in

Ketahui Kandungan Gizi Kangkung yang Baik Untuk Kesehatan

Kandungan gizi kangkung – Water spinach atau yang sering kita kenal dengan nama kangkung merupakan salah satu sayuran hijau yang pasti sudah sangat dikenal di tengah masyarakat kita. Kangkung punya daun dan batang yang lembut, ada rasa manis, dan segar ketika ditumis atau direbus

Di Indonesia sendiri, sayur kangkung biasanya dimasak dengan cara ditumis, untuk lalap atau pelengkap masakan lain. Kangkung juga bisa di dengan hidangan bersama ayam goreng atau ikan goreng. Kangkung ini tergolong sayuran yang mudah tumbuh dan mudah dalam perawatannya.

Kangkung termasuk dalam genus Convolvulaceae, yang memiliki nama ilmiah Ipomoea aquatica. Kangkung ini masih berkerabat dekat dengan ubi jalar. Tanaman kangkung punya batang yang berongga pada bagian tengah, mirip dengan selada air, oleh sebab itu, di China kangkung disebut Kung Shin Tsai atau sayuran yang bertangkai dan berlubang.

Daun kangkung berwarna hijau dan berbentuk mata panah, punya ukuran yang beragam, mulai dari 3 cm hingga 8 cm. Tanaman kangkung punya bunga berwarna putih, bagian tengah berwarna ungu dan berbentuk terompet. Umumnya bunga kangkung akan muncul saat kangkung sudah tua, tapi kangkung dipanen sebelum bunganya berkembang.

Kangkung juga bisa dipanen dalam 20 hari saja lho, serta bisa tumbuh dalam kondisi lembab maupun panas, dan perawatan yang sangat mudah, hanya butuh sedikit pupuk dan penyiraman yang teratur.

Biar pembahasan kangkung semakin lengkap, maka di artikel ini, kita juga akan membahas tentang fakta unik kangkung, apa saja faktanya? Eits, tak cuma itu, tapi kita juga akan membahas kandungan kangkung hingga manfaatnya. Jadi, tunggu apalagi mari simak ulasan ini sampai selesai, ya.

Fakta Unik Seputar Kangkung 

Mengkonsumsi banyak sayuran pastinya sangat bagus dan dianjurkan, sebab banyak mengonsumsi sayur, tubuh kita akan sehat karena menerima vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam sayuran yang kita konsumsi.

Tidak jarang, beberapa orang memilih menjadi vegetarian supaya panjang umur dan hidupnya tetap sehat. Vegetarian sendiri merupakan nama untuk sekelompok orang yang hanya makan sayur setiap harinya.

Tahukah Grameds, kenapa sebagian orang tidak suka kangkung? Padahal kangkung sangat sehat untuk dikonsumsi. Sebab, ada sebagian orang yang mengatakan jika mengkonsumsi kangkung bisa membuat tubuh lemas dan menyebabkan kantuk. Kira-kira, itu mitos atau fakta ya?

1. Kangkung Penyebab Kantuk, Mitos atau Fakta?

Banyak beredar mitos, jika mengkonsumsi kangkung bisa menyebabkan kantuk dan tubuh lemas, tapi sayangnya, secara medis belum ada fakta yang mengatakan bahwa kangkung bisa menyebabkan tubuh lemas dan kantuk.

Tapi, kangkung memang mengandung zat sedatif yang membuat pikiran dan tubuh kita terasa rileks, sehingga kamu mudah merasa ngantuk setelah mengkonsumsi kangkung. Namun, hal ini belum sepenuhnya benar, sebab faktanya tingkat respon dan efek pada tubuh seseorang setelah mengkonsumsi kangkung ternyata berbeda-beda.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Disamping itu, makanan yang tinggi karbohidrat juga bisa menyebabkan kantuk dan rasa lemas, misalnya nasi. Ketika kamu makan nasi dan kangkung kemungkinan kamu akan mengantuk. Jadi, makan kangkung bukanlah satu-satunya penyebab lemas dan kantuk.

2. Kangkung Bisa Menghilangkan Ketombe

Ada fakta menarik tentang kangkung lho, yaitu kangkung berkhasiat bisa menghilangkan ketombe pada rambut kamu. Caranya dengan menumbuk daun kangkung sampai halus dan keluar cairan berwarna hijau, lalu oleskan cairan itu pada rambut yang berketombe. Kamu juga bisa merebusnya, hingga air berwarna hijau, kemudian saring.

3. Kangkung Bisa Menetralkan Racun

Seperti yang telah diketahui, kangkung mengandung zat sedaktif atau zat penenang. Zat ini selain bisa menenangkan pikiran juga berfungsi menetralisir racun dalam tubuh kita.

Oleh karena itu, tubuh akan lebih sehat dan rileks. Bahkan di Negara Filipina, tanaman kangkung ini banyak dijadikan sebagai bahan obat-obatan, misalnya untuk mengobati penyakit sembelit, wasir, dan obat diet herbal.

Asal Usul Tanaman Kangkung

Kangkung adalah tanaman yang banyak tumbuh di kawasan Asia, khususnya Indonesia. Sayuran jenis kangkung masuk dalam keluarga Convolvulaceae, yakni kangkung-kangkungan. Tanaman ini umumnya tumbuh subur di daerah yang lembab dan berlumpur, seperti tepi sungai, parut, dan rawa-rawa.

Kangkung punya jangka waktu panen yang cukup cepat, yaitu sekitar 2 bulan. Maka tak heran, kangkung mudah ditemukan dipasaran. Kangkung juga telah menjadi masakan tradisional Nusantara sebagai pelengkap makanan atau berbagai masakan lain, seperti tumisan, mie kangkung, cah kangkung, dan lainnya.

Di era zaman sekarang, jangan salah kaprah dalam mempercayai sesuatu begitu saja. Ingin tahu fakta dibalik mitos seputar kesehatan? Tenang, kalian tak perlu bingung mencari informasinya, karena lewat buku dengan judul Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan ini, pembaca tak akan keliru lagi, mana mitos kesehatan dan fakta kesehatan. Jadi, biar nggak keliru terkait mitos atau fakta kesehatan, maka langsung dapatkan bukunya, segera, ya.

Kandungan Gizi Kangkung 

Kangkung yang banyak hidup di rawa-rawa ini, mudah ditemui di seluruh kawasan Asia, termasuk Indonesia. Seperti yang umum diketahui, sayur kangkung ini punya bentuk daun yang memanjang dan sedikit runcing pada bagian ujung, dengan lebar lebih dari 7 cm.

Kangkung merupakan tanaman yang mudah tumbuh, dan mudah dalam perawatan, sehingga tak heran sayuran satu ini mudah ditemukan dipasaran. Tak berbeda jauh dengan sayuran lainnya, kangkung juga mengandung sejumlah gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan lho.

Dalam per 100 gram kangkung segar, mengandung berbagai macam gizi, diantaranya adalah :

  • Air : 91 gram
  • Lemak : 0,7 gram
  • Protein : 3,4 gram
  • Serat : 2 gram
  • Kalsium (Ca) : 67 mg (miligram)
  • Karbohidrat : 3,9 gram
  • Besi (Fe) : 2,3 mg
  • Kalium (K) : 250,1 mg
  • Abu : 1 gram
  • Seng (Zn) : 0,4 mg
  • Fosfor (P): 54 mg
  • Beta-Karoten : 2.868 mcg (mikrogram)
  • Natrium (Na) : 65 mg
  • Karoten Total (Re) : 5.542 mcg
  • Tembaga (Cu): 0,13 mg
  • Riboflavin (Vit. B2) : 0,36 mg
  • Thiamin (Vit. B1) : 0,07 mg
  • Vitamin C : 17 mg
  • Niasin (Niacin) : 2 mg

Jika dihitung, dalam secangkir air kangkung, terkandung sekitar 51% kebutuhan akan vitamin C harian, dan 70% vitamin A harian. Namun, meskipun kangkung mengandung banyak gizi, sayuran ini sebenarnya rendah kalori.

Sebab, sebelum dimasak, kangkung hanya mengandung kurang lebih 28 kalori. Tapi, untuk kandungan nutrisi lainnya tak perlu diragukan lagi, seperti protein, karbohidrat, vitamin, mineral, hingga serat memperkaya kandungan nutrisi sayur kangkung ini.

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan 

Tak hanya rasanya yang enak, kangkung juga punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan loh. Apa saja manfaatnya? Berikut deretan manfaat kangkung untuk kesehatan:

1. Menekan Kolesterol Jahat

Manfaat kangkung yang pertama yaitu bisa menekan kolesterol secara alami. Selain itu, jika Grameds sedang menurunkan berat badan, mengonsumsi kangkung bisa menjadi solusi yang tepat. Menurut penelitian dalam Journal of Applied Sciences, menjelaskan bahwa makan kangkung secara rutin bisa membantu menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol.

Khasiat ini diduga oleh peneliti berkat kandungan kangkung yang tinggi serat. Jadi, sayuran ini memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Memelihara Kesehatan Mata

Kangkung juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi, vitamin A sangat baik untuk memelihara kesehatan mata. Sebab, vitamin A mampu melindungi lapisan dan kornea mata dari infeksi virus dan bakteri. Vitamin A juga bisa membantu meningkatkan produksi cairan mata sehingga mencegah mata kering.

3. Mengobati Penyakit Liver

Kangkung ternyata juga biasa digunakan untuk pengobatan Ayurveda, yaitu pengobatan penyakit liver atau penyakit kuning.

Ekstrak kangkung ini dipercaya bisa memberikan perlindungan pada organ hati dari kerusakan hati akibat modulasi enzim detoksifikasi. Hal ini disebabkan karena kangkung punya senyawa bersifat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas.

4. Sebagai Anti-radang

Sayur kangkung ternyata juga punya manfaat sebagai obat anti radang yang mujarab. Kangkung diketahui mampu melawan peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri Bacillus subtilis dan Staphylococcus aureus.

Peradangan yang terjadi, biasanya ditandai gejala seperti pembengkakan dan rasa nyeri. Bakteri-bakteri tersebut dapat menyebabkan penyakit bintitan, MRSA, hingga keracunan makanan.

5. Mencegah Anemia

Kangkung merupakan sayuran hijau yang tinggi akan zat besi. Sehingga, manfaat ini sangat berguna untuk ibu hamil. Sebab, kandungan zat besi pada kangkung bisa mencegah ibu hamil kekurangan darah atau anemia.

Maka tak heran, jika ibu hamil sering mendapat suplemen tambahan untuk memenuhi asupan zat besi hariannya. Zat besi sendiri merupakan mineral yang sangat penting yang dibutuhkan tubuh, yaitu untuk pembentukan hemoglobin atau sel darah merah.

6. Mengobati Penyakit Diabetes

Ada penelitian pada tahun 2013, hasil penelitian yang dilakukan pada tikus percobaan, berhasil menemukan bahwa rutin mengonsumsi kangkung berkhasiat mencegah penyakit diabetes pada ibu hamil.

Penelitian mencatat, bahwa kangkung juga bekerja sebagai antioksidan. Senyawa tersebut mampu melawan oksidasi penyebab terjadinya diabetes dalam sel-sel tubuh ibu hamil.

7. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh 

Kandungan berbagai jenis mineral pada sayur kangkung, membuat sayur satu ini dipercaya dapat mencegah dehidrasi. Hal ini karena kandungan seperti natrium dan kalium punya peran utama untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Kedua mineral ini berfungsi untuk menjaga kadar elektrolit dan keseimbangan cairan dalam tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Itulah mengapa, makan sayur kangkung bisa mencegah kamu kehilangan banyak cairan.

8. Mencegah Sembelit dan Gangguan Pencernaan 

Kangkung juga punya khasiat untuk menjaga kesehatan pencernaan, yaitu dengan membantu melancarkan sistem pencernaan dan berbagai gangguan pencernaan dengan alami.

Hal ini karena kangkung mengandung serat yang tinggi. Sifat serat yang terkandung adalah sebagai pencahar, dan sangat membantu seseorang yang mengalami sembelit atau gangguan pencernaan lainnya.

9. Meningkatkan Imunitas Tubuh 

Kangkung tinggi akan vitamin C, oleh karenanya ia mampu meningkatkan imunitas tubuh dan melawan kerusakan sel. Manfaat kangkung ini sayang untuk kamu lewatkan, sebab bisa mencegah penyakit yang disebabkan lemahnya sistem imun tubuh dan mengurangi resiko penyakit kronis lainnya.

Kandungan vitamin dan mineralnya bisa membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan infeksi bakteri dan virus, atau akibat penyakit kronis seperti stroke dan penyakit jantung.

10. Anti Kanker 

Kangkung mengandung senyawa antioksidan yang bisa membantu menangkal radikal bebas pada tubuh, sehingga membantu memperkuat lingkungan sel alami dengan mengubah kondisi ketika sel kanker akan berkembang.

Kangkung ini juga diduga berkhasiat untuk pencegahan kanker kulit, kanker payudara, serta kanker kolorektal dan perut.

11. Memelihara Kesehatan Jantung

Kangkung mengandung nutrisi penting seperti vitamin C dan A serta konsentrasi senyawa beta-karoten yang tinggi. Nutrisi tersebut berfungsi sebagai antioksidan dan mengurangi radikal bebas, sehingga mencegah terjadinya kolesterol teroksidasi.

Tak hanya itu, kandungan folat pada kangkung juga membantu mengubah homosistein, yaitu bahan kimia berbahaya yang jika dalam kadar tinggi bisa menyebabkan stroke atau serangan jantung.

Kangkung juga mengandung magnesium yang merupakan mineral untuk menurunkan tekanan darah dan memelihara kesehatan jantung.

Jantung merupakan organ vital yang punya peranan sangat penting dalam tubuh, oleh karena itu Grameds harus menjaga kesehatan jantung ya! Bingung mencari buku panduan menjaga kesehatan jantung, terutama dalam memilih makanan? Tenang, hilangkan rasa bingung itu, karena kamu bisa tahu informasi menjaga kesehatan jantung melalui buku Agar Jantung Sehat

Manfaat Kangkung Untuk Kecantikan 

Tak hanya memiliki sederet manfaat untuk kesehatan, kangkung juga memberikan manfaatnya untuk kecantikan lho. Apa saja?

1. Mengobati Penyakit Kulit

Tunas kangkung bisa digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit kulit seperti kudis, kurap, dan penyakit kulit lainnya. Kangkung juga bisa mencegah kanker kulit dan bisa digunakan untuk pengobatan kulit seperti eksim, jerawat, dan psoriasis.

2. Mencegah Penuaan Dini 

Kangkung memiliki senyawa antioksidan kimiawi yang cukup tinggi, sehingga bisa mencegah kerusakan sel dan jaringan pada tubuh akibat radikal bebas.

Hal ini akan membuat sel kulit lebih sehat dan tahan terhadap kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet serta meminimalisir kerutan pada kulit wajah. Dengan begitu, Grameds bisa makan kangkung dengan rutin untuk mencegah penuaan dini.

3. Mencegah Kerontokan Rambut 

Seperti Grameds ketahui, nutrisi yang terkandung dalam kangkung sangat beragam, manfaat lainnya yaitu bisa menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Jus kangkung diketahui bermanfaat untuk pertumbuhan rambut, mencegah munculnya ketombe, dan mencegah kerontokan pada rambut. Maka dari itu, tekstur rambut terlihat lebih berkualitas dan sehat.

4. Meremajakan Kulit

Mengonsumsi jus kangkung disinyalir bisa membantu penyembuhan gangguan pada kulit seperti jerawat, kangkung juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dengan menghilangkan racun berbahaya pada tubuh. Hal ini karena kangkung kaya akan sumber vitamin C, Vitamin A, lutein, dan karotenoid. Yang mana semua nutrisi tersebut dapat menjaga kesehatan kulit dan membantu kulit kamu terlihat lebih bercahaya.

Tips Mengolah Sayur Kangkung

Mengolah kangkung sebenarnya sangatlah mudah, batang muda yang empuk, dan daun lebar harus dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan. Sayur kangkung punya citarasa yang manis dan lembut, dan tekstur yang sedikit berlendir, namun rasanya tetap enak.

Braising atau steam cook menjadikan kangkung memiliki rasa yang unik dan tekstur daun yang segar dan batang tetap renyah. Di Indonesia sendiri, kangkung sering diolah dengan cara ditumis atau direbus untuk pelengkap hidangan.

Berikut tips penyajian kangkung yang enak:

  • Tunas kangkung yang empuk dan segar bisa digunakan dalam salad hijau.
  • Batang dan daun kangkung bisa dicincang halus lalu ditumis dengan bawang putih, ini bisa digunakan untuk isian dimsum.
  • Kangkung bisa diolah seperti ditumis dengan aneka bumbu, atau direbus untuk pelengkap hidangan lain.
  • Kangkung merupakan pengganti sayuran hijau yang baik selain bayam dan lobak, dan untuk banyak resep masakan.

Di Indonesia sendiri, kangkung sering diolah dengan cara ditumis atau ca kangkung, yaitu dimasak dengan cabai dan terasi yang merupakan ciri khas masakan Indonesia. Temukan berbagai macam resep masakan berbahan dasar kangkung atau sayuran hijau untuk melengkapi menu hidanganmu Grameds melalui buku Hidangan Ca Dan Tumis.

Kesimpulan 

Kangkung merupakan jenis sayur daun hijau yang sangat baik untuk dikonsumsi. Bahkan telah diketahui banyak mengandung gizi dan nutrisi yang bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Dalam mengolah kangkung pun sangatlah mudah, kamu hanya perlu menumisnya sebentar atau merebusnya. Tapi, kangkung yang tumbuh dirawa-rawa, parit atau tepi sungai, mungkin banyak mengandung cacing yang terbawa air, jadi Grameds tetap harus berhati-hati ya.

Jangan mengonsumsi sayur kangkung secara mentah, dikhawatirkan bisa sakit perut, demam, diare, gangguan usus atau reaksi alergi akibat larva yang terbawa. Oleh sebab itu, pastikan Grameds mencuci kangkung dengan benar, dan mengolah kangkung hingga matang ya!

Jika sobat grameds membutuhkan buku-buku resep masakan, maka Gramedia.com siap menemani dan mengisi bacaan kalian dengan buku-buku yang tersedia di Gramedia. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Veronika Novi

Rujukan :

  • https://www.guesehat.com/kandungan-gizi-pada-kangkung
  • https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-kangkung-buat-kesehatan/%3famp=1
  • https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-unik-sayur-kangkung-ini-wajib-anda-ketahui
  • https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/food/dining-guide/amp/prila-arofani/10-manfaat-kangkung-bagi-kesehatan-kandungan-gizinya-banyak-banget
  • https://www.alodokter.com/5-manfaat-kangkung-yang-sayang-dilewatkan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.