in

Manfaat Vitamin E Bagi Tubuh dan Kesehatan

Vitamins with spilled content

Manfaat Vitamin E Bagi Tubuh dan Kesehatan – Vitamin adalah salah satu senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang kecil. Akan tetapi, vitamin tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Tubuh memperoleh vitamin melalui makanan atau suplemen yang dikonsumsi. Kebutuhan vitamin dapat dipenuhi agar tubuh dapat berfungsi lebih optional.

Ada berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya yaitu vitamin E. Vitamin E yang juga dikenal dengan nama alfa tokoferol. Senyawa tokoferol pada vitamin E memiliki sifat fat soluble atau larut dalam lemak.

Vitamin E menjadi salah satu suplemen paling populer karena memiliki kandungan fungsi antioksidan dan pelindung sel-sel tubuh dari adanya kerusakan. Tidak hanya itu, manfaat vitamin E pada bidang kecantikan juga tidak perlu diragukan lagi.

Grameds juga bisa membaca salah satu rekomendasi buku berikut ini sebagai bahan bacaan sehari-hari untuk mengetahui lebih luas lagi tentang vitamin E bagi kesehatan dan kecantikan lainnya. Buku ini tidak hanya memberikan informasi ilmiah dan pendidikan saja, namun juga menyenangkan untuk dibacanya. Langsung saja klik di bawah ini!

Sumber asupan makanan yang mengandung vitamin E banyak ditemukan pada kacang-kacangan, seperti almond dan kacang tanah. Selain itu, kandungan vitamin E juga terdapat pada jagung, kedelai, minyak dan biji bunga matahari, serta bibit gandum.

Adapun, jenis sayur-sayuran seperti sawi, lobak, bayam, dan juga berokoli yang memiliki kandungan vitamin E cukup tinggi. Tidak hanya sayuran, kandungan vitamin E juga terdapat pada buah-buahan, seperti alpukat, kiwi, tomat, pepaya, mangga, dan wortel.

Pada satu artikel ini akan mengulas tentang beberapa manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Maka dari itu, simak hingga akhir artikel di bawah ini ya grameds.

Berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin E bagi kesehatan dan kecantikan, antara lain sebagai berikut.

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Vitamin C dianggap sebagai salah satu jenis vitamin yang sangat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh atau imun. Akan tetapi, vitamin E juga dapat  memperkuat sistem imun tubuh agar tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit.

Kandungan antioksidan di dalam vitamin E tidak kalah tinggi dengan vitamin C. Seperti diketahui bahwa antioksidan bekerja dalam melindungi tubuh dari adanya radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel dan jaringan di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, beberapa studi penelitian menjelaskan bahwa vitamin E dapat juga meningkatkan produksi sel darah putih terutama limfosit. Hal ini tentu dapat  berpengaruh pada kekuatan sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat dalam melawan berbagai virus dan bakteri penyakit.

Di dalam buku ini akan menemukan berbagai nutrisi yang kita butuhkan untuk menambah kekuatan imunostimulan, digabung dengan makanan dan pengaturan diet yang tepat. Selain itu, disertai dengan olahraga yang dapat kamu lakukan di rumah sehingga dapat mengelola tingkat pada stres menjadi lebih baik. Jika tingkat stres dapat dikelola dengan baik, maka sistem kekebalan tubuh atau imunitas akan menurun sehingga semakin rentan terkena patogen (virus, bakteri, parasit, dan jamur) yang menyerang pada tubuh.

2. Mencegah Penuaan Dini

Seiring dengan bertambahnya usia, kekencangan kulit juga akan mulai mengendur dengan sendirinya. Tidak hanya itu, beberapa akan muncul sejumlah tanda-tanda penuaan, seperti garis halus atau kerutan. Berbagai jenis produk anti-aging dijual di pasaran dengan menjanjikan hasil kulit yang menjadi lebih fresh dan awet muda.

Beberapa jenis produk anti-aging memanfaatkan vitamin E untuk memberikan efek dalam mencegah proses penuaan dini. Hal ini juga berkaitan dengan manfaat vitamin E lainnya sebagai pelembab alami pada kulit wajah.

Perlu kamu ketahui bahwa vitamin E tidak dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan dini. Vitamin E hanya menjaga kelembaban kulit wajah agar terhindar dari adanya garis halus atau kerutan.

3. Menjaga Keseimbangan Hormon

Manfaat vitamin E berikutnya yakni dapat menjaga keseimbangan sistem endokrin dan saraf karena mampu dalam menyeimbangkan sistem hormon pada tubuh. Beberapa gejala pada hormon yang tidak seimbang, seperti adanya kenaikan berat badan, sakit perut akibat menstruasi, infeksi saluran kemih, hingga alergi dan kecemasan yang berlebih. Kamu dapat mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin E dalam mencegah adanya berbagai penyakit tersebut.

Grameds tidak perlu khawatir jika tidak dapat menjaga keseimbangan hormon melalui asupan atau suplemen vitamin E. Karena rekomendasi buku yang satu ini dapat menunjukkan bagaimana cara mengatur hormon dan metabolisme di dalam tubuh. Klik di bawah ini ya grameds!

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

4. Menunjang Kesehatan Mata

Berbagai jenis gangguan mata dapat terjadi, salah satunya dapat disebabkan karena adanya ketidakseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas di dalam tubuh. Maka dari itu, manfaat vitamin E tidak boleh disepelekan dalam menunjang kesehatan pada mata.

Dengan memenuhi kebutuhan vitamin E di dalam tubuh maka kandungan antioksidannya dapat juga menjaga kesehatan sel mata menjadi lebih baik. Vitamin E sudah terbukti dalam menjaga kesehatan pada mata, seperti retina, kornea, dan uveanya.

Sebuah studi penelitian telah membuktikan bahwa vitamin E dapat mencegah penyakit katarak terkait penuaan. Selain itu, vitamin E juga dapat digunakan dalam mengobati kelainan mata pada bayi yang baru lahir.

Akan tetapi, sebelum meminum suplemen atau asupan makanan vitamin E kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini dikarenakan pemberian vitamin E dengan dosis yang cukup tinggi dapat memicu adanya kerusakan mata pada penderita retinitis pigmentosa.

5. Menyehatkan Rambut dan Kulit Kepala

Rambut yang sehat dan indah akan tumbuh dari kulit kepala yang sehat. Salah satu cara menyehatkan kulit kepala, yakni memenuhi kebutuhan vitamin E. Vitamin E merupakan salah satu zat gizi yang penting bagi kesehatan kulit, termasuk kulit kepala.

Sel kulit kepala tidak lepas dari adanya risiko kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Adanya senyawa antioksidan pada vitamin E dapat melindungi sel kulit kepala dalam mencegah kerusakan tersebut.

Vitamin E dapat membantu dalam memperkuat lapisan lemak yang terdapat pada sel kulit kepala. Dengan demikian, rambut akan memiliki tempat yang kokoh untuk tumbuh sehingga rambut akan menjadi lebih kuat dan terhindar dari risiko rontok.

Vitamin E sangat dibutuhkan dalam menjaga ketahanan berbagai sel dalam tubuh. Kamu dapat memperoleh berbagai manfaatnya dengan melengkapi berbagai jenis menu pada asupan makan yang mengandung vitamin E.

Grameds juga bisa membaca rekomendasi buku berikut ini tentang “Perawatan Kulit Kepala dan Rambut” karya Siti Sahida dan Hidayani sebagai solusi dalam menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala kamu.

 

Baca Juga: 

Nah, itulah ulasan pada satu artikel ini tentang beberapa manfaat vitamin E bagi kesehatan dan kecantikan. Kamu dapat mencoba konsumsi suplemen atau asupan makanan yang mengandung vitamin E di dalamnya sebagai pilihan menu sehari-hari untuk mengatasi beberapa penyakit pada artikel di atas.

Konsumsilah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang baik dan maksimal. Semoga setelah membaca artikel ini grameds bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang manfaat vitamin E yang belum kamu ketahui.

Jika grameds memiliki ketertarikan untuk mencari manfaat lainnya tentang vitamin E bagi kesehatan dan kecantikan kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam menemani kamu dalam berkembang dan melangkah maju setiap harinya. Selamat belajar dan semoga bermanfaat ya!

Penulis: Elsya Islamay

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Elsya Islamay