in

Beragam Manfaat Jagung bagi Kesehatan

Top view of white bowl full of boiled corn kernels over wooden table

Beragam Manfaat Jagung bagi Kesehatan – Jagung merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia. Jagung juga menjadi salah satu bahan makanan pokok bagi beberapa masyarakat. Aneka olahan dari jagung juga tersedia dalam banyak varian. Anda bisa menemukan berbagai makanan dari jagung, mulai dari camilan sampai dengan makanan berat seperti nasi jagung.

Di berbagai daerah jagung juga dikenal sebagai makanan tradisional yang kini sudah cukup jarang ditemukan. Namun cita rasa jagung yang unik dan manfaat jagung yang banyak membuatnya memiliki tempat tersendiri bagi pecinta kuliner.

Jagung ternyata juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga jika dikonsumsi, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan, terutama bagi kesehatan tubuh.

Nutrisi dan Kandungan pada Jagung

Nutrisi dan Kandungan pada Jagung
cattle, hands, feed, calf, food, corn

Jagung kuning yang direbus memiliki banyak sekali kandungan. Di antaranya adalah 96 kalori, 3,4 gram protein, 4,5 gram gula, 2,4 gram serat, 21 gram karbohidrat, 1,5 gram lemak, dan 73 persen  air.

Selain itu, jagung juga mengandung vitamin dan mineral, di mana jumlahnya bergantung pada jenis-jenis jagung. Berbagai macam olahan jagung ternyata juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Seperti yang ada dalam popcorn, yaitu mangan, magnesium, fosfor, tembaga, dan seng. Lalu untuk jagung manis mengandung vitamin seperti asam pantotenat (vitamin b5), niacin (vitamin b3), folat, pyridoxine (vitamin b6), dan juga potassium.

Perlu Anda ketahui juga bahwa jagung mengandung senyawa bioaktif yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Jika dibandingkan dengan biji-bijian lain, jagung memiliki antioksidan yang jauh lebih tinggi.

Di antaranya ada asam ferulat, salah satu antioksidan polifenol utama yang ada dalam jagung. Dibanding pada oat,  beras, atau gandum,  jumlahnya jauh lebih banyak pada jagung. Kemudian ada zeaxanthin, yaitu karotenoid tumbuhan yang bagus untuk kesehatan mata. Terakhir masih ada lutein yang bermanfaat untuk melindungi mata dari kerusakan oksidatif dari cahaya biru.

Manfaat Jagung untuk Kesehatan

Manfaat Jagung untuk Kesehatan
Corn isolated on a white background

Nutrisi yang berlimpah dalam jagung sangat baik untuk dikonsumsi. Asalkan diolah dengan baik dan cara yang tepat, konsumsi jagung dapat memberikan manfaat kesehatan sebagai berikut:

1. Mengontrol gula darah dalam tubuh

Jagung termasuk ke dalam makanan yang memiliki indeks glikemik cukup rendah. Jadi, konsumsi jagung tidak akan memicu pertambahan gula darah. Jagung juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes atau orang yang mempunyai risiko tinggi diabetes tipe 2. Makanan dari jagung bisa dijadikan alternatif untuk dikonsumsi.

2. Baik untuk kesehatan mata

Jagung memiliki kandungan antioksidan zeaxanthin dan juga lutein yang baik bagi kesehatan mata. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan, jika Anda rutin mengkonsumsi jagung, maka akan terhindar dari bahaya penyakit mata sejak dini, seperti katarak atau makula. Ada banyak cara untuk bisa menikmati jagung, jadi Anda juga bisa memilih menu yang diinginkan dalam mengonsumsi jagung.

3. Baik untuk mengendalikan tekanan darah

Selain bagus untuk penderita diabetes, jagung juga bagus dikonsumsi oleh mereka yang mengalami hipertensi atau darah tinggi. Sebab jagung memiliki kandungan magnesium dan kalium, juga antioksidan. Kandungan tersebut amat baik jika sebagai makanan pengendali tekanan darah. Maka dari itu, jika rutin mengkonsumsinya, Anda dapat mencegah munculnya darah tinggi. Namun dalam pengolahannya, jangan menambahkan garam terlalu banyak, sebab kandungan garam tidak baik untuk penderita darah tinggi.

4. Menjaga kesehatan tulang

Adapun manfaat jagung yang kelima adalah dapat menjaga kepadatan tulang. Hal ini utamanya sangat disarankan bagi mereka yang alergi terhadap susu atau intoleransi laktosa. Jagung menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan tulang.

Karena dalam satu buah jagung terdapat kandungan 90 mg fosfor. Jumlah tersebut telah setara dengan kebutuhan fosfor orang dewasa, yaitu sebanyak 10%. Adapun fungsi dari fosfor bagi tubuh adalah untuk meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang serta gigi.

5. Baik untuk kelancaran saluran pencernaan

Keenam ternyata dengan konsumsi jagung, Anda juga telah menjaga kelancaran saluran pencernaan. Jagung mengandung serat yang bermanfaat bagi tubuh. Serat ini dapat membuat saluran pencernaan lebih aktif karena harus dicerna lebih lama. Jadi, bagi Anda yang mengalami sembelit, mengonsumsi jagung sangat bagus untuk kembali melancarkan sistem pencernaan.

6. Menjadi penangkal radikal bebas

Selain itu, manfaat jagung bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah sebagai penangkal radikal bebas. Jagung memiliki antioksidan dan vitamin C. Di mana keduanya sangat dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Dengan begitu, konsumsi jagung juga baik untuk mencegah risiko terkena penyakit serta penuaan dini.

7. Baik untuk kehamilan

Selain kaya akan zeaxanthin, jagung juga kaya asam folat. Maka dari itu, makanan dari olahan jagung juga baik untuk ibu hamil. Konsumsi jagung dapat melindungi bayi dari cacat lahir. Selain itu, jagung juga dapat melindungi janin dari masalah fisiologis dan degenerasi otot. Bagi ibu hamil yang kerap mengalami konstipasi, konsumsi jagung juga bagus karena mengandung serat yang tinggi.

8. Mencegah munculnya depresi

Terakhir, jagung juga mengandung magnesium yang bagus bagi kesehatan otak dan menjaga suasana hati. Kadar magnesium pada jagung yang rendah juga dipercaya dapat menurunkan risiko munculnya depresi. Jadi, dengan rutin mengkonsumsi jagung, Anda juga telah mencoba menjaga suasana hati dan mencegah terjadinya depresi.

Manfaat Jagung untuk Kecantikan

Manfaat Jagung untuk Kecantikan
Canned sweet corn in a black ceramic bowl next to two corn cobs in husks on black slate. Top view.

Kandungan yang ada dalam jagung, selain bagus untuk menjaga kesehatan tubuh ternyata juga dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan wajah. Jagung yang diolah untuk bahan kecantikan dapat mencegah penuaan dini sampai menghilangkan bekas jerawat di kulit wajah.

Tentu saja masih ada manfaat lain bagi kulit yang bisa Anda nikmati. Berikut ini adalah beberapa manfaat jagung untuk kesehatan kulit dan wajah Anda.

1. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Jagung memiliki kandungan karotenoid yang bernama lutein. Lutein ini akan menjadi antioksidan pada jagung.  Kandungan tersebut dipercaya dapat menjaga mata dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh cahaya biru. Selain itu, lutein juga bagus untuk menjaga kulit wajah dari paparan sinar UV atau ultraviolet.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Hal tersebut telah didukung oleh sebuah penelitian dalam jurnal clinics in dermatology. Di dalamnya disebutkan bahwa lutein menunjukkan efektivitasnya dalam mencegah kerusakan kulit wajah karena paparan sinar UV. Namun sayangnya penelitian dilakukan terhadap hewan uji, jadi dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat jagung ini.

2. Memperkuat Jaringan Rambut

Berikutnya jagung juga bermanfaat bagi kecantikan rambut Anda. Jagung dinilai ampuh dan dapat memperkuat  rambut, sehingga tidak terus rontok. Kandungan vitamin C, antioksidan, dan likopen pada jagung yang dinilai dapat memperkuat rambut, sehingga rambut lebih sehat dan terhindar dari kerontokan.

3. Mencegah Kerutan pada Wajah

Manfaat ketiga yang bisa Anda dapatkan dari jagung adalah mencegah kerutan pada wajah. Jagung mengandung vitamin E yang tinggi. Vitamin ini dipercaya mampu memperbaiki sirkulasi darah, sehingga bagus untuk mencegah kerusakan wajah serta mengencangkan kulit.

Sebuah penelitian telah dilakukan dan membuktikan hal tersebut. Vitamin E yang kaya dan antioksidan dinilai dapat menjadi obat alami dalam mencegah kerutan.

4. Memperlambat Terjadinya Penuaan Dini

Setiap orang tentu ingin selalu memiliki wajah yang kencang dan nampak muda. Nah, jagung ternyata juga dapat memperlambat proses penuaan dini pada kulit. Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat mencegah dan memperlambat proses penuaan. Sehingga kulit wajah akan nampak lebih muda. Meski begitu, manfaat satu ini masih perlu dikaji lebih jauh.

5. Membantu Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat jagung untuk kecantikan yang kelima adalah dapat membantu mencerahkan kulit. Dengan kandungan zeaxanthin pada jagung dipercaya dapat membuat kulit tampak lebih cerah. Sebuah penelitian telah dilakukan terhadap 46 partisipan yang memiliki masalah kulit kering.

Setelah mengkonsumsi 10 mg lutein ditambah 2 mg zeaxanthin, kulit wajahnya menjadi lebih cerah. Kedua zat tersebut ternyata ada di dalam jagung, maka dari itu, jagung juga dapat membuat kulit Anda menjadi lebih cerah.

6. Membantu Menghilangkan Bekas Jerawat

Terakhir, jagung juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah Anda. Jagung yang sudah dihaluskan dalam bentuk pasta ternyata berfungsi untuk menghilangkan noda atau bercak bekas jerawat.

Manfaat ini didapatkan dari kandungan vitamin E yang tinggi pada jagung. Namun karena belum ada penelitian tentang manfaat rebusan air jagung, sebaiknya Anda konsultasikan lebih dulu dengan dokter jika ingin mencobanya ya.

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Semangka sebagai Buah Tropis Sumber Antioksidan

Jagung Sebagai Olahan Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Jagung sebagai Olahan Khas Berbagai Daerah di Indonesia
corn,plant,agriculturecorn,plant,agriculture

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, jagung juga sangat enak untuk dijadikan camilan. Berbagai olahan makanan tradisional juga banyak yang terbuat dari jagung. Rasanya yang gurih manis bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan. Mulai dari makanan gurih sampai yang manis. Berikut ini adalah manfaat jagung sebagai olahan yang sehat dan nikmat:

1. Jenang Jagung

Bagi masyarakat zaman dulu, jenang jagung menjadi makanan favorit. Jenang jagung diolah dengan cara dihaluskan, kemudian dicampurkan dengan gula, garam, dan santan. Adonan lalu dimasak di atas api sampai mengental.

Setelah dingin, jenang dipotong kotak-kotak. Dengan tambahan gula dan santan, rasa jenang jagung menjadi manis dan gurih. Olahan semacam ini masih bisa Anda jumpai di Ponorogo, Malang, Surabaya, Banyuwangi, atau kota lainnya di Jawa.

2. Nasi Jagung

Nasi jagung merupakan nasi yang terbuat dari jagung. Di beberapa daerah, nasi jagung masih cukup populer. Hanya saja penyebutannya berbeda-beda. Di Boyolali  dan Blitar misalnya, Anda akan menemukan nasi ini dengan sebutan sego jagung atau nasi ampok. Lalu di daerah Madura, nasi ini lebih dikenal dengan nama nasi empog.

Nasi Jagung dibuat dari jagung yang sudah tua, lalu dipipil, dihancurkan dan dimasak. Seperti warna asli jagung, nasinya pun akan berwarna kuning. Nasi ini biasa disantap bersama dengan sayur dan lauk, sama seperti nasi pada umumnya.

3. Grontol

Olahan jagung selanjutnya adalah grontol. Adapun makanan satu ini juga sering disebut bledus. Grontol atau bledus ini menjadi makanan tradisional khas dari Lumajang. Meski begitu, Anda juga dapat menemukan grontol di berbagai daerah lainnya.

Cara membuat grontol sangatlah mudah. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Yang dibutuhkan untuk membuat adalah jagung, garam, parutan kelapa, dan gula. Grontol akan disajikan dengan urapan kelapa atau parutan kelapa yang ditaruh di atas jagung yang telah direbus.

Barangkali Anda akan kesulitan jika mencari makanan ini di kota-kota besar, namun di pasar-pasar tradisional, grontol masih banyak dijual.

4. Lepet Jagung

Selain grontol, olahan jagung yang juga sudah sulit ditemui di kota besar adalah lepet jagung. Lepet ini berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sajian lepet yang memakai kelobot jagung menjadikan makanan ini cukup unik.

Biasanya hidangan lepet disajikan bersama teh atau kopi untuk menjamu tamu. Namun jika ingin membuat sendiri, bahan yang dibutuhkan pun tidaklah sulit, sama seperti lepet pada umumnya. Hanya saja, pembungkusnya tidak memakai daun pisang.

5. Bakwan jagung

Jika olahan sebelumnya rasanya manis, maka bakwan jagung memiliki rasa gurih karena digoreng. Bakwan jagung juga disebut perkedel jagung, dan sangat mudah ditemui di Indonesia, atau bahkan dibuat sendiri.

Makanan ini biasanya dijadikan lauk, atau sebagai camilan teman minum kopi dan teh di sore atau malam hari. Cara membuatnya juga sangat mudah, sama seperti membuat bakwan pada umumnya.

6. Jagung Bakar

Siapa yang belum pernah makan jagung bakar? Ya, jagung juga dikenal sangat nikmat jika dibakar. Untuk menikmati jagung bakar, Anda juga bisa menambahkan berbagai macam toping, seperti saus tomat, saus sambal, barbeque, keju, dan berbagai toping lainnya.

Anda bisa menyesuaikan toping dengan selera masing-masing, bisa dibuat manis, gurih, atau pedas. Jagung bakar biasanya menjadi teman ketika merayakan tahun baru. Selain itu, Anda juga bisa menemukan penjual jagung bakar saat berlibur ke tempat yang cukup sejuk atau dingin.

7. Jambudin atau marning

Makanan ringan dari jagung juga bisa Anda temukan dengan nama jambudin atau marning. Di daerah Madura, marning menjadi camilan khas yang disebut jambudin. Olahan ini dibuat dengan cara menggoreng butiran jagung sampai kering.

Setelah kering, Anda juga bisa membuatnya menjadi berbagai macam rasa. Bisa dibuat manis, asin, atau pedas, dan bisa juga dibuat pedas manis sesuai selera. Rasanya jagung goreng yang gurih membuat camilan ini terasa nikmat.

8. Jagung Susu Keju (jasuke)

Makanan sehat dari jagung berikutnya adalah jagung susu keju. Rasa manis dan gurih pada jagung yang direbus ternyata juga dapat dinikmati dengan berbagai toping modern. Jika ada grontol yang dinikmati bersama parutan kelapa, jasuke juga bisa dinikmati bersama parutan keju ditambah dengan susu.

Rasanya tentu akan bertambah nikmat dan sesuai dengan lidah anak muda zaman sekarang. Selain topping manis, jasuke juga bisa diberi toping bumbu balado, sehingga bagi pecinta pedas masih bisa menikmati jagung rebus sesuai seleranya. Meski diberi topping pedas, rasa jagung tetap enak dan nikmat.

9. Tinutuan

Makanan khas dari Nusa Tenggara Timur juga ada yang memakai jagung sebagai bahan dasar. Tinutuan adalah makanan khas dari Manado. Di mana jagung akan dicampur labu kuning, beras, serta berbagai jenis sayuran seperti bayam atau kangkung.

Orang-orang NTT biasanya menyantap makanan yang hampir mirip dengan bubur ini sebagai menu sarapan. Lebih nikmat lagi ketika tinutuan dikonsumsi saat masih hangat.

10. Jagung Bose

Kuliner khas Indonesia berikutnya dari jagung bisa Anda temukan di NTT. Jagung bose adalah makanan unik dari jagung yang bisa dijumpai di NTT. Rasanya hampir sama dengan nasi, yaitu tawar. Umumnya, masyarakat membuat jagung bose dengan cara merebus jagung bersama santan dan kacang merah.

Itulah tadi manfaat jagung yang kaya akan nutrisi. Banyaknya manfaat pada jagung membuat banyak orang suka untuk mengkonsumsinya. Berbagai olahan dari jagung pun sangatlah variatif. Selain rasanya yang enak, manfaat kesehatan ketika mengkonsumsi jagung pun menjadi nilai tambah bagi siapapun yang mengonsumsinya.

Apabila Anda hendak mengetahui lebih jauh tentang bagaimana jagung menjadi tumbuhan yang amat bermanfaat, cobalah untuk membaca buku gramedia berjudul Budidaya Jagung Manis dan Teknologi Papan Komposit: Diperkaya Serat Kulit Jagung atau dapatkan melalui link

Judul: Budidaya Jagung Manis

Panduan Lengkap Dan Praktis Budidaya Jagung Manis Yang Paling Menguntungkan
Panduan Lengkap Dan Praktis Budidaya Jagung Manis Yang Paling Menguntungkan

tombol beli buku

Teknologi Papan Komposit : Diperkuat Serat Kulit Jagung
Teknologi Papan Komposit : Diperkuat Serat Kulit Jagung

tombol beli buku

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih