in

9 Cara Menghilangkan Bau Jengkol yang Ampuh

Archidendron pauciflorum, or known as Djenkol, Jengkol or Jering, a very popular seed in Asia, used for cooking dishes but it is very stinky

Cara menghilangkan bau jengkol – Siapa di sini yang tidak mengenal jengkol? Makanan yang banyak disukai orang karena struktur legitnya yang mirip daging tersebut juga dikenal aromanya yang sangat khas.

Tidak hanya itu, sensasi manis dan pahitnya yang melebur jadi satu menambah kenikmatan saat mengkonsumsinya. Sayangnya, beberapa orang menghindarinya bukan karena rasanya, namun karena baunya yang dianggap menganggu. Nah Grameds, kali ini kita akan membahas bagaimana caranya untuk menghilangkan bau jengkol.

Sekilas Tentang Jengkol

Tanaman ini dicintai karena rasa, dibenci karena aroma. Bahkan banyak sindiran yang mengasosiasikan aroma tak sedap di mulut karena makan jengkol. Tidak hanya mulut yang bau setelah mengkonsumsinya, tapi urin Anda akan terkena efek sampingnya juga.

Bentuknya bulat. Tanaman ini banyak ditemukan di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Nama latinnya Archidendron jiringa dan mungkin karena itu, jengkol juga disebut dengan jering. Makanan ini seringkali diolah menjadi masakan semur jengkol, sambal goreng jengkol, gulai jengkol, rending jengkol, jengkol kecap, dan lainnya. Oleh sebab itu, tidak heran banyak makanan yang disertai jengkol di dalamnya.

Jengkol dapat dimakan hampir seluruhnya dari bagian buahnya, kurang lebih sekitar 95%. Dalam seratus gram jengkol, dapat Anda temui kandungan 192 kal, 5,4 gr protein, karbohidrat 40,7 gr, dan sebagainya. Dari kandungan tersebut, jengkol dapat Anda masukkan ke dalam daftar menu kesehatan Anda.

Bau Jengkol

Tidak dapat dipugkiri bahwa bau jengkol merupakan kekurangan jengkol yang paling dominan. Banyak orang yang menyayangkan hal ini. Namun apalah mau dikata lagi. Akibatnya, banyak orang mengatakan bahwa jengkol merupakan makanan orang kelas menengah ke bawah sehingga tidak sedikit yang akhirnya malu mengakui jika dirinya penggemar jengkol.

Bau jengkol yang menyengat tersebut berasal dari asam amino yang mengandung sulfur atau belerang. Zat-zat seperti trithiolane, pentathiocane, tetrathiane, djenkolic acid atau jengkolat, dan hexathionine jadi sebab utama munculnya aroma menyengat dari jengkol.

Cara Meghilangkan Bau Jengkol

Bagi Anda yang mencari cara menghilangkan bau jengkol, di bawah ini kami rekomendasikan beberapa tips untuk menghilangkannya. Paling tidak, memudarkannya agar tidak terlalu mengganggu indera penciuman.

1. Sikat Gigi

Sikat GigiCara paling umum untuk menghilangkan aroma jengkol adalah dengan sikat gigi. Agar lebih meyakinkan, Anda sebaiknya menyikat seluruh bagian gigi hingga lidah bagian terdalam. Sebab jika masih ada sisa makanan tertinggal, sama saja meninggalkan aroma jengkol pada mulut.

Beberapa sumber menyarankan agar melakukan sikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Zat ini dipercaya memiliki sifat antibakteri yang teleh terbukti dapat mengurangi bau mulut.

Buku Pertamaku Anak Mandiri : Aku Bisa Sikat Gigi Sendiri
Buku Pertamaku Anak Mandiri : Aku Bisa Sikat Gigi Sendiri

tombol beli buku

2. Makan Buah

Makan BuahMengkonsumsi buah, terutama buah apel atau pir sangat membantu dalam mengurangi bau jengkol. Buah pir dan apel memiliki tekstur yang renyah dan mengandung banyak air sehingga dapat merangsang mulut untuk memproduksi air liur.

Air liur inilah yang dapat menyegarkan dan membersihkan bau mulut. Selain itu, melimpahnya serat yang dimiliki oleh buah apel atau pir seakan menjadi sikat gigi alami. Kami merekomendasikan agar Anda mengkonsumsi buah-buahan ini setelah makan. Dengan demikian, sisa makanan dapat dibersihkan oleh buah-buhan tersebut.

3. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah Permen KaretBeberapa permen karet memiliki aroma buah yang cukup kuat. Mengunyahnya dapat menyegarkan kembali aroma mulut. Permen karet berfungsi sebagai pencuci mulut sekaligu membersihkan kotoran-kotoran yang menempel gigi.

Namun demikian, tidak semua permen karet dapat Anda kunyah. Setelah makan jengkol yang aromanya menyengat, Anda sebaiknya mengunyah permen karet tanpa gula. Karena bakteri menyukai pemanis pada permen karet dan dapat menghasilkan bau mulut yang lebih parah.

4. Minum Susu

Minum SusuCara selanjutnya untuk menghilangkan bau jengkol adalah dengan meminum susu. Semakin murni susu yang diminum, semakin tinggi efektivitasnya menghilangkan bau jengkol. Susu murni diyakini dapat menetralkan aroma-aroma yang tajam seperti jengkol, bawang putih, dan pete.

Anda dapat memilih susu rendah lemak maupun tinggi lemak. Namun, susu yang memiliki kandungan lemak lebih tinggi memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menetralkan bau tak sedap dari jengkol.

BACA JUGA: Berbagai Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Mengganggu

Cara Meghilangkan Bau Jengkol

5. Minum Teh Hijau

Minum Teh HijauMinuman selain susu yang dipercaya dapat menghilangkan bau menyengat jengkol adalah the hijau. The hijau diyakini mengandung polifenol yang dapat melawan berbagai penyebab bau mulut yang tak sedap, tak terkecuali bau akibat jengkol.

Polifenol merupakan senyawa yang bersifat antioksidan dan dipercaya dapat menghancurkan sejumlah senyawa lain yang menyebabkan bau mulut tak sedap. Selain itu, polifenol juga dapat mencegah kerusakan gigi, bahkan kanker mulut. Manfaat lain dari polifenol yang terdapat pada the hijau ini adalah memiliki sifat antivirus sehingga dapat melindungi seseorang dari serangan flu.

6. Berkumur dengan Mouthwash

Berkumur dengan MouthwashObat kumur atau mouthwash merupakan cairan antiseptik yang dapat membersihkan bakteri dan sisa kotoran makanan yang ada di lidah, sela-sela lidah, hingga seluruh bagian mulut. Obat kumur sudah bisa Anda temukan dengan mudah. Pada umumnya, obat kumur ini berwujud cair dan banyak tersebar di toko-toko maupun minimarket dengan berbagi merk.

Selain dapat menghilangkan bau mulut akibat jengkol, obat kumur juga dapat menyegarkan nafas. Obat kumur yang dianggap paling baik untuk menghilangkn bau tak sedap adalah obat kumur yang mengandung aroma daun mint.

7. Mengkonsumsi Yoghurt

Mengkonsumsi YoghurtYoghurt diyakini dapat menghilangkan bau mulut. Hal ini dikarenakan adanya kandungan laktobasilus atau probiotik di dalam yoghurt. Probiotik dapat melawan bakteri jahat yang mengeluarkan hidrogen sulfida di dalam mulut.

Hidrogen sulfida inilah yang menyebabkan munculnya bau tak sedap di mulut. Kami merekomendasikan untuk memilih yoghurt dengan rasa natural, original, atau plain yang tidak mengandug banyak gula. Yoghurt yang disertai beragam jenis rasa bisa memperparah bau tak sedap dari mulut, sebab kandungan gula yang tinggi dapat mengundang bakteri masuak ke dalam mulut.

Kreasi Favorit dengan Yoghurt
Kreasi Favorit dengan Yoghurt

tombol beli buku

8. Minum Air Putih yang Banyak

Minum Air Putih yang BanyakCara ini merupakan cara yang paling mudah untuk Anda lakukan. Jarang minum air putih akan membuat kondisi mulut Anda kering. Hal ini mengakibatkan terganggunya produksi air liur. Berkurangnya produksi air liur akan membuat sisa makanan menumpuk di dalam mulut dan mengeluarkan aroma tak sedap. Apalagi sisa makananya berupa jengkol ya, Grameds.

Air liur dapat melembapkan mulut dan membilas sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Maka dari itu, kami merekomendasikan Anda untuk banyak minum air putih setelah makan jengkol.

9. Soda Kue dan Cuka

Soda Kue dan CukaBahan alami lainnya yang dapat menghilangkan bau mulut tak sedap akibat jengkol adalah soda kue atau cuka. Soda kue memngandung natrium karbonat atau yang terbukti efektif untuk menghilangkan bau mulut. Anda cukup mencampurkan dua sendok the soda kue dengan satu cangkir air hangat. Lalu berkumurlah dengan menggunakan air soda kue tersebut.

Sementara untuk menghilangkan bau mulut menggunakan cuka, Anda bisa mencampurkannya sebanyak satu sendok the cuka dengan sepertiga cangkir. Lalu kumur-kumurkan hingga merata ke seuluruh bagian dalam mulut.

BACA JUGA:

Penulis: Nanda Iriawan Ramadhan

Pilihan Resep Olahan Jengkol Dan Petai
Pilihan Resep Olahan Jengkol Dan Petai

tombol beli buku



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih