in

20 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Tubuh

Manfaat jeruk nipis sudah terbukti bagi tubuh. Baik untuk kesehatan maupun dalam hal kecantikan. Meskipun memiliki rasa yang asam, kandungan di dalam jeruk nipis memiliki banyak khasiat.

Tidak seperti jeruk biasa yang langsung dimakan. Jeruk nipis lebih banyak dicampur dengan bahan lain dalam mengonsumsinya. Seperti madu, air gula sampai garam.

Jeruk nipis memiliki bentuk yang bulat. Jika dibandingkan dengan jeruk lemon, bentuk jeruk nipis terbilang lebih bulat. Sedangkan jeruk lemon sedikit oval dan ujungnya mencuat.

Jeruk nipis memiliki warna hijau terang yang cantik. Meskipun sudah tidak asing lagi, tetapi banyak masyarakat yang sulit membedakan jeruk nipis dan jeruk lemon. Selain itu, banyak orang yang tidak tau manfaat jeruk nipis yang sangat beragam

Artikel ini akan membahas mengenai manfaat jeruk nipis bagi tubuh. Terdapat 20 manfaat yang didapatkan dari jeruk nipis. Manfaat tersebut meliputi manfaat kesehatan dan manfaat kecantikan.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan imunitas

Manfaat jeruk nipis: Meningkatkan imunitasJeruk nipis adalah buah yang kaya akan vitamin C. Kandungan di dalam jeruk nipis sangat bernutrisi. Sehingga manfaat jeruk nipis yaitu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam sebuah Jurnal Antioxidants tahun 2018, menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih. Ini bermanfaat untuk membantu melindungi tubuh.

Tubuh akan terlindungi dari berbagai penyakit dan infeksi. Mengonsumsi vitamin C akan membantu manusia untuk mencegah pilek yang parah. Selain itu, dapat mempercepat penyembuhan. Mengonsumsi vitamin C juga dapat mengurangi peradangan.

Jeruk nipis merupakan buah sumber antioksidan. Berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, dapat mempertahankan sel dari kerusakan akibat dari radikal bebas.

2. Menyeimbangkan pH

Manfaat jeruk nipis: Menyeimbangkan pHManfaat jeruk nipis selanjutnya adalah untuk menyeimbangkan pH. Keseimbangan antara asam dan basa yang ada di dalam tubuh. Asam dan basa itu disebut dengan pH.

pH adalah hal yang penting di dalam tubuh, karena merupakan sebuah faktor penentu. Faktor yang menentukan apakah tubuh sedang sehat atau sedang sakit. Ketika kandungan pH tidak seimbang, maka tubuh akan menjadi sakit

Dalam hal inilah jeruk nipis berperan. Jeruk nipis memiliki manfaat untuk menyeimbangkan pH di dalam tubuh. Mengonsumsi jeruk nipis dengan benar akan membuat pH tubuh menjadi seimbang.

3. Mencegah kanker

Manfaat jeruk nipis: Mencegah kankerManfaat jeruk nipis juga bisa untuk mencegah penyakit kanker. Mengonsumsi jeruk nipis dikatakan dapat melawan pembentukan dari sel kanker. Senyawa flavonoid sudah dikenal dengan kemampuannya dalam menghentikan perkembangan sel kanker dengan mencegah pembelahannya.

Kandungan limonoid di dalam jeruk nipis juga memiliki peran. Perannya adalah sebagai penangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. sehingga dapat menurunkan risiko sebagian jenis kanker. Seperti leukimia, kanker usus besar dan kanker lambung.

4. Mengurangi tekanan darah tinggi

Manfaat jeruk nipis: Mengurangi tekanan darah tinggiSalah satu kandungan yang ada di dalam jeruk nipis adalah kalium. Jeruk nipis kaya akan kalium yang bermanfaat. Manfaat jeruk nipis ini adalah untuk membantu mengurangi tekanan darah yang tinggi.

5. Membantu mengobati asam urat

Manfaat jeruk nipis: Membantu mengobati asam uratPenyakit asam urat juga dapat dibantu melalui jeruk nipis. Di dalam jeruk nipis, terdapat kandungan asam sitrat. Asam sitrat adalah salah satu faktor penting yang berguna untuk masalah asam urat.

Asam sitrat akan melarutkan asam urat secara alami. Tidak perlu menggunakan teknik yang sulit. Cukup minum segelas air jeruk nipis setiap pagi untuk membantu mengobati asam urat.

6. Menurunkan kolesterol 

Manfaat jeruk nipis: Menurunkan kolesterol Salah satu kandungan yang ada di dalam jeruk nipis adalah zat hesperidin. Zat ini memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, dapat membantu menurunkan trigliserida yang ada di dalam tubuh.

Kandungan kalium dalam jeruk nipis dapat menurunkan tekanan darah serta meningkatkan sirkulasi darah. Sementara terdapat senyawa di dalam jeruk nipis yang disebut dengan limonin. Senyawa ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol.

Cara Jitu Mengatasi Kolesterol, Cara Mengatasi Dan Mengendalikan Kolesterol
Cara Jitu Mengatasi Kolesterol, Cara Mengatasi Dan Mengendalikan Kolesterol

tombol beli buku

Buku Cara Jitu Mengatasi Kolesterol ini dengan jelas memberikan informasi dan pengetahuan akan kolesterol, sehingga orang yang menderita kolesterol tinggi tidak perlu panik bila mengalaminya. Di dalamnya dikemukakan hal-hal yang berkaitan dengan kolesterol, mulai dari pengertian kolesterol, penyebab-penyebabnya, bahaya kolesterol, sampai pencegahan dan penanganan kolesterol dengan cepat, tepat, dan tuntas. Selain itu, buku ini dilengkapi pula dengan cara-cara untuk menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat secara keseluruhan.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

7. Menghindari batu ginjal

Manfaat jeruk nipis: Menghindari batu ginjalBatu ginjal merupakan kristal mineral yang berukuran kecil. Kristal-kristal mineral tersebut berada di dalam ginjal dan menumpuk. Inilah yang menyebabkan timbulnya rasa sakit ketika sedang buang air kecil.

Batu kristal mineral itu dapat terbentuk di dalam ginjal ketika urin sangat pekat. Hal lain yang jadi penyebabnya adalah ketika tubuh memiliki mineral pembentuk batu dengan tingkat yang tinggi di dalam urin. Contohnya adalah kalsium.

Buah jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi. Asam sitrat itu dapat mencegah batu ginjal. Meningkatkan kadar sitrat dan mengikat mineral pembentuk batu di dalam urin.

Ada sebuah studi yang menemukan mengenai jeruk nipis dan batu ginjal. Menurutnya, mengonsumsi lebih banyak buah jeruk akan memiliki risiko batu ginjal yang jauh lebih rendah. Hal ini berbanding terbalik dengan mereka yang tidak mengonsumsi jeruk.

8. Menurunkan berat badan 

Manfaat jeruk nipis: Menurunkan berat badan Manfaat jeruk nipis juga ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Teh yang dicampur dengan jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh. Termasuk metabolisme lemak.Hal ini akan membantu menghilangkan lemak-lemak yang ada di dalam tubuh.

9. Menjaga berat badan ideal

Manfaat jeruk nipis: Menjaga berat badan idealManfaat ini juga akan didapat dari mengonsumsi jeruk nipis. Sama seperti sebelumnya, jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh. Maka untuk kamu yang ingin menjaga berat badan supaya tetap ideal, bisa mencoba melalui jeruk nipis.

Mengonsumsi jeruk nipis akan membuat berat badan menjadi terjaga. Caranya adalah dengan rutin meminum air perasan jeruk nipis. Jika rutin maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak 

Manfaat jeruk nipis: Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah dapat mengobati sakit gigi dan gusi yang bengkak. Anti bakteri yang ada di dalam jeruk nipis akan membantu membasmi kuman. Sehingga kuman-kuman penyebab sakit gigi atau gusi bengkak dapat teratasi.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1.     Peraslah 2 buah jeruk nipis
  2.     Campurkan air perasan tersebut dengan segelas air hangat
  3.     Lalu gunakan untuk berkumur

11. Memutihkan gigi

Manfaat jeruk nipis: Memutihkan gigiAsam yang terkandung di dalam jeruk nipis berfungsi sebagai alkali alami. Inilah manfaat jeruk nipis untuk memutihkan gigi. Alkali alami tersebut akan membuat kadar pH di dalam mulut menjadi seimbang.

Selain itu, jeruk nipis adalah anti bakteri. Sehingga jeruk nipis adalah salah satu bahan yang efektif untuk membasmi bakteri di dalam mulut. Bakteri-bakteri itu akan menyebabkan gigi menjadi berwarna kuning.

Gigi, Merawat Dan Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut
Gigi, Merawat Dan Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

tombol beli buku

Buku ini juga membahas bagaimana tips bila ingin masuk TNI /POLRI dalam tes kesehatan, dimana gigi merupakan point sangat penting dan cukup vital dalam penentuan kelulusannya. Serta masih banyak bahasan-bahasan seputar menjaga kesehatan gigi dan mulut, dari yang ringan hingga kanker mulut, dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Selamat membaca dan mari tersenyum dengan gigi yang sehat !

12. Meredakan radang tenggorokan 

Manfaat jeurk nipis: Meredakan radang tenggorokan Salah satu masalah kesehatan yang mengganggu adalah radang tenggorokan. Radang tenggorokan adalah kondisi ketika tenggorokan mengalami masalah. Masalah ini tidak hanya berdampak pada tenggorokan saja.

Namun, bisa menyerang sistem di dalam tubuh pula. Contohnya seperti tubuh menjadi demam. Selain itu, orang yang sedang sakit radang tenggorokan akan kesusahan untuk menelan makanan, atau hanya sekadar minuman.

Manfaat jeruk nipis dapat meredakan radang tenggorokan. Jeruk nipis dipercaya mampu mengatasinya. Caranyanya adalah dengan mengonsumsi jeruk nipis yang ditambah dengan madu. Kamu bisa mengkonsumsinya 2 kali dalam sehari. Maka radang tenggorokan akan mereda dan hilang.

13. Menghilangkan bau badan dan ketiak

Manfaat jeruk nipis: Menghilangkan bau badan dan ketiakBau badan adalah permasalahan yang tidak boleh diremehkan. Tidak hanya akan mengganggu diri sendiri. Bau badan akan membuat orang lain menjadi tidak nyaman.

Jeruk nipis adalah buah yang kaya akan flavonoid dan vitamin C. Selain itu, terdapat banyak kandungan lainnya yang ada di dalam jeruk nipis. Kandungan lainnya adalah asam sitart, kalium, kalsium, serat, kalori dan macronutrients.

Salah satu cara menghilangkan bau badan dan bau ketiak adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya adalah dengan mengaplikasikannya seperti deodorant pada ketiak. Kamu bisa menggunakannya ketika selesai mandi.

14. Menghilangkan panu 

Manfaat jeruk nipis: Menghilangkan panu Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah menghilangkan panu. Jeruk nipis memiliki kandungan flavonoid. Flavonoid merupakan senyawa antioksidan yang kuat.

Antioksidan akan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas itu adalah molekul tidak stabil yang bisa merusak sel-sel sehat. Selain itu, jeruk nipis juga memiliki kandungan asam sitrat.

Sehingga membuat jeruk nipis menjadi anti bakteri dan anti jamur yang terbilang handal. Senyawa lain yang ampuh untuk menghilangkan panu yang terkandung di dalam jeruk nipis, adalah vitamin C.

Caranya adalah dengan mencampurkan air jeruk nipis dengan belerang. Belerang memiliki kandungan senyawa zat keratolitik yang mampu membunuh kuman. Kuman-kuman tersebut biasakan akan menyebabkan virus, jerawat, panu dan lain. Setelah mencampurkannya, kamu bisa mengoleskannya pada panu.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

15. Mencerahkan wajah

Manfaat jeruk nipis: Mencerahkan wajahManfaat jeruk nipis untuk kecantikan adalah untuk mencerahkan kulit wajah. Jeruk nipis yang kaya akan antioksidan dan vitamin C akan merawat wajah. Sehingga wajah akan terhindar dari jerawat.

Selain itu, wajah juga akan menjadi lebih cerah dari sebelumnya. Sel-sel kulit mati akan terangkat, serta minyak yang berlebih akan berkurang. Maka jeruk nipis adalah salah satu bahan alami untuk mencerahkan wajah.

Cara mengaplikasikan:

  1.     Peraslah 1 buah jeruk nipis
  2.     Oleskan air perasan jeruk nipis pada bagian wajah
  3.     Diamkan beberapa menit
  4.     Bilaslah wajah dengan air bersih

16. Mengencangkan kulit

Manfaat jeruk nipis: Mengencangkan kulitMengencangkan kulit juga merupakan manfaat jeruk nipi. Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengencangkan wajah secara alami. Kamu bisa melakukannya seperti pada poin sebelumnya.

17. Menghilangkan dan mengobati jerawat

Manfaat jeruk nipis: Menghilangkan dan mengobati jerawatJerawat adalah masalah kecantikan yang sering terjadi. Jerawat bisa terjadi karena beberapa faktor. Sehingga membutuhkan perawatan untuk menyembuhkannya.

Sifat antibiotik jeruk nipis dapat membantu mengatasi jerawat. Jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab munculnya jerawat.

Kamu bisa mengaplikasikannya seperti point sebelumnya. Jika menginginkan hasil yang lebih efektif, kamu bisa menambahkan madu. Oleskanlah pada bagian wajah yang berjerawat.

18. Menyamarkan flek hitam di wajah

Salah satu masalah pada wajah adalah flek hitam dan bekas jerawat yang tak kunjung hilang. Ini tentu menjadi gangguan pada sebagian orang. Mereka menjadi tidka nyaman bahkan tidak percaya diri.

Manfaat jeruk nipis adalah untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Kamu bisa mengaplikasikan jeruk nipis pada wajah yang memiliki bekas jerawat. Ini akan membantu kamu untuk mengatasi noda bekas jerawat dan flek hitam.

19. Menghilangkan komedo

Manfaat jeruk nipis: Menghilangkan komedoSelain jerawat, masalah lain yang ada pada wajah adalah komedo. Komedo terbagi menjadi dua. Ada komedo hitam dan ada komedo putih.

Jeruk nipis adalah salah satu cara alami yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan komedo. Caranya adalah dengan mengaplikasikan jeruk nipis ke area wajah yang berkomedo. Kamu bisa mencampurkannya dengan madu atau bahan lainnya.

20. Menebalkan rambut dan menghilangkan ketombe

Manfaat jeruk nipis: Menebalkan rambut dan menghilangkan ketombeVitamin C yang ada pada jeruk akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut. Selain itu, jeruk nipis juga dapat menghilangkan komedo.

Penggunaan yang teratur dari jeruk nipis pada kulit kepala akan memiliki dampak yang luar biasa. Kamu bisa menebalkan rambut, selain itu ketombe juga akan menghilang.

Hati-Hati dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang buah yang memiliki banyak manfaat. Namun, tetap harus mengonsumsinya dengan wajar. Jangan sampai mengonsumsi jeruk nipis secara berlebihan.

Hal itu akan memicu efek samping bagi tubuh. Jeruk nipis yang dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan masalah kesehatan. Contohnya seperti asam lambung yang naik.

Asam lambung yang baik terjadi karena jeruk nipis memiliki sifat yang asam. Gejala yang dialami bisa berupa mual, kembung, sakit perut dan sering sendawa. Maka bagi seseorang yang memiliki penyakit GERD atau asam lambung, disarankan untuk menghindari minum air jeruk nipis. Terlebih jika sebelum makan.

Gangguan lain yang dapat terjadi adalah enamel gigi menipis. Selain itu, gigi juga beresiko rusak. Hal ini juga dikarenakan jeruk nipis yang memiliki sifat yang asam.

Sehingga enamel gigi bisa menjadi tipis dan gigi menjadi rapuh. Untuk mencegahnya, segeralah berkumur dengan air setelah minum air jeruk nipis. Hindari menggosok gigi setelah minum air perasan jeruk nipis.

Kebanyakan minum air jeruk nipis juga dapat memicu masalah pencernaan. Seperti rasa mulas, kelelahan, serta frekuensi buang air kecil yang makin meningkat.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Itulah 20 manfaat jeruk nipis. Meskipun memiliki banyak manfaat, tetap harus memperhatikan tingkat konsumsinya. Jeruk nipis yang dikonsumsi dalam ukuran pas akan memberikan manfaat bagi tubuh. Namun sebaliknya, jika mengonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan masalah pada tubuh. Jadi kamu harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi jeruk nipis.

Temukan hal menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan informasi menarik untuk para Grameds.

Khasiat Ajaib Jeruk Nipis Dari A-Z Untuk Kesehatan Dan Kecantikan, Mencegah Keriput Hingga Penyakit Liver Disertai Dengan Cara Pengolahan Dan Pemakainnya
Khasiat Ajaib Jeruk Nipis Dari A-Z Untuk Kesehatan Dan Kecantikan, Mencegah Keriput Hingga Penyakit Liver Disertai Dengan Cara Pengolahan Dan Pemakainnya

tombol beli buku

Buku ini akan membahas mengenai khasiat dari jeruk nipis. Mulai dari untuk kesehatan. Sampai manfaat jeruk nipis untuk kecantikan. Buku ini adalah buku yang cocok untuk kamu yang ingin mencari tahu berbagai hal mengenai jeruk nipis.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Baca Juga:

8 Budidaya Tanaman Pangan: Panduan, Jenis, dan Ciri-Cirinya 

6 Cara Sederhana Memulai Gaya Hidup Sehat Paling Mudah

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih