in

Mengenal Jenis-jenis Pasta yang Sudah Populer di Indonesia

Baik yang dibuat secara freshly-made atau yang sudah ada di dalam kemasan, jenis pasta apapun adalah salah satu menu makanan populer yang praktis dan mudah disajikan. da banyak sekali resep yang bisa dikreasikan dengan menggunakan bahan dasar pasta. Dari mulai yang sederhana hingga yang paling kompleks. Mulai dari pasta yang berbentuk sederhana sampai yang rumit, makanan yang kita kenal sebagai makanan khas Italia ini adalah menu favorit berbagai kalangan. Pasta akan terasa selalu cocok dimakan kapan saja dan dimana saja. Makanan yang kaya akan karbohidrat ini secara tradisional terbuat dari bahan-bahan yang sederhana seperti telur, tepung, dan air.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, dimana orang-orang sudah mulai memperhatikan asupan karbohidrat yang baik untuk tubuh, sekarang ini sudah banyak hadir jenis pasta yang berbahan dasar rendah karbohidrat. Tapi, apakah Grameds pernah datang ke restoran Italia, kemudian menemukan berbagai macam menu pasta dengan judul yang membingungkan? Nah, untuk menjawab kebingungan Grameds tersebut, kali ini kita akan membahas mengenai jenis pasta yang paling populer dan sering kita jumpai.

Apa Itu Pasta?

Jika menurut Wikipedia, istilah pasta sendiri berasal dari Bahasa Italia yakni “Pasta Alimentare” yang artinya adonan bahan makanan. Dalam arti yang lebih luas, “pasta” juga memiliki arti semua adonan seperti cake, roti, ataupun pastry. Pasta yang terbuat dari bahan yang sama seperti mi, dalam Bahasa Italia disebut dengan “pastascuitta”. Dimana pasta di dalam Bahasa Inggris merupakan sebutan untuk berbagai macam masakan yang terbuat dengan bahan utama salah satunya yaitu jenis pasta yang ditambah dengan bumbu dan saus.

Pasta merupakan makanan olahan yang dipakai pada masakan ala Italia, yakni dibuat dari campuran tepung terigu, telur, olive oil, dan garam yang membentuk adonan yang dapat dibentuk menjadi berbagai variasi bentuk dan ukuran. Selain itu, pasta sendiri dijadikan sebagai hidangan setelah dimasak dengan cara direbus. Di Indonesia, jenis pasta yang paling terkenal dan populer yaitu spaghetti, lasagna, dan juga makaroni.

Bahan pembuatan pasta sendiri adalah tepung terigu Semolina yang mana merupakan hasil dari gilingan biji gandum durum yang dicampur dengan telur. Sehingga hasilnya akan sedikit berwarna kuning cerah dan jika dimasak dengan benar akan menghasilkan tekstur yang sedikit kenyal. Sementara itu, pasta buatan Amerika seringkali dibuat dari campuran tepung terigu Farina dan juga Semolina. Sehingga hasil akhirnya akan memiliki tekstur yang lebih lembut untuk dijadikan sebagai hidangan seperti kaserol.

Di luar negara asalnya Italia, pasta umumnya akan dijual dalam bentuk kemasan kering. Pasta kering tersebut dibuat oleh pabrik dengan menggunakan sebuah mesin yang mendorong keluar adonan pasta melalui lubang-lubang saringan. Bentuk pasta yang lainnya didapatkan dengan cara menggiling adonan pasta menjadi lembaran yang nantinya dipotong ataupun dicetak. Pasta kering dapat bertahan hingga tiga tahun lamanya atau lebih karena hanya mempunyai kandungan air sebanyak 10 persen saja.

Berbeda dengan pasta kering, pasta yang segar buatan rumahan ataupun restoran akan dibentuk terlebih dulu dengan tangan beberapa saat sebelum nantinya pasta direbus. Pasta segar membutuhkan waktu masak yang tidak terlalu lama. Akan tetapi, pasta tersebut tidak akan bertahan lama jika disimpan. Karena mempunyai kandungan air yang sangat tinggi. Seringkali di pasar ataupun supermarket, kita melihat pasta yang sudah dibuat beku, pasta tersebut sudah dimasak matang, jadi kita hanya tinggal memanaskannya saja dengan microwave ataupun oven bila ingin menghidangkannya.

Jenis-jenis Pasta yang Perlu Dipahami

Pasta terdiri dari berbagai macam bentuk dan juga ukuran. Di negara asalnya yakni Italia, ada lebih dari 650 jenis pasta dan hampir setiap tahunnya tercipta bentuk pasta yang baru. Pasta yang berbentuk panjang seperti mi disebut sebagai spaghetti. Sementara untuk variasi panjang dan pipih seperti kwetiau disebut sebagai linguine. Kemudian untuk versi yang agak tebal disebut dengan fettucini. Sedangkan untuk variasi yang lebih kurus disebut dengan vermicelli.

Nama-nama jenis pasta tersebut umumnya diambil berdasarkan nama-nama bentuk pasta yang ada di dalam Bahasa Italia. Pasta yang berbentuk seperti kupu-kupu disebut dengan farfalle, kemudian pasta yang berbentuk pendek seperti pena disebut dengan penne. Berikut ini adalah beberapa jenis pasta yang populer hingga saat ini, antara lain:

1. Spaghetti

Khususnya untuk orang-orang Indonesia, pasti hampir semuanya sudah familiar dengan yang namanya spaghetti. Jenis pasta yang satu ini memang sudah familiar dan terkenal di dunia dan pastinya juga di Indonesia. Spaghetti sendiri merupakan makanan yang berbentuk seperti mi yang berbentuk panjang dan dimasak tidak terlalu mentah dan juga tidak terlalu matang, kemudian dilengkapi dengan saus yang khas. Orang-orang juga sering menyebut spaghetti sebagai mi Italia. Di restoran-restoran, terdapat salah satu menu spaghetti yang cukup banyak disukai yakni spaghetti ala bolognese yang mana merupakan jenis spaghetti dengan saus daging cincang kemudian ditaburi dengan keju parmesan parut.

2. Macaroni

Macaroni juga merupakan salah satu jenis pasta yang sudah terkenal di dunia. Dimana makaroni ini dapat berbentuk lurus ataupun melengkung dengan lubang di bagian tengahnya, Selain itu, macaroni juga umumnya disajikan dengan cara dipanggang dengan keju atau dijadikan sebagai isian sup.

3. Lasagna

Lasagna ataupun lasagne merupakan salah satu jenis pasta yang juga cukup populer. Secara harfiah, lasagna merupakan pasta yang berisi daging dan juga sayur-sayuran. Lasagna sendiri disajikan dalam bentuk lembaran tipis yang mirip dengan keju slice yang disusun sebanyak 7 lapis yang berisi sayuran, daging seperti sapi, ayam, seafood, dan jenis daging lainnya, kemudian ditambahkan dengan saus. Kulit lasagna sendiri dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah diberikan isian, kemudian akan dipanggang di oven hingga matang sempurna.

4. Fusilli

Fusilli merupakan pasta yang memiliki bentuk pendek dan spiral. Biasanya fusilli diolah dengan saus krim dan juga kacang polong. Fusilli sendiri bisa dihidangkan dengan bahan lain seperti daging sapi, ayam, sayur-sayuran, dan lain sebagainya. Selain itu, fusilli juga dapat dijadikan sebagai pasta, campuran cup, sampai digoreng dengan taburan serbuk cabai.

5. Fettuccine

Dalam Bahasa Italia, Fettuccine memiliki arti “pita kecil”, merupakan salah satu jenis pasta yang cukup populer di kalangan masyarakat Romawi. Fettuccine sendiri berbentuk panjang dan pipih yang mana bentuknya hampir sama seperti kwetiau. Jenis pasta yang satu ini biasanya akan dihidangkan bersama dengan saus tomat dengan taburan daging ataupun carbonara. Fettuccine juga mudah ditemukan sebagai salah satu menu makanan di restoran yang ada di Indonesia.

6. Penne

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, bahwa penne ini berasal dari Bahasa Latin yakni penna yang artinya “bulu” atau “pena”. Penne adalah salah satu jenis pasta yang berbentuk seperti pena, yakni dengan bentuk seperti tabung yang berukuran kecil dan dipotong diagonal. Penne ini sangat cocok untuk disajikan dengan berbagai macam saus, mulai dari krim, daging, ataupun donat.

7. Angel Hair

Jenis pasta angel hair ini memiliki nama Italia yaitu Capelli D’Angelo, sebab angel hair ini termasuk ke dalam kelompok pasta Capellini atau semacam jenis pasta yang tipis yakni hanya memiliki diameter antara 0,85 hingga 0,92 milimeter. Apabila dibandingkan dengan spaghetti, bentuk angel hair ini lebih tipis dan tidak sekenyal spaghetti. Karena bentuknya yang tipis, pada saat memasak angel hair ini tidak boleh terlalu lama. Umumnya, angel hair ini dimasak dengan sayur-sayuran dan dicampur dengan daging kemudian ditambah dengan saus tradisional ala Italia. Sekarang ini, banyak orang yang lebih menyukai angel hair daripada spaghetti.

8. Ravioli

Ravioli adalah makanan tradisional yang berasal dari Italia. Kata ravioli sendiri berasal dari kata kerja Bahasa Italia yakni “revolvere” yang memiliki arti “untuk mengukus”. Ravioli merupakan salah satu jenis pasta yang terdiri dari adonan pasta tipis yang memiliki isian di dalamnya seperti pangsit. Selain itu, ravioli juga biasanya disajikan dalam kaldu ataupun dengan saus. Biasanya ravioli berbentuk seperti bujur sangkar, walaupun kadang kala dibuat dalam bentuk seperti lingkaran ataupun setengah lingkaran.

9. Farfalle

Nama Farfalle ini berasal dari Bahasa Italia yakni farfalle yang artinya kupu-kupu. Pasta yang cantik ini biasanya berbentuk seperti kupu-kupu. Oleh karena itu, jenis pasta ini seringkali disebut dengan kupu-kupu pasta. Farfalle bisa disajikan dengan semua jenis saus, namun yang paling cocok yaitu dengan saus krim dan juga saus tomat.

10. Gnocchi

Gnocchi merupakan salah satu jenis pasta khas Italia yang terbuat dari tumbukan kentang rebus, telur, dan juga tepung. Biasanya Gnocchi ini akan disajikan dengan saus gurih seperti saus berbasis tomat ataupun saus putih.

11. Linguine

Dalam Bahasa Italia, Linguine ini memiliki arti “lidah kecil”, dimana bentuknya elips dan lebarnya hanya sekitar 4 mm. Linguine sendiri lebih lebar dibandingkan dengan spaghetti, namun tidak selebar fettuccine. Umumnya akan disajikan dengan bumbu pesto ataupun seafood.

13. Bucatini

delicious plain bucatini with italian herbs fresh butter, parmesan cheese and olive oil

Bucatini merupakan pasta panjang yang hampir mirip dengan spaghetti, namun lebih tebal dan mempunyai lubang di bagian tengahnya.

14. Tagliatelle

Tagliatelle adalah pasta panjang yang berbentuk pita yang hampir mirip dengan fettuccine. Sebagian besar orang mengatakan bahwa tagliatelle dan juga fettuccine merupakan jenis pasta yang sama. Namun faktanya, orang-orang di Roma dan juga Italia Selatan menyebutnya dengan fettuccine dan orang-orang di italia utara biasa menyebutnya dengan tagliatelle.

15. Pappardelle

Umumnya jenis pasta ini berbentuk pita panjang dan lebar. Cocok untuk disajikan dengan saus ragout. Konon katanya Pappardelle ini berasal dari Bahasa Italia yang artinya melahap.

16. Cavatelli

Cavatelli ini diklaim sebagai salah satu jenis pasta tertua yang terbuat dari adonan tanpa menggunakan telur. Lalu, adonan tersebut digulung menjadi bentuk cangkang kecil sampai menyerupai roti hot dog kecil.

17. Tortellini

Tortellini merupakan salah satu jenis pasta yang berbentuk seperti cincin. Umumnya, pasta jenis ini berisi keju atau daging. Secara tradisional, tortellini akan tersaji dalam kaldu capon.

Demikian penjelasan mengenai beberapa jenis pasta yang mungkin saja ada yang sudah familiar ataupun ada sebagian yang baru saja kita ketahui. Apakah Grameds sudah pernah mencoba semua jenis pasta di atas? Bila belum, yuk cobain sekarang, sebab semua jenis pasta di atas memiliki cita rasa yang enak dan juga nikmat.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah