in

Kenali Makanan Penghancur Batu Ginjal

Makanan penghancur batu ginjal – Dalam kehidupan sehari-hari, kita tentunya membutuhkan makanan sebagai kebutuhan hidup sehari-hari dan asupan gizi bagi tubuh kita. Karena makanan juga faktor yang sangat penting dalam dunia kesehatan.

Jika pola makan kita tidak teratur, atau tidak makan makanan yang bergizi sesuai kebutuhan tubuh, maka kemungkinan kita akan jatuh sakit maupun kesehatan tubuh menjadi memburuk.

Makanan juga mempunyai banyak khasiat bagi tubuh. Makanan yang mengandung berbagai sumber protein, karbohidrat, serat, zinc, kalsium, dan lain sebagainya, masing-masing mempunyai peranan dan fungsi yang penting bagi tubuh kita.

Jika tubuh kita kekurangan berbagai macam zat yang dibutuhkan, maka tubuh akan rentan terhadap berbagai macam penyakit. Salah satunya yang disebut batu ginjal, gagal ginjal dan berbagai macam penyakit kronis lainnya.

Untuk itu, asupan makanan merupakan faktor yang sangat penting dan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh seseorang.

Apa itu Batu Ginjal?

pixabay

Beberapa orang mungkin kurang familiar terhadap penyakit satu ini, tetapi batu ginjal salah satu penyakit yang sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja.

Pengertian batu ginjal secara sederhana adalah adanya endapan yang mengeras di dalam ginjal sehingga menyebabkan ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik. Endapan ini biasanya terbuat dari sisa-sisa mineral dan garam yang tidak larut dalam tubuh, kondisi inilah yang menyebabkan batu ginjal.

Jika endapan itu terus menerus dibiarkan, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan terutama ginjal. Ginjal tidak akan berfungsi dengan baik, bahkan bisa memicu penyakit lain seperti gagal ginjal. Bahkan, jika dibiarkan sampai membesar dan mengeras, seseorang harus menjalani operasi untuk pengangkatan batu ginjal ini.

Tentunya kita harus mengonsumsi makanan yang bisa meminimalisir resiko penyakit batu ginjal ini. Banyak sekali makanan yang dapat meminimalisir atau mencegah terjadinya gagal ginjal maupun batu ginjal.

Kamu juga bisa membaca buku tentang kesehatan ginjal, yaitu Stop Gagal Ginjal. Buku ini sangat bagus untuk kamu yang mengalami sakit gagal ginjal.

https://www.gramedia.com/products/stop-gagal-ginjal

Kira-kira apa saja makanan yang berfungsi sebagai penghancur batu ginjal?

Simak beberapa buah dan sayuran yang dapat kamu konsumsi untuk mencegah batu ginjal, pada pembahasan selanjutnya, grameds.

Buah-Buahan Penghancur Batu Ginjal

Dari berbagai jenis buah yang ada, berikut beberapa buah yang dapat dikonsumsi sebagai penghancur batu ginjal:

1. Delima

Buah delima kini sudah semakin jarang, kita harus mencarinya di swalayan-swalayan untuk mendapatkan buah satu ini. Buah delima ternyata memiliki fungsi untuk menghancurkan batu ginjal.

Kandungan dalam buah delima terdapat antioksidan yang tinggi, sehingga memperlancar peredaran darah dan meningkatkan fungsi ginjal secara optimal. Buah delima juga berkhasiat mengatur keasaman pada air seni.

2. Semangka

pixabay

Rasa semangka yang segar dan banyak mengandung air, ternyata semangka termasuk buah yang dapat menghancurkan batu ginjal.

Kandungan air yang tinggi pada semangka dapat membantu mengeluarkan batu ginjal melalui urine.

Mengonsumsi semangka setiap hari juga sangat baik untuk pemenuhan kebutuhan cairan tubuh, sehingga tidak mudah dehidrasi. Namun,  mengonsumsi semangka dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Jadi, tetap bijak dalam mengonsumsi semangka, Grameds

3. Buah Anggur

Buah atau makanan penghancur batu ginjal yang lain adalah anggur. Buah ini juga kaya akan antioksidan yang tinggi, terutama pada anggur merah.

Selain itu, anggur juga mengandung sodium rendah, sehingga baik dikonsumsi bagi penderita batu ginjal.

Antioksidan yang terkandung dalam buah ini juga mampu mencegah peradangan pada tubuh.

4. Apel

pixabay

Selanjutnya ada apel yang di mana buah ini  juga tergolong buah sebagai penghancur batu ginjal.  Buah ini juga mudah didapat dimana saja, baik di swalayan maupun toko-toko buah di pinggir jalan.

Dalam buah Apel terdapat banyak sekali manfaat dari buah apel ini. Kandungan yang terdapat di buah apel ini seperti vitamin A, vitamin C serta antioksidan, sehingga baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Jadi, bagi penderita batu ginjal, buah ini mungkin bisa jadi solusi yang tepat.

5. Nanas

Nanas juga termasuk makanan penghancur batu ginjal selanjutnya. Buah yang memiliki rasa asam manis ini ternyata sangat baik untuk penderita batu ginjal.

Pasalnya, kandungan potasium sitrat yang terkandung didalam buah nanas berfungsi sebagai obat batu ginjal kronis. Buah nanas yang sudah matang bisa dimakan dalam keadaan utuh, atau kamu bisa menjadikannya jus buah segar.

6. Berry

Diketahui buah berry juga bagus dikonsumsi untuk penderita batu ginjal.  Dan buah berry ini memiliki macam-macam jenis, seperti cranberry, blueberry, dan yang paling terkenal adalah buah strawberry. Selain buah berry dapat dimakan langsung, berry juga biasanya dijadikan selai untuk bahan pelengkap makanan.

Buah berry juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan antiinflamasi untuk mencegah peradangan, serta infeksi dan peradangan pada saluran kemih.

7. Lemon

pixabay

Siapa yang tak tahu buah lemon, buah lemon termasuk dalam jenis buah jeruk ini mampu menghancurkan penyakit batu ginjal. Mengonsumsi lemon setiap hari juga bagus untuk menjaga daya tahan tubuh.

Rasanya yang asam karena mengandung banyak vitamin C dan kandungan sitrat yang tinggi. Selain itu, lemon bisa dikonsumsi dengan cara direndam dalam gelas atau diperas untuk diambil airnya dan dicampur dengan air putih.

Sayur-Sayuran Penghancur Batu Ginjal

Selain buah-buahan, jenis sayur-sayuran juga ada yang berkhasiat untuk mencegah penyakit batu ginjal, yaitu:

1. Seledri 

pixabay

Sayur pertama yang bisa menghancurkan batu ginjal adalah daun seledri. Umumnya, para ibu menggunakan daun seledri untuk membuat masakan seperti sayur sop dan sebagai bahan taburan.

Ternyata, daun seledri juga mengandung antioksidan tinggi, sehingga sangat baik untuk pengobatan. Kamu bisa mengonsumsi seledri ini dengan cara direbus, kemudian ambil airnya. Atau bisa juga di jus, namun aromanya akan lebih kuat.

2. Basil 

Daun basil memang jarang terdengar, namanya kurang familiar, namun ternyata daun basil ini menjadi salah satu jenis sayuran yang mengandung asam organik, antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal serta menghancurkan batu ginjal.

Umumnya, daun basil dijadikan saus pasta, atau dapat juga direbus kemudian di ambil airnya. Daun ini lebih dikenal di negara-negara Eropa.

Demikianlah beberapa informasi mengenai makanan baik dari jenis buah-buahan maupun sayur-sayuran yang dapat membantu menghancurkan batu ginjal.

Untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang makanan yang baik dan sehat untuk ginjal, kamu bisa baca buku tentang khasiat dari berbagai makanan. Buku Perkuat Jantung Tulang & Ginjal Sehat Bersama Makanan Berkhasiat bisa kamu jadikan referensi untuk membuat menu makanan yang sehat.

Pantangan Penderita Batu Ginjal 

Seperti yang kita tahu bahwa penyakit batu ginjal ini merupakan salah satu penyakit serius yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami gangguan sistem dalam tubuh dan penurunan fungsi tubuh yang lain, dan sangat berbahaya.

Batu ginjal yang merupakan endapan keras atau kristal di dalam ginjal, dapat menyebabkan penyumbatan di area ureter, sehingga ureter tidak mampu membawa urin ke kandung kemih, yang mana urine adalah zat beracun yang harus dikeluarkan oleh tubuh.

Biasanya ukuran batu ginjal macam-macam sesuai kadar pengendapan. Ada yang kecil seperti kerikil, sedang, hingga besar. Dan jika dibiarkan secara terus-menerus tentunya akan dapat membahayakan nyawa penderitanya.

Tentunya, bagi penderita batu ginjal, tidak dianjurkan mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat meningkatkan resiko batu ginjal ini. Penderita harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi, sebaiknya lebih selektif dalam memilih makanan, serta dalam takaran yang diatur.

Penderita penyakit batu ginjal biasanya tidak mengonsumsi makanan tertentu secara berlebihan. Apa saja pantangan bagi penderita batu ginjal ini, berikut diantaranya :

1. Konsumsi Garam Berlebih

Biasanya bagi penderita batu ginjal dilarang mengkonsumsi makanan yang asin atau garam yang berlebihan. Sebab, zat natrium yang tinggi dapat menyebabkan kalsium menumpuk dalam urine.

Untuk itu, sangat penting bagi penderita batu ginjal untuk selektif dalam memilih makanan, ada beberapa makanan instan ataupun makanan cepat saji yang tinggi akan natrium dan sodium. Begitu juga, dengan berbagai macam minuman, beberapa juga mengandung sodium yang berlebih untuk takaran penderita batu ginjal .

2. Protein Yang Berlebihan 

Sebenarnya, protein juga sangat penting untuk tubuh kita, namun bagi penderita penyakit khususnya batu ginjal, protein yang dikonsumsi tidak boleh berlebihan. Khususnya protein hewani yang berlebihan.

Biasanya, sumber protein hewani dapat menyebabkan asam urat jika dikonsumsi secara berlebihan, yang mana asam urat mempengaruhi pembentukan zat sitrat dalam urine. Dan peranan sitrat ini sebagai pencegahan batu ginjal.

Ada banyak sumber protein sebagai pengganti protein hewani, jadi kamu tidak perlu bingung, berbagai sumber protein dapat kamu peroleh dari tumbuh-tumbuhan atau protein nabati, seperti tahu, tempe, kedelai, dan susu.

Untuk hasil yang lebih baik, konsultasikan kepada dokter berapa takaran yang pas untuk konsumsi sehari-harinya.

3. Makanan Oksalat

Makanan yang harus dipantang oleh penderita batu ginjal selanjutnya adalah makanan yang banyak mengandung Oksalat. Biasanya ada dimakan manis seperti ubi, bayam, bit, coklat, dan teh.

4. Minuman Soda

Selain pantangan dari makanan, minuman juga ada yang perlu dipantang oleh penderita batu ginjal, khususnya minuman bersoda. Apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan sangat berbahaya bagi penderitanya.

Karena biasanya minuman bersoda mengandung fosfat yang dapat membentuk batu ginjal.

5. Tambahan Gula Berlebih 

Penambahan gula pada makanan atau minuman juga sangat tidak dianjurkan bagi penderita batu ginjal,  sebab menambahkan gula tambahan seperti sirup kedalam makanan atau minuman,  dapat meningkatkan resiko batu ginjal dan tekanan darah tinggi.

Jadi perhatian kembali takaran gula dalam setiap makanan atau minumanmu.

Itulah beberapa pantangan yang perlu dihindari bagi penderita batu ginjal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya.

Pola Makan Yang Baik untuk Penderita Batu Ginjal 

Siapa yang tak ingin memiliki ginjal sehat, tentu semua orang ingin mempunyai ginjal yang sehat.

Untuk itu, kita harus disiplin dalam mengatur pola makan yang benar dan tentunya menghindari makanan atau minuman yang menjadi pantangannya.

Bagi penderita batu ginjal kronis sebaiknya konsultasikan perihal ini kepada dokter, dokter biasanya akan membantu dengan memberikan resep obat tertentu.

Berikut beberapa cara pola makan yang benar, yang  biasanya direkomendasikan dokter kepada pasien penderita penyakit batu ginjal, yaitu :

1. Banyak minum air putih

Biasanya dokter akan menganjurkan lebih banyak minum air putih. Ini merupakan hal umum yang dibutuhkan tubuh kita adalah air. Dalam kondisi tubuh normal, kita tetap dianjurkan meminum air putih setidaknya 8 gelas sehari.

Bagi penderita batu ginjal, lebih banyak minum air putih juga dapat membantu membersihkan batu ginjal yang mengendap didalam tubuh secara bertahap. Minum minimal dua belas belas tiap harinya.

2. Konsumsi Buah Jeruk

Sebenarnya buah apa saja juga baik untuk tubuh, namun jeruk lebih bagus untuk penderita batu ginjal, sebab banyak mengandung vitamin C dan mudah didapat.

3. Makanan Tinggi Kalsium

Usahakan mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium seperti susu rendah gula atau yogurt.

4. Kurangi Protein Hewani 

Protein juga penting bagi tubuh kita, namun bagi penderita batu ginjal, mengkonsumsi protein hewani harus dibatasi, dan dapat menggantinya dengan protein nabati, seperti susu rendah lemak, susu kedelai, tahu, tempe, dan lain sebagainya.

5. Batasi Asupan Garam Berlebih

Selain itu, batasi juga asupan garam, gula, dan berbagai macam produk instan yang mengandung fruktosa tinggi.

6. Hindari Alkohol 

Terakhir, hindarilah minuman beralkohol. Karena seperti halnya minuman bersoda, minuman alkohol juga sangat berbahaya bagi penderita batu ginjal, bahkan dapat meningkatkan resiko batu ginjal itu sendiri dan membuat dehidrasi.

Itulah rangkuman pola makan yang baik dan benar untuk penderita batu ginjal, baik yang ringan maupun yang kronis.

Perlu dipahami juga, setiap orang memiliki aktivitas yang berbeda, serta kondisi kesehatan yang berbeda, maka terkadang pola makan setiap orang juga berbeda-beda.

Kaitan Diabetes dengan Ginjal

Setelah membahas penyakit batu ginjal, penyakit diabetes juga berkaitan dengan masalah organ ginjal ini.

Diabetes sering kali disebut banyak orang dengan sebutan atau penyakit gula. Lalu apa kaitannya diabetes dengan ginjal?

Diabetes melitus tercatat menjadi salah satu sumber penyebab terjadinya gagal ginjal. Diabetes melitus merupakan kondisi kadar gula dalam darah yang tinggi. Kadar gula darah yang tinggi ini, jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, akan dapat merusak semua jaringan-jaringan kecil yang ada di organ ginjal. Sehingga fungsi ginjal pun menjadi terganggu.

Karena fungsi ginjal itu sendiri adalah sebagai organ untuk menyaring berbagai macam racun yang ada ditubuh manusia, untuk dapat dikeluarkan tubuh melalui keringat maupun urine. Namun apabila kandungan gula dalam darah kita tinggi, hal ini membuat kerja ginjal menjadi lebih berat, dan beresiko mengalami gagal ginjal.

Jadi, apabila ginjal kita rusak atau fungsinya terganggu, secara otomatis semua organ tubuh kita yang lain pun akan mengalami penurunan fungsi. Semakin lama akan menimbulkan berbagai komplikasi penyakit, dan tentunya berbahaya bagi kesehatan kita, hingga menyebabkan kematian.

Demikianlah penjelasan mengenai kaitan antara diabetes dengan ginjal kita. Untuk informasi tentang diabetes dan ginjal, kamu bisa baca selengkapnya di buku Dari Diabetes Menuju Ginjal  

 

Demikian pembahasan tentang makanan penghancur batu ginjal. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kita semua dalam menjaga kesehatan ginjal kita ya.

Mari sayangi ginjal kita dengan pola hidup sehat, konsumsi makanan yang bergizi serta rutin berolahraga!

Jika ingin mencari buku tentang kesehatan ginjal, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Veronika Novi

Sumber :

  • https://www.orami.co.id/magazine/makanan-penghancur-batu-ginjal
  • https://lifepal.co.id/media/makanan-penghancur-batu-ginjal/
  • https://www.google.com/amp/s/www.jd.id/news/insight/kesehatan/5-makanan-penghancur-batu-ginjal-yang-ampuh-dan-mudah-dibuat/amp/
  • https://www.halodoc.com/artikel/5-pantangan-batu-ginjal-yang-perlu-dihindari


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy