in

13 Manfaat Kacang Almond yang Jarang Diketahui

Manfaat kacang almond sudah tidak diragukan lagi. Banyak sekali manfaat kacang almond untuk kesehatan. Hal ini karena banyaknya kandungan baik di dalam kacang almond.

Artikel ini akan membahas mengenai manfaat kacang almond. Meliputi manfaat kacang almond untuk bayi, manfaat kacang almond untuk ibu hamil dan manfaat kacang almond untuk kesehatan perempuan.

Manfaat Kacang Almond

Manfaat Kacang Almond untuk Bayi

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat kacang almond untuk bayi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kacang almond dapat meningkatkan imunitas bayi. Hal ini karena kacang almond bersifat basa.

Selain itu, kacang almond juga mengandung antioksidan. Kedua kandungan tersebut dipercaya dapat membersihkan tubuh. Racun-racun di dalam tubuh dapat keluar akibat mengonsumsi kacang almond.

Hal itu akan membuat kekebalan tubuh meningkat. Kandungan antioksidan did alam kacang almond juga akan melindungi bayi dari stress oksidatif. Stress oksidatif dalam merusak molekul yang ada di sel butuh bayi.

Kandungan antioksidan juga akan berkontribusi pada penuaan, peradangan dan penyakit-penyakit lain seperti kanker. Antioksidan di dalam kacang almond terbanyak terdapat di lapisan coklatnya. Lapisan ini berada pada kulit kacang almond.

2. Mendukung perkembangan otak

Kacang almond adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi. Salah satu manfaat kacang almond dipercaya dapat mendukung perkembangan otak. Hal itu karena nutrisi yang terkandung di dalam kacang almond.

Kacang almond akan menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, kacang almond juga akan mendukung perkembangan otak pada bayi. Membuat makanan pendamping ASI menggunakan kacang almond juga sangat bagus.

Hal itu akan membantu mendukung perkembangan otak bayi. Banyak kandungan baik di dalam kacang almond. Seperti L-carnitine dan riboflavin.

Kedua kandungan itu sangat baik untuk kesehatan. Bagi bayi, keduanya akan membantu meningkatkan aktivitas otak. Seperti mencegah bayi terkena Alzheimer ketika sudah dewasa nanti.

3. Memperkuat gigi dan tulang bayi

Manfaat kacang almond ternyata sangat baik untuk bayi. Salah satunya adalah dapat memperkuat gigi dan tulang pada bayi. Hal itu karena banyaknya kandungan baik di dalam kacang almond.

Terdapat sekitar 75 mg kalsium di dalam satu ons kacang almond. Melalui sejumlah itu saja sudah baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang bayi. Maka dari itu, tidak salah untuk memberikan bayi makanan yang mengandung kacang almond, asalkan sesuai dengan waktunya.

Kacang almond juga mengandung fosfor di dalamnya. Kandungan fosfor ini diketahui cukup tinggi di dalam kacang almond. Berkat kandungan inilah dapat memperkuat gigi dan tulang bayi. Terlebih saat masa pertumbuhannya.

Selain kedua hal tersebut, masih ada lagi manfaat kacang almond. Seperti dapat mencegah sekaligus menurunkan risiko terkena osteoporosis. Risiko ini bisa saja dialami ketika bayi sudah dewasa.

Susu Kacang: Susu Sehat Segala usia + 45 Resep Bikinan Sendiri
Susu Kacang: Susu Sehat Segala usia + 45 Resep Bikinan Sendiri

tombol beli buku

Kandungan nutrisinya ternyata tak kalah dengan susu hewani. Bahkan susu kacang ternyata juga lebih toleran untuk mereka yang alergi terhadap laktosa. Seperti apa gizi dan khasiatnya untuk tubuh Anda? Harus membuktikannya sendiri! Buku ini akan membahas mengenai manfaat dari susu kacang yang kaya akan gizi baiknya.

4. Meningkatkan kesehatan mata, kulit dan melindungi sel tubuh

Kacang almond adalah makanan dengan sumber Vitamin E. Diketahui bahwa vitamin E di dalam kacang almond sangat baik. Vitamin yang larut di dalam lemak ini berfungsi untuk melindungi sel tubuh.

Sel-sel tubuh akan terlindung dari kerusakan akibat radikal bebas. Oleh karena itu, manfaat kacang almond dapat melindungi sel-sel didalam tubuh. Selain itu, kacang almond juga akan meningkatkan kesehatan mata dan kesehatan kulit.

Kandungan vitamin E didalam kacang almond disebut sebagai salah satu sumber vitamin E terbaik. Bahkan terbaik di dunia. 1 ons kacang almond akan menyediakan sebanyak 37% RDI.

5. Melancarkan pencernaan bayi sekaligus menjaga kesehatan usus

Kacang almond memiliki fitonutrien di dalam salah satu kandungannya. Kandungan ini akan mendukung pertumbuhan bakteri baik yang ada di dalam usus bayi. Oleh sebab itu, manfaat kacang almond dapat menjaga kesehatan usus bayi.

Hal ini karena banyaknya serat di dalam kacang almond. Serat tersebut akan membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, pergerakan usus juga akan diatur.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Mencampurkan kacang almond ke dalam makanan pendamping asi juga hal yang baik. Kacang almond dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah, mengurangi peradangan dan mengurangi resistensi insulin.

6. Mencegah diabetes dan menjaga kesehatan jantung

Kacang almond adalah salah satu makanan yang sudah diteliti akan manfaatnya. Salah satu manfaat kacang almond adalah untuk kesehatan jantung. Selain itu, manfaat kacang almond juga dapat mencegah diabetes.

Hal di atas disampaikan oleh ahli diet yang terdaftar di Almond Board of California, Jenny Heap. Menurutnya, kombinasi antara nutrisi sebagai manfaat kacang almond cukup unik. Seperti serat, nabati, vitamin E, lemak tak jenuh tunggal dan magnesium.

Kandungan-kandungan tersebutlah yang dapat membuat kacang almond memiliki manfaat besar. Kacang almond dapat dijadikan makanan yang sehat. Selain itu, khasiatnya dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah diabetes.

BACA JUGA: 10 Manfaat Kacang Tanah untuk Tubuh

7. Meningkatkan energi tubuh

Anak bayi atau balita akan membutuhkan banyak energi. Energi tersebut digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu, energi tersebut akan dipakai pada aktivitas sehari-hari.

Manfaat kacang almond selanjutnya adalah dapat meningkatkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. sebanyak 164 Kkal energi tersedia di dalam satu ons kacang almond. Energi tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan energi dari bayi.

Kacang almond juga dapat memberikan beberapa protein yang dibutuhkan. Protein juga salah satu yang sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan. Protein tersebut bisa didapatkan di dalam kacang almond.

Mengonsumsi kacang almond yang direndam sangat baik untuk tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya dengan menambahkan susu almond atau susu buah kering. Campurkanlah ke dalam makanan bayi atau balita.

Makanan ini dapat mengonsumsinya secara teratur. Makanan ini akan membantu meningkatkan energi mereka. Selain itu, akan membuat mereka tetap aktif sepanjang hari.

Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Ibu Hamil

Kacang-kacangan adalah camilan yang baik untuk ibu hamil. Salah satu jenis kacang yang dapat dikonsumsi adalah kacang almond. Apa saja manfaat kacang almond untuk ibu hamil? Berikut penjelasannya.

8. Membuat janin tumbuh lebih cerdas

Ada sebuah studi yang dilakukan Barcelona Institute for Global Health. Penelitian tersebut mengungkapkan mengenai manfaat perempuan hamil yang mengonsumsi kacang pada trimester awal. Penelitian tersebut menunjukan bahwa mereka akan melahirkan anak-anak yang cenderung lebih cerdas.

Ini adalah salah satu manfaat kacang almond yang tidak boleh dilewatkan bagi ibu hamil. Selain itu, anak akan lahir dengan daya ingat yang lebih baik. Memiliki lebih banyak keterampilan berpikir dan memiliki tingkat perhatian yang lebih tinggi.

Nutrisi ini tidak hanya dimiliki oleh kacang almond. Terdapat jenis kacang lain yang juga bermanfaat. Seperti kacang tanah, kacang kenari dan hazelnut.

Ekonomi dalam Kulit Kacang
Ekonomi dalam Kulit Kacang

tombol beli buku

Buku ini akan memaparkan dasar-dasar ekonomi yang semrawut plus njelimet dengan konsep 5W+1H dan gaya bahasa yang santai serta tidak terkesan “menggurui”. Tentu saja dengan data-data dan contoh kekinian agar kita semakin tanggap terhadap kondisi ekonomi domestik dan global.

9. Mencegah naiknya berat badan yang berlebihan  

Kenaikan berat badan ketika hamil adalah hal yang wajar. Perempuan yang sedang hamil pasti mengalami kenaikan berat badan. Akan tetapi, harus dipastikan jangan sampai kenaikan terjadi secara berlebihan.

Kenaikan berat badan ketika hamil yang berlebihan tidak baik. Hal itu akan mengakibatkan diabetes gestasional. Ini akan membahayakan kesehatan ibu dan janinnya.

Kondisi seperti ini juga akan meningkatkan risiko persalinan secara Caesar. Selain itu, kemungkinan kelahiran prematur juga dapat terjadi. Janin yang dikandung juga beresiko terkena dampaknya.

Ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional juga akan beresiko pada janinnya. Ukuran janin juga akan terlalu besar. Ini juga akan mengakibatkan terjadinya obesitas ketika masa anak-anak nanti.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tetap aman untuk berat badan. Salah satunya adalah kacang almond. Manfaat kacang almond bagi ibu hamil adalah untuk menjaga berat badan yang berlebihan.

Kacang almond dapat dijadikan sebagai alternatif camilan. Ibu hamil dapat mengonsumsi kacang almond, tanpa khawatir mengenai berat badan. Berat badan tidak akan naik dengan cepat karena mengonsumsi kacang almond.

Ada sebuah penelitian yang tercantum dalam International Foundation for Mother & Child Health. Penelitian tersebut dilakukan pada 20 perempuan yang berbadan gemuk. Dari penelitian tersebut, ditemukan fakta yang tidak terduga.

Perempuan gemuk yang mengonsumsi sekitar 56 gram kacang almond setiap hari akan merasa kenyang. Hal ini karena kacang almond akan meningkatkan hormone yang berfungsi untuk penurun nafsu makan leptin.selain itu, kacang almond juga akan mengurangi hormon lapar, yaitu ghrelin.

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa almond adalah makanan yang sangat bagus. Kacang almond dapat menjaga berat badan, sehingga akan tetap ideal. Caranya adalah dengan menurunkan nafsu makan.

Mengonsumsi kacng almond juga akan meningkatkan rasa kenyang. Akan tetapi, harus selalu ingat jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

10. Memberikan asupan zat besi

Salah satu kandungan yang dibutuhkan selama masa kehamilan adalah zat besi. Kacang almond memiliki kandungan zat besi di dalamnya. Inilah salah satu manfaat kacang almond yang akan memberikan asupan untuk zat besi.

Di dalam 1 ons kacang almond, terdapat sekitar 1,1 mg zat besi. Ini akan memenuhi sebanyak 6% dari kebutuhan zat besi harian perempuan yang sedang hamil. Kebutuhan akan zat besi akan lebih tinggi lagi, terutama ketika trimester pertama.

Ketika hamil, ibu hamil akan membutuhkan sekitar dua kali jumlah zat besi. Hal ini karena ibu hamil akan menggunakan zat besi untuk membuat darah ekstra. Darah ekstra tersebut dibutuhkan oleh bayi.

Zat besi juga berfungsi untuk memindahkan oksigen. Oksigen dari paru-paru akan beredar ke seluruh tubuh, termasuk ke tubuh janin. Zat besi akan membantu proses pemindahan ini.

Mendapatkan zat besi yang cukup juga akan mencegah sel darah merah yang terlalu sedikit. Jika sel darah merah terlalu sedikit, ini akan membuat ibu hamil merasa lebih lelah atau anemia defisiensi besi. Memiliki anemia pada saat hamil tidak bagus untuk janin.

Janin akan lahir dalam ukuran yang terlalu kecil. Selain itu, terdapat kemungkinan lahir terlalu dini. Oleh sebab itu, zat besi harus dipenuhi ketika sedang hamil.

Akan tetapi, sebanyak 50% perempuan yang hamil tidak mendapatkan mineral penting yang cukup. Maka dari itu, memilih kacang almond ketika hamil adalah pilihan yang tepat. Manfaat kacang almond dapat memenuhi kebutuhan zat gizi bagi ibu hamil.

11. Melindungi anak dari alergi

Manfaat kacang almond selanjutnya juga dapat melindungi anak dari alergi. Seorang anak dapat terkena suatu alergi pada kemudian hari. Hal ini dapat dicegah melalui konsumsi kacang almond.

Maka dari itu, konsumsilah kacang-kacangan. Contohnya seperti kacang almond dan kacang tanah. Hal ini akan membantu mengurangi kemungkinan adanya alergi saat anak sudah besar nanti. Akan tetapi, perlu diingat untuk mengonsumsi dalam batas yang wajar.

Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Perempuan

Kacang almond adalah salah satu camilan yang sehat. Mengonsumsi kacang almond akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Cara mengonsumsinya juga beragam.

Dapat dikonsumsi langsung atau dimasukkan ke dalam makanan dan minuman. Contohnya seperti smoothies, saus buah segar, taburan oatmeal dan masih banyak lagi.

Manfaat kacang almond sangat banyak untuk kesehatan perempuan. Berikut penjelasannya.

12. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kacang almond juga dapat melindungi kesehatan jantung. Manfaat ini dapat terjadi dengan beberapa cara. Kacang-kacangan sudah terbukti dalam mempertahankan sekaligus meningkatkan kolesterol HDL.

Ini adalah salah satu pelindung jantung yang bersifat baik. Selain itu, juga dapat menurunkan kadar LDL yang buruk. Kacang almond juga memiliki beberapa manfaat lainnya di bidang kesehatan.

Seperti meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. Ini juga berarti membantu pembuluh darah untuk rileks. Selain itu, akan mengurangi kekakuan pada arteri.

Sukses Budi Daya Aneka Kacang Sayur Di Pekarangan Dan Perkebunan, Plus Analisis Usaha
Sukses Budi Daya Aneka Kacang Sayur Di Pekarangan Dan Perkebunan, Plus Analisis Usaha

tombol beli buku

Buku ini secara lengkap, sistematis, sederhana dan praktis menyajikan informasi dan inovasi teknologi tepat guna tentang budi daya dan bisnis kacang sayur meliputi segmen kacang panjang tipe lanjaran dan tipe tegak (kacang tolo), kacang buncis tipe tegak, baby buncis dan kacang merah (kacang jogo), kacang kapri dan baby kapri, serta kacang kedelai sayur (edamame) dalam bentuk kultur pekarangan dan kebun yang luas secara komersial.

13. Membantu menjaga kesehatan usus

Manfaat kacang almond untuk kesehatan perempuan dapat membantu menjaga kesehatan usus. Kacang almond yang mentah atau dipanggang memiliki manfaat yang sama. Keduanya terbukti dapat bertindak sebagai prebiotik.

Hal itu akan berfungsi sebagai makanan untuk bakteri menguntungkan yang ada di usus. Bakteri tersebut terkait dengan anti inflamasi, kekebalan dan kesehatan mental.

Ada sebuah penelitian dalam Current Developments in Nutrition. Penelitian tersebut membahas mengenai kacang almond. Disebutkan bahwa seorang mahasiswa dipilih secara acak.

Mahasiswa tersebut ditugaskan untuk mengonsumsi biskuit graham dan kacang almond. Hal ini dilakukan selama delapan minggu. Setelah delapan minggu, para peneliti melihat hasilnya.

Menurut para peneliti, mahasiswa yang mengonsumsi kacang almond  mengalami perubahan yang cukup penting. Perubahan tersebut terjadi dalam susunan mikrobioma pada usus. Beberapa diantaranya mengalami berkurangnya bakteri pathogen.

Selain itu, bakteri baik yang bermanfaat juga meningkat. Bakteri baik berperan untuk mengadur kadar kolesterol, insulin dan anti peradangan.

Itulah manfaat kacang almond yang baik untuk kesehatan. Meskipun begitu, tetap ingat untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Jangan sampai mengonsumsi secara berlebihan, karena itu akan menyebabkan hal yang tidak baik.

Temukan informasi menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih