in

20 Manfaat Kencur untuk Kesehatan Tubuh

20 Manfaat Kencur untuk Kesehatan Tubuh – Sebagai orang Indonesia, Grameds pasti akrab dengan kencur dan berbagai khasiat yang bisa diberikan tanaman obat ini. Orang Indonesia berhasil memerangi banyak penyakit dengan resep obat tradisional jauh sebelum obat-obatan modern muncul.

Kencur sebagai bumbu dapur dan obat herbal diyakini dapat mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman herbal yang satu ini tumbuh subur di wilayah Asia dengan iklim tropis dan subtropis, seperti Myanmar, China, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Obat herbal yang satu ini biasanya tumbuh di daerah dataran rendah atau pegunungan. Untuk menanam kencur, Grameds membutuhkan struktur tanah gembur yang tidak terlalu banyak mengandung air.

Sama seperti tanaman pada umumnya, kencur tumbuh dengan daun dan bunga. Meski umbi kencur menjadi bagian yang paling sering digunakan, daun kencur juga bermanfaat sebagai lalapan dan urap.

Sedangkan bagian rimpang kencur kerap digunakan sebagai bahan kosmetik. Kencur dengan aroma yang khas memiliki berbagai komposisi zat, yakni mineral, sineol, pati, asam sinamat, alkaloid, etil ester, kaempferol, borneol, dan lain sebagainya.

Kandungan borneol dan kaempferol pada kencur berperan sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh, lho Grameds. Kemudian kandungan asam sinamat dan sineol masuk ke dalam kandungan minyak-minyak atsiri.

Dikenal sebagai bumbu masakan populer di Asia, kencur memiliki sebutan yang berbeda di beberapa daerah. Ada yang menyebutnya dengan nama ceku, cikur, tekur, cekor, suha, dan bataka. Cukup beragam, ya.

Di Indonesia sendiri, tanaman herbal ini kerap dimanfaatkan sebagai ramuan obat hingga minuman. Jika ditelusuri lebih dalam, kandungan nutrisi kencur hampir sama seperti kunyit dan jahe.

Kencur sebagai salah satu jenis bumbu dapur dengan aroma yang khas memiliki nama latin Kaempferia galanga L. Selain digunakan untuk menambah cita rasa dalam masakan, kencur dikenal sebagai obat alami berbagai penyakit.

Kerap digunakan sebagai bumbu masakan yang menambah cita rasa, nyatanya kencur punya beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Kencur menawarkan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, yakni mengobati masuk angin, menghilangkan sakit perut, mengurangi pembengkakan, melancarkan sistem peredaran darah, dan lain sebagainya.

Penasaran apa saja manfaat kencur bagi kesehatan? Yuk, simak artikel ini sampai tuntas.

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Energi

Manfaat kencur sebagai tanaman obat ternyata berguna untuk meningkatkan energi, lho Grameds. Orang Tibet dan Jepang kerap menggunakan kencur sebagai formula bahan dupa untuk mengatasi kelelahan, meningkatkan energi, meningkatkan kesadaran, dan menciptakan lingkungan yang damai.

Saat tubuh sedang terasa lemas dan lelah, kencur dapat dijadikan sebagai energy booster. Mengapa? Karena dicerna dalam usus dan bercampur dengan hormon tubuh, kandungan di dalam kencur bisa berubah menjadi energi.

Lalu, bagaimana caranya? Grameds bisa merebus 2 cm kencur dengan satu gelas air untuk diminum setiap malam sebelum tidur. Cara tersebut diyakini dapat membuat kamu merasa segar dan energik di pagi berikutnya.

banner-promo-gramedia

2. Mengurangi Kolestrol Jahat

Berbagai komposisi yang ada di dalam kencur dipercaya dapat meningkatkan kinerja empedu, lho Grameds. Jumlah kolestrol yang ada di dalam tubuh berkaitan erat dengan kandungan atau komposisi tersebut.

Kencur sebagai salah satu bahan pembuatan jamu bermanfaat untuk memproduksi empedu dalam tubuh. Penyerapan nutrisi, menghilangkan toksin, dan kolestrol jahat menjadi tanggung jawab dari empedu.

Empedu akan bekerja untuk menyerap racun yang ada di dalam tubuh. Kemudian empedu juga akan menekan dan mengontrol jumlah kolestrol jahat dalam darah.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Pernah mencoba jamu beras kencur? Di Indonesia sendiri, pada umumnya anak-anak diberikan minuman jamu beras kencur untuk meningkatkan nafsu makan.

Kandungan properti karminatif dalam kencur diyakini mampu meningkatkan nafsu makan pada anak. Selain itu, kencur juga dapat menambah cita rasa dan aroma khas pada masakan, minuman, dan makanan ringan.

Grameds dapat menambahkan kencur di setiap olahan masakan untuk anak. Kamu bisa menambahkannya dengan cara dipotong tipis-tipis memanjang, digeprek, ataupun ditumbuk.

4. Sebagai Obat Batuk

Ilustrasi batuk (sumber: alodokterku.com)

Sudah tahu kalau kencur bisa mengobati batuk? Ya, tanaman herbal yang satu ini bermanfaat sebagai obat batuk. Gejala batuk dini dapat disembuhkan dengan mengonsumsi kencur, lho Grameds.

Bagaimana caranya? Kamu cukup mencuci akar kencur hingga bersih, lalu kupas, dan parut. Setelah itu, letakkan kencur yang sudah diparut di atas kain dan peras untuk mendapatkan jusnya.

Kemudian Grameds bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan madu untuk menambahkan rasa. Kamu cukup meminum sirup kencur tiga kali sehari untuk meredakan gejala batuk.

5. Mengurangi Kembung

Mengobati perut kembung menjadi salah satu manfaat kencur sebagai tanaman herbal. Grameds bisa mencuci kencur dengan sedikit garam dan air hangat untuk membersihkannya.

Kemudian makan kencur yang sudah dicuci bersih untuk mengurangi rasa kembung pada perut. Alternatif lainnya, Grameds bisa merebus akar kencur sebesar 3 cm dengan satu gelas air. Ramuan tersebut dapat diminum dua kali sehari untuk mencegah kembung.

tombol beli buku

6. Sebagai Antioksidan

Untuk mengusir radikal bebas berbahaya dan virus dibutuhkan antioksidah dalam tubuh. Kandungan antioksidan pada kencur dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, kencur juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Mengobati Otot Bengkak atau Terkilir

Umumnya orang Indonesia menggunakan campuran kencur untuk mengobati otot yang terkilir. Kencur merupakan tanaman obat yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama untuk cedera.

Lalu, bagaimana caranya? Grameds bisa mencampurkan satu rimpang kencur ke dalam nasi mentah yang sudah ditumbuk. Kemudian aplikasikan campuran tersebut ke area tubuh yang bengkak.

8. Meredakan Sakit Maag

Ilustrasi Sakit Maag (sumber: shefit.com)

Grameds sering merasakan sakit maag saat beraktivitas? Manfaat kencur yang selanjutnya ialah meredakan sakit maag yang sedang kambuh.

banner-promo-gramedia

Kencur sebagai tanaman obat memiliki kandungan yang dapat menurunkan asam lambung di dalam perut. Untuk meredakan sakit maag yang sedang kambuh kamu memerlukan asam lambung yang normal. Kandungan yang dimiliki kencur dapat membantu kamu menurunkan asam lambung yang tinggi.

9. Sebagai Obat Sakit Kepala

Selanjutnya, kencur sebagai obat herbal bermanfaat untuk kesehatan kepala. Kencur dapat menjadi alternatif obat untuk meredakan sakit kepala atau migrain, lho Grameds.

Jika Grameds ingin mengurangi konsumsi obat generik, kencur dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengurangi ketergantungan obat.

10. Mencegah Jerawat

Menghambat jerawat pada tubuh dan wajah menjadi salah satu manfaat kencur sebagai tanaman obat. Hormon pemicu tumbuhnya jerawat akan ditekan dan dicegah dengan rutin mengonsumsi kencur. Hal tersebut membuat jerawat yang baru muncul akan segera sembuh sehingga tidak menimbulkan noda.

Baca juga: Manfaat Istirahat Yang Cukup

11. Melangsingkan Tubuh

Grameds sedang menjalankan program diet atau ingin menurunkan berat badan? Kencur dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai menu diet tambahan dan jalan keluar alami untuk melangsingkan tubuh.

Senyawa di dalam kencur bekerja dalam menurunkan berat badan agar tubuh menjadi ideal. Dengan begitu, cita-cita kamu untuk melangsingkan tubuh dapat tercapai.

12. Mengobati Penyakit Diare

Meminum kencur diyakini dapat mengobati penyakit diare, lho Grameds. Di dalam kencur terdapat kandungan antibakteri dan kandungan sitotiksik yang dapat membunuh bakteri jahat datang kembali.

Bagaimana caranya? Grameds bisa menumbuk kencur dan menyaringnya untuk mendapatkan sari kencur. Setelah itu, kamu bisa menambah sari kencur dengan madu dan sedikit air hangat. Minumlah campuran tersebut setiap pagi sampai rasa mulas di perut mereda dan hilang.

13. Mencegah Penuaan Dini

Tahukah Grameds, manfaat kencur untuk kesehatan salah satunya ialah mencegah penuaan dini, lho. Untuk menenangkan peradangan di seluruh tubuh, kencur sebagai tanaman herbal dapat membantu menangkal penuaan dini dan kekuatan anti-inflamasi.

Dalam menghambat sintesis prostaglandin, anti-inflamasi diyakini dapat mencegah penyakit rematik. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa senyawa flavonol dalam kencur juga dapat mencegah masalah tulang, penyakit lambung, dan inflamasi pada kulit.

tombol beli buku

14. Mencegah Petumbuhan Kanker

Campuran kencur dan madu diyakini mengandung antioksidan yang cukup tinggi sebagai pencegah kanker. Kandungan senyawa flavonoid pada kencur dapat memerangi pertumbuhan sel ganas dan genotoksisitas kimiawi dalam tubuh.

banner-promo-gramedia

Kencur dipercaya efektif melawan kanker kulit, kanker lambung, kanker pankreas, kanker hati, dan kanker payudara. Kemudian sebuah studi tahun 2014 menyimpulkan bahwa ekstrak air kencur dapat mencegah pertumbuhan tumor lambung pada manusia.

15. Meningkatkan Sel Sperma

Di daerah Timur Tengah, kencur dimanfaatkan untuk meningkatkan gairah seksual. Kemudian kencur kerap digunakan untuk pengobatan gangguan menstruasi oleh orang Asia Tenggara.

Pada tahun 2014, ada sebuah studi yang menyatakan bahwa ekstrak etanol pada kencur dapat meningkatkan sel sprema. Selain itu, suplemen minuman kencur dan jus delima dipercaya dapat meningkatkan motilitas sperma hingga tiga kali lipat.

16. Melancarkan Pernapasan

Kencur sebagai tanaman herbal telah digunakan selama ribuan tahun untuk pengobatan alami penyakit flu, batuk, dan sakit tenggorokan. Campuran kencur dan madu diyakini dapat membantu fungsi paru-paru dan melonggarkan dahak.

Komposisi atau kandungan dalam kencur dapat membantu melancarkan pernapasan dan mengurangi dahak. Kemudian ekstrak kencur juga turut menenangkan asma dan sindrom gangguan pernapasan akut dari efek anti-inflamasi.

17. Merangsang Pertumbuhan Sel Otak

Pertumbuhan sel otak yang sehat kerap dikaitkan dengan beberapa nutrisi dalam kencur. Selain itu, manfaat kencur bagi kesehatan tubuh berfungsi sebagai anti-depresi.

Kencur sebagai bumbu rempah juga dipercaya dapat memperlambat atau mencegah timbulnya penyakit yang menyerang sel otak. Mengonsumsi campuran kencur dan madu di pagi hari secara rutin dapat mengurangi pengendapan plak beta-amiloid di otak

18. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kencur bagi kesehatan tubuh ialah melindungi jantung. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kencur dapat meningkatkan sirkulasi jantung, sebagai anti-inflamasi, dan menurunkan kolestrol.

Kemudian beberapa studi menunjukkan bahwa kencur sebagai tanaman herbal dapat melindungi diri dari serangan jantung dan mengurangi kontraksi jantung. Sejumlah kandungan dan serat yang baik pada kencur dapat menjadi senjata alami untuk kesehatan.

tombol beli buku

19. Menurunkan Demam

Ilustrasi Demam (sumber: www.celmot.com)

Selain meredakan gejala flu dan batuk, kencur juga berguna sebagai obat alami penurun demam pada anak. Sifat antibakteri dan antijamur yang dimiliki kencur bermanfaat menurunkan demam. Kencur diyakini sebagai obat alami yang efektif untuk gejala flu dan sakit tenggorokan.

20. Menghilangkan Masalah Ketombe

Tanaman obat yang satu ini juga berguna untuk mengobati dan menghilangkan masalah ketombe pada rambut. Kencur efektif untuk memperkuat akar rambut dan membunuh jamur penyebab ketombe. Kencur dapat membantu membersihkan rambut Grameds dari masalah ketombe, memperkuat kulit kepala, dan mengurangi rambut rontok.

Nah, itulah 20 manfaat kencur untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang membacanya, ya.

Baca juga:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila