in

Khasiat Manfaat Sarang Burung Walet

wikipedia.com

Sarang Burung Walet – Apakah Grameds mengetahui bahwa Sarang Burung Walet termasuk kategori salah satu bahan makanan termahal di Indonesia? Mengapa demikian? Hal ini karena manfaat sarang burung wallet yang begitu banyak, termasuk mengatasi segala penyakit dan sekaligus menjadi obat berbagai penyakit.

Pada mula-mulanya burung wallet memiliki sayap yang meruncing dan dapat membuat sarang dari air liurnya, kisaran waktu 8 minggu kurang lebihnya. Biasanya burung wallet akan membuat sarang di tempat yang jauh dari keramaian ataupun terang, misalnya seperti di langit-langit goa, atap rumah besar kosong, dan/atau di atas gedung yang tinggi.

Sarang burung walet berasal dari burung walet yang bermukim di suatu tempat. Kebanyakan mereka bermukim di daerah Asia Tenggara dan Indonesia merupakan salah satu negara tempat populasi burung walet tinggal. Di dalam Sarang Burung Walet terkandung magnesium, kalium, zat besi dan juga kalsium dalam jumlah tinggi.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, sarang burung walet mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Setiap 100gram sarang burung walet mentah mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • 281 kalori energi per 100gram
  • 5gram protein
  • 3gram lemak
  • 1gram karbohidrat
  • 485 mg kalsium
  • 18 milligram fosfor
  • 3 milligram zat besi

Berdasarkan nilai gizi yang terkandung dalam sarang burung walet, tidak heran jika khasiat sarang burung walet bagi tubuh sangatlah beragam. Namun, banyak yang belum mengetahuinya asal-usul sarang burung wallet sebelum akhirnya dikenal dan diolah menjadi obat, bahan makanan, dan kosmetik. Artikel ini akan mengajak Grameds untuk mengetahui sejarah sarang burung wallet dan manfaat apa saja yang ada didalamnya. Yuk simak ulasan berikut!

Sarang Burung Walet

Sejarah Burung Walet yang ada di Kerajaan Tiongkok

Ditemukanya fakta sejarah, pada abad ke-17, Lin Bao yang diketahui merupakan sejarawan terkemuka pada zaman itu, ia berasal dari Melaka, kemudian menemukan beberapa catatan mengenai burung walet yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan dengan mengambil ekstrak air liurnya.

Intinya dalam catatan itu, diketahui bahwa seorang yang bernama Zheng He dan armada kapal yang sedang berlayar di laut sempat terjebak dalam badai topan, sehingga membuat mereka kelaparan dikarenakan tidak adanya makanan dan minuman yang cukup memadai.

Mereka pun mencari apa saja yang ada di sana agar bisa menjadi makanan. Lalu, salah satu armada kapal Zheng He secara tidak sengaja menemukan sarang burung walet yang cukup banyak berada di dinding goa.

Tanpa pikir panjang, mereka kemudian mengambilnya dan berencana untuk memasak sup sarang walet untuk pertama kalinya di dunia. Khasiatnya terasa pada keesokan harinya karena tubuh mereka lebih fit dan segar.  Dari sinilah mulai ditemukan salah satu salah satu manfaat burung walet untuk kesehatan karena bisa menambah stamina dan kekebalan tubuh.

Maka dari itu, Admiral Zheng He memutuskan untuk mencari peruntungan melalui sarang burung walet dan menjadi hadiah pertama yang dipersembahkan kepada Raja Dinasti Ming (1368-1644 AD), Raja Ming Chengzu. Tak heran jika kepopuleran sarang burung walet meluas di kalangan kerajaan Tiongkok dengan begitu cepat pada masanya.

Sarang Burung Walet
sumber: kompas.com

Sangat sederhana bukan? Dari penemuan tersebut kemudian berkembang hingga menjadi tren masa kini. Adapun fakta lain yang tak kalah unik dalam sejarahnya saat ilmuwan asal Jerman meneliti sarang burung walet.

Pada tahun 1982, ada seorang ilmuwan yang berasal dari Jerman. R. Schauer diketahui sedang meneliti sarang burung walet dan akhirnya menemukan adanya kandungan Sialic Acid di dalamnya. Sialic acid ternyata memiliki peranan penting untuk membantu perkembangan otak pada bayi.

Selain itu, ilmuwan asal Jepang juga berhasil menemukan khasiat sarang burung walet lainnya yaitu dapat mengatasi virus influenza. Maka dari itu, para penderita sakit flu juga disarankan mengkonsumsinya agar cepat sembuh. Nah, apalagi virus Covid-19 varian omicron sedang naik, untuk itu cocok sekali bila dikonsumsi sebagai pencegahan ataupun pengobatan.

Itulah asal-usul sarang burung walet dari era kerajaan hingga akhirnya menjadi populer hingga saat ini. Terbukti bahwa khasiatnya sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan sejak dahulu kala. Namun tidak hanya untuk kesehatan, manfaat sarang burung walet juga baik untuk kecantikan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat sarang burung walet tentunya harus diolah terlebih dahulu. Caranya dengan mengambil air liur burung walet yang dipadatkan. Prosesnya membutuhkan waktu hampir enam jam dimulai dari pembersihan sarang, pencucian, hingga perebusan. Jadi, tak heran jika sarang burung walet umumnya dijual dengan harga tinggi di pasaran.

Ragam Manfaat Sarang Burung Walet

Sarang Burung Walet
sumber: lifestyle.kompas.com

Sarang burung walet memiliki kandungan glikoprotein yang mudah larut dan kandungn antioksidan yang cukup tinggi. Sarang burung walet juga dilengkapi dengan berbagai macam vitamin serta mineral yang memiliki khasiatnya masing-masing untuk tubuh. Lalu apa saja sih ragam manfaat lain yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi sarang burung walet tersebut? Fungsi sarang burung walet sangat beragam antara lain, sebagai berikut:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Banyak orang tua yang menjadikan sarang burung walet sebagai bahan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan sistem kekebalan tubuh terhadap anak mereka.

Mengutip dari jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, sarang burung walet dianggap sebagai makanan penambah kekebalan di Republik Rakyat Tiongkok.

Sarang burung ini telah menjadi obat tradisional sejak zaman kuno kekaisaran China, di mana hanya keluarga kerajaan dan pengusaha yang terhubung dengan baik yang dapat makan sarang burung. Dulunya mereka menjadikan sarang burung sebagai sup.

2. Dapat Penuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

Salah satu manfaat sarang burung walet adalah untuk ibu hamil dan janin. Kandungan asam folatnya berperan penting dalam tumbuh kembang si janin. Jadi jangan ragu untuk minum sarang burung ketika anda sedang hamil.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Tahukah anda, bahwa manfaat sarang burung walet untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Sarang burung walet berpotensi menurunkan risiko pengentalan darah (hiperkoagulasi) akibat kolesterol tinggi. Pembekuan darah merupakan salah satu penyebab paling umum dari penyakit kardiovaskular.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes dan Kanker

Sarang burung walet mengandung nutrisi yang mampu melepaskan sinyal pada tubuh untuk menurunkan resistensi insulin. Dengan begitu, kadar gula dalam tubuh akan menurun dan resiko penyakit diabetes dapat ditekan ke angka yang lebih rendah.

Metabolisme tubuh juga akan meningkat dengan konsumsi minuman sarang burung walet. Anda akan mendapati metabolisme lebih lancar sehingga pemecahan lemak akan berjalan dengan lebih optimal lagi. Berdasarkan penelitian yang dikemas dalam jurnal internasional berjudul “Letter In Health and Biological Sciences” dijelaskan bahwa sarang burung mengandung antioksidan tinggi yang mampu menurunkan resiko kanker.

Manfaat Sarang burung walet untuk pendampingan kemoterapi tertera dalam jurnal ilmiah “Drug Design, development and Therapy” yang dibuat tahun 2016. Dalam penelitian, didapatkan hasil bahwa sarang burung dapat meningkatkan sistem kekebalan imun di usus yang umumnya akan melemah akibat efek dari kemoterapi. Kondisi imun membaik setelah rutin mengkonsumsi sarang burung selam 30 hari.

5. Menghilangkan Racun di Tubuh

Kandungan metionin pada sarang burung walet membantu mencegah penumpukan lemak di hati untuk memastikan fungsi hati normal dan juga untuk menghilangkan racun dari tubuh. Manfaat sarang burung walet dari kandungan metionin juga mendukung fungsi hati dengan mengatur glutathione, antioksidan yang dibutuhkan untuk membantu menetralkan racun di hati.

Tubuh kita juga membutuhkan metionin untuk menghasilkan sistein dan taurin, yang membantu tubuh menghilangkan racun, membangun jaringan yang kuat dan sehat, dan meningkatkan kesehatan jantung

6. Meningkatkan Kesehatan pada Lansia

Seiring bertambahnya umur, secara tidak sadar kesehatan semakin menurun. Manfaat sarang burung walet ini dapat membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan pada lansia.

Sarang burung secara tradisional digunakan untuk membersihkan dahak, meredakan batuk kering kronis, dan menghilangkan rasa lelah seiring bertambahnya usia.
Sarang burung walet juga dapat digunakan untuk merangsang nafsu makan, memperlancar pencernaan, dan merangsang buang air besar.

7. Mencegah Depresi

Sarang burung walet mengandung fenilalanin yang berfungsi untuk sistem saraf pusat secara normal. Manfaat sarang burung walet pada kandungan ini juga sangat efektif untuk mengobati serta mencegah gangguan otak, seperti depresi dan nyeri kronis. Suplementasi fenilalanin dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Ini juga dapat membantu Anda merasa lebih bahagia, tidak terlalu lapar, dan lebih waspada.

Sarang Burung Walet

8. Mencegah Penyakit Anak-anak

Sarang burung walet mengandung asam glutamat yang sangat penting dalam metabolisme gula dan lemak. Manfaat sarang burung walet ini digunakan dalam pengobatan gangguan perilaku masa kanak-kanak, epilepsi, keterbelakangan mental, distrofi otot, bisul, dan koma hipoglikemik.

9. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat sarang burung walet memainkan peran penting dalam kesehatan jaringan ikat seperti persendian dan otot, dengan kandungan arginine. Dengan meningkatkan sirkulasi, arginin dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Manfaat lain dari arginin termasuk meningkatkan kesuburan pria, peningkatan sistem kekebalan tubuh, pengaturan hormon, dan gula darah. Selain itu, arginin dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan mempercepat penurunan berat badan.

10. Mencegah Masalah Seksual

Manfaat sarang burung walet tidak hanya mencegah berbagai virus di dalam tubuh, tetapi juga mengobati masalah seksual. Kandungan histidin pada sarang burung walet penting untuk fungsi seksual normal. Selain itu, mengonsumsi sarang burung walet juga dapat merangsang gairah seksual. Kadang-kadang digunakan untuk mengobati beberapa jenis disfungsi seksual. Selain itu, histidin penting dalam pengembangan dan pemeliharaan jaringan sehat.

11. Sumber Mineral

Manfaat sarang burung walet juga diperkaya oleh berbagai mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Di antaranya mangan, tembaga, seng, dan kalsium. Mineral mangan bisa bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang, penyembuhan luka, sekaligus melancarkan proses metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino di dalam tubuh. Tembaga berperan menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, dan masih banyak lagi.

12. Kulit dan kecantikan

Studi ilmiah telah membuktikan bahwa sarang burung memiliki sejumlah besar faktor pertumbuhan epidermal (EGF). Dengan kekayaan kolagen dan asam amino, tidak heran banyak wanita menyukai sarang burung walet untuk menjaga kulit mereka agar tetap terlihat muda.

13. Terdapat Valine

Valine merupakan asam amino esensial yang berfungsi untuk mengoptimalkan koordinasi otot, dan fokus mental. Kandungan valine pada sarang burung walet membantu mencegah kerusakan otot dengan memasok otot dengan glukosa ekstra untuk produksi energi selama aktivitas fisik yang intens.

Valine juga membantu menghilangkan kelebihan nitrogen yang berpotensi beracun dari hati dan mampu mengangkut nitrogen ke jaringan lain di tubuh sesuai kebutuhan. Valine dapat membantu mengobati penyakit hati dan kandung empedu, serta kerusakan pada organ-organ ini yang disebabkan oleh alkoholisme dan penyalahgunaan obat-obatan.

14. Terdapat Antioksidan

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Letters In Health and Biological Sciences, manfaat sarang burung walet termasuk makanan yang kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan adalah senyawa aktif yang bermanfaat untuk melawan efek radikal bebas, penyebab berbagai penyakit kronis.

15. Terdapat Glisin

Glisin membantu mengatur kadar gula darah dengan memasok tubuh dengan glukosa yang dibutuhkan untuk energi. Suplementasi glisin mungkin berguna untuk mengobati hipoglikemia, anemia, dan energi rendah kronis dan kelelahan.

Selain itu, glisin dapat melindungi dari perkembangan tumor kanker dan melanoma. Kondisi ini membantu melindungi jaringan dari sinar UV, oksidasi, dan radikal bebas. Glisin sangat penting untuk sistem pencernaan yang sehat dan berfungsi normal.

Ini membantu mengatur sintesis asam empedu yang digunakan untuk mencerna lemak. Selain itu, glisin diperlukan untuk fungsi sistem saraf pusat. Hal ini membantu untuk meningkatkan pengambilan memori. Terakhir, glisin dalam sarang burung walet ini juga tampaknya membuat manfaat sarang burung walet dalam menjaga kesehatan prostat dan mengurangi gejala hiperplasia prostat pada pria.

Sarang Burung Walet

Sudah tau kan mengenai sejarah burung walet beserta ragam manfaatnya. Sarang burung walet cocok untuk dikonsumsi sehari-hari sebagai peningkatan daya tahan tubuh selama pandemi covid 19 varian Omicron yang saat ini sedang meningkat drastis. Semoga informasi di dalam artikel ini bermanfaat Grameds!

Penulis: Mochamad Aris Yusuf



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda