in

20 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Wajah

Manfaat Worter bagi Kesehatan – Kalau berbicara tentang wortel, mungkin yang terlintas dalam pikiran Grameds ialah jenis sayuran yang baik untuk kesehatan mata. Jenis sayuran yang satu ini memang mengandung banyak nutrisi dan vitamin.

Karena mudah didapatkan dan harganya juga relatif murah, wortel menjadi salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi. Ada begitu banyak kandungan di dalam wortel yang aman dikonsumsi segala usia.

Tak hanya baik untuk kesehatan mata, manfaat wortel jauh lebih luas dari itu, lho Grameds! Wortel sebagai salah satu sayuran yang mudah diolah menjadi berbagai macam makanan memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan yang mungkin belum diketaui.

Sayuran wortel memiliki manfaat lainnya karena bisa diolah menjadi beragam makanan yang lezat. Wortel kerap dikonsumsi dengan dimakan mentah, dikukus sebentar, dan dijadikan jus. Kemudian wortel juga bisa dijadikan olahan sayuran sop hingga menjadi kue bolu wortel.

Wortel dengan warna khas oranye ini memiliki tekstur renyah dan gurih. Selain itu, wortel merupakan sayuran yang kaya akan serat, vitamin, antioksidan, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain baik untuk kesehatan tubuh, wortel juga bermanfaat untuk kecantikan wajah. Sayuran wortel dengan segudang manfaat di dalamnya sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.

Wortel yang memiliki nama latin Daucus carota L tergolong ke dalam jenis tanaman sayuran umbi semusim. Mengapa wortel masuk ke dalam tanaman semusim? Karena wortel merupakan tanaman yang hanya berproduksi satu kali dan kemudian mati.

Tanaman semusim ini memiliki umur yang cukup pendek, yakni berkisar antara 70-120 hari tergantung pada varietasnya. Sayuran ini tumbuh tegak dengan ketinggian sekitar 30-100 cm dan berbentuk semak atau perdu.

Sayuran dengan nama latin Daucus carota ini berasal dari wilayah beriklim sedang, yakni Asia Tengah dan Asia Timur. Di Indonesia sendiri, pada mulanya budi daya wortel hanya terkonsentrasi di daerah Lembang dan Cipanas.

Namun, seiring berjalannya waktu budi daya wortel turut berkembang dan menyebar luas ke daerah sentra sayuran di Jawa dan luar Jawa. Setelah ditelusuri, ternyata sayuran wortel spesies Daucus carota berkerabat dekat dengan sayuran seledri, parsley, adas, dan sebagainya.

Varietas wortel berkembang mengikuti peradaban manusia dan teknologi. Varietas-varietas baru yang ditemukan memiliki keunggulan daripada generasi sebelumnya. Berdasarkan bentuk umbi, varietas wortel terbagi menjadi tiga kelompok, yakni tipe chantenay, imperator, dan nantes.

Ilustrasi Perbedaan Varietas Wortel (sumber: eprints.umm.ac.id)

Pada tipe chantenay, umbi wortel akan berbentuk bulat panjang dengan bagian ujung yang cenderung tumpul. Umbi tipe ini biasanya memiliki panjang sekitar 15-20 cm dengan rasa yang manis.

Kemudian pada tipe imperator, umbi wortel akan berbentuk bulat panjang dengan bagian ujung yang runcing menyerupai kerucut. Umbi tipe imperator biasanya memiliki panjang sekitar 20-30 cm dengan rasa yang kurang manis.

banner-promo-gramedia

Sementara itu, pada tipe nantes biasanya umbi akan berbentuk peralihan antara tipe chantenay dan tipe imperator dengan bentuk bulat pendek. Umbi tipe nantes biasanya memiliki panjang sekitar 10-15 cm.

Dari ketiga tipe wortel berdasarkan bentuk umbi, varietas chantenay paling banyak dikembangkan karena memberikan hasil atau produksi yang baik. Wortel sebagai bahan pangan mengandung nilai gizi yang cukup tinggi.

Sebelum mengetahui manfaat wortel bagi kesehatan tubuh dan kecantikan wajah, Grameds perlu mempelajari kandungan wortel. Kandungan zat gizi yang ada pada wortel, yakni protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, sodium, serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, dan niacin. Berikut ini Gramedia.com telah merangkum manfaat wortel untuk kesehatan tubuh, simak yuk!

Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Wajah

1. Meningkatkan Metabolisme

Membantu meningkatkan metabolisme manjadi manfaat wortel untuk kesehatan yang pertama. Mengonsumsi wortel yang diolah menjadi jus dapat membantu meningkatkan metabolisme dan level energi.

Mengapa? Karena sayuran wortel memiliki kandungan vitamin B yang dapat memecah lemak, glukosa, dan protein. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat memastikan energi dipakai secara efisien oleh tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Wortel sebagai tanaman semusim mengandung banyak kalsium, fosfor, vitamin A, dan beta karoten. Melalui kandungan tersebut, Grameds bisa mengambil manfaat wortel untuk menjaga kesehatan jantung.

Zat tersebut dinilai mampu untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung dan kanker. Selain itu, kandungan zat gizi yang ada di dalam wortel juga mampu menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan.

3. Menyembuhkan Luka

Kandungan beta karoten yang tinggi di dalam wortel mampu mengubah retinol sebagai salah satu bentuk vitamin A paling murni. Wortel memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk membantu menyembuhkan luka.

Mengapa begitu? Karena vitamin A yang terkandung di dalam sayuran wortel dipercaya mampu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Grameds dianjurkan menggunakan jus wortel sebagai masker untuk merasakan manfaatnya.

4. Menurunkan Kolestrol

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi wortel secara rutin dapat membantu menurunkan risiko kolestrol tinggi. Wortel dengan warna khas oranye merupakan salah satu sayuran yang tinggi akan serat, rendah lemak, dan rendah kalori.

Kandungan serat yang tinggi pada wortel dipercaya dapat membantu menurunkan kolestrol. Dengan serat tersebut, wortel menjadi sayuran yang bersifat menghambat lemak dan menurunkan kolestrol dalam darah.

5. Melawan Efek Buruk Radikal Bebas

Meski tergolong tanaman semusim yang memiliki umur pendek, wortel merupakan salah satu sayuran yang tinggi akan antioksidan. Sayuran wortel yang tumbuh tegak ini mengandung antioksidan sebagai zat untuk melawan radikal bebas perusak tubuh dari dalam.

tombol beli buku

6. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan dengan kandungan beta karoten tinggi setiap hari dapat mengurangi risiko kanker payudara. Wortel merupakan salah satu sayuran dengan kandungan antioksidan dan beta karoten tinggi yang dapat menurunkan risiko kanker.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh ialah meningkatkan daya tahan tubuh. Grameds bisa mengombinasikan wortel dengan ketumbar sebagai olahan sup untuk memetik manfaat yang ampuh bagi kesehatan.

Perpaduan sup wortel dengan ketumbar dipercaya dapat mempertahankan kekebalan tubuh. Dengan begitu, Grameds dapat menjauhkan diri dari infeksi yang disebabkan oleh virus.

8. Bersifat Antiradang

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam sayuran wortel dapat bermanfaat sebagai antiradang. Ekstrak dari sayuran wortel dipercaya mampu mencegah tubuh dari peradangan. Efek antiradang yang diberikan wortel hampir setara dengan obat-obatan, seperti ibuprofen, celecoxib, naproxen, dan aspirin.

9. Menjaga Kesehatan Otak

Wortel dengan nama latin Daucus carota memiliki manfaat untuk membantu menjaga kesehatan otak, lho Grameds. Wortel sebagai asupan tinggi sayuran umbi akar dapat memperbaiki kemampuan berpikir dan daya ingat seseorang.

banner-promo-gramedia

10. Menjaga Kesehatan Mulut

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, sayuran wortel juga dapat berguna menjaga kesehatan mulut. Grameds bisa mengonsumsi sayuran wortel setelah makan untuk mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang. Mengapa? Dengan mengonsumsi wortel kamu akan membantu meningkatkan produksi air liur yang dapat membersihkan gigi.

11. Mengatasi Kulit Berminyak

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, wortel memiliki kandungan yang dapat membantu proses perawatan wajah. Dalam menjaga kecantikan wajah, wortel bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak.

Masalah kulit berminyak kerap berhubungan dengan pori-pori kulit. Sayuran wortel dapat membuat kulitmu menjadi lebih bersih dan lembut secara alami. Selain itu, wortel juga dapat mengontrol kadar minyak pada kulit untuk mengurangi timbulnya jerawat.

tombol beli buku

12. Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari

Mengatasi kulit terbakar akibat paparan sinar matahari menjadi manfaat wortel untuk kecantikan wajah. Grameds bisa memakai masker wortel secara rutin untuk membuat kulit yang terlihat kusam menjadi lebih sehat. Selain itu, wortel sebagai tanaman semusim dapat mengangkat sel kulit mati untuk membuat kulitmu menjadi lebih cerah.

13. Membuat Kulit Lebih Bersinar

Kandungan vitamin C yang ada pada wortel dapat membuat kulit menjadi lebih bersinar atau glowing. Mengonsumsi wortel secara rutin setiap hari sangat dianjurkan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan lembut. Lakukan kebiasaan tersebut secara rutin untuk melihat sendiri hasilnya.

14. Mengencangkan Kulit

Sayuran wortel memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Peningkatan produksi kolagen yang terjadi dapat membantu memelihara kekencangan dan kekenyalan kulit.

Grameds disarankan untuk menggunakan cara sederhana, seperti memakai masker wajah yang terbuat dari wortel dan meminum jus wortel. Lakukan cara tersebut secara teratur untuk meningkatkan kolagen di dalam tubuh.

15. Membantu Mencegah Penuaan Dini

Wortel memiliki sumber antioksidan dalam kandungan beta karoten yang berfungsi untuk membantu memperlambat penuaan sel kulit. Kandungan tersebut dipercaya dapat membuat kulit tidak mudah mengalami keriput. Salah satu penyebab keriput di usia muda ialah paparan sinar matahari yang terlalu sering.

Grameds disarankan untuk rajin mengonsumsi jus wortel atau menggunakan masker wajah berbahan wortel sebagai salah satu cara mengatasi keriput pada wajah secara alami. Selain itu, rutin mengonsumsi wortel dan menggunakan masker berbahan wortel dapat mencegah penuaan dini pada wajah.

16. Menstimulasi Produksi Kolagen

Produksi kolagen dalam tubuh akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Zat yang membuat kulit elastis, kencang, dan sehat ialah kolagen. Maka dari itu, Grameds dinilai perlu mengonsumsi makanan yang membantu menambah produksi kolagen.

Wortel merupakan salah satu sayuran yang dapat membantu menambah produksi kolagen. Sayuran wortel memiliki kandungan vitamin C tinggi yang berguna untuk menstimulasi produksi kolagen dalam kulit dan menjaga elastisitas kulit.

17. Mengatasi Kulit Kering

Masker wortel dan mentimun dipercaya dapat membantu mengatasi masalah kulit kering. Kemudian kandungan gizi yang ada di dalam wortel juga dapat menjadi masker untuk anti penuaan.

banner-promo-gramedia

Penasaran bagaimana caranya? Grameds hanya perlu menyiapkan wortel, mentimun, dan sour cream. Lalu campurkan 2 sendok wortel, 1 sendok mentimun yang sudah dihaluskan, dan 1 sendok sour cream.

Campurkan semua bahan dan aduk hingga merata. Kemudian aplikasikan campuran tersebut pada seluruh wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, cuci wajah dengan air hangat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Campuran masker tersebut dinilai ampuh untuk membuat kulit halus dan lembap sehingga terhindar dari kekeringan. Nah Grameds, itulah manfaat sayuran wortel untuk mengatasi masalah kulit kering.

tombol beli buku

18. Melembapkan Wajah

Apakah Grameds memiliki masalah kulit wajah yang kering dan kerap mengalami iritasi? Kini kamu tidak perlu khawatir. Grameds bisa memanfaatkan sayuran wortel untuk melembapkan wajah secara alami.

Wortel memiliki kandungan kalium yang dipercaya mampu mencerahkan kulit dan melembapkan wajah. Kamu hanya perlu meminum jus wortel setiap hari secara rutin untuk menuai manfaat wortel sebagai pelembap wajah.

19. Relaksasi Kulit

Wortel dapat menjadi salah satu solusi untuk kulit yang lelah akibat polusi, debu, dan stres. Grameds hanya perlu menghaluskan wortel hingga berbentuk pasta dan campurkannya dengan sedikit air mawar. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot dan gunakan ketika wajah kamu merasa lelah.

20. Menyamarkan Flek Hitam

Menggunakan masker wortel secara rutin dinilai mampu menyamarkan flek hitam, lho Grameds. Kamu hanya perlu membuat campuran jus wortel, olive oil, dan madu yang diaplikasi pada seluruh wajah secara merata. Setelah itu diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Nah Grameds, itulah uraian mengenai manfaat wortel untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah. Wortel sebagai tanaman musiman dipercaya memiliki banyak kandungan yang baik dikonsumsi untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi harian.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila