in

Menu Makanan untuk Orang Sakit yang Perlu Kamu Ketahui

Hello Sehat

Makanan untuk Orang Sakit – Asupan makanan merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan. Apalagi saat sedang sakit, tubuh perlu asupan ekstra. Nilai gizi harus diperhatikan untuk membuat orang sakit menjadi lebih sehat. Namun, makanan lezat terlihat biasa saja jika kita sedang sakit. Untuk itu, berikut referensi menu masakan untuk orang sakit yang bisa Grameds coba.

Menu Makanan untuk Orang Sakit

Orang sakit tentu tidak boleh sembarangan makan, sehingga penting untuk kita terutama yang merawat orang sakit untuk mengetahui menu makanan untuk orang sakit yang pas. Selain itu, bagi orang sakit tidak boleh sembarangan makan. Pilihlah yang mengandung gizi lengkap dan mudah dicerna.

Berkat makanan bergizi dengan kandungan vitamin dan mineralnya, misalnya buah pisang dan alpukat menjadi buah-buahan yang cocok dikonsumsi orang sakit. Sayuran hijau yang mengandung vitamin dan mineral yang baik juga cocok bagi tubuh. Namun, makanan ini tidak cocok menjadi makanan untuk orang yang sedang sakit asam urat.

Tidak hanya harus mencukupi kekurangan nutrisi, makanan untuk orang sakit sebaiknya juga bisa membantu proses penyembuhan. Berikut contoh makanan yang boleh orang sakit makan antara lain:

1. Sup Ayam

Makanan untuk Orang Sakit
Resep Istimewa

Makanan yang sering jadi menu wajib di rumah sakit ini sudah lama dikenal sebagai makanan sehat untuk orang sakit. Kandungan protein, mineral, kalori, dan vitamin di dalamnya cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa penyembuhan.

Sup ayam juga menjadi sumber cairan dan elektrolit yang sangat baik, terutama untuk pasien yang terkena diare atau demam. Saat sedang flu, semangkuk sup ayam hangat mampu menggantikan cairan yang hilang sekaligus melegakan hidung tersumbat dengan mengencerkan dahak yang ada.

Selain itu, para ahli juga menemukan kandungan asam amino sistein, asetil sistein, dan bentuk sistein lainnya pada sup ayam yang memiliki sifat antivirus, anti-inflamasi serta antioksidan. Ketiga bahan tersebut sangat dibutuhkan orang yang sedang sakit. Sup ayam juga diketahui dapat menghambat neutrofil yang merupakan penyebab munculnya gejala hidung tersumbat dan batuk.

2. Kaldu

Makanan untuk Orang Sakit
cookpad.com

Sama halnya seperti sup ayam, kaldu juga termasuk makanan yang sangat baik untuk orang sakit. Kaldu terbuat dari hasil penyaringan rebusan daging, baik itu daging sapi, kambing, ayam, ataupun ikan.

Kandungan nutrisi dalam kaldu cukup lengkap, mulai dari kalori, vitamin dan mineral seperti magnesium, kalsium, folat, dan fosfat. Siapa sangka bahwa hanya dengan menghirup kaldu saat hangat saja sudah dapat membantu meringankan hidung mampet saat flu.

Adapun yang tidak kalah penting, konsumsi kaldu saat sakit dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan dan mineral tubuh. Makanan ini juga mudah dicerna, sehingga tidak akan memberatkan saluran pencernaan.

Namun, Grameds perlu berhati-hati dengan penggunaan garam pada masakan. Sebaiknya, batasi jumlah garam bila Anda sudah pakai kaldu sebagai penyedap masakan.

The Architecture of Love | Di balik Pena

3. Bawang Putih

Makanan untuk Orang Sakit
Grid.ID

Bahan makanan yang kerap dijadikan bumbu masakan ini sudah digunakan sejak dahulu sebagai obat alami. Penelitian modern juga menemukan bahwa bawang putih bersifat antibakteri, antivirus dan anti jamur.

Senyawa dalam bawang putih juga diketahui dapat membantu meningkatkan sistem imun. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang rutin makan bawang putih lebih jarang sakit, daripada mereka yang tidak makan bawang putih.

Perbedaannya bahkan sampai 70%. Untuk meredakan gejala flu dan pilek, coba tambahkan bawang putih pada sup ayam atau kaldu. Cara ini juga dapat meningkatkan sistem imun yang dapat mempercepat penyembuhan.

4. Air Kelapa Muda

Makanan untuk Orang Sakit
kompas.com

Segar rasanya bila bisa menikmati segelas air kelapa muda saat matahari sedang terik-teriknya. Banyak orang percaya bahwa air kelapa muda khususnya yang berasal dari kelapa hijau memiliki banyak khasiat.

Mencukupi kebutuhan air adalah hal penting yang harus dilakukan selama sakit. Terutama jika Anda sedang mengalami diare, demam tinggi, atau muntah-muntah, sehingga rentan dehidrasi.

Sebagai solusinya, carilah air kelapa muda dan minum sesegera mungkin. Pasalnya, air kelapa muda merupakan minuman isotonik alami yang dapat menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang.

Kandungan Gizi dalam Air Kelapa Muda

  • Dalam 240 gram kelapa muda terdapat sekitar 46 kalori, 6 gr gula, 2 gr protein, 252 mg sodium, 9 gr karbohidrat, 3 gr serat, dan 0 gr lemak.
  • Nutrisi utama yang memegang peranan penting adalah potasium yakni sebanyak 600 mg, sehingga membuat air kelapa muda bisa diandalkan sebagai salah satu minuman elektrolit.
  • Mineral lainnya adalah magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, zinc, tembaga, mangan, dan selenium.
  • Air kelapa muda juga mengandung berbagai vitamin seperti A, B6, B12, C, D, E, K, thiamin, riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, kolin, dan betain.
  • Beberapa peneliti bahkan menduga kandungan hormon sitokinin dalam air kelapa muda dapat berfungsi sebagai anti-kanker.

Manfaat Air Kelapa Muda

a. Mengurangi selulit

Selain mendongkrak energi dan mengurangi selulit. Air kelapa bisa mendongkrak energi karena kandungan elektrolit ya yang tinggi. Oleh sebab itu, air kelapa mengurangi selulit untuk kulit yang berasal dari kandungan air kelapanya.

b. Menurunkan tekanan darah

Kondisi ini disebabkan karena kandungan potasium dalam air kelapa muda yang bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Saat masuk dalam tubuh, potasium akan menetralkan efek dari sodium, sehingga tekanan darah menurun.

c. Menurunkan berat badan

Hal ini jelas karena air kelapa muda bebas lemak dan hanya memiliki sedikit kadar karbohidrat maupun gula. Asalkan diminum tanpa gula tambahan, maka air kelapa muda baik untuk membantu Anda yang sedang diet.

d. Meningkatkan performa olahragawan/ atlet

Kandungan potasium air kelapa muda yang tinggi membuatnya dapat menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh. Oleh sebab itu, minuman tersebut cocok untuk para olahragawan atau atlet yang rutin berlatih.

e. Menurunkan kolesterol

Pada riset yang dilakukan pada tahun 2006, saat tikus-tikus sebagai objek percobaan diberi minuman air kelapa muda, maka kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam tubuhnya menurun. Tidak hanya itu, para tikus yang memiliki penyakit jantung juga didapati lebih cepat sembuh berkat jasa potasium, kalsium, dan magnesium yang terdapat dalam air kelapa muda.

f. Meredakan stres dan otot kaku/ tegang

Mengonsumsi air kelapa muda boleh jadi memiliki dampak yang sama seperti pijat relaksasi. Hal ini berkat kandungan kalsium dan magnesium yang berjasa untuk meredakan stres dan otot kaku.

Di samping dapat menguatkan tulang dan gigi, kalsium juga bisa merilekskan otot dan menurunkan resiko sakit jantung. Sementara itu, untuk magnesium yang selama ini dijuluki sebagai mineral relaksasi yang ternyata dapat merangsang produksi hormon serotonin. Jadi, jangan segan mengkonsumsi air kelapa muda saat Anda sedang mengalami kepenatan yang luar biasa.

g. Detoksifikasi tubuh

Tubuh manusia sebenarnya sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan detoksifikasi sendiri asalkan jumlah nutrisi dan cairan yang dibutuhkan mencukupi.

Bila cairan dalam tubuh kurang, maka toksin akan menumpuk karena ginjal dan hati selaku organ detoks tidak bisa berfungsi optimal. Tidak heran bila dehidrasi kemudian memicu berbagai gangguan seperti sakit kepala, mudah iritasi, gelisah, dan rasa haus yang berlebihan.

Oleh sebab itu, jika dirasa nutrisi dan cairan dalam tubuh berkurang, sebaiknya segera minum air kelapa.

5. Teh Hangat

Makanan untuk Orang Sakit
CNN Indonesia

Teh tidak hanya dapat dinikmati saat udara dingin atau saat menjamu tamu. Minuman yang dibuat dengan menyeduh daun teh kering ini ternyata juga sangat baik untuk membantu pemulihan saat sakit.

Seperti halnya sup ayam dan kaldu, minum secangkir teh hangat dapat meredakan hidung mampet sekaligus mencukupi kebutuhan cairan. Teh mengandung polifenol yang bersifat antioksidan dan anti-inflamasi yang mampu mengatasi peradangan dalam tubuh.

Selain itu, ada juga kandungan tanin dalam teh yang dapat membantu memerangi virus, bakteri, dan jamur di tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa teh hitam (mengandung tanin) yang diberikan pada tikus dapat menurunkan jumlah bakteri di tenggorokan tikus secara signifikan.

6. Madu

Makanan untuk Orang Sakit
kompas.com

Madu telah lama dikenal sebagai makanan super, sebab mampu menyembuhkan luka hingga meningkatkan sistem imun. Itu sebabnya, madu dapat dijadikan salah satu makanan untuk orang sakit.

Terutama bagi Anda yang sedang flu atau radang tenggorokan akibat bakteri, madu bisa menjadi salah satu solusinya. Bahkan, bahan alami yang satu ini juga aman diberikan untuk anak-anak. Akan tetapi, madu tidak disarankan untuk bayi yang usianya di bawah 12 bulan, sebab berpotensi memicu botulisme.

7. Jahe

Makanan untuk Orang Sakit
Hello Sehat

Jahe lebih dikenal sebagai bahan makanan anti mual, sehingga sering digunakan sebagai terapi mual untuk ibu hamil. Senyawa kimia di dalam jahe juga bertindak layaknya obat anti inflamasi non steroid (seperti aspirin atau ibuprofen), tapi versi alaminya.

Tidak hanya itu, jahe juga mengandung antioksidan, antimikroba, hingga efek anti kanker. Itulah mengapa, rempah-rempah yang satu ini sering ditambahkan dalam sajian makanan untuk orang sakit. Untuk mempercepat pemulihan, pilihlah jahe yang segar atau ekstraknya saja dan bukan perisa jahe. Kemudian, olah jahe sebagai penyedap rasa masakan dan makanlah selagi hangat.

Bakul Kuliner Populer : Lauk Sehat
Bakul Kuliner Populer : Lauk Sehat

8. Makanan Pedas

Makanan untuk Orang Sakit
Pergikuliner

Banyak orang mungkin menganggap makanan pedas harus dihindari semasa sakit. Hal ini dikhawatirkan malah menyebabkan diare dan memperlambat masa penyembuhan.

Padahal, kandungan capsaicin dari cabai justru dapat membantu mengencerkan dahak dan melegakan pernapasan. Kandungan vitamin C dari cabai juga baik untuk proses penyembuhan.

Namun, makanan pedas sebaiknya tidak diberikan pada mereka yang mengalami masalah pencernaan. Hal ini karena cabai dapat menyebabkan perut kembung, rasa nyeri di lambung, bahkan hingga menyebabkan muntah pada sebagian orang.

9. Pisang

Makanan untuk Orang Sakit
Orami

Pisang merupakan buah tropis yang menjadi favorit banyak orang. Tak hanya lezat, pisang juga kaya akan vitamin dan mineral, dan dapat dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan lezat.

Selain kaya nutrisi, buah ini juga memiliki kandungan protein dan lemak yang rendah. Mari simak penjelasan lebih lanjut mengenai buah pisang ini.

Kandungan Buah Pisang

Buah pisang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat kaya dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang bisa diperoleh dari buah pisang antara lain:

a. Kaya akan kandungan vitamin

Terdiri dari beberapa jenis vitamin seperti Vitamin A, Vitamin B3, Vitamin C dan Vitamin B6 yang memiliki fungsi bermacam-macam.

b. Kandungan mineral

Mineral yang terkandung dalam buah pisang adalah kalium, potassium, folat, mangan, zat besi, sodium, dan magnesium. Senyawa ini memiliki peran penting dalam tubuh manusia.

c. Kandungan protein

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan protein tinggi. Inilah salah satu alasan mengapa buah pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

d. Kaya akan serat

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, pisang kaya akan serat dan dapat membantu sistem pencernaan.

Manfaat Buah Pisang

a. Menjaga kesehatan ginjal

Pisang mengandung unsur kalium yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah dan membantu kerja ginjal. Pisang juga dapat mengurangi risiko batu ginjal yang berhubungan dengan ekskresi kalsium dalam urin.

b. Sebagai cemilan untuk para ibu hamil

Sangat dianjurkan untuk para ibu hamil untuk mengkonsumsi pisang, karena pisang memiliki asam folat yang tinggi. Asam folat ini dapat membantu pembentukan sel baru, membantu kesempurnaan janin dan dapat mencegah terjadinya cacat bawaan pada bayi.

c. Sumber tenaga

Pisang mengandung tiga jenis gula alami yaitu fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Gula alami ini dapat dengan cepat diubah menjadi energi. Oleh karena itu, cocok dikonsumsi saat Anda lelah dan membutuhkan energi sekejap.

d. Membantu memerangi anemia (kurang darah)

Pisang dapat membantu seseorang agar terhindar dari anemia karena pisang kaya akan zat besi yang membantu pembentukan hemoglobin dalam darah.

e. Melancarkan pencernaan dan buang air besar

Pisang dapat menjadi solusi alami bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan dan konstipasi perut. Jadi, ketika ada masalah pada pencernaan, kamu bisa mengonsumsi pisang.

f. Memperbaiki kondisi mood

Ternyata buah pisang memiliki kandungan triptofan yang memproduksi hormon serotonin. Nah, hormon serotonin ini yang mengatur suasana hati seseorang, sehingga kondisi mood bisa terjaga.

g. Membantu menjaga kesehatan mata

Pisang mengandung sejumlah vitamin A yang sangat penting untuk melindungi mata. Asupan vitamin A dapat mengurangi resiko kebutaan dan meningkatkan ketajaman mata.

h. Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan mineral magnesium dalam pisang dapat membantu kesehatan kerja jantung. Hasil penelitian telah membuktikan bahwa magnesium dapat mencegah terjadinya penyakit jantung kronis.

i. Menurunkan resiko stroke

Anda dapat memperoleh manfaat ini jika Anda mengkonsumsi pisang secara rutin setiap harinya. Oleh karena itu, sebaiknya segera membuat waktu rutin untuk mengonsumsi pisang.

j. Menyembuhkan luka bakar

Cukup dengan menumbuk buah pisang hingga halus. Kemudian, oleskan pada bagian kulit yang mengalami luka bakar untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkannya.

Kalau diperhatikan, pisang menjadi buah wajib dan hampir selalu ada setiap menu makanan di rumah sakit. Tidak heran sebab buah yang satu ini tak hanya terasa lezat dan gampang dicerna, tapi juga mengandung kaya kalori dan nutrisi penting lainnya.

Tekstur pisang yang lembut juga memudahkan untuk dicerna. Bila Anda sedang diare, makan pisang adalah pilihan tepat untuk membantu meredakan diare karena seratnya bisa membantu melancarkan pencernaan. Jadi, apakah hari ini kamu sudah mengonsumsi pisang yang baik untuk kesehatan?

10. Oatmeal

kompas.com

Seperti halnya pisang, oatmeal juga merupakan makanan untuk orang sakit yang kerap disajikan di rumah sakit. Oatmeal mengandung kalori, vitamin, protein dan mineral yang cukup baik bagi tubuh.

Selain itu, makan semangkuk oatmeal juga bermanfaat untuk menstimulasi sistem imun dan mengontrol gula darah. Itulah mengapa, makanan ini jadi pilihan utama bagi penderita diabetes, kolesterol tinggi, atau hipertensi.

11. Yogurt

Orami

Yogurt merupakan makanan hasil olahan susu yang mengandung kaya kalsium, vitamin, dan mineral. Beberapa jenis yogurt juga mengandung probiotik yang dapat membantu meringankan flu serta mempercepat penyembuhan penyakit. Beberapa penelitian mengungkap bahwa probiotik dari yogurt dapat mengurangi durasi flu.

12. Alpukat

tirto.id

Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat, terutama dari jenis asam oleat, sangat baik untuk mengurangi peradangan. Senyawa ini juga turut serta berperan dalam menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, tekstur daging buahnya yang lembut tentunya sangat ramah bagi pencernaan. Itulah mengapa, buah ini kerap dijadikan makanan untuk orang sakit.

13. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, atau selada mengandung kaya vitamin dan mineral yang sangat penting bagi tubuh selama sakit. Dilengkapi dengan serat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K yang baik bagi kesehatan.

14. Daging Ikan

Daging ikan kaya akan protein, mineral, dan vitamin, terutama vitamin D. Jenis ikan tertentu memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi, contohnya salmon, ikan kembung, dan tuna.

Asam lemak omega-3 pada ikan memiliki efek anti-inflamasi yang cukup kuat. Dengan rutin makan ikan, berbagai peradangan dalam tubuh akan berkurang, sehingga proses pemulihan bisa jadi lebih cepat.

Aneka Resep - Sup Sehat
Aneka Resep – Sup Sehat

Grameds bisa mendapatkan lebih banyak informasi seputar makanan sehat dengan membaca buku yang sudah tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. Menu Diet Sehat Paling Recommended
  2. Makanan Sehat yang Cocok dengan Golongan Darahmu
  3. Apa Itu Tanaman Obat: Sejarah, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya
  4. Daftar Best Seller Buku Obat Tradisional 2022 di Gramedia
  5. Best Seller Buku Resep Masakan
  6. Rekomendasi Buku Resep Masakan Rumahan untuk Bunda di Rumah
  7. Best Seller Buku Menu Diet Sehat, Keto Diet
Sumber : theatlantamall


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Khansa Amira

Khansa adalah seorang Content Writer yang telah berkarir sejak tahun 2021 dan dunia kepenulisan selalu menarik baginya. Dengan menulis Khansa dapat membuka wawasan dan pandangan baru tentang topik-topik menarik, terutama dunia kuliner.