chapssal merupakan roti khas Korea. Makanan yang satu ini memiliki konsep tang hampir mirip dengan donat.

Jika dilihat, bagian luarnya sama sama ditaburi dengan gula halus. Itulah salah satu alasan yang membuat makanan ini terlihat seperti donat. Roti ini dibuat dari beras.

Di dalamnya terdapat berbagai macam isian. Chapssal khas Korea memiliki isian kentang manis di dalamnya. Akan tetapi, ada juga yang berisi kacang merah.

Tekstur dari chapssal ini sedikit krispi pada bagian luar. Hal itu karena proses pembuatannya yang digoreng. Sementara bagian dalam atau isiannya cenderung bertekstur manis dan lembut.

6. Mandu

manduMakanan ringan khas Korea lainnya adalah mandu. Mandu merupakan makanan Korea yang berbentuk seperti pangsit. Di dalam mandu terdapat berbagai macam isian.

Seperti berisi olahan daging, olahan sayuran atau lain sebagainya. Umumnya mandu disajikan dengan cara dikukus. Kemudian mandu akan dimakan dalam keadaan hangat.

Makanan Khas Korea Street Food

7. Tteokbokki

tteokbokkiMakanan khas Korea yang kedua adalah tteokbokki. Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Khususnya bagi mereka si penggemar drama korea.

Tteokbokki adalah salah satu makanan yang sangat sering tampil di berbagai drama korea. Tteokbokki adalah kue beras yang diberi kuah berupa bumbu yang dicampur gochujang. Rasa dari tteokbokki itu sendiri manis cenderung pedas.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Teksturnya kenyal, karena memakai tepung beras. Umumnya, tteokbokki akan dijual dipinggir jalan. Makanan ini bisa juga dinikmati dengan irisan daun bawang atau pelengkap lainnya. Seperti bakso ikan, telur rebus, fish cakes, dumpling dan masih banyak lagi.

8. Bungeo Ppang

Bungeo ppangBeralih pada makanan ringan atau jajanan. Makanan khas Korea selanjutnya adalah bungeo pangg. Bungeo ppang adalah roti khas Korea yang berbentuk ikan.

Di dalamnya berisi macam-macam rasa. Seperti kacang merah, keju, coklat dan variasi rasa lainnya. Akan tetapi, rasa otentik atau khasnya adalah kacang merah.

Bungeo ppang umumnya dijual di pinggir jalan. Jika ada orang yang beli, maka penjual akan membuatkannya, sehingga dapat dimakan selagi hangat. Bungeo ppang adalah makanan khas korea yqng mqsuk ke dalam kelompok street food yang sangat populer.

9. Hotteok

HotteokSelain bungeo ppang, hotteok juga termasuk salah satu makanan Korea yang berupa jajanan. Hotteok ini mirip seperti pancake. Pembuatannya juga digunakan dengan adonan roti.

Terdapat banyak varian di dalam hotteok. Seperti sirup gula merah, madu, bihun Korea, sayuran, sampai kimchi. Hotteok juga banyak ditemukan di pinggir jalan.

10. Tokkebi Hot Dog

Tokkebi Hot DogMakanan khas Korea ini masuk ke dalam kategori makanan ringan. Makanan tersebut bernama tokkebi hot dog. Ini adalah sejenis makanan yang terbuat dari sosis.

Sosis tersebut akan ditusuk dan dilumuri dengan adonan tepung. Setelah itu akan dibaluri lagi dengan kentang atau tepung roti dan digoreng. Tokkebi hot dog akan dimakan dengan saus atau mayones.

11. Oden

odenMakanan khas Korea yang satu ini kerap kali berdekatan dengan tteokbokki. Oden adalah makanan khas Korea yang berbahan dasar ikan. Konsep pembuatan oden mirip dengan pembuatan pempek.

Ikan akan haluskan dan diolah dengan tepung. Setelah itu adonan akan digoreng. Akan tetapi  umumnya oden disajikan dalam bentuk tipis dan panjang.

Kemudian akan ditusuk dengan tusuk sate. Oden bisa ditemui di street food Korea. Penjualnya akan menyajikan oden yang dipadukan dengan sup kaldu hangat.

Selain dimakan secara langsung, oden juga bisa dicampurkan ke dalam makanan lain. Seperti tteokbokki atau ramyeon. Mengingat bahwa tekstur oden yang kenyal ini cocok untuk dipadukan dengan makanan tersebut.

Oden bisa ditemui di pinggir jalan, karena dijual dalam pojangmacha atau truk makanan pinggir jalan di Korea. Terutama pada malam hari atau cuaca yang dingin. Banyak orang akan menyantapnya.

Makanan Khas Korea Olahan Mie

12. Jjangmyeon

jjangmyeonJjangmyeon adalah salah satu makanan Korea yang banyak diminati. Terlebih pada mereka pecinta mie. Jjajangmyeon adalah olahan mie yang ditambahkan dengan saus hitam.

Saus hitam tersebut berasal dari kedelai hitam. Itu yang membuat sausnya berwarna gelap. Umumnya, masyarakat Korea akan mengkonsumsinya dengan tambahan lain. Seperti telur rebus, daging, sayuran dan acar lobak.

13. Jjampong

jjampongMakanan khas Korea yang berupa olahan mie lainnya adalah Jjampong. Jjampong adalah makanan berupa mie berkuah yang dipadukan dengan berbagai macam seafood. Banyak jenis makanan laut yang dipadukan di dalam semangkuk jjampong.

Seperti kerang hijau, cumi-cumi, udang, gurita dan lain sebagainya. Cita rasa dari jjampong ini umumnya pedas. Akan tetapi, ada juga yang menyajikannya dengan tidak pedas.

14. Ramyeon

rameonSudah tidak diragukan lagi tentang makanan khas Korea yang satu ini. Ramyeon adalah makanan khas Korea yang sangat familiar di telinga. Bagi kamu yang suka menonton drama Korea, tentu tidak asing lagi dengan ramyeon.

Hampir semua drama korea akan menampilkan tokohnya yang sedang makan ramyeon. Ramyeon adalah mie instan khas korea. Masyarakat Korea umumnya akan makan ramyeon yang dipadukan dengan kimchi.

BACA JUGA: Drama Korea Komedi Romantis yang Wajib Ditonton

Ramyeon adalah mie instan korea yang memiliki cita rasa pedas. Cara mengkonsumsi ramyeon bisa bermacam-macam. Salah satunya dengan menambahkan toping di dalamnya.

Umumnya, topping yang digunakan adalah daun bawang, tofu sampai telur setengah matang. Bahan-bahan tambahan itu akan membuat rasa ramyeon menjadi lebih lengkap dan nikmat.

15. Naengmyeon

naengmyeonNaengmyeon adalah makanan khas Korea yang juga berupa olahan mie. Akan tetapi, makanan ini berbeda dari sebelumnya yang disajikan dalam keadaan panas atau hangat. Naengmyeon justru disajikan sebaliknya.

Naengmyeon adalah makanan khas Korea yang berupa sup mie. Makanan ini disajikan dengan kuah dingin. Kebanyakan, naengmyeon disajikan ketika musim panas.

Hal itu akan membantu menyegarkan suasana yang panas. Di dalamnya terdapat beberapa jenis bahan. Seperti mie, sayuran, kimchi, telur rebus, buah pir dan bahan-bahan lainnya. Makanan ini terbilang sangat unik.

Makanan Khas Korea Olahan Nasi

16. Kimbab

kimbabMakanan khas Korea yang satu ini jika dilihat sekilas mirip dengan sushi, makanan khas Jepang. Akan tetapi, kedua makanan ini berbeda. Perbedaannya terletak pada bahan-bahan ketika membuatnya.

Umumnya, sushi akan dibuat dari nasi dan ikan. Sementara itu, kimbab justru dibuat dari bahan-bahan yang lebih beragam. Seperti daging, telur dan berbagai macam sayuran (seperti timun, wortel, bayam dan lain sebagainya).

Makanan khas Korea ini banyak diminati oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Jika di negara asalnya, biasanya kimbab adalah makanan yang cocok untuk dijadikan bekal sekolah bagi anak-anak.

17. Bibimbab

bibimbabMakanan khas Korea kelima adalah bibimbab. Bibimbab adalah nasi campur khas Korea. Bibimbab adalah nasi yang dicampur dengan berbagai macam lauk, seperti sayuran dan daging.

Setelah itu, bibimbab akan ditambahkan dengan saus dan diaduk secara merata dan menjadi sebuah nasi campur. Cara pembuatan makanan Korea yang satu ini terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu menumis semua sayuran yang ingin dimasukkan hingga sedikit layu.

Untuk menambahkan rasa yang kuat, tumislah dengan minyak wijen. Jika sudah, campurlah sayuran tersebut dengan nasi dan campuran sausnya. Bibimbab adalah salah satu makanan khas Korea yang banyak diminati dan wajib dicoba.

Makanan Khas Korea Berkuah

18. Sundubu Jjigae

Sundubu JjigaeSundubu Jjigae adalah makanan khas Korea berupa sup. Umumnya, sundubu jjigae memiliki rasa yang pedas. Makanan ini terbuat dari berbagai seafood yang dicampur dengan tofu, telur dan sayuran.

Rasa pedas yang muncul dari sundubu jjigae karena adanya pasta cabai khas Korea atau gochujang dan bubuk cabai atau gochugaru. Menu sup ini sangat cocok dinikmati ketika cuaca dingin. Sundubu jjigae akan memberikan sensasi hangat di tubuh orang yang memakannya.

19. Kimchi Jjigae

Kimchi JjigaeSelain sundubu jjigae, ada makanan Korea yang berupa sup lainnya. Makanan tersebut adalah kimchi jjigae. Sama seperti sundubu jjigae, kimchi jjigae juga memiliki cita rasa yang cenderung pedas.

Sup khas Korea ini terbuat dari beberapa bahan. Seperti sawi putih, daun bawang, seafood dan lain sebagainya. Warna merah dari sup ini diperoleh dari bubuk cabai yang ditambahkan ke dalamnya.

Kimchi jjigae umumnya akan menggunakan campuran daging babi. Akan tetapi, ada juga yang menggunakan daging sapi di dalamnya.

20. Samgyetang

SamgyetangTidak hanya Indonesia saja yang memiliki sup ayam. Korea juga memiliki makanan khas berupa sup ayam. Sup ayam versi korea bernama samgyetang.

Samgyetang adalah sup yang terbuat dari daging ayam. Akan tetapi, daging ayam yang dimasak disini tidak dipotong atau utuh. Di dalam sup tersebut terdiri dari beberapa bahan.

Seperti daging ayam utuh, ginseng, daun bawang dan bumbu-bumbu rempah lainnya. Daging ayam yang ada di dalam sup tersebut akan diisi lagi dengan bahan lainnya. Di antaranya adalah nasi ketan, kurma Korea, akar ginseng dan bawang putih.

Daging ayam tersebut akan direbus bersama dengan kaldu dan juga bumbu-bumbu lainnya. Biasanya, makanan ini disantap ketika sedang hujan. Orang-orang yang akan menyantapnya harus memotong ayamnya terlebih dahulu secara langsung.

21. Miyeok Guk atau Sup Rumput Laut

miyeok gukMiyeok guk dalam bahasa Indonesia memiliki arti sup rumput laut. Sup inu berisi rumput laut yang dipadungan dengan kaldu dari ayam atau daging. Dalam proses pembuatannya, akan dimasukan beragam bumbu yang khas.

Miyeok guk adalah makanan khas Korea yang terikat dengan tradisi. Di masyarakat Korea, orang yang sedang ulang tahun akan dibuatkan sup rumput laut ini. Mereka percaya bahwa dengan makan miyeok guk, maka orang yang berulang tahun diharapkan memiliki umur yang panjang.

Sup rumput laut ini cocok jika dikonsumsi pada pagi hari. Makanan Korea yang satu ini adalah makanan rumahan. Jarang sekali rumah makan atau restoran yang menyajikan menu miyeok guk.

Makanan Khas Korea Olahan Daging

22. Bulgogi

bulgogiBeralih ke lauk makanan berat. Makanan khas Korea selanjutnya adalah bulgogi. Makanan ini juga tidak kalah populer dari makanan khas Korea lainnya.

Bulgogi adalah makanan yang berupa daging sapi dengan bumbu. Daging sapi akan dipotong-potong secara tipis. Kemudian akan dibumbui oleh beberapa bahan yang sangat khas. Setelah itu, daging akan dipanggang sampai matang.

Ketika daging sudah matang, daging tersebut akan ditempatkan pada satu wadah dan ditaburi biji wijen di atasnya. Masyarakat Korea umumnya mengkonsumsi bulgogi dengan nasi putih hangat. Mereka juga akan menambahkan kimchi sebagai makanan pelengkap.

Bulgogi ternyata sudah tidak asing lagi di Indonesia. Banyak olahan daging yang menggunakan bumbu bulgogi. Tidak hanya itu, banyak juga mie instan dengan topping bulgogi di Indonesia.

23. Gogigui

gogiguiSelain kimchi, tteokbokki dan ramyeon, ini adalah makanan khas Korea yang sering muncul pada acara tv atau drama Korea. Gogigui merupakan daging panggang ala barbeque.

Gogigui akan dipanggang ketika seseorang hendak memakannya. Banyak sekali restoran Korea yang menyajikan menu makanan ini. Para pelanggan akan memanggang sendiri dagingnya.

Alat-alat seperti panggangan, capitan, piring dan lain-lain sudah disiapkan di atas meja pelanggan. Untuk mengatasi banyaknya asap dari pembakaran daging, restoran akan menyediakan cerobong yang dapat menyerap semua asap tersebut.

Dalam menyantap gogigui, rupanya masyarakat Korea memiliki cara tersendiri. Mereka akan meletakan daging yang sudah matang di atas daun selada atau beberapa jenis daun lainnya. Selain itu, mereka juga akan menambahkan kimchi atau bawang putih. Kemudian daun akan digulung dan dimakan sekaligus secara bersamaan.

24. Samgyeopsal

samgyeopsalMakanan khas Korea ini juga terbilang sering tampil di acara tv dan drama korea. Bagi kamu yang sering menonton drama korea, pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama samgyeopsal. Samgyeopsal adalah daging yang ada di bagian perut babi.

Ketika akan membuat samgyeopsal, daging yang ada di dalam perut babi akan dipanggang. Ketika sudah matang, daging tersebut akan dicelupkan ke dalam saus dan dimakan dengan bahan lainnya.

25. Tangsuyuk

tangsuyukTumisan daging lainnya dalam makanan Korea adalah tangsuyuk. Tangsuyuk adalah daging yang ditumis dengan saus asam manis. Kebanyakan tangsuyuk di Korea menggunakan daging babi.

Selain daging, di dalam hidangan tangsuyuk ini juga terdapat beberapa bahan lain. Seperti tomat dan bawang bombay. Semua bahan yang diperlukan akan ditumis dengan bumbu khas yang membuat rasanya menjadi sangat lezat.

Itulah 25 makanan khas Korea yang recommended untuk kamu coba! Temukan informasi mengenai Korea lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Komik Next G Kulineran Di Korea
Komik Next G Kulineran Di Korea

tombol beli buku

Panduan Praktis Percakapan Bahasa Korea
Panduan Praktis Percakapan Bahasa Korea

tombol beli buku

Smart Book Bahasa Korea
Smart Book Bahasa Korea

tombol beli buku

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku & Artikel Resep

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih