Best Seller Buku Resep Masakan

Jelajahi Best Seller Buku Resep Masakan dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

buku resep mpasi

Mommyclopedia: 78 Resep MPASI

buku resep masakan rumahan

Home Cooking ala Xander's Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram

buku resep makanan favorit

241 Resep Makanan Favorit Antigagal (Ed. Revisi)

buku kelana rasa

Kelana Rasa Mancanegara - 80 Resep Hidangan Praktis dan Halal Dari 5 Benua Hits di Instagram

buku 125 resep masakan pilihan

125 Resep Masakan Pilihan Ny. Liem

buku tasty italian food

Tasty Italian Food! - 35 Resep Italia Praktis Selezat Restoran

buku gurih club

Gurih- Gurih Club Hits di Instagram- Resep Jajanan & Camilan Laris Dijual

buku makanan laris di jual

100 Resep Makanan Laris Dijual Ala Dapur Mak Evi

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

gramedia best seller

Tetang Best Seller Buku Resep Masakan (Rumahan, Sehari-hari, Keluarga)

Jelajahi Best Seller Buku Resep Masakan (Rumahan, Sehari-hari, Keluarga) dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    SEJARAH TENTANG RESEP MASAKAN

    Ternyata buku resep masakan yang sering dijumpai di toko buku mempunyai sejarah asal mulanya lho. Tidak heran buku resep masakan selalu berkembang dan berimprovisasi setiap tahunnya. Untuk mengetahui asal mulanya dan kapan diciptakannya, mari kita simak sejarahnya berikut ini.

     

    Resep yang ditulis paling mula dikenal sekitar 1600 SM dan berasal dari tablet Akkadia dari selatan Babilonia. Terdapat juga karya-karya hieroglif Mesir kuno yang menggambarkan tentang persiapan makanan.

    Diantaranya banyak buku resep terkenal dari Yunani kuno. Yang paling awal adalah buku masak Mithaecus, namun sebagian besar sudah hilang. Athenaeus juga mengutip satu resep masakan pendek dalam bukunya Deipnosophistae dan banyak menunjukkan buku resep masak lainnya. Sayangnya, semuanya telah hilang.

    Pada abad ke-2 SM, resep Romawi mulai dikenal dengan Cato the Elder’s De Agri Cultura. Pada periode ini, banyak penulis yang menggambarkan masakan Mediterania timur dalam bahasa Latin dan Yunani. Kemudian beberapa resep Punisia pun terkenal dalam terjemahan bahasa Latin dan Yunani.

    Pada abad ke-4 atau ke-5 muncul judul buku masak Apicius yang merupakan koleksi besar resep De re coquinaria. Buku ini adalah satu-satunya buku masak yang masih lengkap dari dunia klasik. Buku ini berisikan daftar khusus yang terdapat sajian hidangan seperti Gustatio (hidangan pembuka), Primae Mensae (hidangan utama), dan Secundae Mensae (hidangan penutup). Setiap resep dalam bukunya memulai dengan perintah bahasa Latin “Resep……”, “Ambil……….”.

    Pada abad ke-10, resep-resep yang bertuliskan bahasa Arab mulai didokumentasikan.

    Pada abad ke-14, resep yang paling awal mulai muncul di Persia. Di zaman Safawi, beberapa resep terselamatkan termasuk Karnamen (1521) oleh Mohammad Ali Bavarchi, yang melingkupi instruksi memasak lebih dari 130 hidangan serta jenis kue kering yang berbeda, dan juga Madat-ol-Hayat (1597) oleh Nurollah Ashpaz. Dari periode Qajar, diantara banyaknya buku resep yang paling terkenal adalah Khorak-ha-ye-Irani oleh pangeran Nader Mirza.

    Pada tahun 1390, Raja Richard II dari Inggris memerintahkan buku resep yang berjudul Forme of Cury dan buku lain yang berjudul Curye on Inglish untuk diterbitkan. Kata “Cury” berarti memasak. Kedua buku tersebut memberikan kesan  tentang bagaimana persiapan makanan yang disajikan untuk kelas bangsawan di Inggris pada tahun tersebut. Rasa yang sangat mewah dari aristokrasi di Periode Awal Modern tersebut membawa serta mula dari yang kini kita sebut sebagai buku resep modern. 

    Pada abad ke-15, muncullah banyak manuskrip yang merinci pada resep-resep harian. Informasi yang didapatkan dari banyak manuskrip tersebut sangat baik dan mencatat penemuan-penemuan kembali akan bumbu dan rempah-rempah seperti kemangi, ketumbar, peterseli, rosemary, dan lain sebagainya. Beberapa diantaranya telah dibawa kembali dari Perang Salib.

     

    TIPS CARA MEMILIH BUKU RESEP MASAKAN YANG TEPAT

    Mungkin kelihatannya memilih buku resep masakan terlihat biasa saja, namun jangan salah. Ada baiknya jika kamu memperhatikan poin penting dalam memilih buku resep masakan yang tepat. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips cara memilih buku resep masakan yang terbaik buat anda di rumah. Jadi, jangan sampai memilih, ya.

    1. Menentukan jenis masakan dan resep yang ingin anda pelajari

    Dalam dunia masakan ada banyak variasi sajian dan resep yang biasa kita jumpai sehari-hari. Seperti resep masakan rumah sehari-hari, roti, kue, camilan, sampai resep MPASI pun ada dalam buku resep masakan. Karenanya, penting bagi anda untuk memilih resep yang sesuai dengan jenis sajian yang diinginkan oleh anda.

    Buku resep masakan sehari-hari biasanya berisikan beragam jenis nasi, lauk pauk, sayur mayor yang hidangannya bisa disesuaikan untuk makan sehari-hari atau ide bekal keluarga. Sedangkan buku resep MPASI terdapat banyak jenis sajian menu makan bayi yang cukup variatif untuk diuji coba di dapur anda. Selain itu, terdapat juga resep jenis sajian dari berbagai macam daerah dan nusantara maupun luar negeri. Dengan mengikuti petunjuk dalam buku resepnya, anda dapat dengan mudah membuat sajian yang anda inginkan. Apapun jenis masakan yang ingin anda sajikan, jangan lupa selalu mengutamakan makanan sehat yang terbaik untuk keluarga anda.

    2. Memilih buku resep dengan teknik yang mudah

    Seperti yang anda ketahui, buku resep masakan umumnya memiliki berbagai macam tingkat kesulitan dalam teknik memasak. Tidak ada salahnya bagi anda untuk memperhatikan setiap judul buku resep sebelum membelinya. Dengan begitu, anda dapat mengenali teknik memasak dari judul buku tersebut.

    Judul buku yang bertuliskan “khusus untuk pemula” atau “mudah” biasanya menggunakan resep yang lebih mudah untuk diikuti. Selain itu, penggunaan alat-alat masaknya sudah pasti bisa ditemukan dipasaran dan bahan-bahan makanan yang akan digunakan pun mudah untuk dicari.

    Kita juga dapat menemukan informasi atau petunjuk dalam berbagai teknik memasak yang disertai dalam buku resep masakan untuk pemula. Tidak hanya itu, informasi lainnya seperti bahan memasak sampai dengan alat masak bisa anda temukan dalam buku masakan.

    Demi membantu anda memasak dengan mudah, beberapa penulis menyertakan beberapa tips penting dalam setiap resepnya. Sehingga anda tidak perlu cemas memusingkan masalah teknik memasak yang dirasa rumit. Anda dapat membuat sajian yang mudah, enak dan lezat meskipun anda baru belajar memasak.

    3. Memilih buku yang ditulis oleh ahlinya

    Setiap orang dapat menulis buku resep masakan dan menerbitkannya di setiap toko buku. Diantara banyaknya variasi buku resep masakan yang anda jumpai di toko buku, pilihlah buku yang benar-benar ditulis oleh pakar atau ahlinya. Anda bisa memilih buku dari ahli kuliner maupun ahli gizi. Karena buku resep yang ditulis oleh ahlinya tentu dapat dipercaya.

     

    JANGAN PUTUS ASA JIKA HASIL MASAKAN ANDA GAGAL

    Ada kemungkinan resep yang anda ujicoba di dapur mengalami kegagalan. Sebab, mengikuti resep yang tertera dalam buku resep masakan bukanlah jaminan keberhasilan masakan anda. Berbagai macam faktor yang menjadi penyebab kegagalan seringkali kita jumpai seperti kelembapan lingkungan, kondisi bahan baku, takaran yang dimodifikasi oleh anda sendiri bahkan sampai mood anda dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan masakan anda. 

    Anda dapat mengulangi mencoba resep masakan tersebut dalam kondisi bahan baku yang baik, kelembapan lingkungan yang memadai, dan mood anda yang tentunya sudah lebih baik di lain waktu. Anda bisa mengingat kembali penyebab kegagalan dalam masakan sebelumnya dan catatlah penyebab kegagalan masakan anda. Lalu ketika anda sudah mengetahuinya, cobalah untuk mengulangi resep masakan tersebut. Jangan berputus asa jika hasil masakan anda gagal.

    Jika anda takut gagal, anda dapat menggunakan setengah bahan takar dari resep yang tertera. Sehingga anda bisa hemat bahan saat melakukan uji coba. Setelah resep masakan yang di uji coba berhasil, kepercayaan diri anda akan meningkat dan anda dapat mengulanginya dengan menggunakan satu bahan resep full. Anda juga dapat melakukan sedikit improvisasi dengan resep yang dipilih. Jangan lupa untuk selalu mengoreksi rasanya agar anda menemukan gambaran  hasil akhir yang diinginkan.