in

Cara Minum Akar Bajakah yang Baik Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Cara minum akar bajakah – Belakangan ini, obat dari tanaman herbal akar bajakah kerap menjadi sorotan di dunia kesehatan. Terlebih, setelah adanya penelitian yang dilakukan pada tahun 2019 mengenai tanaman dan kayu bajakah yang dilakukan oleh tiga pelajar asal Indonesia dengan raihan medali emas di ajang World Invention Creativity Olympic di Korea Selatan.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa akar bajakah mempunyai kandungan berbagai senyawa penting. Misalnya saja, fenolik, flavonoid, tanin, dan saponin. Akar tanaman yang biasa dikonsumsi dengan cara direbus ini dipercaya bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Namun, banyak orang yang masih kebingungan terkait bagaimana cara memasak akar bajakah yang benar. Pertanyaan yang kerap kali muncul adalah apakah harus dibersihkan kulitnya dulu? Berapa lama merebusnya? Haruskah dipotong kecil-kecil atau lebih baik direbus langsung?

Sebenarnya, pertanyaan di atas wajar saja diajukan mengingat masih banyak orang yang belum tau cara minum akar bajakar yang benar dan apa saja manfaat dari ramuan akar bakajah ini. Nah, untuk Anda yang penasaran terkait cara minum akar bajakah yang benar, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengolah Akar Bajakar

Apabila Anda sudah memiliki persediaan akar bajakah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengolahnya:

  • Hal pertama yang perlu dilakukan ketika mengolah akar bajakah adalah kulit akar yang harus dibersihkan. Setelah sudah dipastikan bersih, maka selanjutnya adalah potong akar bajakah menjadi kecil-kecil supaya bisa dimasukkan ke panci.
  • Lalu, kamu bisa mencuci akar bajakah yang sudah dipotong-potong dan masukkan ke panci.
  • Masukkan sekitar 1 liter air kedalam panci.
  • Setelah itu, kamu rebus dengan air mendidih selama 5-10 menit atau sampai berubah warna menjadi kemerahan.
  • Tunggu hingga agak hangat baru kemudian diminum.

Perlu dipahami bahwa kulit luar kayu bajakah ini sangat mudah untuk dibersihkan apabila kondisinya masih dalam keadaan basa atau segar. Akan tetapi, akan menjadi sangat sulit jika kondisinya sudah kering.

Begitu juga untuk memotong kayu bajakah. Hal itu akan sangat mudah dilakukan jika kondisinya masih basah, namun akan sangat sulit jika kondisinya masih kering. Anda mungkin akan membutuhkan gergaji listrik.

Cara Minum Akar Bajakah

Cara minum akar bajakah ini tergolong sangat mudah. Dimana setelah selesai diolah dan dimasak, Anda hanya perlu meminumnya dengan takaran yang tepat. Berikut ini adalah cara minum akar bajakah, antara lain:

  • Minum air rebusan akar bajakah setelah selesai makan.
  • Jika sedang meminum obat dari dokter, beri jeda sekitar 1 sampai 2 jam setelah minum obat
  • Sebaiknya, diminum sesuai dengan takaran yang paling kecil, yaitu 1 gelas dalam satu hari.
  • Jika sudah mulai dengan satu gelas, maka kamu bisa melanjutkannya dengan 2-3 gelas dalam satu hari. Namun, hal ini tetap perlu diperhatikan apabila mengalami pusing, sebaiknya kurangi takarannya.

Mengenal Akar Bajakah dan Jenisnya

Sumber: Pexels

Tumbuhan Bajakah atau yang memiliki nama latin Spatholobus Littoralis Hassk adalah tumbuhan yang menurut pengguna tradisional di Asia mempunyai efek positif untuk kesehatan.

Secara tradisional, bajakah ini digunakan oleh Suku Dayak. Dimana suku tersebut menggunakan bajakan sebagai obat tradisional untuk melawan kanker. Tumbuhan herbal yang satu ini menarik banyak perhatian beberapa tahun terakhir.

Dilansir dari Kraantje, bagian tertentu dari tanaman yang satu ini kaya akan flavonoid dan juga senyawa fitokimia sehat lainnya. Terdapat beberapa jenis bajakah yang perlu kita kenali, antara lain:

1. Bajakah Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk)

Jenis bajakah yang satu ini kerap digunakan oleh masyarakat pedalaman Kalimantan Tengah, karena zat yang terkandung di dalamnya. Zat itu bisa mempercepat produksi kolagen dan juga pembentukan epitel baru. Oleh sebab itu, kayu bajakah sering kali digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

2. Bajakah Lamei

Dikutip dari laman Institut Pertanian Bogor atau IPB, bajakah lamei adalah salah satu tanaman hutan tropis yang tumbuh merambat di daerah yang lembab. Cairan dari pohon ini dipercaya bisa menyembuhkan diare.

3. Bajakah Kalalawit (Uncaria Gambir Roxb)

Jenis bajakah yang satu ini mempunyai kandungan phenol dan juga antibacterial, dimana tanaman ini juga dipercaya mempunyai kandungan katekin yang tinggi. Katekin disini disebut dapat mencegah penyakit jantung, kelebihan berat badan, dan juga bisa membantu pembentukan kolagen.

Manfaat dari akar bajakah untuk pengobatan herbal memang cukup populer akhir-akhir ini. Hal tersebut karena ada beberapa senyawa baik yang ada di dalam kayu bajakah, diantaranya yaitu antioksidan, tanin, steroid, fenol, dan lain sebagainya.

Ciri Fisik Akar Bajakah

Tanaman bajakah adalah tumbuhan merambat yang bisa memiliki ketinggian hingga 50 meter. Di mana tanaman yang satu ini biasanya merambat pada pohon kayu dari suku Phaseoleae.. Tanaman ini pertama kali ditemukan oleh Justus Karl Hasskarl, yakni seorang ahli botani asal Jerman pada 1842.

Akar bajakah ini mempunyai 29 spesies yang kebanyakan tumbuh di hutan tropis Indonesia. Daun tanaman bajakah tampala mempunyai warna kuning, coklat, dan putih dengan bentuk tajam. Sementara bunganya berwarna putih, hijau, dan juga merah muda dengan bentuk yang kecil.

Manfaat Akar Bajakah Untuk Kesehatan

Sejak zaman dulu, Indonesia dikenal mempunyai banyak sekali jenis tumbuhan serta tanaman tradisional yang memiliki khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah akar bajakah yang sempat populer dan banyak diburu karena manfaatnya untuk pengobatan kanker. Akar bajakah ini adalah tanaman asal pedalaman provinsi Kalimantan Tengah yang telah lama digunakan oleh Suku Dayak.

Meskipun belum banyak penelitian yang dilakukan untuk mengungkap khasiat dari akar bajakah, tetapi akar atau kayu bajakah ini diyakini memiliki beberapa manfaat, antara lain:

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Di tengah masa pandemi seperti saat ini, menjaga sistem imun tubuh tentu sangat penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, meningkatkan imun tubuh dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi akar bajakah. Akar bajakah ini mengandung zat antioksidan yang tinggi.

Di mana zat itulah yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita supaya terhindar dari paparan virus penyebab berbagai penyakit. Dengan minum olahan akar bajakah, setidaknya kita dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menggunakan tanaman herbal yang pastinya aman untuk tubuh.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Akar bajakah diketahui mengandung metabolit sekunder seperti misalnya saponin, flavonoid, terpenoid, tanin, fenol, dan juga steroid yang kemudian diolah menjadi salep untuk nantinya dioleskan pada luka. Salep yang mengandung 10 persen ekstrak akar bajakah ini terbukti bisa mempercepat penyembuhan luka. Walaupun demikian, akar bajakah belum bisa dijadikan sebagai obat paten untuk penyembuhan penyakit kulit dan masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

3. Mencegah Obesitas

Sebuah studi yang dipublikasikan di dalam jurnal yang berjudul Neurologico Spinale Medico Chirurgico menunjukkan bahwa konsumen ekstrak kayu bakajah ini efektif untuk menurunkan kadar Reactive Oxygen Species atau ROS pada tikus yang mengalami obesitas.

Perlu diketahui bahwa ROS ini berfungsi sebagai molekul yang memberikan sinyal pada sel untuk melakukan proses biologis normal. Kadar ROS yang tinggi juga berkaitan dengan obesitas. Tak hanya itu saja, ekstrak kayu bajakah juga bisa menurunkan berat lemak visceral ataupun lemak aktif secara efektif.

4. Mencegah Risiko Diabetes

Dilansir dari WebMD, bahkan beberapa penelitian telah menunjukkan banyak sekali manfaat dari senyawa flavonoid yang terkandung di dalam akar bajakah, salah satunya yaitu untuk mencegah penyakit seperti diabetes melitus.

Kandungan flavonoid yang ada di dalam akar bajakah ini dipercaya bisa mencegah diabetes dan juga komplikasinya. Walaupun demikian, alangkah lebih baik untuk mengonsumsi obat diabetes yang diresepkan oleh dokter dan mendiskusikannya terlebih dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi akar bajakah.

5. Menangkal Radikal Bebas

Antioksidan menjadi salah satu senyawa utama yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Radikal bebas bisa saja menumpuk di dalam tubuh karena beberapa hal di bawah ini:

  • Asupan makanan yang tidak bergizi
  • Polusi udara
  • Kebiasaan merokok
  • Minum-minuman beralkohol

Gaya hidup yang tidak sehat juga dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak zat radikal bebas yang beracun. Dengan akar bajakah yang diolah menjadi teh, diyakini kalau dapat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan membuat berbagai macam racun melalui proses detoksifikasi alami.

6. Mengobati Kanker

Salah satu khasiat akar bajakah dalam pengobatan herbal yaitu dapat mengobati penyakit kanker. Sudah sejak lama penyakit yang satu ini sulit untuk diobati. Biaya yang diperlukan untuk pengobatan secara kemoterapi juga relatif mahal. Dengan adanya akar bajakah ini, setidaknya biaya yang dikeluarkan untuk proses pengobatan dapat lebih terjangkau. Lagi pula, khasiatnya juga sudah terbukti baik untuk mengobati penyakit kanker.

7. Mengobati Disentri

Masyarakat Kalimantan sangat percaya bahwa akar bajakah bisa bermanfaat untuk orang yang menderita disentri. Disentri merupakan infeksi atau radang pada usus yang menyebabkan diare. Apabila tidak diobati, maka disentri tersebut akan mengakibatkan dehidrasi yang dapat berujung pada kondisi fatal.

Kandungan antibakteri pada akar bajakah ini diyakini dapat membantu penyembuhan disentri pada saluran pencernaan. Manfaat teh bajakah untuk kesehatan ini juga bisa membantu memulihkan saluran pencernaan yang mengalami peradangan.

8. Tinggi Antioksidan

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI mengungkapkan Spatholobus Littoralis Hassk mengandung antioksidan tinggi yang bisa menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan bajakah dapat dikatakan ribuan kali lebih tinggi daripada jenis tanaman lainnya. Menurut Universitas Lambung Mangkurat, tanaman yang satu ini mengandung 40 zat yang bisa membunuh sel kanker dalam tubuh. Zat yang dimaksud, seperti  merupakan fenol, tanin, stereida, terpenoid, fenol, dan saponin.

9. Meringankan Rasa Pegal

Selain bisa dikonsumsi dalam bentuk teh, akar bajakah juga bisa diolah dalam bentuk madu. Katanya, manfaat madu bajakah untuk kesehatan adalah bisa meringankan rasa pegal. Orang-orang yang mudah merasa pegal karena pekerjaan disarankan untuk mengonsumsi air rebusan atau olahan dari teh akar bajakah. Memang khasiatnya tidak bisa langsung instan. Tapi manfaat teh kayu bajakah ini dapat dirasakan berangsur-angsur.

10. Bersifat Sebagai Antibakteri

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin, kayu dan akar bajakah dapat bersifat sebagai antibakteri alami. Dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa kayu bajakah mengandung flavonoid, saponin, dan juga tanin. Ketiga zat tersebut bisa menghadang sampai menghancurkan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

11. Mengobati Tumor

Akar bajakah yang diolah menjadi teh diyakini dapat digunakan untuk mengobati tumor. Klaim tersebut sempat booming di Indonesia, karena adanya temuan pada salah satu penelitian oleh Laboratorium Universitas Lambung Mangkurat. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa akar bajakah yang diaplikasikan pada tubuh tikus putih bisa menghilangkan sel tumor dalam waktu 2 minggu.

Kandungan senyawa antioksidan dan juga fitokimia dalam kayu bajakah dinilai dapat melawan sel tumor dan juga kanker. Namun sayangnya, penelitian tersebut baru sebatas pada hewan. Dengan kata lain, manfaat dari akar bajakah untuk melawan tumor pada manusia belum diketahui secara pasti.

Bahaya Akar Bajakah yang Perlu Diwaspadai

Tak hanya akar bajakah, berbagai macam tanaman herbal yang kita konsumsi secara berlebih dapat menimbulkan risiko efek samping supaya tidak terjadi efek yang membahayakan untuk tubuh dan kesehatan kita. Agar semakin berhati-hati ketika ingin mengonsumsi tanaman herbal akar bajakah, ketahui terlebih dulu bahaya apa saja yang bisa mengintai. Berikut ini adalah beberapa bahaya dari mengonsumsi akar bajakah yang perlu diwaspadai.

1. Gagal Ginjal

Berdasarkan penelitian, terdapat beberapa pengguna yang mengalami efek samping akar bajakah. Umumnya, efek samping seperti ini terjadi saat kita sering mengonsumsi akar bajakah dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus. Hal seperti ini terjadi karena ada kandungan senyawa kimia beracun dan juga logam berat yang bisa memicu reaksi negatif pada tubuh.

Penggunaan akar bajakah yang tidak diimbangi dengan resep dokter pastinya lebih berpotensi menyebabkan terkena gangguan pada sistem ginjal. Apabila dibiarkan dan tidak segera ditangani sesuai dengan resep dokter, maka dapat memicu terjadinya gagal ginjal, Itulah salah satu efek samping yang akan kita rasakan ketika mengonsumsi obat berbahan dasar akar bajakah secara sembarangan.

2. Gangguan Pada Liver

Selian gangguan pada sistem ginjal, efek samping lain yang mungkin saja dirasakan pada pengguna akar bajakah mengalami gangguan liver. Penyebabnya sendiri juga hampir sama, yakni penggunaan akar bajakah sebagai obat herbal secara berlebih. Apabila kita ingin menggunakan akar bajakah sebagai obat alternatif untuk mengobati penyakit yang diderita, sebaiknya dilakukan atas resep dokter. Tanpa adanya resep yang sesuai, maka takaran yang kita gunakan ketika mengonsumsi obat herbal ini justru akan memperburuk kondisi kesehatan kita.

Gangguan pada sistem liver juga dipicu dari kandungan zat yang bisa di dalam akar bajakah. Kandungan ada di dalam akar bajakah pastinya ada yang bermanfaat untuk pengobatan dan ada juga yang dapat memperparah kesehatan kita. Maka dari itu, bijaklah ketika mengonsumsi obat herbal semacam ini.

Demikian penjelasan mengenai cara minum akar bajakah, jenis-jenis akar bajakah, dan manfaat akar bajakah untuk kesehatan. Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang obat herbal lainnya dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Umam

Sumber:

  • https://akarbajakahtunggal.id/cara-memasak-kayu-bajakah-dengan-benar/
  • https://www.orami.co.id/magazine/akar-bajakah


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy