in

Contoh Makanan Tinggi Kalori & Efek Jika Dikonsumsi Berlebihan

pixabay.com

Makanan Tinggi Kalori – Setiap orang membutuhkan jumlah kalori yang berbeda-beda, tergantung kepada usia, jenis kelamin, tinggi badan, serta aktivitas fisik sehari-hari yang ia lakukan. Meski demikian, rata-rata kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh orang dewasa ini berkisar antara 2.000-3.000 kalori per hari.

Agar asupan kalori tak berlebihan, kamu kemudian perlu menghindari serta membatasi konsumsi makanan yang tinggi kalori. Pada artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang contoh makanan tinggi kalori, resep, hingga efek samping jika mengonsumsi kalori secara berlebihan. Jadi, simak artikel ini sampai habis, Grameds.

Contoh Makanan Tinggi Kalori

terdapat beberapa makanan sehat tinggi kalori yang kemudian dapat kamu konsumsi untuk menambah berat badan, di antaranya:

1. Nasi

Meski menjadi makanan pokok sehari-hari, tak ada salahnya bagi kamu untuk meningkatkan porsi nasi secara bertahap. Pasalnya, nasi ini mengandung kalori serta karbohidrat yang tinggi, sehingga keduanya kemudian akan membantu mempercepat proses pertambahan berat badan. Oleh karena itu, konsumsilah nasi minimal tiga kali dalam sehari, agar asupan karbohidrat dan peningkatan kalori terpenuhi dengan baik.

2. Kacang-Kacangan

Makanan Tinggi Kalori
pixabay.com

Selain lezat, berbagai jenis kacang kemudian menjadi salah satu rekomendasi makanan tinggi kalori untuk menambah berat badan. Sebagai contoh, satu genggam kecil kacang almond mentah ini mengandung setidaknya 170 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat, serta 15 gram lemak sehat.

Berdasarkan pada kandungan nutrisinya, kacang sangatlah padat akan kalori. Alhasil, mengonsumsi dua genggam kacang setiap harinya akan membantu meningkatkan ratusan kalori dengan cepat.

3. Daging Merah

Sebagai sumber protein yang baik, daging merah kemudian menjadi makanan yang dapat kamu konsumsi setiap harinya. Sebab, mengonsumsi makanan dengan protein tinggi kemudian akan membantu membentuk massa otot tubuh dengan lebih baik.

Peningkatan massa otot tubuh juga akan berbanding lurus dengan peningkatan berat badan. Berbagai jenis daging merah yang dapat kamu konsumsi, diantaranya adalah daging sapi, kambing, juga daging kerbau.

4. Susu

Makanan Tinggi Kalori
pixabay.com

Susu kemudian menawarkan campuran lemak, karbohidrat, serta protein. Ia juga merupakan sumber vitamin serta mineral, termasuk diantaranya kalsium. Kandungan protein dalam susu kemudian menjadikannya pilihan yang baik bagi orang yang mencoba membangun otot.

Sebuah studi kemudian mengungkapkan bahwa setelah latihan ketahanan, minum susu skim akan membantu membangun otot menjadi lebih efektif daripada produk berbasis kedelai. Bagi siapa pun yang ingin menambah berat badan, susu kemudian dapat ditambahkan ke dalam konsumsi makanan sepanjang hari.

5. Ikan Salmon

Selayaknya daging merah, ikan salmon kemudian merupakan salah satu sumber protein yang baik dalam meningkatkan berat badan. Selain protein, ikan salmon juga kaya akan lemak sehat yang dapat memberikan kalori baik. Menariknya lagi, ikan salmon juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat penting bagi kesehatan.

6. Keju

Makanan Tinggi Kalori
pixabay.com

Keju kemudian menjadi makanan pokok selama berabad-abad. Seperti diantaranya pada coklat hitam, tinggi kalori dan lemaknya. Jika kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang lebih banyak, itu juga merupakan sumber protein yang sangat baik.

7. Buah Alpukat

Tak seperti buah lainnya, alpukat tinggi akan kalori serta kandungan lemak sehat. Perlu diketahui bahwa satu buah alpukat dengan ukuran besar kemudian akan menyediakan setidaknya 332 kalori, 29 gram lemak, sekaligus 14 gram serat. Menariknya lagi, alpukat sangat kaya akan vitamin, mineral, serta berbagai senyawa kimia yang bermanfaat. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah alpukat secara rutin sebagai upaya meningkatkan asupan kalori secara sehat.

Resep Makanan Tinggi Kalori

1. Puding Alpukat

Makanan Tinggi Kalori
detik.net.id

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Siapkanlah 200 gram alpukat kerok, kemudian blender sampai halus
  • Siapkan Juga 500 ml susu putih cair kemasan. Kamu juga dapat membuatnya dengan cara mengencerkan susu kental manis ke dalam air hangat matang
  • Siapkan 1 bungkus agar-agar tanpa rasa
  • Siapkan juga 100 gram gula pasir ataupun sesuai selera
  • Siapkan Garam secukupnya

Langkah membuatnya:

Campurkanlah agar-agar, susu cair, gula pasir dan garam, aduk hingga merata Panaskan di atas kompor kemudian aduk hingga mendidih, matikan api. Selanjutnya tuangkan alpukat yang telah diblender, aduk hingga tercampur. Kemudian Tuang ke dalam cetakan. Lebih nikmat lagi jika puding ini kamu sajikan dalam keadaan dingin.

2. Banoffee

Makanan Tinggi Kalori
carnation.co.uk

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Siapkanlah 2 buah pisang (kamu dapat menggunakan pisang cavendish atau pisang kepok, atau lainnya sesuai dengan selera), irish tipis-tipis
  • Siapkan juga 100 gram whipped cream
  • Siapkan 4 sdm margarin, dan lelehkan
  • Siapkan 20 keping biskuit regal, kemudian hancurkan dengan margarin leleh
  • Siapkan juga Coklat bubuk

Bahan-bahan untuk membuat karamel:

  • Siapkanlah 5 sdm gula pasir
  • Siapkan juga 30 ml air matang
  • Siapkan 1 sdm margarin, kemudian lelehkan
  • Siapkan 100 ml susu cair

Langkah membuat:

  1. Buatlah toping karamel terlebih dahulu dengan cara mendidihkan gula serta air.
  2. Tambahkan juga margarin serta susu cair, aduk hingga mengental. Matikan api.
  3. Pada wadah atau cup, masukkanlah regal yang telah dihancurkan, timpa dengan potongan pisang, kemudian tuangkan caramel, ulangi terus hingga terbentuk beberapa lapisan.
  4. Masukkan juga whipped cream pada lapisan paling atas serta taburi coklat bubuk.
  5. Akan Lebih enak untuk Banoffee jika disajikan dalam keadaan dingin.

3. Telur Gulung Mozzarella

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Siapkanlah 3 butir telur
  • Siapkan juga 4-5 sdm air matang
  • Siapkan Keju mozzarella secukupnya
  • Siapkan juga Lada bubuk, kaldu, dan garam secukupnya
  • Siapkan Minyak goreng
  • Siapkan Tusuk sate
  • Siapkanlah Saus cabai

Langkah membuat:

  1. Masukkanlah telur dalam wadah, kemudian tambahkan 3-4 sendok air, lada bubuk, kaldu dan garam, kocoklah hingga merata.
  2. Tusuk keju mozarella seperti tengah membuat sate.
  3. Kemudian, panaskan minyak dalam api sedang, masukkanlah 3 sdm telur kocok, lalu gulung secepat mungkin menggunakan tusuk sate yang telah diberi mozarella.
  4. Sajikan dengan menambahkan saus cabai di atasnya.

4. Makaroni Telur Panggang

Makanan Tinggi Kalori
detik.net.id

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Siapkan 100 gram makaroni
  • Siapkan Juga 2 butir telur, kocok di dalam wadah
  • Siapkan 5 gram keju mozarella, dan iris tipis
  • Siapkan cup aluminium foil
  • Siapkan juga saus sambal secukupnya

Langkah membuat:

  1. Rebuslah makaroni di dalam air mendidih sekitar 10 menit (jangan sampai terlalu matang), tiriskan kemudian.
  2. Masukkan 2 sdm makaroni rebus ke dalam cup aluminium foil, dan tuangkan 1 sdm telur kocok dan irisan keju mozzarella secukupnya.
  3. Panggang ke dalam oven selama 15 menit dan hidangkan selagi hangat.

5. Roti Gandum Telur dan Alpukat

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Siapkanlah 2 lembar roti gandum
  • Siapkan juga 4 buah telur rebus
  • Siapkanlah 1,5 buah alpukat
  • Siapkan juga 1 sdm air lemon
  • Siapkan 1 sdt garam
  • Siapkan 1 sdm minyak zaitun

Langkah membuat:

  1. Pangganglah roti gandum hingga kering, sisihkan.
  2. Kemudian, haluskan alpukat yang telah dipotong kecil, lalu beri garam serta air lemon.
  3. Selanjutnya, masukkan telur rebus yang telah dipotong kecil, kemudian aduk rata bersamaan dengan alpukat.
  4. Susun campuran alpukat serta telur di atas roti gandum.
  5. Tambahkan minyak zaitun kemudian sajikan selagi hangat.

Efek Jika Konsumsi Kalori secara Berlebihan

Makanan Tinggi Kalori
pixabay.com

Mengurangi asupan kalori menjadi salah satu cara paling umum untuk menurunkan berat badan. Namun, jika terlalu banyak mengurangi asupan kalori juga akan berbahaya untuk tubuh, karena tubuh membutuhkan kalori untuk berfungsi. Berikut dibawah ini adalah efek konsumsi secara berlebihan yang perlu kamu ketahui:

1. Kegemukan

Dalam kondisi normal, tubuh kemudian hanya memerlukan 2.000 hingga 2.500 kalori setiap harinya. Jumlah kebutuhan ini sendiir dapat berkurang jika kamu ingin diet dan melakukan penurunan berat badan, bisa hanya 1.500 hingga 1.800 kalori saja. Kalori ini sendiri dibutuhkan tubuh sebagai tenaga untuk beraktivitas dengan baik.

Saat terdapat kalori yang tidak dipakai sebagai energi, maka akan disimpan sebagai lemak di dalam tubuh. Lemak berlebih ini juga tak sehat karena bisa menyebabkan kenaikan berat badan, cepat lelah, serta pergerakan tubuh menjadi lambat hingga kesulitan tidur.

2. Diabetes Tipe 2

Kelebihan berat badan yang disebabkan oleh asupan kalori ini dapat menjadi penyebab terbesar diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan obesitas. Diabetes tipe 2 merupakan kondisi saat kadar gula darah ini melebihi nilai normal akibat resistensi insulin. Diabetes tipe 2 juga merupakan jenis diabetes yang kemudian paling sering terjadi. Kondisi yang berlangsung dalam jangka panjang ini lebih sering dialami oleh orang dewasa.

3. Penyakit Jantung dan Stroke

Mengonsumsi terlalu banyak makanan berkalori dan berlemak juga dapat meningkatkan kolesterol. Tingginya kolesterol jahat juga dapat menyebabkan penumpukan lemak pada pembuluh darah yang berpotensi memicu serangan jantung juga stroke.

4. Kerusakan Otak dan Hati

Kekurangan kalori juga akan merusak saraf otak, begitupun juga akibat kelebihan kalori dimana organ hati serta otak dapat terancam kesehatannya saat asupan kalori terlalu banyak di dalam tubuh. Selain itu, kalori yang berlebihan juga dapat menimbulkan racun dalam tubuh yang akan mengakibatkan kerusakan pada hati serta otak.

5. Berisiko Terkena Kanker

Akibat dari nutrisi yang tak seimbang atau bahkan berlebih, terutama pada kalori lemak, ditambah juga tidak diimbangi dengan asupan dengan kandungan serat tinggi, yang kemudian akan memudahkan sel kanker untuk tumbuh serta berkembang di dalam tubuh.

6. Dehidrasi

Akibat Kelebihan kalori yang lain diantaranya adalah memicu terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh. Sehingga pastikan juga untuk banyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.

7. Kerusakan Organ Ginjal

Sebagai informasi, ginjal kemudian berfungsi sebagai penyaring berbagai bentuk senyawa serta zat yang dihasilkan oleh organ tubuh lainnya. Sehingga kemudian akibat kelebihan kalori dalam tubuh dapat memperberat kinerja ginjal saking banyaknya racun yang harus disaring oleh ginjal.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kalori memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, maka bisa mengganggu kesehatan. Jadi, bijaklah dalam mengonumsi kalori.

Demikian pembahasan tentang contoh makanan tinggi kalori hingga efek samping jika mengonsumsi kalori secara berlebihan. Semoga semua pembahasan di atas bisa bermanfaat sekaligus menambah wawasan kamu.

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Kalori yang Wajib Kamu Baca

1. Resep Schotel Rendah Kalori

Schotel adalah makanan dalam pinggan atau wadah tahan panas, yang dimasak dengan cara dipanggang dalam oven. Setelah matang, disendoki atau dipotong-potong sesuai porsi, dan disajikan dalam keadaan hangat. Konsep hidangan schotel adalah makanan sepinggan atau one dish meal, yaitu dalam sajian sepinggan sudah mencakup beberapa jenis bahan makanan, yang dicampur kemudian direkatkan oleh susu dan telur. Jenis yang paling kita kenal selama ini adalah macaroni schotel.Selain makaroni atau pasta sebagai bahan dasar, kentang, mi, bihun, tahu, ubi, dan masih banyak lagi yang lainnya dapat diolah menjadi schotel. Buku ini menyajikan 22 resep schotel rendah kalori yang menggunakan bahan dasar beda dari biasa, serta lebih ringan cita rasanya karena menggunakan putih telur, susu dan keju rendah lemak.

2. Anak Obesitas

Sudah 20 tahun belakangan ini obesitas menjadi masalah di dunia. Dahulu, angka kejadian obesitas tinggi di negara Barat, tetapi dengan semakin majunya perekonomian dan perubahan gaya hidup, obesitas juga menjadi masalah yang harus diperhatikan di negara sedang berkembang seperti di Indonesia. Obesitas pada anak telah mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Obesitas tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental anak saat ini, melainkan juga memberi dampak yang negatif pada kesehatan di masa dewasa.

Selain sindrom metabolik, penyakit jantung, ataupun diabetes, obesitas dapat menyebabkan gangguan psikis pada anak dan beban ekonomi di suatu negara. Faktor genetik, faktor lingkungan dan budaya yang mempengaruhi gaya hidup dan pola makan seorang anak menentukan terjadinya obesitas. Buku ini diharapkan dapat menambah pengetahuan pada masyarakat mengenai obesitas pada anak sebagai langkah pencegahan terhadap obesitas, setidaknya dapat mencegah komplikasi jangka panjang pada anak yang sudah menderita obesitas.

3. DEBM: Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan

DEBM adalah Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan. Terutama untuk yang hobi makan, malas olahraga, tapi cita-citanya selalu ingin ramping dan menawan. Kenapa ENAK, karena kamu bisa kurusan dengan tetap bisa makan enak, tanpa menghilangkan makanan favorit kamu dalam menu sehari-hari kamu, seperti steak daging, ikan bakar, sate kambing muda, keju dengan krim, susu full cream dan sebaiknya. Kenapa BAHAGIA, karena DEBM adalah Diet tanpa sengsara, mereka yang menjalani diet DEBM tampak lebih sehat, lebih cantik, lebih ganteng, lebih muda, lebih kuat, dan lebih langsing.

Kenapa MENYENANGKAN, karena diet satu ini khusus untuk yang hobi makan, malas olahraga tapi pinginnya langsing. Diet DEBM memang tidak membiarkan pelakunya sampai kelaparan, kamu harus kenyang setiap saat tanpa perlu menahan rasa lapar. kamu boleh makan makanan favorit kamu sebanyak kamu mau, tapi tentu tetap di jalur DEBM, yaitu rendah karbohidrat, tinggi protein, tinggi lemak, dan rendah gula. Aturan dan penjelasannya dipaparkan dengan cara yang praktis namun padat di buku ini. Selain penjelasan seputar DEBM, buku ini juga dilengkapi resep-resep berupa menu 2 Mingguan berupa makan pasi, makan siang dan makan malam. Diperkaya pula dengan 20 resep snack camilan yang lezat.

Jika kamu ingin mencari berbagai macam resep makanan dan buku tentang diet, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

BACA JUGA:

  1. Menu Diet Sehat Paling Recommended
  2. Rekomendasi Menu Diet Sehat Setiap Hari
  3. Rekomendasi Menu Diet Pagi, Siang, dan Malam Paling Bagus
  4. Rekomendasi Menu Diet DEBM Seminggu untuk Pemula Disini!
  5. Makanan yang Bagus untuk Diet Pemula Beserta Olahraganya
  6. Best Seller Buku Menu Diet Sehat, Keto Diet 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda