in

10 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

sheaves of fresh morning glory (Ipomoea aquatica) in thailand

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan – Bermacam-macam jenis sayuran biasa dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Tidak terkecuali dengan salah satu sayuran yang satu ini. Ya, kangkung? Tentu sudah tidak asing untuk didengar ya grameds.

Kangkung merupakan salah satu sayuran hijau yang cukup sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sebagai makanan sehari-hari. Budidaya kangkung dapat dilakukan dengan cara konvensional maupun hidroponik. Kangkung juga bisa hidup di daerah tropis dan subtropis.

Kangkung merupakan jenis sayuran dengan nama latin ipomoea reptans yang mempunyai batang bergetah dan berlubang serta akar tunggang. Sedangkan, daun pada kangkung itu memiliki bentuk yang panjang mirip dengan jantung hati dengan ujung yang tumpul.

Adapun, beberapa kandungan pada kangkung yakni gizi, protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, air, flavonoid, polifenol, vitamin E dan antioksidan yang tinggi.

Oleh karena itu, terdapat beberapa manfaat kangkung bagi kesehatan di dalam tubuh yang sudah dibuktikan melalui beberapa studi penelitian. Dengan demikian, kangkung dapat dikonsumsi tidak hanya orang dewasa saja melainkan anak-anak juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya agar manfaat kangkung bagi tubuh dapat dirasakan.

Kamu juga bisa membaca salah satu rekomendasi buku berikut ini yang berjudul “Aneka Manfaat Kulit Buah dan Sayuran” karya Dini Nuris Nuraini. Buku ini berisikan tentang aneka manfaat kulit buah dan sayuran, manfaat, dan cara pemakaiannya.

Pada satu artikel ini akan mengulas tentang beberapa manfaat dari kangkung tersebut. Maka dari itu, simak hingga akhir artikel di bawah ini ya grameds!

Berikut ini adalah 10 manfaat kangkung bagi kesehatan di dalam tubuh, antara lain sebagai berikut.

1. Mencegah Anemia

Manfaat pertama dari kangkung bagi kesehatan tubuh yakni dapat mencegah anemia. Anemia adalah salah satu jenis penyakit kekurangan sel darah merah. Oleh karena itu, kangkung dapat dijadikan solusi dalam mencegah adanya anemia tersebut.

Kandungan fosfor dan zat besi pada kangkung dapat membantu dalam mencegah anemia. Kedua kandungan berperan dalam memberikan asupan oksigen dan zat gizi yang optimal bagi organ dan juga sel di dalam tubuh. Zat besi ini akan merangsang produksi sel darah merah di dalam tubuh tersebut.

Kamu dapat memilih jenis kangkung yang masih muda untuk memberikan efek yang maksimal bagi kesehatan di dalam tubuh kamu karena jenis kangkung ini lebih banyak memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi.

Grameds tidak perlu khawatir tentang penyakit anemia ini ya karena kamu bisa membaca salah satu rekomendasi buku berikut ini untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang penyakit anemia tersebut. Langsung saja klik di bawah ini ya!

2. Mengatasi Penyakit Kuning

Penyakit kuning dapat diatasi dengan mengkonsumsi kangkung. Kangkung dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan ayurvedic pada penyakit kuning dan masalah hati. Manfaat kangkung bagi kesehatan di dalam tubuh dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati yang disebabkan oleh beberapa bahan kimia, seperti modulasi enzim detoksifikasi, antioksidan dan sifat pemicu radikal bebas.

3. Mencegah Dehidrasi

Tingginya kandungan mineral pada kangkung dapat mencegah dehidrasi di dalam tubuh. Hal ini karena adanya natrium dan kalium di dalam kangkung yang dapat menjaga keseimbangan cairan dan juga kadar elektrolit di dalam tubuh. Oleh karena itu, kangkung dapat dimanfaatkan untuk mencegah adanya dehidrasi pada tubuh.

4. Menurunkan Kolesterol

Manfaat kangkung selanjutnya bagi kesehatan di dalam tubuh, yaitu dapat menurunkan penyakit kolesterol. Kangkung dapat dijadikan pilihan untuk membantu dalam menurunkan kolesterol hingga berat badan secara alami. Hal ini telah dibuktikan pada suatu studi penelitian bahwa kangkung dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh secara alami.

Salah satu rekomendasi buku yang berjudul “Buku Cara Jitu Mengatasi Kolesterol” memberikan informasi dan pengetahuan tentang kolesterol, seperti pengertian kolesterol, penyebab-penyebabnya, bahaya kolesterol, sampai pencegahan dan penanganan kolesterol dengan cepat, tepat, dan tuntas. Selain itu, buku ini dilengkapi pula dengan cara-cara untuk menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat secara keseluruhan.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

5. Mencegah Radikal Bebas

Kangkung dipercaya dapat dimanfaatkan untuk mencegah adanya radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas dan sel-sel yang mengendap di dalam tubuh manusia dapat dihancurkan dengan banyak mengkonsumsi kangkung.

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada kangkung dapat membantu dalam menyerap racun dan membuangnya dari tubuh. Cukup dengan merebus atau mengukus kangkung tersebut saat ingin mengkonsumsinya sebagai pilihan menu sehari-hari sehingga racun di dalamnya dapat diserap dan dibersihkan dengan baik.

6. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kangkung memiliki kandungan serat dan kaya akan vitamin C. Salah satu vitamin ini memegang peranan yang penting dalam menjaga fungsi sistem kekebalan di dalam tubuh. Jika dapat mengkonsumsi kangkung maka kebutuhan vitamin pada sistem kekebalan tubuh dapat dirasakan sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit infeksi virus.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat kangkung bagi kesehatan di dalam tubuh berikutnya yakni dapat melancarkan sistem pencernaan atau mengatasi sembelit. Hal ini dikarenakan kandungan serat pada kangkung yang cukup tinggi. Dengan demikian kangkung dapat membantu melancarkan proses pada sistem pencernaan secara alami.

Berbagai olahan kangkung dapat kamu lakukan di rumah. Salah satunya adalah jus kangkung yang dapat mengatasi sembelit pada sistem pencernaan kamu. Tidak hanya itu, manfaat kangkung bagi tubuh juga sering digunakan dalam membantu pengobatan infestasi cacing usus.

Grameds tidak perlu khawatir karena jika masih bingung dalam menemukan solusi pada sistem pencernaan kamu karena buku yang satu ini telah mencakup seluruh sistem pencernaan. Buku ini memberikan informasi jelas, singkat, dan akurat, seperti cara sistem pencernaan bekerja, apa penyebabnya, langkah sederhana yang harus diambil, gejala yang dialami dan lain sebagainya.

8. Mencegah Sariawan

Kandungan vitamin C pada kangkung dapat dimanfaatkan dalam mencegah penyakit sariawan hingga gusi berdarah di dalam mulut. Selain itu, kangkung juga mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh kuman di dalam mulut. Konsumsilah kangkung sebagai pilihan menu sehari-hari jika ingin terhindar dari penyakit sariawan.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Kangkung dipercaya dapat mengurangi kolesterol di dalam tubuh secara alami sehingga manfaatnya juga mampu dirasakan dalam menjaga kesehatan jantung. Kandungan antioksidan pada kangkung, seperti vitamin A dan C dianggap efektif dalam mencegah kolesterol teroksidasi dan pembuluh darah sehingga menjaga aliran darah yang sehat pada jantung.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat kangkung lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A, lutein yang tinggi, dan karotenoid mampu dalam melindungi kornea dan lapisan mata dari adanya bakteri dan virus. Selain itu, kangkung juga dapat meningkatkan kadar glutathione yang berperan dalam mencegah katarak hingga meningkatkan produksi pada cairan agar mata tidak kering.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Nah, itulah ulasan pada satu artikel ini tentang 10 manfaat kangkung bagi kesehatan. Kamu dapat mencoba mengkonsumsinya sebagai pilihan menu sehari-hari untuk mengatasi beberapa penyakit pada artikel di atas. Konsumsilah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang baik. Semoga setelah membaca artikel ini grameds bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang manfaat kangkung yang belum kamu ketahui.

Jika grameds memiliki ketertarikan untuk mencari manfaat lainnya tentang kangkung bagi kesehatan kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam menemani kamu dalam berkembang dan melangkah maju setiap harinya. Selamat belajar dan semoga bermanfaat ya!

Penulis: Elsya Islamay

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Elsya Islamay