in

Rekomendasi Smartwatch Terbaik dan Cara Memilihnya

Dalam beberapa tahun terakhir, smartwatch telah menjadi perangkat yang sangat populer. Tidak hanya sebagai jam tangan, tetapi juga sebagai asisten pribadi yang dapat membantu kamu tetap terhubung, melacak kesehatan, bahkan mengatur jadwal sehari-hari.

Kebutuhan akan smartwatch telah membangkitkan gairah produsen dari berbagai merek untuk menghadirkan banyak pilihan smartwatch. Lalu, smartwatch seperti apakah yang paling tepat untuk dipilih? Dan bagaimana memilih dan menentukan smartwatch terbaik?

Artikel ini akan membahas beberapa smartwatch terbaik yang tersedia saat ini, termasuk fitur-fitur unggulan dan mengapa smartwatch ini layak dipertimbangkan.

 

Rekomendasi Smartwatch Terbaik

Berikut adalah rekomendasi smartwatch terbaik:

1. Imoo Watch Phone Y1 Blue

(Sumber foto: imoo.com)

Imoo Watch Phone Y1 Blue menghadirkan kombinasi sempurna antara teknologi mutakhir dan desain yang stylish, menjadikannya pilihan ideal bagi orang tua yang peduli dengan keamanan dan kenyamanan anak-anak mereka.

Fitur unggulan jam tangan ini termasuk panggilan dua arah berkualitas tinggi yang didukung oleh teknologi LDS (Laser Direct Structuring) dan sirkuit 3D canggih, memastikan komunikasi yang jernih di segala kondisi.

Tidak hanya itu, Imoo Watch Phone Y1 Blue dilengkapi dengan teknologi pemosisian yang sangat akurat menggunakan Satellite-GPS, Base Station (BS), WiFi, Sensor Percepatan, dan A-GPS. Ini memungkinkan orang tua untuk selalu mengetahui lokasi tepat anak-anak mereka. Dengan fitur navigasi sekali sentuh, orang tua dapat dengan mudah melacak keberadaan buah hati mereka hanya dalam satu klik.

Keunggulan lain dari Imoo Watch Phone Y1 Blue adalah kemampuannya untuk mendeteksi gerakan anak dan memberikan informasi tentang aktivitas mereka sepanjang hari. Dengan demikian, orang tua dapat memantau keseharian anak secara lebih baik dan mendukung perkembangan mereka dengan lebih efektif.

Jam tangan ini juga menawarkan ketahanan air tingkat tinggi dengan sertifikasi IPX8 waterproof, sehingga anak-anak dapat berenang dengan aman di kolam renang atau laut tanpa merasa khawatir. Ketika jam tangan terendam air, layar akan secara otomatis menyala untuk mengingatkan anak agar tidak bermain air, sementara orang tua akan menerima notifikasi melalui aplikasi khusus orang tua.

Imoo tidak hanya berhenti di situ dalam menghadirkan teknologi tahan air. Mereka telah mengembangkan membran anti air yang unik yang memungkinkan udara masuk tetapi mencegah air masuk, menjaga agar jam tetap kedap air tanpa perlu disegel rapat. Teknologi pembersihan plasma presisi juga diterapkan untuk menjaga kinerja tahan air yang konsisten di berbagai kondisi.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

Daya tahan baterai menjadi salah satu keunggulan lain dari Imoo Watch Phone Y1 Blue, dengan teknologi Nano Anoda Silikon yang memungkinkan jam tangan tetap terhubung hingga 165 jam dengan satu kali pengisian.

Desain ultra-tipis dengan ketebalan hanya 12.98mm membuatnya nyaman dipakai sepanjang hari, sementara bahan karet lembut dari Dow Corning TPSV yang diimpor dari USA menambah nilai estetika dan kenyamanan penggunaan.

Dengan semua fitur dan teknologi canggih yang ditawarkannya, Imoo Watch Phone Y1 Blue bukan sekadar jam tangan pintar biasa. Ini adalah asisten keamanan yang andal bagi orang tua dan teman setia yang menemani anak-anak dalam menjelajahi dunia dengan lebih aman dan nyaman.

Imoo tidak hanya berfokus pada fungsionalitas, tetapi juga pada keamanan dan kenyamanan, menjadikan produk ini pilihan terbaik untuk keluarga modern yang aktif dan peduli dengan perkembangan anak-anak mereka.

Grameds bisa mendapatkan smartwatch Imoo Watch Phone Y1 ini dengan mengunjungi gramedia.com.

imoo Watch Phone Y1 Blue

Desain dan Tampilan

Imoo Watch Phone Y1 Blue dirancang khusus untuk anak-anak dengan desain yang ceria dan warna yang menarik. Layar sentuhnya yang responsif mudah digunakan oleh anak-anak.

Fitur Unggulan

  • Pelacak Lokasi: GPS dan LBS untuk melacak lokasi anak secara real-time.
  • Panggilan Telepon: Mendukung panggilan dua arah dan pesan suara.
  • Keamanan: Fitur SOS yang memungkinkan anak mengirimkan sinyal darurat ke orang tua.

Kelebihan

  • Desain yang menarik dan mudah digunakan oleh anak-anak.
  • Fitur keamanan yang membantu orang tua memantau anak-anak mereka.
  • Baterai yang tahan lama.

Kekurangan

  • Fitur yang terbatas dibandingkan dengan smartwatch untuk dewasa.
  • Tidak mendukung aplikasi pihak ketiga.

 

2. Apple Watch Series 8

(Sumber foto: ibox.co.id)

 

Apple Watch Series 8 adalah inovasi terbaru dalam dunia jam tangan pintar, dirancang untuk memberikan dukungan kesehatan yang luar biasa dan konektivitas tanpa batas.

Jam tangan ini dilengkapi dengan aplikasi dan sensor kesehatan canggih yang memungkinkan kamu memantau berbagai aspek kesehatan secara realtime. Mulai dari pengukuran EKG (elektrokardiogram), detak jantung, hingga kadar oksigen dalam darah, semua informasi tersebut dapat diakses langsung dari pergelangan tangan kamu.

Selain itu, fitur pemantauan suhu memberikan wawasan mendalam mengenai siklus menstruasi kamu, membantu memahami tubuh kamu dengan lebih baik.

Keunggulan Apple Watch Series 8 tidak berhenti di situ. Jam tangan ini juga dilengkapi dengan fitur Deteksi Tabrakan yang dapat mendeteksi kecelakaan mobil dan secara otomatis menghubungi layanan darurat jika diperlukan. Ini memberikan ketenangan pikiran tambahan setiap kali kamu berada di jalan.

Selain itu, pemantauan tahap tidur memberikan gambaran lengkap tentang kualitas tidur kamu, karena dapat membantu kamu membuat penyesuaian yang diperlukan untuk mendapatkan istirahat yang lebih baik.

Untuk para penggemar olahraga, Apple Watch Series 8 menawarkan metrik olahraga canggih yang memungkinkan kamu melacak kemajuan latihan dengan lebih detail. Dari lari, bersepeda, hingga berenang, jam tangan ini mendukung berbagai jenis olahraga dengan akurasi tinggi. GPS bawaan memastikan bahwa semua aktivitas luar ruangan kamu dapat dilacak dengan tepat, memberikan data yang dapat diandalkan untuk analisis lebih lanjut.

Desain Apple Watch Series 8 juga patut diacungi jempol. Dengan layar Retina Always-On yang lebih besar dan lebih cerah, kamu dapat dengan mudah melihat semua informasi penting meskipun di bawah sinar matahari yang terang. Smartwatch ini tersedia dalam berbagai ukuran dan material, termasuk aluminium, stainless steel, dan titanium, sehingga kamu bisa memilih gaya yang sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan kamu.

Jam tangan ini juga menawarkan integrasi yang sempurna dengan ekosistem Apple. Kamu dapat menerima panggilan, membaca pesan, dan mendapatkan notifikasi langsung dari iPhone milikmu tanpa harus mengeluarkan ponsel dari saku. Dengan dukungan Apple Pay, kamu bisa melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat hanya dengan menggunakan jam tangan kamu.

Apple Watch Series 8 juga memperkenalkan fitur-fitur baru yang meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah mode Low Power yang memperpanjang masa pakai baterai hingga beberapa jam tambahan saat kamu membutuhkannya. Ini sangat berguna saat kamu sedang dalam perjalanan jauh atau tidak memiliki akses mudah ke pengisi daya.

Untuk para pecinta musik dan podcast, Apple Watch Series 8 memungkinkan kamu mengunduh dan memutar lagu serta episode podcast langsung dari jam tangan pintar ini. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar dan dukungan untuk layanan streaming seperti Apple Music dan Spotify, hiburan kamu selalu ada di pergelangan tangamu.

Selain itu, Apple Watch Series 8 mendukung aplikasi pihak ketiga yang beragam, mulai dari aplikasi kebugaran hingga aplikasi produktivitas, memungkinkan kamu menyesuaikan jam tangan sesuai kebutuhan dan gaya hidup. Kamu juga dapat mengakses semua fitur dengan cepat dan efisien.

Dengan semua fitur unggulan tersebut, Apple Watch Series 8 tidak hanya sekadar jam tangan pintar, tetapi juga asisten pribadi yang membantu kamu menjaga kesehatan, tetap aktif, dan selalu terhubung. Ini adalah investasi ideal bagi siapa saja yang ingin memaksimalkan potensi harian mereka dengan teknologi canggih dan desain yang elegan.

Desain dan Tampilan

Apple Watch Series 8 memiliki desain elegan dengan layar Retina Always-On yang besar dan terang. Tersedia dalam berbagai ukuran dan pilihan material, termasuk aluminium, stainless steel, dan titanium.

Fitur Unggulan

  • Pelacak Kesehatan: Dilengkapi dengan sensor EKG, pemantauan detak jantung, dan pelacakan tidur.
  • Konektivitas: Terhubung dengan mudah ke iPhone, mendukung panggilan, pesan, dan notifikasi.
  • Kebugaran: Memiliki aplikasi kebugaran yang komprehensif dengan berbagai mode latihan.

Kelebihan

  • Ekosistem Apple yang terintegrasi dengan baik.
  • Fitur keselamatan seperti deteksi jatuh dan panggilan darurat.
  • Tampilan yang sangat responsif dan berkualitas tinggi.

Kekurangan

  • Harga yang cukup tinggi.
  • Hanya kompatibel dengan perangkat iOS.

 

3. Samsung Galaxy Watch4

(Sumber foto: samsung.com)

 

Berkat sensor Samsung BioActive dan chip tercepat, Galaxy Watch4 mampu menghadirkan pengalaman yang revolusioner. Grameds dapat dengan mudah mengukur persentase lemak tubuh, otot rangka, kadar air tubuh, serta informasi penting lainnya untuk membantu mencapai tujuan kesehatan kamu.

Samsung BioActive Sensor yang baru tidak hanya mengukur komposisi tubuh secara realtime tetapi juga memberi informasi yang relevan dalam manajemen goal kesehatan kamu. Dengan pengukuran BIA menggunakan hanya dua jari dalam waktu 15 detik, kamu dapat mengakses data ini kapan saja, di mana saja, tanpa perlu pergi ke tempat khusus.

Fitur Group Challenge dari Galaxy Watch4 memungkinkan kamu untuk berkompetisi dalam olahraga dengan teman-teman secara langsung melalui papan pesan langsung. Tantangan ini tidak hanya menyediakan lencana penghargaan dan sistem poin, tetapi juga membuat latihan fisik menjadi lebih menyenangkan, memotivasi, dan membangun kebugaran sosial.

Galaxy Watch4 tidak hanya melacak aktivitas sehari-hari, tetapi juga mendukung lebih dari 90 jenis latihan fisik yang berbeda. Dari berenang hingga bersepeda, jam tangan ini memberikan laporan yang akurat tentang setiap rutinitas latihan kamu. GPS bawaan memastikan pencatatan yang tepat dan terpercaya terhadap aktivitas fisik kamu di luar ruangan.

Untuk kesehatan kamu secara keseluruhan, Galaxy Watch4 dilengkapi dengan fitur pemantauan tekanan darah dan EKG (elektrokardiogram). Sensor Samsung BioActive yang dapat diandalkan ini memungkinkan kamu untuk memantau tekanan darah secara realtime setelah kalibrasi awal, serta mendeteksi detak jantung dan ritme yang abnormal melalui EKG. Data ini dapat langsung dikirim ke ponsel kamu untuk dibagikan atau disimpan dengan mudah.

Fitur Advanced Sleep Analysis pada Galaxy Watch4 menawarkan analisis tidur holistik dengan memonitor tahap tidur kamu secara mendetail. Bahkan kamu dapat memeriksa tingkat oksigen dalam darah dan pola mendengkurmu, serta memberikan pengetahuan dari National Sleep Foundation untuk kualitas dan durasi tidur yang lebih baik.

Desain Galaxy Watch4 tidak hanya fungsional tetapi juga estetis. Dengan rangka metal Armor Aluminum yang ramping dan desain yang elegan, jam tangan ini cocok untuk kegiatan sehari-hari maupun saat berolahraga. Tersedia berbagai pilihan tali, termasuk Hybrid Leather Band dan Sport Band, yang menawarkan kenyamanan maksimal dengan permukaan tahan keringat.

Fitur tambahan seperti kompas pun membuat Galaxy Watch4 semakin berharga sebagai teman setia kamu sehari-hari.

Desain dan Tampilan

Samsung Galaxy Watch4 menampilkan desain modern dengan layar Super AMOLED yang tajam dan warna yang hidup. Tersedia dalam berbagai pilihan warna dan ukuran.

Fitur Unggulan

  • Pemantauan Kesehatan: Termasuk sensor BioActive yang memantau komposisi tubuh, tekanan darah, dan EKG.
  • Sistem Operasi: Menggunakan Wear OS yang memberikan akses ke berbagai aplikasi Google.
  • Konektivitas: Mendukung panggilan dan pesan teks, serta kompatibel dengan perangkat Android.

Kelebihan

  • Integrasi yang baik dengan perangkat Android.
  • Banyak fitur kesehatan dan kebugaran.
  • Baterai yang tahan lama.

Kekurangan

  • Tidak semua fitur kesehatan tersedia di semua negara.
  • Desain yang mungkin terlalu sporty untuk beberapa orang.

 

4. Garmin Forerunner 945

(Sumber foto: garmin.co.id)

 

Garmin Forerunner 945 tidak hanya menyediakan layanan musik premium yang dapat disinkronkan langsung ke pergelangan tanganmu, melainkan juga menghadirkan fitur fisiologis paling canggih. Dengan kemampuan untuk memantau beban latihan secara detail dan lebih banyak lagi, jam tangan ini menjawab semua kebutuhanmu dalam berolahraga.

Fitur Garmin Pay1 memberikan kemudahan pembayaran langsung dari pergelangan tanganmu tanpa harus repot membawa uang tunai atau kartu kredit. Ini memungkinkan kamu tetap fokus pada latihanmu tanpa terganggu dengan urusan pembayaran.

Forerunner 945 memang dirancang untuk para atlet yang menginginkan yang terbaik. Selain fitur musik dan pembayaran, jam tangan ini juga dilengkapi dengan GPS yang akurat untuk melacak posisi dan kinerjamu dengan presisi tinggi.

Dengan berbagai mode olahraga yang dapat dipilih, mulai dari lari hingga bersepeda dan berenang, Forerunner 945 memastikan setiap latihan tercatat dengan akurat untuk analisis yang lebih mendalam.

Desain ergonomis Forerunner 945 tidak hanya membuatnya nyaman dipakai sepanjang hari, tapi juga tahan lama dan stylish. Material yang digunakan dirancang untuk tahan air dan tahan lama, cocok untuk digunakan di segala kondisi cuaca dan lingkungan.

Desain dan Tampilan

Garmin Forerunner 945 dirancang khusus untuk para atlet dan pecinta olahraga dengan desain yang kokoh dan layar transflective MIP yang mudah dibaca di bawah sinar matahari.

Fitur Unggulan

  • Kebugaran: Dilengkapi dengan GPS, peta warna, dan berbagai mode olahraga.
  • Pelacak Kesehatan: Pemantauan detak jantung, VO2 max, dan pelacakan tidur.
  • Konektivitas: Mendukung musik offline dan kompatibel dengan berbagai aplikasi pihak ketiga.

Kelebihan

  • Sangat akurat dalam pelacakan olahraga dan kesehatan.
  • Baterai yang sangat tahan lama.
  • Fitur navigasi yang canggih.

Kekurangan

  • Antarmuka pengguna yang kurang intuitif.
  • Desain yang mungkin kurang menarik untuk penggunaan sehari-hari.

 

5. Fitbit Versa 3

(Sumber foto: fitbit.com)

 

Fitbit Versa 3: Jam Tangan Pintar Serbaguna

Fitbit Versa 3 adalah pilihan ideal bagi banyak orang, menawarkan berbagai fitur canggih dengan harga yang lebih terjangkau. Desainnya yang modern dengan layar AMOLED 1,58 inci yang cerah dan mudah dilihat di bawah sinar matahari langsung memberikan pengalaman visual yang memuaskan.

Jam tangan pintar ini dilengkapi dengan fitur kebugaran lengkap seperti GPS internal, oksigen darah (SpO2), dan pelacakan suhu saat tidur. Kamu bisa melacak 20 aktivitas berbeda, termasuk berenang dan lari, serta mendapatkan notifikasi zona detak jantung selama latihan. Menit Zona Aktif yang dihitung berdasarkan data detak jantung memberikan pengukuran aktivitas fisik yang lebih akurat dibandingkan jumlah langkah saja.

Selain fungsi kebugaran, Versa 3 juga memantau aspek kesehatan lainnya seperti laju pernapasan dan variasi suhu kulit saat tidur. Dengan akses ke program latihan Fitbit Premium, kamu bisa mengikuti berbagai kelas dan program latihan di ponsel atau langsung di jam tangan.

Desain dan Tampilan

Fitbit Versa 3 memiliki desain yang ramping dan ringan dengan layar AMOLED yang cerah dan mudah dibaca. Tersedia dalam berbagai pilihan warna.

Fitur Unggulan

  • Pelacak Kesehatan: Pemantauan detak jantung 24/7, pelacakan tidur, dan SpO2.
  • Konektivitas: Mendukung panggilan dan pesan teks, serta kompatibel dengan perangkat Android dan iOS.
  • Kebugaran: Mode latihan yang komprehensif dan pelacakan GPS.

Kelebihan

  • Harga yang terjangkau dengan fitur yang kaya.
  • Kompatibilitas yang luas dengan berbagai perangkat.
  • Integrasi yang baik dengan aplikasi kebugaran Fitbit.

Kekurangan

  • Tidak mendukung aplikasi pihak ketiga sebanyak kompetitornya.
  • Baterai yang perlu diisi ulang lebih sering dibandingkan beberapa pesaing..

 

Casio G-Shock AW-590-1ADR

 

Cara Memilih Smartwatch Terbaik

(Sumber foto: www.pexels.com)

Berikut adalah tips memilih smartwatch terbaik:

1. Pertimbangkan Kebutuhan 

Sebelum membeli smartwatch, pertimbangkan kebutuhan kamu. Apakah kamu membutuhkan smartwatch untuk pelacakan kebugaran, kesehatan, atau hanya untuk tetap terhubung dengan notifikasi dan panggilan?

2. Kompatibilitas Perangkat

Pastikan smartwatch yang kamu pilih kompatibel dengan perangkatmu. Apple Watch, misalnya, hanya kompatibel dengan perangkat iOS, sementara banyak smartwatch lain kompatibel dengan perangkat Android dan iOS.

3. Fitur Kesehatan dan Kebugaran

Jika kesehatan dan kebugaran adalah prioritas kamu, pilihlah smartwatch dengan fitur pelacakan kesehatan yang komprehensif seperti detak jantung, pemantauan tidur, dan GPS untuk aktivitas luar ruangan.

4. Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai adalah faktor penting lainnya. Beberapa smartwatch perlu diisi ulang setiap hari, sementara yang lain dapat bertahan hingga beberapa minggu dengan sekali pengisian.

5. Harga

Sesuaikan pilihan kamu dengan anggaran yang dimiliki. Smartwatch hadir dalam berbagai harga, dari yang terjangkau hingga yang sangat mahal dengan fitur premium.

Memilih smartwatch terbaik tentu saja membutuhkan pertimbangan berbagai faktor seperti kebutuhan pribadi, kompatibilitas perangkat, fitur kesehatan dan kebugaran, daya tahan baterai, dan anggaran. Dengan berbagai pilihan yang tersedia, kamu dapat menemukan smartwatch yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidupmu.

 

 

Grameds bisa memilih smartwatch salah satunya dengan cara mengunjungi gramedia.com, sebab sebagai # SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan informasi dan produk terbaik untuk kamu.

Casio Baby-G BGA-170-7B2DR

 



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    92% 92% 1.3k / 1.4k
  • Tidak
    7% 7% 105 / 1.4k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Wu