in

10 Manfaat Kacang Tanah untuk Tubuh

Peanuts with shell , background

Manfaat kacang tanah untuk tubuh memang tidak diragukan lagi. Kacang tanah memiliki nutrisi yang tinggi di dalamnya. Terdapat berbagai jenis kacang-kacangan. Seperti kacang almond, kacang kenari dan kacang mete.

Semua jenis kacang tersebut memiliki nutrisi yang hampir sama. Nutrisi tersebut yang membuat kacang tanah memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat kacang tanah? Artikel ini akan membahas mengenai 10 manfaat kacang tanah untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Kacang Tanah

1. Mengurangi Depresi

Healthy and nutritious various vegetables, fruits, nuts and cooked brown rice on wooden table. superfood, high fibre and protein.

Depresi adalah sebuah kondisi dimana suasana hati atau mood terganggu. Depresi ini akan ditandai dengan perasaan sedih secara mendalam. Selain itu orang yang depresi juga cenderung tidak memiliki rasa peduli.

Depresi ini adalah sesuatu yang sering kali telat atau bahkan jarang disadari. Penyebab dari depresi bisa karena berbagai hal. Depresi memerlukan penanganan yang tepat.

Jika depresi dibiarkan berlanjut maka akan mengganggu aktivitas. Dapat menurunkan produktivitas ketika bekerja. Selain itu, depresi juga akan membuat hubungan sosial terganggu.

Depresi yang dibiarkan berlanjut dan tidak ditangani akan berdampak buruk. Ada beberapa kasus orang yang memilih untuk bunuh diri karena merasa depresi. Maka dari itu, depresi harus ditangani atau dihindari.

Depresi dapat menyerang siapa saja. Faktor penyebab depresi juga beragam. Seperti perubahan lingungan, faktor genetic, gangguan neurologis karena bahan kimia di otak, dan produksi serotonin yang dapat mempengaruhi timbulnya depresi.

Ada berbagai cara untuk mengurangi depresi. Bagi sebagian orang, makan adalah langkah yang tepat untuk memperbaiki suasana hati. Hal ini karena makan sesuatu akan memicu kesenangan di dalam otak.

Salah satu makanan yang dapat mengurangi timbulnya depresi adalah kacang tanah. Manfaat kacang tanah dapat mengurangi depresi. Kacang tanah mengandung triptofan asam amino.

Kandungan ini dapat membentuk serotonin. Serotonin adalah sesuatu yang dapat membentuk suasana hati. Maka dari itu, mengonsumsi kacang tanah ketika depresi adalah pilihan yang tepat.

2. Mengurangi Gula Darah

Group of raw peanuts with soil on them

Grameds, apakah kamu memiliki masalah dalam gula darah? Kacang tanah dapat menjadi solusinya. Kacang tanah adalah makanan yang bisa menjadi pengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Kacang tanah akan memberikan asupan-asupan nutrisi ke dalam tubuh.

Kacang tanah adalah salah satu makanan yang baik untuk orang yang menderita diabetes, atau memiliki risiko terkena diabetes. Hal ini karena di dalam kacang tanah memiliki indeks glikemik atau GI yang rendah. Maka tidak akan menimbulkan sebuah lonjakan yang besar terhadap kadar gula darah.

Ahli gizi mengkategorikan sebuah makanan dengan GI 55, atau lebih rendah sebagai sebuah makanan yang GI nya rendah. Sementara itu, kacang tanah memiliki skor GI sebesar 23. Ini membuat kacang tanah masuk ke dalam makanan yang mengandung GI rendah.

Oleh sebab itu, manfaat kacang tanah juga dapat mengendalikan kadar gula darah. Kacang tanah adalah makanan yang rendah karbohidrat, tetapi memiliki kandungan lemak, serat dan protein yang tinggi. Kandungan-kandungan itu memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Serat dapat memperlambat proses pencernaan, hal ini membuat makanan yang dicerna akan melepaskan energi lebih baik. Protein membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dipecah, tidak seperti karbohidrat yang sederhana.

banner-promo-gramedia

Beberapa penelitian menunjukan bahwa kacang tanah atau selai kacang dapat membantu menjaga kesehatan. Kacang tanah dapat membantu wanita dengan obesitas. Selain itu, kacang tanah juga dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi untuk mengelola kadar gula darah pada tubuh.

Sukses Budi Daya Aneka Kacang Sayur Di Pekarangan Dan Perkebunan,
Sukses Budi Daya Aneka Kacang Sayur Di Pekarangan Dan Perkebunan,

tombol beli buku

Buku ini secara lengkap, sistematis, sederhana dan praktis menyajikan informasi dan inovasi teknologi tepat guna tentang budidaya dan bisnis kacang sayur meliputi segmen kacang panjang tipe lanjaran dan tipe tegak (kacang tolo), kacang buncis tipe tegak, baby buncis dan kacang merah (kacang jogo), kacang kapri dan baby kapri, serta kacang kedelai sayur (edamame) dalam bentuk kultur pekarangan dan kebun yang luas secara komersial.

3. Mencegah Penyakit Jantung

close-up of dried peanuts in wooden bowl on table with green peanut plantation background

Kacang tanah adalah salah satu makanan yang dapat menyehatkan jantung. Manfaat kacang tanah dapat mencegah penyakit jantung. Ada beberapa jenis penyakit yang dapat timbul akibat dari jantung yang tidak sehat.

Seperti penyakit jantung koroner, penyakit jantung bawaan, endokarditis dan aritmia. Umumnya keempat jenis penyakit inilah yang sering diderita masyarakat yang mengalami penyakit jantung. Keempat penyakit ini tentu saja dapat dicegah, dengan cara menerapkan pola hidup sehat.

Selain berolahraga, kamu juga dapat menjaga pola makan. Konsumsilah makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Perbanyak makan makanan yang berserat.

Salah satu makanan yang dapat dikonsumsi adalah kacang tanah. Kacang tanah dipercaya mampi mencegah timbulnya penyakit jantung. Manfaat ini karena adanya kandungan asam oleat di dalam kacang tanah.

Kandungan itu baik untuk kesehatan jantung. Asam oleat dipercaya dapat menurunkan risiko dari kardiovaskular. Ini adalah salah satu penyebab dari penyakit jantun koroner. Dalam mengonsumsinya, usahakan jangan merebusnya. Akan tetapi, kamu bisa menyajikannya dengan direbus.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Peanuts on wooden background

Gaya hidup yang tidak sehat juga akan meningkatkan kadar kolesterol. Terlebih jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak. Tidak hanya itu, sering mengonsumsi makanan cepat saji juga menjadi pemicu dari kadar kolesterol yang tinggi.

Menurut beberapa penelitian, manfaat kacang tanah juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Kacang tanah yang dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Hal ini karena adanya kandungan baik di dalam kacang tanah.

Kandungan lemak tak jenuh yang ada di dalam kacang tanah inilah yang akan berperan. Kandungan ini berpotensi untuk menurunkan jumlah low density lipoprotein atau LDL. Itu adalah kolesterol jahat yang bisa membentuk sebuah plak di dalam pembuluh darah.

Selain itu, LDL juga penyebab utama timbulnya penyakit jantung koroner. Lemak yang menyehatkan ini juga akan memelihara sel-sel di dalam tubuh. asupan vitamin E juga akan masuk ke dalam tubuh kamu.

Vitamin E adalah salah satu antioksidan. Vitamin E ini akan membantu melindungi jaringan tubuh kamu. Maka tubuh akan terhindar dari kerusakan akibat dari adanya radikal bebas.

BACA JUGA: 20 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Tubuh

Manfaat Kacang Tanah

5. Mengatasi Masalah Kulit

Peanuts with leaves in Hong Kong

Manfaat kacang tanah tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh. Kacang tanah juga dapat membantu mengatasi masalah kulit. Kacang tanah dapat dimanfaatkan dalam hal kecantikan.

Salah satunya adalah mencegah keriput. Kacang tanah mengandung vitamin E. vitamin E ini akan membantu mengurangi garis dan kerutan pada kulit kamu. Tidak hanya itu, di dalam kacang tanah juga terdapat kandungan vitamin B dan riboflavin.

Kedua kandungan itu dapat membuat kulit menjadi lebih bersinar. Jika kerutan yang di kulit teratasi, maka akan mencegah terjadinya penuaan dini. Kacang tanah juga memiliki molekul antiviral resveratrol yang cukup tinggi.

Senyawa inilah yang bertugas untuk melawan penuaan. Antiviral resveratrol ini dapat mengurangi produksi dari radikal bebas. Selain itu, dapat juga menghambat pertumbuhan dan perkembangan dari tumor dan kanker kulit.

Tidak hanya itu, kacang tanah juga mengandung vitamin B6, vitamin E, dan nutrisi-nutrisi baik lainnya. Kandungan-kandungan tersebut dapat menjaga kesehatan serta kecantikan kulit.

Konsumsilah kacang tanah secara teratur. Selain baik untuk kulit, kacang tanag akan membantu kulit terbebas dari radikal bebas yang berbahaya. Radikal bebas tersebut akan menyebabkan kerusakan pada kulit.

banner-promo-gramedia

6. Mencegah Risiko Kanker Perut

Mix nuts with wooden bowl , isolated on white

Manfaat kacang tanah juga dapat mencegah risiko terkena kanker perut. Kanker perut atau kanker lambung adalah penyakit yang timbul karena pertumbuhan sel. Sel yang tumbuh terjadi secara abnormal atau tidak terkendali.

Pertumbuhan sel abnormal ini terjadi karena sel-sel tersebut mengalami perubahan genetic. Penyakit ini harus diwaspadai, karena umumnya tidak menimbulkan gejala yang spesifik pada stadium awal.

Gejala yang terjadi dapat berupa nyeri ulu hari atau perut yang kembung. Jika tidak diwaspadai, sering kali orang akan berpikir ini adalah keluhan dari sakit maag. Hal itulah yang membuat kanker ini tidak terdeteksi di awal, sehingga baru disadari ketika stadium akhir.

Untuk mencegah ini, kamu harus mengonsumsi makanan yang bergizi. Salah satunya adalah kacang tanah. Kacang tanah memiliki banyak kandungan yang bergizi baik.

Nutrisi-nutrisi di dalam kacang tanah dipercaya dapat mengurangi produksi karsinogenik nitro amina. Kandungan tersebut adalah penyebab utama dari tumbuhnya sel kanker yang ada di dalam perut.

Ekonomi dalam Kulit Kacang
Ekonomi dalam Kulit Kacang

tombol beli buku

7. Mencegah Risiko Stroke

farmer harvest peanut on agriculture plantation, Harvest of Plants, fresh.raw food

Manfaat kacang tanah juga dapat mencegah risiko stroke. Manfaat ini karena adanya kandungan antioksidan dan resveratrol di dalam kacang tanah. Kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi oksida nitrat.

Inilah yang membuat kacang tanah dapat mencegah risiko dari timbulnya penyakit stroke. Tidak hanya itu, masih banyak kandungan baik lainnya di dalam kacang tanah. Kandungan-kandungan tersebut baik untuk tubuh.

Seperti mangan, kalium, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, seng, selenium dan beberapa mineral lainnya. Semua kandungan itu bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Antioksidan dan resveratrol yang terkandung di dalam kacang tanah disebutkan mampu meningkatkan produksi oksida nitrat sehingga mampu mencegah risiko stroke. Bukan hanya itu, adanya kalium, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, zat besi, selenium, dan seng serta beberapa mineral lainnya dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

8. Mengurangi Risiko Batu Empedu

Whole and chopped peanut on old wooden table

Penyakit batu empedu juga dikenal dengan nama cholelithiasis. Penyakit ini akan membuat kondisi yang ditandai dengan sakit perut secara mendadak. Sakit perut tersebut karena adanya pembentukan batu di dalam kandung empedu.

Selain itu, penyakit batu empedu ini juga dapat terjadi pada saluran empedu. Gejala utama yang akan timbul karena penyakit ini adalah nyeri mendadak pada bagian kanan atas atau tengah perut. Selain itu, ada juga gejala lain seperti muntah, mual, hilang nafsu makan, sakit maag, urin berwarna gelap dan diare.

Manfaat kacang tanah dapat mencegah terjadinya penyakit batu empedu. Kacang tanah yang dikonsumsi secara utuh atau dalam bentuk selai tetap baik untuk tubuh. Keduanya tetap dipercaya dapat mengurangi risiko batu empedu yang ada di dalam tubuh. selain itu, akan mencegah beragam infeksi di kantung empedu dan hati sampai 50%.

9. Meningkatkan Kesuburan

Unrecognizable little boy sits at a table eating peanuts

Pasangan yang sedang merencanakan kehamilan juga dapat mengonsumsi kacang tanah. Manfaat kacang tanah ternyata dapat meningkatkan kesuburan. Hal ini karena kacang tanah bisa meningkatkan fertilitas.

banner-promo-gramedia

Konsumsilah setidaknya 100 gram kacang tanah per hari. Melalui jumlah ini, akan meningkatkan kemungkinan dari terjadinya kehamilan. Tidak hanya sebelumnya saja, kacang tanah juga baik jika dikonsumsi ketika sedang hamil.

Hal tersebut karena kandungan asam folat di dalam kacang tanah. Kandungan asam folat ini dapat mendukung perkembangan otak janin. Selain itu, saraf janin juga akan lebih berkembang.

10. Meningkatkan Memori Otak

Horizontal shot of a rustic wood table filled with a large assortment of nuts like pistachios, hazelnut, pine nut, almonds, pumpkin seeds, sunflower seeds, peanuts, cashew and walnuts. Some nuts are in brown bowls and others in glass jars. Predominant color is brown. DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USM

Manfaat kacang tanah juga dipercaya mampu meningkatkan memori di dalam otak. Hal ini karena ada kandungan resveratrol dan niacin di dalam kacang tanah. Kedua kandungan ini dapat membantu melancarkan sirkulasi peredaran darah yang mengarah ke otak.

Hal ini akan membuat ingatan menjadi kuat. Selain itu, manfaat mengonsumsi kacang tanah juga dapat meningkatkan konsentrasi. Tidur yang lelap juga salah satu efek dari konsumsi kacang tanah.

Itulah 10 manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh dan kulit. Meskipun memiliki banyak manfaat, sebaiknya tidak mengonsumsi kacang tanah secara berlebihan. Konsumsilah kacang tanah dalam jumlah yang cukup.

Temukan artikel menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Resep Favorit untuk Usaha - Camilan Kacang
Resep Favorit untuk Usaha – Camilan Kacang

tombol beli buku

Buku ini menyajikan 22 resep camilan dari aneka jenis kacang, dilengkapi dengan berbagai tips cara mengolahnya, sehingga hasilnya lezat dan juga menjadi camilan yang sehat berkualitas.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih