in

Rekomendasi Makanan Khas Padang Yang Bisa Memanjakan Lidah

Makanan khas Padang – Berwisata jika tak mencicipi makanan khas daerah yang dituju rasanya sangat kurang lengkap. Apalagi jika Anda berkunjung ke daerah di Indonesia seperti Padang yang menyimpan banyak makanan khas terbaiknya.

Tentunya, kita juga tahu jika Indonesia memang kaya akan berbagai macam hal di dalamnya. Apalagi soal wisata kuliner yang ternyata setiap daerah memiliki makanan khas yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Bahkan satu daerah seperti Padang memiliki lebih dari lima makanan khas yang tak boleh kita lewatkan ketika berada di daerah tersebut.

Mungkin beberapa makanan khas Padang sudah tersebar di Indonesia. Namun akan ada rasa yang berbeda ketika Anda mencicipi wisata kuliner Padang di daerah asalnya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda yang ingin berkunjung ke Padang untuk tahu apa saja sih rekomendasi makanan khas daerah tersebut yang bisa memanjakan lidah. Tak perlu bingung jika saat ini Anda belum tahu daftar rekomendasi makanan khas Padang.

Pada artikel ini akan menjelaskan rekomendasi makanan khas Padang yang tak boleh kalian lewatkan.

Rekomendasi Makanan Khas Padang

1. Rendang

kompas.com

Bicara soal makanan khas Padang tentunya tidak akan lepas yang namanya rendang. Jika kita membuka daftar makan khas Sumatera Barat tentunya rendang juga masuk ke dalam menu legendaris. Rendang sendiri dibuat dengan memanfaatkan olahan daging sapi dan aneka rempah yang ternyata menduduki peringkat pertama dari 50 daftar makanan paling lezat di dunia menurut CNN Internasional.

Menariknya lagi, bumbu dan rempah yang digunakan untuk mengolah menu rendang adalah bumbu yang sudah memiliki kandungan antiseptik. Walaupun saat ini menu rendang sudah bisa kita temukan di berbagai macam tempat karena memang sudah tersebar luas di seluruh Indonesia, tetapi jika ditanya daerah penghasil rendang legendaris dan terpercaya kualitasnya adalah Minangkabau yaitu daerah Payakumbuh.

2. Sate Padang

wikipedia

Makanan khas Padang yang berikutnya masih dengan olahan daging yaitu sate padang. Biasanya, sate Padang akan menggunakan daging sapi yang tak jarang juga dikombinasikan dengan bagian lain seperti usus dan lidah.

Sate Padang hadir dengan jenis yang berbeda-beda seperti sate Padang panjang, sate Padang dan sate Pariaman. Karena memiliki beberapa jenis, terkadang sebagian orang kesulitan untuk membedakannya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Tak hanya berbeda dari asalnya saja, namun ketiga jenis sate tersebut juga memiliki sajian bumbu kacang yang berbeda. Sate Padang ada yang menggunakan bumbu kacang kental dengan bentuk yang menyerupai bubur.

Lalu, ada juga sate Pariaman yang menggunakan kuah dengan warna merah dan sate Padang Panjang biasanya akan disajikan dengan bumbu sate dengan warna kuning.

 

3. Dendeng Balado

Dendeng balado juga menjadi salah satu makanan khas Sumatera Barat lainnya. Di mana dendeng balado sendiri merupakan kombinasi olahan daging sapi yang melalui proses pengeringan sebagai metode pengawetan.

Awalnya, daging sapi akan dipotong hingga dalam bentuk tipis lalu digoreng dan akan dilumuri dengan bumbu balado kaya akan rempah hingga menghasilkan citra rasa yang begitu kuat. Menu dendeng balado sendiri akan lebih mudah kita temui di berbagai macam restoran dengan rasa khas Kota Padang, Sumatera Barat.

4. Dendeng Batokok

Ada juga makanan bandeng batokok yang juga menjadi salah satu makanan khas Padang yang berikutnya. Sama dengan namanya, menu bandeng batokok menggunakan olahan dari bandeng. Proses pengolahannya juga dengan cara dipukul dan jika diartikan dalam bahasa setempat adalah batokok.

5. Soto Padang

sajianlezat.com

Hampir setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki menu kuliner soto namun dengan ciri khasnya masing-masing. Hal ini juga berlaku untuk daerah Padang yang memiliki kuliner khas soto Padang. Masakan khas Padang ini terbuat dari irisan daging sapi serta adanya rasa gurih khas. Tentunya, jika Anda ke Padang wajib banget mencicipi kuliner khas ini.

6. Gulai Itiak

Gulai itiak merupakan salah satu kuliner khas Padang yang bisa Anda coba. Dimana menu kuliner ini menggunakan daging bebek yang kaya akan bumbu. Meski menggunakan daging bebek, namun menu kuliner ini tidak ada aroma amis khas bebek lho. Tentunya gulai itiak kaya akan bumbu.

7. Gulai Tauco

Selain gulai itiak, Padang juga memiliki makanan khas lainnya seperti gulai tauco yang tentunya tak kalah lezatnya. Gulai tauco sendiri terbuat dari tauco yang dikombinasikan dengan rempah khas Padang. Di dalam gulai tauco sendiri akan ada irisan buncis, tahu serta udang yang mampu menjadikan makanan ini begitu lezat.

 

8. Kalio Dagiang

Kalio dagiang adalah gulai sapi yang memiliki citra rasa tak kalah lezat dari menu rendang. Menu makanan ini jika dilihat sekilas memang mirip dengan rendang, namun keduanya memiliki perbedaan lho. Dimana kalio dagiang akan menggunakan bumbu yang lebih pekat serta lebih banyak kuah.

9. Cacang

Cacang adalah olahan daging kambing yang dipotong dan dikombinasikan dengan rempah serta santan. Rasa pedas kuliner cacang cocok sekali bagi Anda yang memang begitu menyukai masakan pedas.

10. Lamang Tapai

 Lamang tapai adalah salah satu makanan tradisional khas Minang. Bahan dasar pembuatan lamang tapai sendiri adalah beras ketan. Tekstur yang kenyal serta rasa manis dari lamang tapai sangat cocok dijadikan sebagai makanan pembuka.

11. Galamai

Galaman adalah salah satu jenis makanan ringan khas Padang. Di mana galamai ini berasal dari daerah Payakumbuh. Bisa dibilang citra rasa yang disuguhkan oleh galamai ini menyerupai dodol.

12. Asam Padeh

Jika beberapa makanan khas Padang sebelumnya menggunakan santan, khusus untuk asam padeh tidak menggunakan santan pada masakannya. Meski begitu, asam padeh tetap kaya akan bumbu dan rempah di dalamnya. Di mana citra rasa asam dan pedas juga ditawarkan oleh masakan yang menggunakan bahan baku ikan tongkol ini.

13. Ayam Pop

wikipedia

Ayam pop menjadi masakan khas Padang yang sudah diketahui banyak orang. Jika Anda sedang makan di warung masakan Padang, tentunya ayam pop menjadi salah satu menu andalan yang dicari banyak orang.

Ayam pop sendiri merupakan makanan khas Padang yang memiliki citra rasa gurih serta kaya akan rempah. Biasanya menu makanan ayam pop cocok banget disajikan dengan nasi hangat dan sambal Padang.

 

14. Sala Lauak

Sala laulak menjadi salah satu cemilan khas Padang. Sala laulak juga bisa disebut sebagai gorengan khas Pariaman. Memiliki bentuk bulat menjadikan sala laulak kerap dianggap menyerupai combro dari Jawa Barat. Meski begitu, sala laulak tidak menggunakan oncom, namun menggunakan teri atau udang halus. Tekstur renyah pada bagian luar namun lembut pada bagian dalam adalah keunikan dari cemilan sala laulak.

15. Bika Talago

Bika talago adalah salah satu makanan yang cocok sekali disantap pada hawa dingin. Dimana nantinya bika talago akan disajikan dalam kondisi hangat. Hal ini karena proses pembuatannya akan menggunakan pembakaran dan dilakukan setelah ada pemesanan. Rasa gurih dan manis akan ditawarkan oleh bika talago. Selain itu bika talago juga dibuat dari perpaduan tepung beras, kelapa parut, serta gula merah dan gula putih.

16. Ikan Asam Padeh

kompas.com

Ikan asam padeh atau yang dikenal dengan nama ikan asam pedas bisa Anda coba jika sedang berada di Sumatera Barat. Sesuai dengan namanya, menu makanan ini akan memiliki rasa asam dan pedas yang tetap mampu memanjakan lidah Anda.

Ikan asam padeh tak hanya pada satu jenis ikan saja, melainkan mampu dibuat dengan berbagai macam ikan seperti ikan tongkol, kakap, gurami, kembung hingga cumi.

17. Lompong Sagu

Lompong sagu adalah cemilan yang berasal dari adonan kelapa dan pisang. Nantinya donan tersebut akan dimasak dengan cara dibakar yang sebelumnya dibungkus terlebih dahulu dengan daun pisang. Proses pembuatan lompong sagu tersebut menjadikannya memiliki rasa yang manis serta aroma yang begitu khas.

18. Palai Rinuak

Palai rinuak merupakan pepes khas dari Maninjau. Dimana palai rinuak sendiri terbuat dari bahan dasar ikan rinuak yang sekilas mirip dengan ikan teri. Nantinya akan dibungkus dengan daun pisang dengan bumbu rempah dan nantinya akan dimasak dengan cara dibakar.

19. Tumbang Pisang

Selanjutnya ada jajanan tumbang pisang yang berasal dari pisang kepok mudah. Citra rasa manis dimiliki oleh tumbang pisang dengan ciri khas taburan kelapa dan gula aren.

20. Gulai Tunjang

Tunjang adalah nama lain dari kikil. Dimana nantinya gulai tunjang Padang akan memiliki campuran tulang lunak. Tekstur dari gulai tunjang sendiri begitu kenyal serta memiliki rasa yang begitu gurih dan pedas. Nantinya kuah gulai tunjang akan disajikan dari santan merah serta adanya tambahan bumbu yang begitu khas.

21. Kalio Daging

Kalio adalah rendang namun dalam kondisi setengah jadi yang memiliki warna coklat dan belum berubah menjadi hitam. Dibandingkan dengan rendang, kalio daging sebenarnya memiliki tekstur yang lengkap serta memiliki aroma karamel yang begitu kuat. Kalio daging sendiri memiliki rasa yang tidak terlalu pedas dengan tekstur daging yang cukup empuk.

22. Sate Lokan

Sate lokan merupakan menu makanan yang dibuat dari hasil olahan laut. Makanan ini begitu terkenal di daerah Padang dan memiliki nama lain yaitu sate kerang. Di mana jenis kerang yang digunakan nantinya adalah kerang hijau dengan warna daging orange kemerahan setelah proses masak. Sate lokan adalah salah satu masakan yang menggunakan bumbu khas. 

Lalu, untuk penyajian sate lokan sendiri akan menggunakan siram kuah kental yang terbuat dari rebusan air kerang serta rempah hingga menjadikannya begitu khas. Rasa dari sate lokan yang begitu lezat dan aromanya yang begitu khas menjadikannya wajib banget dicoba ketika berada di Padang.

23. Kalio Jariang

kompasiana.com

Tak hanya kalio daging saja, pasalnya di Padang juga masih ada masakan kalio lainnya seperti kalio jariang. Jariang dalam bahasa Minang memiliki arti jengkol. Di mana kalio jariang nantinya akan memiliki kuah dalam bentuk kental serta adanya bumbu yang begitu khas. Kalio jariang bisa juga disebut sebagai rendang jariang setengah matang.

24. Dadiah

Dadiah adalah salah satu makanan unik yang bisa Anda dapatkan di Padang. Dadiah sendiri terbuat dari fermentasi susu kerbau alami dan menggunakan ruang batang bumbu. Biasanya, proses pembuatan dadiah akan memerlukan waktu selama satu hari penuh. Dadiah juga memiliki tekstur yang begitu lembut dengan rasa yang sedikit asam mirip dengan yoghurt. Susu kerbau menjadi ciri khas dari makanan dadiah. Tak jarang dadiah kerap disajikan sebagai lauk pauk.

25. Karupuak Sanjai

Karupuak sanjai memiliki bentuk seperti keripik pada umumnya namun dengan bahan dasar singkon yang bertekstur renyah. Nama sanjai sendiri berasal dari nama sebuah jalan yaitu jalan Sanjai. Di tempat tersebut memang terkenal memiliki komoditas pembuatan keripik singkong sejak tahun 1970. Saat ini, karupuak sanjai memiliki tiga varian rasa yaitu original dengan warna putih, asin dengan warna kuning dan pedas dengan warna merah yang begitu cocok digunakan sebagai cemilan.

26. Kerupuk Jangek

Kerupuk jangek terbuat dari kulit hewan. Namun seiring berjalannya waktu ada juga yang membuat kerupuk jangek dengan bahan dasar tepung. Namun jika memang Anda ingin yang asli, maka Anda bisa mencoba memilih keripik jangek dari bahan kulit hewan seperti sapi, kerbau atau kambing.

Kerupuk jangek juga memiliki citra rasa yang begitu gurih karena adanya campuran garam. Kerupuk jangek begitu cocok dijadikan cemilan ataupun pendamping makanan.

27. Ayam Goreng Laos

Jika Anda pernah makan di warung Padang tentunya akan ada menu ayam goreng penuh remahan. Bahkan beberapa pembeli ingin mendapatkan remahan ayam goreng tersebut dengan jumlah cukup banyak. Perlu diketahui jika ayam goreng khas Padang memiliki sisi keunikannya tersendiri.

Tak hanya dari segi rasa yang begitu nikmat maupun bumbu yang begitu terasa hingga bagian dalam. Namun ciri khas dari ayam goreng laos adalah terletak pada bumbu yang tidak di buah melainkan di goreng kembali dengan ayam sehingga menciptakan remahan-remahan bumbu goreng yang selalu menempel pada ayam.

Remahan tersebut ternyata mampu memberikan rasa ayam goreng yang begitu enak dan lebih gurih. Selain itu adanya paduan krispi begitu cocok dengan bumbu masakan gulai Padang.

28. Gulai Banak

Gulai banak adalah salah satu makanan unik yang berasal dari Padang. Dimana makanan khas Padang ini terbuat dari olahan otak sapi yang digunakan sebagai bahan utamanya. Otak sapi yang memiliki kandungan Vitamin B12 dan B5 sangat bagus untuk stamina tubuh.

Meskipun ada beberapa yang masih enggan untuk memakan gulai banak, tetapi sekali mencicipinya mereka akan menjadi ketagihan. Selain itu tekstur otak yang dipotong kecil akan selalu lembut dan lumer di mulut.

Karena dipotong kecil, otak sapi tidak akan tampak lagi seperti bentuk otak namun terlihat seperti kikil sapi. Akan tetapi, kandungan kolesterol yang ada di dalam makanan ini begitu tinggi. Oleh karena itu Anda harus hati-hati ketika mengkonsumsinya. Selain itu agar bisa menghilangkan aroma amis akan dicampur dengan daun mangkokan serta asam kandis pada kuah gulai.

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan khas Padang yang bisa Anda coba. Jadi, dari beberapa daftar makanan khas Padang yang telah disebutkan, adakah yang pernah kamu coba? Jika ingin mencari buku tentang resep, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Rujukan:

  • https://www.gotravelly.com/blog/makanan-khas-padang/
  • https://www.merdeka.com/jatim/14-makanan-khas-padang-yang-unik-dan-lezat-gugah-selera-makan-anda-kln.html
  • https://www.indonesia.travel/id/id/ide-liburan/10-makanan-khas-sumatera-barat-yang-menggoyang-lidah
  • https://www.tokopedia.com/blog/travel-makanan-khas-padang/?utm_source=google&utm_medium=organic
  • https://zonamakan.com/makanan-khas-padang/

 

Sumber : theatlantamall


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy