in

Ketahui Ikan Laut Yang Enak Dibakar

Ikan laut yang enak dibakar – Ada banyak jenis ikan laut yang bisa konsumsi di Indonesia. Negara dengan kekayaan alam yang melimpah, pastinya tak sulit menemukan berbagai jenis ikan konsumsi. Jenis ikan yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia yakni ikan air laut dan ikan air tawar.

Baik ikan air tawar maupun ikan laut, ada banyak jenis ikan yang bisa diolah menjadi berbagai menu masakan yang enak. Mulai dari diolah dengan cara digoreng, dimasak dengan santan dan bumbu khas Indonesia, digulai, hingga dibakar. Biasanya, jenis ikan yang diolah dengan cara digoreng atau dibakar, ikan jenis ini biasa disajikan dengan berbagai lalapan dan sambal pedas yang nikmat, sangat menggugah selera.

Untuk berbagai jenis ikan konsumsi di Indonesia tentu ada banyak ragamnya. Bahkan, di pasaran, kita akan dengan mudah menemukan puluhan jenis ikan yang bisa kita konsumsi. Kamu tinggal pilih ingin memasak ikan laut maupun ikan air tawar.

Ikan laut maupun ikan air tawar, masing-masing memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Nah, kali ini kita akan mengulas jenis ikan laut dan tentunya ikan laut juga tak kalah enak, bisa digoreng atau dibakar, dan tentunya kaya nutrisi lho.

Apa saja manfaat mengonsumsi ikan laut? Dan apa saja jenis ikan laut yang enak dibakar? Yuk kita intip resepnya, Grameds!

Pengertian Ikan Laut

Ikan laut adalah salah satu jenis ikan yang hidupnya berada di dalam air laut. Ikan yang hidup di laut, berbeda dengan jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan air tawar biasanya hidup pada air dengan kadar garam yang relatif sangat rendah dibandingkan kadar garam yang ada di cairan tubuhnya.

Sedangkan ikan laut, meskipun hidup di laut, dengan definisi air laut yang biasanya relatif lebih tinggi kadar garam, tapi ikan laut sangat pintar menyesuaikan diri di habitatnya, dimana pada air atau tempat yang tinggi kadar airnya daripada kadar garam pada tubuhnya.

Dengan kata lain, ikan laut tetap mempunyai kadar garam yang rendah meskipun hidup di air laut yang memiliki kadar garam yang tinggi. Ikan laut juga terkenal lebih sehat dan umumnya memiliki nilai jual yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan air tawar.

Ingin mengetahui berbagai jenis ikan laut dengan penjelasannya? Kamu tak perlu bingung untuk mencari informasi itu, karena kamu bisa membaca buku Ensiklopedia Populer: Ikan Air Laut. Buku ini bukan hanya ditulis dengan bahasa yang sederhana, melainkan juga diberikan gambar ikan laut. Dengan begitu, pembaca pun akan jadi lebih mudah dalam memahami jenis-jenis ikan laut.

Kandungan Gizi Ikan Laut

Manfaat ikan laut telah dikenal sejak dulu, karena memiliki kandungan gizi yang tinggi dan rendah kalori. Jadi, tak heran, jika jenis ikan laut kerap menjadi salah satu menu untuk seseorang yang sedang melakukan program diet, dan sering direkomendasikan oleh dokter untuk menu konsumsi harian untuk menjaga kesehatan.

Selain rendah kalori dan tinggi protein, ikan laut juga kaya berbagai nutrisi, seperti kandungan mineral, vitamin, dan lemak jenuh atau lemak baik yang dibutuhkan tubuh untuk memenuhi nutrisi dan gizi harian.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

Dikutip dari Delaware Sea Grant College Program, ada banyak manfaat mengonsumsi ikan laut ini, seperti kerang dan ikan, dalam porsi tiap 300 gram mampu menyediakan hingga 40% jumlah protein yang disarankan setiap harinya.

Berikut beberapa kandungan nutrisi dan gizi pada ikan laut yang bermanfaat untuk tubuh kita :

  • Protein
  • Rendah kolesterol
  • Asam lemak omega-3
  • Vitamin D
  • Vitamin B kompleks
  • Vitamin A
  • Seng (zinc)
  • Selenium
  • Zat besi
  • Yodium
  • Magnesium
  • Mineral
  • Lemak baik

Itulah kandungan gizi umum yang terkandung dalam ikan laut. Wah, kaya nutrisi dan gizi ya, Grameds!

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Laut Untuk Kesehatan

Ikan laut memang sangat populer dengan kandungan gizi dan nutrisi penting di dalamnya, seperti protein, sumber omega-3 terbaik, vitamin dan mineral. Kandungan-kandungan ini sangatlah penting untuk otak dan tubuh kita. Beberapa jenis ikan laut, punya kandungan omega-3 yang lebih tinggi dibanding yang lain, yakni salmon dan tuna.

Berbagai  kandungan gizi dan nutrisi ikan laut di atas, maka tak heran, mengonsumsi ikan laut ini memiliki sederet manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja? Yuk, kita simak bersama penjelasan akan manfaat ikan laut.

1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Ikan laut memang mengandung lemak, tapi sebagian besar lemak yang ada merupakan sumber omega-3 yang baik untuk jantung. Berbagai penelitian bahkan menunjukkan jika orang yang rutin mengonsumsi ikan laut tidak beresiko mengalami stroke dan penyakit jantung.

Omega-3 ini bekerja dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total dengan meningkatkan kolesterol baik. Lemak omega-3 juga mampu mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah, menjaga detak jantung tetap teratur, dan mengurangi peradangan.

2. Memelihara Kesehatan Otak

Seiring bertambahnya umur, fungsi otak akan mengalami penurunan, dan resiko terkena penyakit Alzheimer akan meningkat. Akan tetapi, studi menunjukkan jika orang yang banyak mengonsumsi ikan laut cenderung akan lebih terjaga, yaitu penurunan kemampuan fungsi otak dengan lebih lambat.

Dalam penelitian Journal of Preventive Medicine, seseorang yang mengonsumsi ikan laut seminggu sekali akan memiliki lebih banyak gray matter atau materi abu-abu. Ini adalah bagian dari otak yang mengatur emosi dan fungsi ingatan.

3. Bagus Untuk Ibu Hamil dan Janin

Omega-3 pada ikan laut memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil. Lemak Omega-3, khususnya dalam bentuk DHA atau asam dokosaheksaenoat, zat ini diperlukan untuk pertumbuhan mata dan otak janin. Omega-3 juga berperan untuk menentukan lamanya masa kehamilan lho.

Maka dari itu, tak sedikit ibu hamil yang disarankan untuk mengonsumsi sedikitnya 200 mg DHA, dan ini ada dalam ikan laut. Kamu bisa memenuhi kebutuhan ini dengan makan ikan laut, seperti ikan bandeng, sarden, cakalang, salmon, atau tuna setiap minggunya.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur 

Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu kamu tidur nyenyak, tapi tahukah Grameds bahwa salah satunya yaitu ikan laut? Kesulitan tidur bisa jadi karena kamu kekurangan vitamin D, dan kamu bisa mendapatkannya dari ikan laut sebagai sumber vitamin D yang baik.

Sebuah studi pada hampir 100 pria paruh baya, menyatakan bahwa makan ikan salmon 3 kali dalam seminggu dapat meningkatkan kualitas tidur. Sehingga kamu bisa merasakan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas. Para peneliti ini menduga, bahwa manfaat tersebut didapat dari kandungan vitamin D pada ikan laut.

5. Mencegah Depresi 

Menurut penelitian pada tahun 2014, seseorang yang rutin mengonsumsi ikan laut, cenderung lebih sehat dan ceria, beresiko lebih rendah terkena stress atau depresi. Studi lainnya menunjukkan, jika omega-3 pada ikan laut bisa membantu meningkatkan kecocokan obat antidepresi.

Omega-3 juga membantu mengatasi depresi melalui beberapa cara. Misalnya, omega-3 ini bisa dengan mudah menembus membran sel otak, lalu bisa mengurangi peradangan, dan mengatur emosi, yakni mood atau suasana hati.

6. Menjaga Kesehatan Mata 

Manfaat lain ikan laut yakni bisa melindungi mata dari kerusakan terkait faktor umur. Semakin tua, resiko kamu terkena degenerasi makula akan semakin meningkat. Jika tidak segera dicegah dan ditangani, maka penyakit mata ini bisa menyebabkan kebutaan.

Kabar baiknya, jika kamu rutin mengonsumsi ikan laut minimal seminggu sekali, bisa membantu menurunkan resiko terkena degenerasi makula. Bahkan membantu menurunkan resiko penyakit ini hingga 53%.

7. Mencegah Keracunan Merkuri

Mencegah keracunan merkuri bisa dilakukan dengan memilih jenis ikan laut dan menurunkan jumlah ikan yang akan dikonsumsi. Tak hanya itu, kamu bisa melakukan beberapa upaya, seperti :

  • Pilih jenis ikan konsumsi yang besar
  • Menghindari ikan yang mengandung merkuri tinggi saat sedang hamil
  • Jika ingin makan sushi, pilihlah sushi atau restoran sushi sebelum kamu mengkonsumsinya. Pastikan sushi dibuat dengan aman.
  • Mengikuti pedoman aturan penyajian makanan laut dan ikan untuk anak-anak. Ukuran penyajian ikan laut untuk anak-anak khususnya dibawah 3 tahun bisa mengkonsumsi 100 gram ikan, dan untuk anak usia di atas 3 tahun adalah 200 gram.

Ikan Laut Yang Enak Dibakar

Tak semua jenis ikan memiliki rasa yang enak jika dibakar. Namun, jenis ikan berikut ini dijamin enak dan menggugah selera jika dibakar dan dijadikan bahan untuk pesta bersama. Inilah rekomendasi ikan laut yang enak untuk dibakar :

1. Ikan Salmon

Ikan salmon menjadi salah satu jenis ikan laut yang dikenal dengan harga yang cukup mahal dibanding ikan jenis lainnya.

Ikan salmon punya warna orange sedikit kemerahan yang sangat khas. Salmon ini sebenarnya sering dikenal orang sebagai bahan dasar pembuatan sushi. Selain sushi, ikan salmon umumnya dimasak atau dijadikan steak.

2. Ikan Kakap

Ikan kakap juga termasuk ikan yang cukup digemari orang, biasanya banyak di tempat makan seperti restoran Padang, dan khasnya dimasak gulai atau dipindang. Ikan kakap memiliki daging yang cukup tebal, jadi ikan ini juga cocok untuk dibakar.

Bagian luar dibakar sampai garing tapi daging dalamnya terasa lembut. Hal ini berlaku untuk kakap putih maupun kakap merah. Maka, ikan kakap menjadi jenis ikan laut yang banyak diminati, meski harganya sedikit mahal, tapi mudah dijumpai di pasar.

3. Ikan Ayam-ayam 

Selanjutnya ada ikan Ayam-ayam. Bentuk ikan ini memang terbilang unik. Karena bentuk tubuhnya yang pipih besar tapi mulutnya kecil dan bergigi, dan kulit yang keras.

Ikan ini disebut dengan nama ikan ayam-ayam sebab rasa dagingnya hampir sama seperti daging ayam. Ikan Ayam-ayam memiliki kulit yang tebal dan cocok untuk dibakar atau dipanggang, hingga bumbu kuning.

4. Ikan Ekor Kuning 

Sesuai namanya, ikan laut satu ini memiliki ekor berwarna kuning. Oleh sebab itu, ikan ini memiliki nama lain seperti ikan sulih, ikan sunin atau yellow tail. Jenis ikan ini mempunyai nama latin Caesionidae ini memiliki daging yang lembut dan tebal. Jadi, cocok untuk digoreng kering, di masak pesmol, di gulai, hingga dibakar.

5. Ikan Kuwe

Ikan kuwe memiliki bentuk yang lebar dan daging yang tebal. Walaupun punya daging tebal dan kokoh, tapi daging bagian dalamnya lembut begitu digigit. Ikan ini paling enak dibakar atau dipanggang memakai bumbu bakar khas Makassar. Lalu sajikan dengan sambal yang pedas.

5. Ikan Baronang 

Ikan baronang cukup besar dan memiliki duri yang jarang. Daging ikannya lembut dan tebal. Ikan baronang cocok untuk dibakar. Dilumuri pakai bumbu kuning lebih dulu, lalu dibakar. Rasanya akan sangat gurih dan enak.

7. Ikan Bawal Laut

Ikan bawal juga dikenal ikan sering dibakar. Meski memiliki banyak duri, tapi ikan bawal memiliki daging yang gurih dan lembut. Apalagi jika dibakar memakai bumbu kecap, lalu disajikan dengan sambal rawit, rasanya yang nikmat pedas manis sangat menggugah selera. Ikan bawal juga dikenal enak dibakar dengan bumbu rujak atau bumbu kuning. Tak heran jika olahan ikan bawal bakar ini punya banyak penggemar.

8. Ikan Kerapu

Ikan grouper atau lebih dikenal dengan ikan kerapu termasuk dalam genus Epinephelus. Jenis ikan ini sebenarnya sangat beragam, seperti kerapu kertang, batik, macan, lumpur, sunuk, tikus, dan muara. Ikan ini memiliki rasa yang manis dan daging yang tebal. Jadi, ikan ini cocok dimasak pindang atau dibakar.

Kamu ingin menjadi seorang pebisnis ikan? Jika iya, maka kamu perlu mengetahui beberapa cara yang tepat dalam budi daya ikan laut. Nah, kamu tak perlu bingung bingung untuk mencari informasi tersebut, karena kamu bisa mendapatkannya melalui buku Buku Pintar Budi Daya 32 Ikan Laut Ekonomis.

Resep Ikan Laut Bakar

Ingin masak ikan bakar sendiri di rumah? Jangan bingung, ikan laut juga cocok untuk dibakar dan menjadi menu nikmat pakai bumbu kecap. Gimana resepnya? Yuk, simak dan catat ya, Grameds!

1. Resep Ikan Laut Bakar Bumbu Kecap 

Bahan:

  • 3 ekor ikan laut ukuran sedang (kurang lebih berat 1 kg)
  • 1 sdt garam
  • 2 buah jeruk nipis
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu dihaluskan:

  • 3 buah cabai rawit merah (sesuai selera)
  • 4 buah bawang putih
  • 3 buah bawang merah
  • 3 sdm kecap manis
  • 1½ sdt ketumbar bubuk
  • 1 butir kemiri, sudah di sangrai
  • gula dan garam secukupnya

Cara membuat:

  • Langkah pertama, bersihkan ikan, kemudian belah jadi dua. Lalu, lumuri garam dan perasan jeruk nipis secara merata.
  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, lalu masukkan kecap manis, cicipi. Masukkan gula dan garam secukupnya atau sesuai selera.
  • Siapkan alat bakar, siapkan bara api, lalu bakar ikan sampai daging luarnya kecoklatan atau matang.
  • Olesi dengan bumbu kecap lalu bakar lagi sampai ikan benar-benar matang, sesekali dioles lagi dengan bumbu agar meresap sempurna.
  • Angkat, dan ikan bakar bumbu kecap siap disajikan. Hidangkan dengan sambal favorit.

2. Resep Ikan Laut Bakar Gurih Pedas

Bahan:

  • 5 ekor ikan laut (bersihkan dan belah)
  • 1 buah jeruk nipis

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 2 ruas kunyit

Bumbu oles:

  • 2 sdm margarin
  • 5 sdm kecap manis
  • garam secukupnya

Cara membuat:

  • Bersihkan ikan laut, kemudian lumuri dengan perasaan jeruk nipis. Diamkan kurang lebih 10 menit, lalu bilas sampai bersih.
  • Tumis bumbu halus dengan minyak secukupnya hingga harum, matikan api. Lalu, tuang bumbu ke dalam wadah, kemudian campurkan dengan kecap manis, aduk.
  • Olesi ikan laut dengan bumbu secara merata. Lalu, panggang atau bakar ikan di atas bara api sampai matang. sesekali dioles lagi dengan bumbu agar meresap sempurna.
  • Setelah berwarna kecoklatan dan matang, sajikan ikan laut bakar bersama aneka lalapan dan sambal favorit.

Kamu ingin berkreasi mengolah menu dari bahan dasar ikan laut? Tenang, kamu akan mudah mencoba beberapa resep olahan ikan laut dengan mudah melalui buku 264 Resep Masakan Lezat Ikan Laut. Lewat buku ini, kamu akan mengetahui tips memasak ikan laut yang lezat dan pastinya mudah untuk dimasak di rumah.

Penutup

Ikan laut memang dikenal dengan ikan yang rendah garam dan tentunya sehat. Selain itu, ikan laut juga kaya akan nutrisi dan gizi yang sangat penting. Dengan rutin mengonsumsi ikan laut, maka Grameds akan mendapatkan sederet manfaat dari kandungan gizi dan nutrisi ikan laut ini. Cara mengolah ikan laut juga cukup mudah, bisa digoreng, digulai, hingga dibakar dengan berbagai resep istimewa.

Nah, itulah beberapa resep dan ulasan tentang ikan laut yang enak dibakar beserta manfaatnya jika rutin mengonsumsi ikan laut. Jadi, ikan laut apa yang Grameds suka dan pernah kamu masak?

Jika sobat grameds membutuhkan buku-buku resep masakan, maka Gramedia.com siap menemani dan mengisi bacaan kalian dengan buku-buku yang tersedia di Gramedia. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Veronika Novi

Rujukan:

https://www.google.com/amp/s/food.detik.com/info-kuliner/d-4361339/7-jenis-ikan-laut-ini-paling-enak-dibakar-dengan-api-arang/amp

https://www.maggi.id/rekomendasi-ikan-yang-enak-dibakar/

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/food/read/2020/12/30/170900075/6-jenis-ikan-laut-yang-cocok-dibakar-untuk-barbeque-tahun-baru

https://www.sehatq.com/review/beragam-jenis-ikan-laut-yang-enak-dibakar-beserta-cara-membuat-bumbunya

https://www.google.com/amp/s/bangka.sonora.id/amp/502490661/berikut-6-jenis-ikan-air-laut-yang-cocok-dibakar-di-malam-tahun-baru

https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-ikan-laut/%3famp=1

Baca juga:

Sumber : theatlantamall


Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 1.2k / 1.3k
  • Tidak
    6% 6% 93 / 1.3k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi Veronika

Saya semakin mencintai dunia menulis ini karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Selain hal umum, saya juga menyukai tulisan tentang pendidikan dan juga administrasi perkantoran.