in

33 Makanan yang Bikin Kamu Kurus Untuk Kamu Yang Sedang Diet

Sumber: Kompas.com

Makanan yang bikin kurus – Menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah dan instan untuk dilakukan, sehingga kamu perlu melakukan olahraga secara teratur hingga mengonumsi makanan untuk diet sehat, bergizi, dan rendah kalori. Tidak sekadar keinginan yang kuat, menurunkan berat badan harus dilakukan rutin dan tidak tergoda oleh apapun, sehingga program menurunkan berat badan bisa berhasil.

Dengan mengonsumsi makanan yang bikin kurus bisa membantu program diet untuk menurunkan berat badan. Terdapat berbagai macam makanan yang bisa dijadikan pilihan mulai dari sayur, ikan hingga biji-bijian.

Jangan hanya mengandalkan diet dengan membatasi makanan yang dikonsumsi, tetapi kamu juga harus mengonsumsi makanan yang tepat agar dapat membantu menurunkan berat badan. Bahan makanan yang bikin kurus pun saat ini sudah sangatlah banyak, bahkan kamu bisa menemukan bahannya di warung sayur terdekat.

Selain mengonsumsi makanan yang rendah kalori, kaya karbohidrat dan nutrisi, beberapa makanan berikut ini juga bisa membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, tunggu apalagi, simak ulasannya sampai habis, Grameds.

https://www.gramedia.com/products/panduan-lengkap-dan-praktis-budidaya-sayuran-yang-paling-menguntungkan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Daftar Bahan Makanan yang Bikin Kurus atau Untuk Diet

Menurunkan berat badan bukan berarti Gramades tidak makan sama sekali. Justru grameds harus tetap makan dengan menjaga porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi. Cobalah memasukkan beberapa bahan makanan berikut ini ke dalam hidangan sehari-hari yang dikonsumsi:

1. Sayuran

makanan yang bikin kurus
Sumber: Pixabay

Sayuran sudah pasti merupakan salah satu jenis makanan yang bikin kurus. Mulai dari sayuran berdaun hijau hingga kembang kol dan brokoli. Kita perlu memasukkan sayur yang rendah kalori dan berkarbohidrat serta tinggi serat ke dalam daftar menu makanan sehat penurun berat badan yang wajib dikonsumsi.

Selain itu, mengonsumsi sayuran akan membuat lebih cepat kenyang, sehingga dapat mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut membuat sayuran menjadi salah satu makanan yang cocok untuk menurunkan berat badan.

2. Telur

makanan yang bikin kurus
Sumber: Kompas.com

Telur merupakan pilihan sarapan pagi yang bisa masuk ke dalam menu makanan untuk diet ketat demi membantu mengecilkan pinggang. Telur menjadi salah satu sumber protein yang dapat menjadi makanan untuk diet. Telur juga kaya protein dan banyak vitamin serta mineral penting seperti selenium dan riboflavin.

Protein dalam telur mencegah lapar dalam waktu yang lebih lama. Dalam beberapa penelitian, orang yang memilih telur sebagai menu sarapan untuk diet berhasil menurunkan indeks massa tubuh dan berat badan mereka.

Berkat kandungan protein yang tinggi, telur dapat mengurangi nafsu makan jika dikonsumsi sebagai makanan untuk diet ketat di pagi hari. Dengan begitu, akan memberikan dorongan untuk menurunkan berat badan. Namun, pada beberapa orang konsumsi telur secara berlebihan berpotensi meningkatkan kolesterol jahat LDL.

Salah satu penelitian pada 30 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan secara signifikan meningkatkan perasaan kenyang. Selain itu, juga dapat mengurangi asupan makanan pada siang hari dibandingkan makan yang lain.

3. Daging Ayam

Protein membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat kita kenyang lebih lama. Daging ayam adalah salah satu pilihan sumber protein paling populer untuk diet atau bikin kurus. Namun, sebaiknya pilih bagian daging ayam yang rendah lemak dan tanpa kulit, seperti bagian dada ayam.

4. Daging Sapi Rendah Lemak

Siapa bilang saat diet tidak boleh mengonsumsi daging sapi? Kita tetap bisa menyantap daging sapi. Hanya saja pilih daging sapi segar yang tidak diproses, seperti sosis dan bagian sapi yang rendah lemak.

makanan yang bikin kurus
Sumber: Kompas.com

5. Tuna

Ikan tuna dapat menjadi makanan yang bikin kurus karena rendah kalori dan tinggi protein. Ikan tuna juga merupakan salah satu daging ikan yang rendah lemak, sehingga akan aman jika dikonsumsi dalam jumlah besar namun tetap tidak berlebihan.

6. Salmon

Selain ikan tuna, ikan salmon sebagai daging ikan lain yang dapat menjadi sumber protein dan makanan yang bikin kurus. Salmon kaya akan lemak sehat dan asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh. Hal ini untuk membantu mengurangi lemak perut. Tidak mengherankan apabila ikan yang mengandung kaloi rendah banyak digemari oleh mereka yang tengah menjalani diet.

7. Kacang Kedelai

Jika kamu sedang menerapkan diet vegetarian atau vegan, kamu bisa mengonsumsi kacang kedelai sebagai pengganti protein harian yang perlu dikonsumsi. Kacang kedelai juga mengandung kalsium yang baik untuk tulang.

8. Kentang Rebus

makanan yang bikin kurus
Sumber: Pixabay

Saat diet, sebagian besar orang bingung dengan sumber karbohidrat yang harus dikonsumsi. Jadi, cobalah menyantap kentang rebus. Kentang rebus lebih berserat apabila dibandingkan dengan nasi putih biasa.

Kentang rebus merupakan makanan diet yang mengenyangkan. Dalam sebuah penelitian terhadap 38 makanan yang paling mengenyangkan, kentang rebus berada di urutan pertama.

Bahkan, kentang untuk diet juga pernah dinobatkan menjadi peringkat satu dalam satiety index. Satiety index yaitu indeks yang menjadi indikator seberapa besar makanan tersebut membuat kita kenyang.

Alih–alih mengonsumsi kentang goreng, cobalah merebus kentang dan menunggunya hingga dingin. Pasalnya, kentang rebus yang dingin disebut mempunyai pati resisten yang lebih banyak hingga mampu membantu kita menurunkan berat badan.

9. Gandum Utuh

Beberapa jenis biji-bijian serelia memang disebut kurang baik bagi orang yang menjalani program menurunkan berat badan. Untungnya, ada sejumlah jenis gandum utuh yang dapat dijadikan sebagai makanan penurun berat badan.

makanan yang bikin kurus
Sumber: Kompas.com

Biji-bijian ini kaya akan serat dan mengandung protein yang cukup menjalani aktivitas harian. Salah satunya jenis gandum utuh yang dapat dimanfaatkan yaitu oat. Oat sebagai biji-bijian serealia yang kaya akan beta-glukan yaitu serat larut yang terbukti meningkatkan perasaan kenyang.

Selain perasaan kenyang, jenis serat larut ini berperan penting dalam proses metabolisme. Tidak hanya oat saja, tetapi kita juga dapat memanfaatkan gandum utuh lainnya terutama beras cokelat dan quinoa untuk menurunkan berat badan.

10. Biji-bijian

Selain kentang, kita juga bisa mengganti karbohidrat nasi putih dengan biji-bijian seperti quina, oats, dan sebagainya yang tinggi serat serta lebih bernutrisi. Kita juga bisa mencampurkan nasi putih dengan biji-bijian lain, seperti chia seeds untuk mengurangi kalori dari nasi putih yang dikonsumsi dan menambah nutrisi dari hidangan.

11. Kacang-kacangan

Kita mungkin tidak pernah memasukkan kacang-kacangan dalam daftar makanan yang bikin kurus, padahal kacang-kacangan tidak hanya bisa menjadi camilan, tetapi bisa dijadikan lauk sehat yang tinggi protein dan serat. Ada beberapa jenis kacang yang bisa dicoba yaitu kacang merah, kacang hijau dan sebagainya.

12. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang dapat menjadi makanan yang bikin kurus, namun konsumsilah apel segar dibanding dalam bentuk jus. Apel segar mengandung lebih banyak serat yang dapat membuat kita tetap kenyang.

Di dalam buah apel mengandung 85% kandungan air sehingga volume dan satiety index bisa terpenuhi tanpa perlu menambah asupan kalori. Itulah mengapa apel juga menempati skor tinggi dalam daftar satiety index. Jika dikonsumsi secara berkala, dapat membantu menurunkan berat badan.

13. Alpukat

Berbeda dengan buah biasanya, alpukat mengandung lebih banyak lemak sehat daripada karbohidrat yang rendah. Pasalnya, buah berwarna hijau ini mengandung asam oleat tak jenuh tunggal yaitu jenis lemak yang dapat dijumpai pada minyak zaitun. Alpukat juga bisa menjadi pilihan sumber lemak yang sehat serat dan air. Di samping itu, kandungan air dan serat dalam alpukat juga membuat kita merasa kenyang lebih lama.

14. Yogurt

makanan yang bikin kurus
Sumber: Pixabay

Yogurt sebagai salah satu makanan yang bikin kurus karena mengandung probiotik yang mampu melancarkan pencernaan atau meningkatkan kerja usus. Usus yang sehat membantu melindungi tubuh dari peradangan dan resistensi leptin, yaitu kondisi yang memicu hormon utama penyebab obesitas.

Jadi, yogurt sering dimasukan ke dalam menu diet menurunkan berat badan. Selain probiotik, yogurt juga mempunyai protein yang tinggi terutama pada greek yogurt dan kandungan asam di dalamnya membuat kita kenyang lebih lama.

Sebaiknya, ambil yogurt yang tidak rendah lemak, karena yogurt rendah lemak pada umumnya mempunyai tambahan gula yang lebih banyak. Jadi, cobalah memilih yoghurt berlemak tinggi untuk menurunkan risiko obesitas dan diabetes tipe 2.

https://www.gramedia.com/products/21-jus-buahsayuran-nan-segar?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

15. Minyak Kelapa

Kita bisa menggunakan minyak kelapa untuk memasak, karena minyak kelama dapat membuat kita lebih kenyang dan dapat sedikit meningkatkan proses pembakaran kalori dalam tubuh.

16. Grapefruit

Salah satu buah populer yang digembar-gemborkan dapat menjadi makanan yang bikin kurus adalah grapefruit. Grapefruit tidak hanya membantu membuat kita lebih kenyang, tetapi juga bisa mengurangi resistensi insulin yang memicu diabetes.

17. Cabai

Bagi pecinta cabai, maka cabai bisa menjadi makanan yang bikin kurus. Kita dapat mencampurkannya dengan hidangan yang dikonsumsi. Capsaicin dalam cabai mampu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Namun, jangan mengonsumsi cabai terlalu banyak jika perut kita tidak mampu menoleransinya.

18. Cuka Apel

Kita bisa menambahkan cuka apel ke dalam hidangan dan salad yang dikonsumsi untuk menambah cita rasa, menurunkan kadar gula darah dan membuat kita lebih kenyang, grameds.

19. Cokelat Hitam

makanan yang bikin kurus
Sumber: Pixabay

Cemilan sehat lain yang dapat kita masukkan ke dalam daftar makanan yang bikin kurus adalah cokelat hitam. Dengan mengonsumsi satu atau dua kotak kecil cokelat hitam dapat membuat kita kenyang lebih lama sembari menunggu waktu makan tiba.

20. Cottage Cheese

Makanan untuk diet selanjutnya yaitu keju. Jangan khawatir grameds, kita tetap bisa mengonsumsi produk susu ini, tetapi pilihlah keju jenis cottage cheese yang tinggi protein serta rendah lemak dan karbohidrat.

makanan yang bikin kurus
Sumber: Kompas.com

21. Oatmeal

Oatmeal untuk diet sudah tepat sebagai salah satu makanan yang mengenyangkan namun tidak membuat gemuk. Kandungan seratnya sangat tinggi dan mengandung serat larut air beta glucan yang dapat membuat proses cerna lebih lambat dan menyerap karbohidrat.

Dibandingkan dengan pilihan sarapan lainnya, oatmeal sangat ampuh menekan nafsu makan dan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, keinginan untuk makan terlalu banyak kalori sepanjang hari juga dapat ditekan. Cobalah menggabungkan satu cangkir (235 gram) oatmeal matang dengan satu setengah cangkir (74 gram) buah beri. Kamu bisa mencampurnya dengan tambahan almond yang enak dan mengenyangkan.

22. Tomat

Buah tomat dan tomat ceri atau tomat yang berukuran kecil diketahui mempunyai tingkat kalori yang sangat sedikit. Jadi, baik buah tomat maupun tomat ceri sangat cocok dikonsumsi saat sedang berdiet dan akan membantu menurunkan berat badan.

23. Mentimun

Mentimun merupakan salah satu makanan penting yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Sayuran ini hanya memiliki 45 kalori dan sebagian besar berisi air dan sodium yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

24. Udang

Udang sebagai salah satu makanan yang mengandung sangat sedikit daging dan kalori. Satu ekor udang hanya mempunyai delapan kalori saja. Karena itu, mengonsumsi udah akan membantu kita menurunkan berat badan karena hanya mengandung sedikit kalori.

makanan yang bikin kurus
Sumber: Kompas.com

25. Ceri

Buah ceri salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi saat diet. Buah ceri yang kaya nutrisi dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhanya hanya mengandung sedikit kalori yaitu sekitar 50 kalori. Tidak hanya tubuh yang semakin bugar, kita juga bisa lebih cepat kurus.

26. Brokoli

makanan yang bikin kurus
Sumber: Pixabay

Brokoli sebagai sayuran yang pahit namun bernutrisi tinggi. Antioksidan yang ada di dalamnya juga diketahui bisa menjaga kebugaran tubuh dan menangkal kanker. Tidak hanya itu, brokoli ternyata juga mempunyai khasiat menurunkan berat badan.

27. Kubis

Kubis adalah salah satu sayuran yang kaya antioksidan seperti vitamin C yang baik untuk meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kubis juga baik untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi kubis terlalu banyak karena dapat meningkatkan produksi gas dalam lambung.

28. Raspberry

makanan yang bikin kurus
Sumber: Kompas.com

Buah raspberry hanya mengandung sedikit kalori yaitu sekitar 31 persen dari gula. Oleh karena itu, raspberry juga disebut sebagai salah satu buah yang sangat cocok untuk dikonsumsi data berdiet karena bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

29. Buah Pir

Sebanyak 15% serat yang kita butuhkan sehari-hari terkandung dalam sebuah pir saja lho, Grameds. Sebuah studi menemukan wanita yang memakan 3 buah pir sehari mengkonsumsi sedikit kalori. Lebih baik dimakan sekaligus dengan kulitnya karena disitulah serat tersebut ada.

30. Jeruk Bali

Meski kamu sedang tidak menjalani diet, makan setengah dari jeruk Bali yang masam ini dapat membuat berat badanmu turun seketika. Jeruk bali mengandung protein yang tinggi dan jumlah air yang baik, sehingga akan membuat kamu merasa penuh dan tidak akan membuatnya mudah lapar.

31. Kacang Almond

Kacang almond dapat membuat kamu menurunkan sedikit berat badan. Sebuah studi mengatakan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang almond dalam dietnya berpengaruh daripada orang yang tetap mengikuti diet namun memakan snack.

32. Teh hijau (Green Tea)

makanan yang bikin kurus
Sumber: Pixabay

Sama fungsinya seperti ari, teh hijau juga dapat secara cepat membuat kenyang dan menguras berat badan. Antioksidan di dalamnya juga berdampak dalam pembakaran kalori serta lemak. Studi menemukan bahwa minum 5 gelas teh hijau sehari akan berdampak 2 kali dalam menguras lemak dalam perut.

33. Pisang

Buah pisang dapat dikonsumsi setiap saat dan akan terlihat segera hasilnya. Kandungan di dalam buah pisang akan membuat kita kenyang serta meningkatkan metabolisme dengan resisten terhadap pati sebanyak 12,5 gram.

Buah Dan Sayuran Yang Berkhasiat Untuk Menghilangkan Stres Dan Depresi

Itulah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu kita menurunkan berat badan. Berolahraga saja tidak cukup, harus memperhatikan pola makan. Jadi, usahakan untuk bisa memilih makanan yang telah disebutkan di atas terutama untuk menunjang diet ya, Grameds. Demikian pembahasan tentang makanan yang bikin kurus, semoga artikel ini bermanfaat bagi Grameds.

Apakah grameds sedang program diet? Jika Grameds masih bingung, masih membutuhkan referensi terkait jenis-jenis makanan sehat maka kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di Gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi