in

13 Manfaat Yogurt Untuk Tubuh

Manfaat yogurt memang tidak dapat diragukan lagi. Di dalam yogurt, terdapat banyak protein. Kandungan ini baik untuk tubuh.

Akan tetapi, tidak semua yogurt memiliki protein yang sama. Semua tergantung pada jenis yogurt. Salah satu jenis yogurt adalah Greek yogurt.

Yogurt ini adalah jenis yogurt dengan kandungan protein yang paling tinggi. Semua kandungan di dalam yogurt memiliki fungsi. Artikel ini akan membahas mengenai 13 manfaat yogurt untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Yogurt

Manfaat Yogurt

1. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti adanya penumpukan lemak pada arteri. Selain itu, konsumsi garam yang berlebihan juga akan menyebabkan tekanan darah menjadi naik.

Sering disadari bahwa ada beberapa penyebab tekanan darah yang terjadi secara mendadak. Seperti mengonsumsi gula tambahan, terutama pada makanan olahan atau mengonsumsi sirup gula pada minuman. Selain itu, kurangnya zat gizi kalium juga dapat menyebabkan tekanan darah naik.

Salah satu manfaat yogurt adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ada sebuah penelitian yang menjelaskan mengenai hal ini. Menurut penelitian tersebut, orang dewasa yang mengonsumsi yogurt 2 sampai 3 porsi perhari dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Penurunan tensi darah tersebut dapat terjadi sampai 50%. Hal ini berbeda dengan mereka yang tidak mengonsumsi yogurt sama sekali. Maka dari itu, yogurt adalah salah satu cara yang dapat menurunkan tekanan darah.

Manfaat yogurt ini didapat dari kandungannya yang baik. Terdapat banyak kandungan baik di dalam yogurt. Salah satunya adalah kalium yang akan membuang kelebihan natrium yang ada di dalam tubuh.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat yogurt juga dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa orang yang sedang melakukan program diet atau penurunan berat badan biasanya rutin mengonsumsi yogurt. Ini disebabkan karena yogurt adalah salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Yogurt adalah salah satu cemilan sehat yang biasa dikonsumsi.  Orang-orang yang mengonsumsi yogurt biasanya adalah orang yang menerapkan pola hidup sehat. Yogurt ini adalah cemilan yang tidak akan membuat kamu menjadi gemuk.

Hal itu disebabkan karena kandungan yang ada di dalam yogurt. Kandungan tersebut adalah kombinasi dari kandungan protein, probiotik, dan kalsium. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya memiliki dampak yang baik bagi kesehatan tubuh.

Selain sehat, kandungan tersebut juga akan memicu produksi hormone anti lapar. Contohnya seperti GLP-1 dan peptide YY. Tidak hanya membantu menurunkan berat badan.

Yogurt juga akan membantu menyeimbangkan kolesterol. Yogurt adalah minuman atau makanan yang cocok setelah berolahraga. Pasalnya, manfaat yogurt juga dapat menjaga sistem saraf serta memelihara otot-otot didalam tubuh.

 

3. Melembabkan Kulit Secara Maksimal

Kulit yang kering adalah salah satu tanda bahwa kamu kekurangan cairan. Kulit yang kering cenderung akan menimbulkan masalah baru pada kulit.

Salah satu cara melembabkannya adalah menggunakan moisturizer. Salah satu moisturizer yang ampuh untuk melembabkan  kulit adalah yogurt. Manfaat yogurt ini sering digunakan dalam bidang kecantikan.

Kandungan yang ada di dalam yogurt akan membuat kulit menjadi lembab. Cara penggunaannya cukup mudah. Kamu bisa menggunakan yogurt sebagai masker.

Siapkanlah 4 sendok makan yogurt, 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan cocoa. Setelah itu campurkan semua bahan dan aduk rata. Oleskanlah masker ke wajah secara merata. Kamu bisa menunggu 15 menit sampai 25 menit, kemudian bilaslah dengan bersih.

Kreasi Favorit dengan Yoghurt
Kreasi Favorit dengan Yoghurt

tombol beli buku

Buku karya Yeni lsmayani yang merupakan buku Seri Produk Andalan Cake Shop dengan judul Kreasi Favorit dengan Yoghurt adalah salah satunya. Buku ini tidak hanya memuat kumpulan resep masakan, tetapi dilengkapi dengan pengetahuan dasar pembuatan yoghurt dalam skala rumah tangga serta trik-trik membuat kue yang baik dan benar. Juga dilengkapi dengan 16 resep yang menarik untuk dicoba.

4. Mengurangi Kerutan Pada Wajah

Kerutan pada wajah sering terjadi karena usia. Umumnya, semakin bertambah usia maka kerutan pada wajah  akan bertambah. Bagi sebagian orang, kerutan di wajah adalah hal yang mengganggu.

Manfaat yogurt juga dapat digunakan untuk mengurangi kerutan pada wajah. Yogurt terbukti dapat membantu mengurangi kerutan yang ada pada wajah. Sehingga wajah akan terlihat lebih muda.

Baca Juga: 10 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah yang Sayang Dilewatkan

5. Mengatasi Masalah Jerawat

Masalah pada wajah yang sering dikeluhkan adalah jerawat. Jerawat dapat timbul karena berbagai alasan. Mulai dari kulit yang berminyak, kulit kotor sampai karena hormone.

Banyak orang melakukan berbagai cara untuk mengatasi jerawat. Mulai dari bahan alami sampai perawatan ke tenaga medis. Bahkan, tidak sedikit yang rela mengeluarkan biaya besar untuk masalah jerawat.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah jerawat adalah yogurt. Cara penggunaannya pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan yogurt dan kapas.

Oleskanlah yogurt pada kapas. Setelah itu, kamu bisa menempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Tunggu beberapa menit dan bilas.

6. Mengatasi Noda Gelap di Wajah

Ini adalah salah satu manfaat yogurt untuk wajah. Bagi kamu yang memiliki noda gelap di wajah, kamu bisa menggunakan yogurt untuk mengatasinya. Yogurt dapat mengurangi noda gelap di wajah.

Siapkan 1 sendok makan yogurt dan ½ sendok makan lemon. Campurkan kedua bahan ini. Kemudian kamu bisa mengaplikasikannya ke wajah.

Manfaat Yogurt

Manfaat Yogurt

7. Menyembuhkan Kulit yang Terbakar Sinar UV

Sinar matahari memang baik untuk wajah. Akan tetapi, jika terlalu lama dan pada saat yang tidak tepat akan membuat kulit menjadi terbakar. Terlebih pada siang hari.

Kulit akan mudah terkena paparan sinar ultraviolet atau sinar UV. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan yogurt. Yogurt adalah makanan atau minuman yang terdapat kandungan baik di dalamnya.

Yogurt kaya akan zinc dan zat anti inflamasi. Kandungan ini dapat membantu menyembuhkan kulit yang terbakar. Terutama karena sinar matahari.

8. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun adalah hal yang penting untuk selalu dijaga. Dapat dikatakan bahwa sistem imun akan membantu tubuh beraktivitas lebih baik. Ketika sistem imun mengalami masalah, akan berpengaruh pada aktivitas yang biasa dilakukan.

Aktivitas akan terganggu dan tidak berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan tubuh dalam kondisi yang tidak prima. Jika tidak ditangani, maka akan membuat masalah yang cukup serius.

Untuk menjaga sistem imun, tubuh memerlukan kandungan yang baik. Salah satu manfaat yogurt juga dapat membantu meningkatkan sistem imun. Yogurt memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh.

Salah satunya adalah adanya mineral dan gizi. Kedua kandungan penting ini berada di dalam yogurt. Kandungan tersebut akan membantu meningkatkan produksi sel T.

Sel T adalah salah satu sel darah putih yang ada di dalam tubuh. Sel ini memiliki tanggung jawab yang besar. Sel T akan melawan ketika ada penyakit yang menyerang tubuh.

Untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsilah yogurt secara rutin. Kamu bisa mengonsumsi setidaknya 400 gram yogurt dalam sehari. Efek yang akan kamu rasakan adalah sistem kekebalan tubuh meningkat. Kamu juga akan terhindari dari bakteri dan infeksi.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat yogurt juga dapat dirasakan oleh tulang. Yogurt adalah makanan yang mengandung banyak kalsium. Kalsium adalah kandungan yang dibutuhkan oleh gigi dan tulang.

Yogurt adalah minuman yang mengandung kombinasi antara kalsium dan vitamin D. Kedua kandungan ini akan bekerja untuk memperkuat tulang. Vitamin D akan membantu tubuh untuk menyerap kalsium secara baik.

Konsumsilah yogurt secara teratur. Melalui yogurt, kamu dapat menjaga kesehatan tulang. Hal ini akan mencegah terjadinya penyakit osteoporosis pada usia lanjut.

10. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat yogurt ini sudah menjadi rahasia umum. Banyak orang memilih yogurt untuk melancarkan sistem pencernaan. Yogurt memang memiliki kandungan yang baik untuk sistem pencernaan.

Salah satu kandungan baik di dalam yogurt adalah probiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang dapat membantu menyingkirkan bakteri jahat. Bakteri jahat ini adalah penyebab dari adanya infeksi pada bagian usus.

Inilah yang membuat sistem pencernaan lebih sehat. Rutin mengonsumsi yogurt akan membuat pencernaan lebih lancar. Hal ini dapat membuat kamu terhindar dari masalah pencernaan.

Membuat Keju,Yoghurt,Dan Kefir Dari Susu Kambing
Membuat Keju,Yoghurt,Dan Kefir Dari Susu Kambing

tombol beli buku

Buku ini akan membahas mengenai yogurt, keju, kefir, dan susu kambing. Berbagai olahan dapat dibuat dari bahan-bahan ini. Temukan banyak fakta menarik lainnya di dalam buku ini.

11. Memulihkan Kondisi Tubuh

Manfaat yogurt selanjutnya adalah dapat membantu memulihkan kondisi tubuh. aktivitas yang padat akan membuat kamu lebih gampang lelah. Ketika lelah, maka aktivitas lainnya mungkin dilakukan secara tidak maksimal.

Kamu dapat mengonsumsi rutin untuk mengembalikan kondisi tubuh. Sama halnya ketika kamu rutin berolahraga. Sebaiknya kamu mengonsumsi yogurt setelah selesai berolahraga.

Kamu bisa mengonsumsi Greek yogurt untuk mengembalikan kondisi tubuh. Semangkuk Greek yogurt akan membantu kamu untuk memperbaiki otot-otot. Terutama otot yang lelah karena habis olahraga.

12. Menyehatkan Jantung

Jantung adalah organ yang sangat penting untuk tubuh. Tanpa adanya jantung, organ lain dipastikan tidak berfungsi. Jantung adalah organ yang bertugas untuk memompa darah.

Darah yang sudah masuk ke jantung akan dipompa dan diedarkan ke seluruh tubuh. Sehingga tubuh dapat menerima nutrisi secara adil dari darah. Maka dari itu, kesehatan jantung harus selalu dijaga.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan yogurt. Manfaat yogurt ternyata dapat dirasakan oleh jantung. Ketika mengonsumsi yogurt, maka kesehatan jantung akan terjaga.

Menurut beberapa penelitian, yogurt adalah makanan atau minuman yang bebas lemak. Selain itu, yogurt juga dipercaya bebas dari gula. Lemak dan gula adalah kandungan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL).

Kadar kolesterol yang tinggi akan menyebabkan munculnya penyakit jantung. Contohnya seperti penyakit jantung koroner. Ketika kadar kolesterol terjaga, maka akan terhindar dari penyakit jantung.

13. Menghindari Infeksi Kemaluan

Infeksi kemaluan akibat diabetes adalah hal yang sering terjadi. Terutama pada penyintas diabetes perempuan. Ini adalah salah satu akibat yang ditimbulkan dari penyakit diabetes.

Manfaat yogurt dapat digunakan untuk meminimalisir hal ini. Konsumsilah yogurt secara teratur. Hal ini juga akan membuat kamu terhindar dari infeksi ini.

Itulah manfaat yogurt untuk kesehatan dan kecantikan. Meskipun memiliki banyak manfaat, yogurt tetap tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Maka dari itu, pastikan kamu mengonsumsi tepat pada takarannya.

Akhirnya Gilang Suka Yoghurt
Akhirnya Gilang Suka Yoghurt

tombol beli buku

Temukan hal-hal menarik lainnya dalam www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih