in

15+ Jajanan Korea Pinggir Jalan yang Hits, Sering Muncul di K-Drama!

unsplash.com

Jajanan Korea – Korea Selatan memang memiliki banyak hal yang menarik untuk bisa dieksplorasi, ya. Serial dramanya, film, dan musiknya sudah pasti menempel di ingatanmu. Tidak ketinggalan, aneka jajanan Korea yang kita lihat di serial drama atau film Korea memiliki penampilan yang sangat menggiurkan. Mulai dari makanan tradisional sampai makanan ringan yang ditampilkan di drama maupun film Korea memang sukses bikin kita ngiler.

Sudah bukan rahasia lagi nih, kalau budaya Korea memang begitu hype di Indonesia, mulai dari fashion, drama, K-Pop, sampai kulinernya. Kuliner-kuliner khas Korea ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dicicipi. Jajanan Korea lambat laun akhirnya sukses bersahabat dengan lidah masyarakat Indonesia.

Nah, di Indonesia, sudah banyak tempat makan Korea yang hadir dengan menu khas Korea. Selain makanan berat, jajanan Korea ala Korea yang sering muncul dalam K-Drama, sudah gampang banget kita temui di berbagai tempat. Bukan hanya tempat makan berkelas, aneka jajanan Korea juga bisa dengan mudah kamu jumpai, tentunya dengan harga yang ramah di kantung.

Nah, nggak perlu jauh-jauh ke negara asalnya, kamu bisa menikmati jajanan Korea baik yang tradisional maupun camilannya, dengan mudah, lho! Sekarang banyak yang sudah mulai berjualan jajanan Korea, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Bahkan untuk kamu yang jago masak, kamu bisa belanja bahan makanan Korea di supermarket khusus yang menjual semua bahan makanan Korea.

Jajanan Korea yang Ada di K-Drama

1. Ramyeon

ramyeon
finedininglovers.com

Siapa sih yang nggak tahu makanan populer ini? Apalagi pecinta drakor, pastinya sudah nggak asing lagi. Terutama, buat yang nonton serial drama Hospital Playlist, pasti ingat adegan Jun-wan dan teman-temannya makan ramyeon saat main band. Ramyeon adalah mie kuah ala Korea yang umumnya bercita rasa pedas.

Di Korea Selatan, ramyeon biasanya disantap langsung dari pancinya. Kalau kamu perhatikan, panci untuk memasak ramyeon di drama ataupun di film Korea biasanya sangat khas, yaitu panci yang berwarna kuning emas lengkap dengan tutupnya.

Tutup pancinya pun tidak hanya digunakan untuk menutup saat memasak saja, tetapi juga dijadikan penadah saat menyantap ramyeon. Jadi, nggak perlu pakai mangkuk lagi supaya piring kotornya nggak semakin banyak. Cocok kan buat kamu yang sering mager?

Nah, beberapa ramyeon instan ini sudah banyak dijual di supermarket terdekat, lho!

2. Tteokbokki

jajanan korea
orami.co.id

Jajanan Korea yang satu ini, pasti sering banget kamu lihat kalau nonton serial drama Korea. Tteokbokki juga menjadi salah satu jajanan Korea yang sering dijumpai di Indonesia, karena sudah banyak orang yang berjualan jajanan Korea ini.

Tteokbokki adalah jajanan kue beras Korea yang berbahan dasar beras yang diolah sedemikian rupa sampai menghasilkan tekstur yang kenyal, lalu dilumuri saus merah yang rasanya pedas manis. Bentuknya memanjang seperti silinder kecil-kecil yang kemudian biasanya disajikan di mangkuk.

Jajanan Korea ini cocok sekali untuk menemani aktivitas kamu seperti, menonton film atau serial drama Korea. Makan camilan sambil melakukan suatu aktivitas bisa memperbaiki mood kamu, lho.

Bahkan makanan ini menjadi topik penting di dalam novel I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki yang menceritakan seorang penulis yang mengalami depresi berkepanjangan. Beberapa kali ia merasa sedih, ingin menangis, merasakan seperti ada sesuatu yang kosong di dalam dirinya. Namun, saat itu juga anehnya, ia sangat ingin makan jajanan Korea tteokpokki. Ia mengatakan bahwa setelah memakannya, ia merasakan perasaan yang ambigu. Ia tidak merasa sedih, tetapi juga tidak merasa bahagia.

Sebagai informasi tambahan, untuk jajanan Korea ini, bisa disebut sebagai tteokbokki atau tteokpokki. Perbedaan huruf yang digunakan hanya berdasarkan tulisan dan bunyi. Penyebutan tteokbokki berdasarkan tulisan, sementara tteokpokki berdasarkan bunyi.

I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki

https://www.gramedia.com/products/smama-klsx-ilmu-pengetahuan-alam-kur-merdeka?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi3. Gimbap

Jajanan Korea
dfordelhi.in

Gimbap adalah jajanan Korea yang terbuat dari nasi putih (bap) yang digulung dengan lembaran rumput laut kering (gim), atau kalau di jepang dikenal dengan nori. Gimbap lalu dipotong-potong dengan ukuran yang sekali suap.

Isian dari gimbap bisa bervariasi, tapi biasanya terdiri dari sumber protein seperti fishcake, daging kepiting imitasi, daging sapi, serta sayuran seperti bayam, timun, acar lobak, wortel. Bentuk gimbab memang hampir sama dengan sushi yang berasal dari Jepang, tetapi jika dilihat dari bahan baku serta rasanya pun berbeda.

Isi gimbap biasanya mengandung acar, sehingga rasa gimbap terasa agak asam, berbeda dengan sushi yang agak amis karena menggunakan daging ikan yang masih mentah

4. Odeng

Jajanan Korea
Futuredish.com

Grameds ada yang mengikuti serial drama Start-Up? Pasti ingat adegan di mana Trio Samsan Tech yang sehabis pulang dari Amerika menyempatkan diri untuk mampir ke kedai odeng di pinggir jalan, ya.

Odeng atau dalam bahasa Inggris disebut fishcake adalah jajanan Korea berupa sate olahan dari daging ikan yang direbus dengan kuah kaldu. Di Korea, jajanan Korea ini biasanya dijual di pinggir jalan bersama dengan jajanan Korea lainnya seperti tteokbokki.

Odeng memiliki tekstur yang empuk, sedikit kenyal, dan memiliki rasa yang gurih. Bentuk odeng sendiri tipis dan pipih, lalu ditusuk bambu panjang, kemudian adonan tersebut dibentuk seperti gelombang dan disajikan dengan kuah bening yang segar. Makan odeng sangat enak selagi hangat, apalagi kalau cuacanya sedang dingin atau pada malam hari.

Tahukah kamu? Kalau munculnya makanan odeng ini, dilatarbelakangi oleh ada banyaknya ikan laut kecil yang tidak laku, sehingga masyarakat setempat berinisiatif untuk mengolahnya menjadi sebuah makanan yang menarik. Dan akhirnya jajanan Korea ini menjadi diminati banyak orang dan bernilai jual tinggi.

Makanan menjadi salah satu aspek dalam sebuah kebudayaan masyarakat suatu negara. Dengan melihat makanan khas dari suatu negara, kita bisa tahu apa dan bagaimana kebudayaan mereka, juga perjalanan sejarah sebuah makanan. Korea memang secara konsisten memperkenalkan kebudayaannya ke seluruh dunia melalui film, drama, musik, wisata, hingga kulinernya.

Buku Korean Food: Characteristics and Historical Background menghimpun beragam informasi tentang sejarah dan karakteristik hidangan khas dari Korea. Mulai dari masakan dan jajanan yang sering muncul di dalam drama dan film, sampai makanan yang khas di masa lampau. Di buku ini kamu bisa menemukan kekhasan bahkan filosofi di balik setiap hidangan yang disajikan.

Korean Food: Characteristics and Historical Background

https://www.gramedia.com/products/smama-klsx-ilmu-pengetahuan-alam-kur-merdeka?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

5. Corndog

Jajanan Korea
middleclass.sg

Jajanan Korea yang satu ini populer lewat video-video mukbang di Korea Selatan. Corndog merupakan jajanan Korea yang dibuat dari adonan tepung yang dicampur dengan ragi, lalu diisi dengan sosis atau potongan keju mozarella, kemudian dibalut lagi dengan tepung panir dan digoreng sampai garing.

Corndog juga semakin melejit karena serial drama Start-Up, jajanan Korea ini berhasil memiliki banyak penggemar berkat Nam Sosan dan Han Jipyeong.

6. Jjajangmyeon

Jajanan Korea
middleclass.sg

Selain ramyeon, ada lagi jenis mi di Korea yang sering muncul di serial drama Korea, yaitu jjajangmyeon. Hidangan ini berbentuk mi, kalau dibandingkan dengan makanan di Indonesia, Jjajangmyeon mirip dengan mi ayam.

Jjajangmyeon adalah mie dengan saus pasta kacang kedelai hitam yang difermentasi yang membuatnya tampak begitu khas. Jjajangmyeong ternyata bukan hidangan asli Korea, melainkan terinspirasi dari kuliner di China yaitu Zhajiangmian.

Banyak orang Korea yang akhirnya menyukai makanan ini, dan semakin populer setelah perang Korea sekitar pertengahan tahun 1950. Nah, semakin lama, jjajangmeyeon menjadi semakin populer dan menjadi hidangan favorit.

7. Tteokkebi hot dog

Jajanan Korea
kompas.co

Kamu pernah makan corndog? Nah, bentuk tteokkebi hot dog mirip dengan corndog. Yang membuat keduanya berbeda, tteokkebi hot dog tidak dilapisi dengan tepung roti, melainkan potongan-potongan kentang goreng yang digoreng secara bersamaan. Tteokkebi hot dog terbuat dari sosis yang ditusuk dan digoreng bersama dengan kentang. Sensasi rasa yang lembut, kriuk, dan gurih berbaur menjadi satu.

8. Twigim

Jajanan Korea
livingnomads.com

Pecinta gorengan, merapat! Kalau di Indonesia, masyarakat mengenal berbagai macam gorengan yang enak dimakan sebagai camilan, nah, di Korea juga ada makanan yang khas seperti gorengan yang disebut dengan twigim.

Sama seperti gorengan pada umumnya, aneka bahan dibalut dengan tepung lalu digoreng sampai renyah. Twigim sendiri sebetulnya lebih mirip dengan tempura, gorengan khas Jepang. Bahan utamanya pun tidak jauh berbeda.

Ada cumi-cumi, cabai hijau, hingga pangsit Korea atau disebut mandu. Twigim biasanya dijual di area pasar tradisional, tempat wisata, stasiun, dan area turis di Korea Selatan. Twigim biasanya disajikan dengan racikan kecap asin.

9. Bulgogi

Jajanan Korea
.thespruceeats.com

Olahan korea yang satu ini memang sudah mendunia. Tidak heran, kalau bulgogi mampu menduduki salah satu hidangan terlezat di dunia. Bulgogi berisi irisan daging tipis yang dipanggang dengan kecap, wijen, bawang, dan lada hitam. Bulgogi telah ditetapkan sebagai makanan khas Korea sejak periode Goguryeo dari 37 sebelum Masehi.

Bulgogi dibuat dengan daging pilihan sehingga menghasilkan cita rasa yang luar biasa. Bagian daging yang biasa digunakan untuk bulgogi adalah tenderloin, sirloin, atau bagian daging sapi pilihan lainnya.

10. Hotteok

Jajanan Korea
thebakeanista.com

Hotteok adalah pancake Korea yang lembut, manis, dan gurih. Hotteok terbuat dari adonan tepung terigu yang dipadukan dengan ragi dan isian yang manis gurih. Jajanan Korea yang ini menjadi kudapan masyarakat Korea saat musim dingin.

Hotteok adalah pancake yang berisi kombinasi brown sugar, cinnamon, pine nuts, dan juga madu. Bentuknya bulat dan tebal seperti pancake dengan ukuran yang mini. Jajanan Korea Hotteok ini mulai dikenal di Korea pada akhir abad 19. Kalau pancake Tiongkok biasanya berisi daging, hotteok diisi dengan kacang manis karena menyesuaikan selera orang Korea.

11. Bibimbap

Jajanan Korea
dwellbymichelle.com

Bagi warga Korea, bibimbap adalah salah satu hidangan yang wajib untuk dihidangkan pada malam tahun baru imlek. Bibimbap atau nasi campur Korea ini terdiri dari berbagai sayuran, kimchi, daging, telur setengah matang, dan saus gochujang.

Konon, bibimbap berawal dari kebiasaan para petani lokal di Korea yang terlalu giat bekerja hingga melewatkan jam makan siang dan malam. Meskipun begitu, ketika makan bersama, mereka selalu memutuskan untuk mencampur berbagai macam bekal yang dibawa masing-masing orang untuk kemudian disantap bersama-sama. Hal ini yang menjadi cikal bakal olahan bibimbap sebagai nasi campur khas dari Korea.

Lalu, gimana cara penyajiannya? Biasanya, bibimbap dihidangkan dalam kondisi masih panas karena rasa yang dihasilkan akan jauh lebih lezat

 

12. Bungeoppang

Kue yang satu ini memiliki bentuk ikan yang cukup cocok di lidah masyarakat Indonesia. kabarnya, kue ini memiliki makna keberuntungan.

Banyak anak-anak yang menyukainya karena memiliki isi berupa adonan kacang merah yang manis. Hingga sekarang ini ada jenis bungeoppang yang berisi es krim.

 

13. Hweori gamja

Kalau grameds suka dengan olahan kentang, pasti akan suka dengan hweori gamja. Hweori gamja atau yang berarti kentang tornado, memeiliki bentuk yang unik dan sangat menggugah selera. Kentang ini diolah dengan dipotong berbentuk spiral dan ditusuk seperti layaknya sate.

 

14. Sundae

Jajanan yang satu ini bukan sundae es krim yang seperti kita temui di kedai-kedai makanan cepat saji. Sundae asal Korea yang ini berbentuk seperti sebuah sosis yang disajikan dengan cara dipotong-potong.

Jajanan ini terbuat dari usus sapi atau babi yang berisi barley, darah babi, mie, scallion, dan juga dicampur dengan beberapa bumbu lainnya.

15. Dakkochi

Bukan hanya di Indonesia saja yang memiliki jajanan sate ayam, ternyata Korea pun juga. Kalau sate ayam Indonesia dibumbui dengan saus kacang, di Korea sendiri dibaluri bumbu saus manis dan juga saus pedas.

 

16. Dakgangjeong

Dakgangjeong merupakan ayam goreng yang kemudian direndam dalam saus. Ada beberapa jenis yang tergantung pada sausnya, tetapi paling umum adalah dakgangjeong dengan saus cabai yang manis dan memiliki rasa gurih serta menggugah selera.

Beberapa pedagang kaki lima, dakgangjeong ini sangat populer sehingga harus antri berjam-jam untuk mencicipinya. Beberapa orang bahkan datang dari beberapa daerah lain yang hanya untuk mencicipi dakganjeong yang sudah dijual di warung pinggir jalan tertentu.

 

17. Kkultarae

Kkultarae ini dibuat dari madu yang dikeraskan, kemudian proses selanjutnya dicampur dengan tepung serta dibuat seperti benang. Selanjutnya diisi dengan beberapa potongan kacang.

 

Rekomendasi Kedai Jajanan Korea di Jabodetabek

Menjamurnya budaya Korea di Indonesia, turut membuka peluang untuk menjual berbagai makanan ala jajanan Korea. Mulai dari makanan asin sampai makanan manis yang sering kamu lihat di drama Korea. Nah, berikut kedai jajanan Korea yang kedainya tersebar di berbagai wilayah di jabodetabek yang wajib kamu datangi!

1. Mu Gung Hwa

Mu Gung Hwa merupakan supermarket khusus yang menjual produk-produk asli Korea Selatan. Di sini, kamu juga bisa menemukan produk Korea termasuk jajanan Korea yang cukup lengkap. Mulai dari makanan instan, makanan cepat saji, sampai peralatan rumah tangga ada di sini.

Mu Gung Hwa menyediakan berbagai menu jajanan Korea, seperti odeng, tteokbokki, gimbap, dan masih banyak pilihan jajanan Korea lainnya. Supermarket ini juga ada di berbagai lokasi, lho.

2. Kkuldak

Kkuldak adalah salah satu kedai makanan jajanan Korea yang memiliki menu utama ayam. Nama Kkuldak sendiri memiliki arti ‘kkul’ yang artinya madu dan ‘dak’ yang memiliki arti ayam. Menu yang disajikan berupa Korean honey chicken, chicken skin, juga tteokbokki.

Jangan remehkan meskipun yang akan kamu temukan di sini hanya satu cup berisi potongan ayam berbumbu. Kelihatannya memang sederhana, tapi rasanya tidak semudah itu kamu lupakan.

3. Samjin Amook

Kalau kamu pecinta jajanan Korea fish cake, kamu harus datang ke tempat ini karena gerai Samjin Amook menyediakan lebih dari 50 olahan fish cake khas Korea. Samjin Amook sebetulnya sudah terkenal di Korea Selatan sejak tahun 1953, lalu ia melebarkan sayapnya ke berbagai negara termasuk Indonesia. Menu yang paling laris di sini adalah odengnya.

Samjin Amook mengusung konsep open kitchen, sehingga membuatmu bisa melihat koki yang sedang memasak dan menggu jajanan yang sudah kamu inginkan keluar dari dapur. Kamu bisa menikmati olahan ikan yang dibalut dengan tepung yang renyah dan hangat di sini.

4. K-mart

K-mart atau korean mart adalah supermarket Korea yang juga menjual berbagai produk korea baik halal maupun non halal dengan varian yang cukup lengkap. K-mart juga menyediakan jajanan Korea seperti tteokbokki, rapoki, ramen, gimbap, dan jajanan Korea lainnya. jangan heran kalau pesan jajanan Korea di sini selalu antre, karena K-mart memang memiliki menu yang juara banget!

5. Patbingsoo

Buat kamu pecinta manis, jangan sampai melewatkan tempat jajanan Korea yang satu ini. Patbingsoo adalah minuman menyegarkan khas dari Korea Selatan. Di negara asalnya, minuman ini biasanya disajikan sebagai hidangan penutup. Patbingsoo berasal dari kata ‘pat’ yang berarti kacang merah dan ‘bingsoo’ yang berarti es serut. Kedai ini menyediakan beragam menu es kacang merah yang semuanya terlihat menggiurkan.

Satu porsi esnya juga besar banget, cocok untuk dimakan bersama dengan teman-teman. Nggak hanya makanan manis, menu jajanan Korea di sini juga sedap, mulai dari tteokpokki, gimbap, popcorn chicken, dan jajanan Korea lainnya.

Wah… lumayan banyak ya jajanan Korea yang sering muncul di K-drama. Ada tteokpokki, gimbap, odeng, jjajamyeong, bulgogi, dan masih banyak lagi. Nah, kalau kamu ingin mencoba jajanan Korea tersebut langsung di negara asalnya, kamu harus banget nih baca buku 101 Korean Food Guide, karena di buku itu akan membahas aneka jajanan Korea, mengajari kamu tips yang harus dilakukan saat kamu ingin ke Korea, tata cara memesan makanan di Korea, sampai peraturan yang biasanya ada di rumah makan Korea.

101 Korean Food Guide

https://www.gramedia.com/products/smama-klsx-ilmu-pengetahuan-alam-kur-merdeka?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Itulah beberapa jenis jajanan Korea yang sering muncul di K-Drama. Sekarang sudah banyak yang menjual jajanan Korea, jadi #SahabatTanpaBatas bisa menikmati sambil menonton K-drama juga. Jangan lupa juga #LebihSeruDenganMembaca buku-buku yang membahas jajanan Korea.

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

Apa saja jajanan korea?

Jajanan Korea Pinggir Jalan yang Hits, sering Muncul di K-Drama, yaitu Ramyeon, Tteokbokki, Gimbap, Odeng.

Corndog di Korea namanya apa?

Salah satunya adalah Korean corn dog atau populer juga disebut Kogo di Korea, merupakan hasil modifkasi hotdogs yang lazim dijumpai di Amerika Serikat. Menariknya, jajanan kaki lima tersebut turut menginspirasi para pegiat kuliner Indonesia, hingga melahirkan hottang.

Apa itu jajanan kaki lima?

Jajanan jalanan Indonesia secara umum juga disebut sebagai “jajanan kaki lima”, yang mengacu kepada lebar trotoar selebar lima kaki, yang sering diduduki oleh pedagang kaki lima yang menjajakan jajanan dagangannya.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda