in

20 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan, Yuk Simak!

Manfaat Teh Hijau – Teh hijau atau dalam padanan bahasa Inggris disebut green tea semakin digemari beberapa tahun belakangan. Pamor teh hijau kian meningkat diiringi dengan banyaknya makanan dan minuman kekinian yang menggunakan bahan dasar teh hijau sebagai campurannya.

Tahukah kamu jika manfaat teh hijau tak hanya baik untuk kesehatan? Teh hijau atau green tea ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan wajah, lho Grameds.

Teh hijau memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, mulai dari membantu membakar lemak, mencegah kanker, menurunkan kadar gula darah, hingga mencegah penyakit jantung. Kemudian teh hijau mengandung kafein yang dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.

Setelah ditelusuri, ternyata khasiat dari teh hijau sudah dikenal sejak tahun 2.737 SM. Tak heran jika teh yang satu ini diyakini begitu berkhasiat untuk tubuh.

Sebelum mengetahui manfaat dari teh hijau, Grameds perlu mengetahui kandungan di dalam teh ini. Teh hijau atau green tea ternyata memiliki beberapa nutrisi, seperti protein, energi, magnesium, kalium, katekin, dan kafein.

Selain itu, kandungan antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang dimiliki teh hijau dinilai sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan katekin yang dimiliki teh hijau memiliki sifat antioksidan untuk melindungi tubuh dari berbagai gangguan medis.

Dilansir dari laman hellosehat.com dikatakan bahwa dalam 100 gram teh hijau atau green tea mengantongi berbagai nutrisi, seperti lemak, karbohidrat, protein, serat, fosfor, kalium, natrium, kalium, tembaga, zinc, beta karoten, vitamin B kompleks, dan vitamin C. Berbagai kandungan yang telah disebutkan membuat teh hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Teh hijau atau green tea diyakini memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan dan meningkatkan kecantikan wajah. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak penjelasan berikut ini sampai tuntas, ya.

Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan dan Kecantikan

1. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Khasiat dari teh hijau atau green tea telah dikenal sejak lama. Namun, popularitasnya baru meningkat beberapa tahun belakangan.

Tingginya kolestrol jahat di dalam tubuh dapat menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Teh hijau diyakini dapat menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh sehingga risiko penyakit jantung berkurang.

Grameds bisa mengurangi penurunan risiko serangan jantung dan kadar kolestrol dengan meminum teh hijau 1-3 cangkir sehari. Manfaat yang satu ini memiliki efek kesehatan dengan bukti terkuat.

2. Mencegah Kanker

Kanker menjadi salah satu penyebab utama kematian di dunia karena pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Kanker menjadi penyakit kronis yang memperlihatkan kerusakan oksidatif pada perdangan kronis.

Selain mencegah risiko penyakit jantung, teh hijau juga dipercaya dapat mencegah penyakit kanker. Teh hijau memiliki senyawa aktif polifenol yang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

3. Menjaga Tekanan Darah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, teh hijau memiliki kandungan polifenol yang mampu menurunkan tekanan darah. Kemudian teh hijau juga bermanfaat untuk membuat otot pada pembuluh darah menjadi rileks.

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

4. Mencegah Risiko Diabetes

Selanjutnya, manfaat dari teh hijau ialah mencegah risiko diabetes. Penasaran mengapa hal itu bisa terjadi? Teh hijau atau green tea diyakini mampu mengurangi kadar glukosa dalam darah dan meningkatkan kerja insulin. Kadar gula yang terkontrol akan membantu kamu mengurangi risiko penyakit diabetes.

5. Meningkatkan Kesuburan

Teh hijau memiliki kandungan nutrisi yang dapat meningkatkan kesuburan, lho Grameds. Manfaat teh hijau bagi kaum hawa ternyata didukung oleh kandungan polifenol yang dapat mengurangi stres oksidatif.

Tingkat stres terlalu tinggi menjadi salah satu hal yang berpengaruh terhadap kesuburan. Selain itu, senyawa polifenol dalam kandungan teh hijau juga turut membantu pelepasan sel telur.

Dengan mengonsumsi teh hijau, peluang kamu untuk mendapatkan kehamilan menjadi lebih tinggi. Tak hanya berlaku untuk kaum hawa, senyawa polifenol dalam teh hijau juga dapat meningkatkan kesuburan bagi kaum adam.

Kandungan polifenol teh hijau dapat membantu meningkatkan pergerakan sperma menjadi lebih optimal. Proses pembuahan akan lebih mudah terjadi dengan mengonsumsi teh hijau atau green tea.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Teh hijau memiliki kandungan kafein yang dinilai mampu untuk menghambat adenosin. Apa itu adenosin? Adenosin merupakan senyawa yang dapat memberikan rasa kantuk.

Teh hijau dapat menjadi solusi bagi kamu yang merasa kurang fokus karena mengantuk. Selain meningkatkan fokus, teh hijau juga diyakini dapat meningkatkan daya ingat. Kombinasi kandungan asam amino dan kafein di dalam teh hijau dapat membantu kerja otak menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan kopi.

7. Menambah Energi

Sebagian besar orang mungkin mengetahui untuk meningkatkan energi hanya dapat diperoleh dari makanan sehat. Kenyataannya, kandungan yang terdapat di dalam teh hijau juga dapat meningkatkan energi. Itu semua terjadi karena teh hijau atau green tea memiliki kandungan kafein yang dapat mengubah asam lemak menjadi energi.

8. Mencegah Alzheimer dan Parkinson

Teh hijau ternyata memiliki manfaat untuk mencegah penyakit alzheimer dan parkinson. Penyakit yang menyebabkan gangguan pada fungsi otak disebut alzheimer.

Kondisi tersebut akan membuat penderitanya mengalami penurunan daya ingat beserta fungsi kognitif lainnya. Sementara itu, penyakit yang menyerang sistem saraf disebut parkinson.

Kondisi tersebut akan membuat penderita parkinson mengalami penurunan kemampuan gerak. Senyawa bioaktif dan katekin yang dimiliki teh hijau berperan penting untuk mengurangi risiko kedua penyakit di atas.

Namun, perlu diingat sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Mengonsumsi teh hijau secara berlebih juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Ada baiknya Grameds berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli sebelum memutuskannya.

9. Mencegah Infeksi

Selanjutnya, manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh ialah mencegah infeksi. Teh hijau atau green tea memiliki kandungan katekin yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari infeksi, baik oleh bakteri maupun virus.

10. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Teh hijau ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, yakni menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutan. Apa itu bakteri Streptococcus mutan? Bakteri tersebut adalah bakteri penyebab kerusakan gigi, seperti gigi berlubang.

Kondisi gigi berlubang dapat membuat tampilan gigi Grameds menjadi tidak cantik dan menimbulkan aroma mulut yang tidak sedap. Mengonsumsi teh hijau diyakini dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut.

tombol beli buku

11. Menjaga Kesehatan Tulang

Teh hijau atau green tea memiliki kandungan antioksidan yang turut menjaga kesehatan tulang dan membuatnya menjadi lebih kuat. Kemudian kandungan fenol yang terdapat di dalam teh hijau memiliki peran penting untuk menjaga kepadatan tulang.

banner-promo-gramedia

12. Mencegah Peradangan Otak

Peradangan otak dapat terjadi karena radikal bebas yang berasal dari asap rokok, polusi udara, dan sinar matahari. Teh hijau memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat mencegah terjadinya peradangan pada otak.

13. Memperbaiki Mood

Suasana hati atau mood menjadi bagian penting dari kesehatan yang harus diperhatikan. Stres dan rasa lelah kerap menjadi penyebab perubahan mood seseorang.

Kandungan epigallocatechin gallate, kafein, dan l-theanine di dalam teh hijau dipercaya dapat membuat mood menjadi lebih baik. Selain itu, senyawa aktif yang dimiliki teh hijau juga mampu untuk mengurangi rasa tegang dan cemas penyebab stres berlebih.

14. Mengatasi Insomnia

Insomnia atau gangguan tidur kerap menimbulkan masalah bagi kesehatan tubuh. Kemudian gangguan tidur juga dapat membuatmu kehilangan fokus sehingga aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Meminum teh hijau di malam hari diyakini dapat mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Tak hanya itu saja, teh hijau juga dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Teh hijau yang memiliki kandungan l-theanine dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Teh hijau juga memiliki kandungan kafein kadar rendah sehingga efek yang ditimbulkan tidak sebesar kopi.

15. Mengobati Sindrom Metabolik

Teh hijau kerap dimanfaatkan untuk diet maupun penurunan berat badan secara alami. Gangguan kesehatan yang disebabkan penumpukan lemak pada perut disebut sindrom metabolik. Salah satu gejala sindrom metabolik ialah perut buncit.

Selain menjaga pola hidup sehat, Grameds juga bisa mengonsumsi minuman herbal seperti teh hijau untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. Teh hijau memiliki kandungan epigallocatechin gallate atau kerap disingkat EGCG yang diyakini dapat mengurangi risiko sindrom metabolik dan meningkatkan metabolisme tubuh.

16. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, meningkatkan metabolisme tubuh menjadi salah satu manfaat dari teh hijau atau green tea. Dengan memiliki metabolisme tubuh yang bagus, Grameds bisa memegang kunci utama agar berat badan bisa segera turun.

Tentunya metabolisme tubuh akan membantu mengubah lemak menjadi energi. Grameds bisa rutin berolahraga dan menjaga pola makan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Dalam meningkatkan metabolisme tubuh, teh hijau atau green tea dapat menjadi salah satu solusi bahan alami yang digunakan. Teh hijau memiliki kandungan katekin dan kafein yang berperan penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Sebuah penelitian telah menyebutkan bahwa ekstrak teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 3-4%.

tombol beli buku

17. Mempercepat Pembakaran Lemak

Jika Grameds pernah melihat komposisi bahan suplemen pembakar lemak, teh hijau kemungkinan besar menjadi salah satu bahannya. Mengonsumsi teh hijau atau green tea sebelum melakukan olahraga dipercaya dapat meningkatkan pembakaran lemak tubuh dan laju metabolisme tubuh. Kandungan epigallocatechin gallate atau EGCG pada teh hijau dapat mempercepat pembakaran lemak di dalam tubuh seseorang.

18. Mengatasi Masalah Jerawat

banner-promo-gramedia

Salah satu bahan favorit yang digunakan dalam produk kecantikan ialah teh hijau atau green tea. Teh hijau memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan wajah. Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) pada teh hijau bermanfaat sebagai antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi.

Kandungan tersebut dapat membantu Grameds mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit untuk menghentikan kemunculan jerawat membandel. Kemudian kandungan polifenol dalam teh hijau atau green tea dapat mengurangi produksi sebum pada kelenjar minyak yang memicu terjadinya jerawat.

19. Mencegah Penuaan Dini

Teh hijau atau green tea dipercaya dapat mencegah penuaan dini, lho Grameds. Mengaplikasikan teh hijau ke kulit dan meminumnya sudah terbukti ampuh untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Teh hijau memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, zat protein di dalam teh hijau juga turut berperan aktif untuk menjaga kelenturan kulit. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit wajah kamu. Produk kosmetik dengan ekstrak teh hijau dipercaya dapat membantu melembapkan dan menenangkan kulit.

20. Menyejukkan Kulit

Grameds dapat memetik manfaat teh hijau atau green tea sebagai pendingin alami kulit. Penasaran bagaimana caranya? Grameds hanya perlu mendinginkan kantong teh hijau di kulkas dalam beberapa menit dan kompres kantong teh hijau ke area kulit.

Hal tersebut juga dapat meredakan kemerahan dan rasa sakit pada kulit yang terbakar sinar matahari. Mengapa teh hijau dapat memberikan efek yang menyejukkan kulit? Teh hijau memiliki sifat antiradang yang dapat menghasilkan efek dingin pada kulit dan mencegah kerusakan sel akibat paparan sinar matahari.

Baca juga:

Itulah beragam khasiat teh hijau, baik untuk kesehatan dan kecantikan. Manfaat di atas bisa Grameds dapatkan secara optimal dengan menggunakan teh hijau dalam batas wajar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Grameds yang membacanya, ya!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila