in

10 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

beautiful blonde woman in the modern kitchen

10 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan – Berbagai jenis minuman dapat dikonsumsi sebagai asupan cairan sehari-hari agar dapat menjalankan segala aktivitas dengan baik dan lancar. Akan tetapi, hanya satu jenis minuman yang paling baik untuk dikonsumsi yaitu air putih. Hal ini tidak lain karena air putih merupakan jenis air minuman yang bebas akan kalori dan gula sehingga lebih menyehatkan untuk dikonsumsi setiap harinya.

Tidak hanya untuk menghilangkan dahaga saja, manfaat dari minum air putih untuk kesehatan sangatlah beragam. Minum air putih ketika baru bangun tidur telah terbukti sebagai salah satu metode yang ampuh dalam menjaga kesehatan dan kebugaran pada tubuh.

Grameds disarankan untuk mengkonsumsi air putih setidaknya minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas setiap harinya secara rutin. Sedangkan, untuk ibu hamil disarankan mengkonsumsi air putih minimal sekitar 2,5 liter setiap harinya dan untuk ibu menyusui sebanyak 3 liter per harinya.

Kamu pun dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak air putih jika sedang mengalami beberapa kondisi ini pada tubuh, seperti demam, diare, cuaca panas, setelah berolahraga, muntah-muntah, dan lain sebagainya.

Grameds juga bisa membaca rekomendasi buku berikut ini untuk mengatasi beberapa penyakit dengan terapi mengkonsumsi air putih. Langsung saja klik di bawah ini ya!

Nah, pada satu artikel ini akan membahas tentang beberapa manfaat air putih yang baik bagi kesehatan. Yuk, simak hingga akhir artikel di bawah ini!

Berikut ini adalah beberapa manfaat air putih bagi kesehatan, antara lain:

1. Menjaga Konsentrasi

Kekurangan cairan di dalam tubuh juga akan berakibat pada terganggunya salah satu fungsi otak, dalam hal ini terutama kemampuan untuk konsentrasi dan fokus. Hal ini tentu akan berdampak saat akan menjalankan segala aktivitas dan produktivitas kamu sepanjang harinya. Oleh karena itu, grameds disarankan untuk secara rutin mengkonsumsi air putih sehingga otak dapat berfungsi secara optimal dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

2. Meningkatkan Stamina Tubuh

Tubuh akan selalu membutuhkan energi untuk bisa menjalani segala aktivitas setiap harinya. Sumber energi untuk tubuh tidak hanya diperoleh dari makanan saja. Maka dari itu, konsumsilah air putih yang cukup dapat juga membuat tubuh menjadi tidak mudah lemas sehingga dapat bergerak dan beraktivitas dengan baik dan lancar.

3. Mencegah Dehidrasi

Menjaga asupan cairan di dalam tubuh dengan mengkonsumsi air putih sangatlah penting. Hal ini untuk mencegah tubuh agar terhindar dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Walaupun terlihat ringan kondisi dehidrasi yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan beberapa gangguan, seperti kejang, fungsi ginjal, kejang, syok yang dapat membahayakan nyawa, dan lain sebagainya.

4. Meningkatkan Metabolisme

Minum air putih dalam keadaan perut yang kosong dapat meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh. Peningkatan metabolisme menjadi sangat penting bagi kamu yang sedang menerapkan diet ketat. Dengan meningkatnya proses metabolisme maka proses pada sistem pencernaan akan menjadi lebih baik.

5. Menurunkan Berat Badan

Seperti diketahui sebelumnya bahwa dengan mengkonsumsi air putih dapat meningkatkan metabolisme sehingga memudahkan tubuh dalam membakar lemak serta membuang kotoran pada tubuh melalui urine, keringat, dan juga tinja. Hal ini tentunya akan berdampak pada menurunnya berat badan.

Tidak hanya itu, dengan mengkonsumsi air putih setiap harinya sebelum makan dapat memberikan salah satu efek kenyang di dalam tubuh sehingga porsi makan yang akan dikonsumsi pun menjadi lebih sedikit. Dengan begitu, asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga dapat tetap terjaga dan berat badan pun dapat terkontrol dengan baik.

Kamu juga bisa mencoba gaya hidup sehat dengan membaca salah satu rekomendasi buku yang satu ini tentang bagaimana “gaya hidup enak menurunkan berat badan langsung langsing” karya Dr. Hans Tandra, Sppd-Kemd.

6. Menjaga Kesehatan Otot dan Sendi

MInum air putih secara rutin juga dapat menjaga kesehatan pada kekuatan dan kelenturan otot dan sendi pada tubuh. Hal ini akan berdampak pada otot sehingga tidak mudah kaku dan tubuh pun tidak cepat merasa lelah saat akan bergerak untuk melakukan segala aktivitas sepanjang hari.

7. Mencegah Penyakit Ginjal

Sebuah studi penelitian mengemukakan bahwa dengan minum air putih yang cukup secara rutin dapat mencegah penyakit pada ginjal, seperti terbentuknya batu ginjal atau kambuhnya penyakit batu ginjal pada orang yang sebelumnya pernah mengidap penyakit tersebut.

Hal ini dikarenakan adanya asupan cairan yang cukup maka dapat membantu dalam melancarkan proses pembuangan dari sisa metabolisme pada tubuh melalui urine dan juga mencegah terbentuknya batu kristal pada ginjal.

Cairan tubuh merupakan salah satu alat transportasi limbah dari tempat keluar dan masuknya sel pada ginjal. Adapun, racun utama dalam tubuh yakni nitrogen urea darah, salah satu jenis cairan yang bisa melewati organ ginjal untuk kemudian diproses dan dikeluarkan dalam bentuk urine.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Apabila cairan tubuh dapat tercukupi maka urine yang normal akan mengalir dengan jernih, bebas, dan tidak bau. Sementara itu, jika cairan tubuh tidak dapat mencukupi maka konsentrasi urine, warna, dan baunya akan lebih terlihat sebab ginjal harus tetap menyerap cairan ekstra itu untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

8. Menjaga Tekanan Darah

Air memegang peran utama yang paling penting sebagai bagian terbesar di dalam darah. Apabila kamu kekurangan cairan tubuh maka darah akan menjadi lebih kental sehingga dapat menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan elektrolit, seperti kalium dan natrium di dalam darah.

Kurangnya cairan tubuh juga bisa berdampak pada menurunnya tekanan darah. Oleh karena itu, rutinlah mengkonsumsi air putih sehingga tekanan darah dapat tetap normal dan terjaga dengan baik.

9. Memelihara Kesehatan Kulit

Kurangnya cairan di dalam tubuh bisa menyebabkan kulit menjadi mudah kering. Dengan demikian, sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih secara rutin setiap harinya sehingga kulit dapat tetap terhidrasi dalam menjaga dan memelihara kelembapan kulit menjadi lebih sehat.

10. Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat minum air putih selanjutnya, yaitu dapat menjaga sistem pencernaan di dalam tubuh. Air putih membantu proses penyerapan vitamin dan nutrisi dari makanan pada sistem pencernaan. Makanan yang mengandung begitu banyak serat tidak akan ada manfaatnya jika tidak dibantu dengan mengkonsumsi air putih. Maka dari itu, konsumsilah air putih yang cukup secara rutin setiap harinya dengan begitu serat dari makanan tidak akan menjadi zat jahat yang bisa menyebabkan penyakit sembelit pada sistem pencernaan.

Kamu tidak perlu khawatir grameds jika mengalami masalah pada sistem pencernaan tubuh. Karena buku yang satu ini akan memberikan informasi bagaimana langkah dalam mengatasi masalah pencernaan.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Nah, itulah pembahasan pada satu artikel ini tentang beberapa manfaat minum air putih yang baik bagi kesehatan tubuh. Kamu dapat terus mengkonsumsi air putih setiap harinya secara rutin agar terhindar dari beberapa penyakit dan tentunya agar tidak mengganggu aktivitas yang akan kamu lakukan setiap harinya. Semoga setelah membaca artikel ini grameds bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan lebih tentang manfaat minum air putih yang belum kamu ketahui.

Jika grameds memiliki ketertarikan untuk mencari manfaat lainnya tentang minum air putih bagi kesehatan kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam menemani kamu dalam berkembang dan melangkah maju setiap harinya. Selamat belajar dan semoga bermanfaat ya!

Penulis: Elsya Islamay

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Elsya Islamay