in

Review Novel Young Adult: Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan Karya Iwok Abqary

Rating: 3.09

Grameds, kamu salah satu penggemar novel Young Adult? Novel-novel yang masuk kategori Young Adult sudah terkenal selalu saja bisa menghibur pembaca di waktu luangnya dengan cerita yang ringan dan menarik. Tak terkecuali, novel Young Adult: Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan karya Iwok Abqary ini.

Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan

button cek gramedia com

Novel dengan total 152 halaman yang diterbitkan Penerbit Gramedia Pustaka Utama pada 26 September 2023 ini berpusat pada sosok Jodi. Usai menerima kabar kelulusan dari kepala sekolahnya, Jodi malah merasa bingung. Sebab, Emak memberi kado dari almarhum Bapak yang isinya… jeng jeng jeng, SETRIKA JADUL! Iya, setrika besi yang harus diisi arang dan punya bandulan bentuk ayam jago di bagian depannya. Kira-kira, apa ya maksud Bapak mewariskan barang ini ke Jodi?

Jodi mikir keras. Enaknya dipakai untuk apa ya si Jago ini? Dijadikan celengan? Dibuat gantungan kunci? Oh, Jodi tau! Buat MENYETRIKA! Hahaha. Jodi pun memutuskan untuk buka usaha jasa cuci dan setrika baju rumahan. Terus, kenapa ada kantong kresek berisi baju kotor dan pesan untuk anterin baju yang sudah bersih dan rapi ke bawah pohon di kuburan? Yuk intip lebih banyak tentang cerita ini dengan membaca artikel ini hingga selesai!

Profil Iwok Abqary – Penulis Novel Young Adult: Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan

Ridwan Abqary atau yang akrab disapa Iwok Abqary adalah sosok pria yang jarang ngomong alias pendiam. Kalau Grameds pikir penulis ini aslinya ngocol seperti isi novel-novel yang ditulisnya, berarti kamu sudah salah besar. Tetot! Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan menjadi novel ke-8 yang diterbitkannya bersama Gramedia Pustaka Utama.

Karya-karya sebelumnya yang sudah berhasil diterbitkan, yaitu Ganteng is Dumb (2008), Dog’s Love (2011), Laguna (2013), Dandelion (2014), Duo Tulalit (2018), Duo Tulalit Jalan-Jalan Nyasar (2018), dan Pengabdi Cilok (ditulis bersama Irvan Aqila, 2018). Saat ini, Iwok menetap di Tasikmalaya bersama istri dan kedua putrinya, serta puluhan kucing yang dipungutnya dari jalanan. Jika Grameds mau kenal Kang Iwok lebih dekat, langsung saja ikuti akun Instagram-nya dengan nama pengguna @iwokabqary.

Sinopsis Novel Young Adult: Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan

Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan

button cek gramedia com

Ini adalah kisah Jojo Dimyati atau yang akrab dipanggil Jodi, lelaki keturunan Betawi lulusan SMK yang mendapatkan warisan dari almarhum ayahnya berupa setrika jadul. Betul, setrika yang masih harus diisi pakai arang. Jodi tentunya bingung, kenapa sang ayah mewariskan setrika, bukannya sepeda motor saja supaya dia bisa ngojek. Bisa dibuat apa setrika jadul? Warga kampungnya saja tidak pernah ada yang menyetrika baju. Gal mungkin kan setrika itu dipakai untuk macul di sawah?

Akhirnya, Jodi pun mendirikan bisnis cuci dan setrika yang diberi nama “Si Jago”. Ia membangun usaha ini dibantu oleh Beno, sahabatnya yang keling. Tadinya, usaha itu diberi nama “Iron Man”, tapi jadi rancu ya, masa mau setrika aja harus pakai kostum besi kaya Iron Man? Hehe. Jadi, tercetuslah nama “Si Jago”, dengan slogan “Pahlawan Pembela Penampilan”. Keren, kan?

Sayangnya, usahanya itu tidak berjalan mulus. Tidak ada satu pun pelanggan. Padahal, Jodi dan Beno sudah melakukan promosi dengan bagi-bagi flyer di kampungnya. Jodi pun menjadi putus asa. Ia akhirnya memutuskan menutup bisnis itu. Di satu sisi, Jodi juga bingung akan apa yang harus ia lakukan selanjutnya? Menganggur itu gak enak. Jodi akhirnya memutuskan untuk melamar kerja ke beberapa perusahaan dan hotel. Sayangnya, lamarannya ditolak di semua tempat. Kasian banget ya Jodi?

Saat Jodi pulang dari melamar pekerjaan, ia mendengar kalo Beno ikut dan berpidato di arisan PKK di rumah Bu RT. Lah, kok Beno malah promosi bisnis Si Jago depan ibu-ibu kampung? Lho, Beno ngapain sih harus promosi segala, kan bisnisnya aja sudah tutup? Dia pun galau menentukan langkah selanjutnya. Lanjut bisnis aja atau cari pekerjaan baru secara door to door?

Tiba-tiba, terjadi sesuatu yang aneh kepada mereka. Jodi dan Beno kedatangan pelanggan misterius. Sosok itu mau bajunya dicuci dan dikasih pewangi bunga kamboja. Hasil cuciannya juga nanti diantar ke area pemakaman. Hiii, siapa ya pelanggan setia Si Jago? Hantu kali ya?

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

Kelebihan dan Kekurangan Novel Young Adult: Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan

Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan

button cek gramedia com

Pros & Cons

Pros
  • Ide cerita yang unik.
  • Dipenuhi dengan komedi yang segar.
  • Cerita sangat ringan dan mudah dipahami.
  • Bacaan yang simpel dan menyenangkan.
Cons
  • Tidak memiliki makna yang mendalam di balik cerita.
  • Komedi yang ditampilkan kurang sesuai dengan selera humor beberapa pembaca.

Kelebihan Novel Young Adult: Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan

Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan

button cek gramedia com

Novel Young Adult: Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan ini menyimpan banyak kelebihan dan keunikan. Keunikannya, dari premis ceritanya sendiri menawarkan ide yang baru, di mana dari sebuah setrikaan jadul bisa jadi sebuah novel. Kreatif sekali ya Kang Iwok ini.

Keseluruhan novel ini dipenuhi dengan komedi pada setiap narasinya. Kalau Grameds mengharapkan ada keseriusan di dalamnya, sebaiknya hilangkan harapan itu ya. Akan ada sih bagian yang biasa-biasa saja, tapi hanya sedikit, nanti pasti akan balik lagi jadi komedi. Tentunya, banyaknya humor ini menghadirkan kesegaran bagi pembaca.

Cerita ini sangat sederhana, jadi mempermudah pembaca untuk memahaminya. Malah, bisa dikatakan tidak perlu berpikir untuk membacanya, karena cerita sangat mengalir. Pembaca mungkin akan merasa kaget ketika tiba-tiba sudah sampai ke akhir cerita saja, alias tidak berasa membacanya.

Secara keseluruhan, novel Young Adult: Si Jago Pembela Penampilan adalah bacaan yang sangat simpel dan menyenangkan. Novel ini sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin mencari hiburan di kala mumet dengan kesibukan. Buku ini pasti bisa menghibur kamu!

Kekurangan Novel Young Adult: Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan

Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan

button cek gramedia com

Walaupun novel Young Adult: Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan ini menawarkan banyak kelebihan dan keunikan, ternyata novel ini juga masih memiliki kekurangan. Beberapa pembaca merasa bahwa cerita ini terlalu sederhana dan murni komedi saja. Hal ini kurang sesuai dengan ekspektasi pembaca yang mengharapkan ada makna yang mendalam di balik cerita ini.

Selain itu, oleh karena selera humor setiap orang berbeda, beberapa lelucon yang ditampilkan dalam novel ini dinilai tidak lucu oleh sejumlah pembaca. Namun, kekurangan-kekurangan ini bersifat subjektif ya, Grameds. Novel best seller ini sudah berhasil mengocok perut banyak pembaca juga, kok!

Meskipun begitu, beberapa aspek novel Young Adult: Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan masih dapat diperbaiki. Misalnya, dengan menambahkan sedikit kedalaman pada karakter dan plot, novel ini bisa lebih memuaskan bagi pembaca yang mencari makna lebih dalam di balik cerita. Penulis mungkin juga bisa mengeksplorasi tema-tema yang lebih beragam dan relevan dengan kehidupan remaja saat ini, sehingga novel ini bisa menjadi bacaan yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberi inspirasi dan pemahaman baru bagi para pembacanya.

Grameds, itu dia artikel ulasan novel Young Adult: Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan. Gimana Grameds, kocak banget ya cerita yang satu ini. Bisa-bisanya warisan dari orang tua adalah sebuah setrika jadul. Yuk langsung saja saksikan keseruan cerita Jodi dengan mendapatkan novel ini hanya di Gramedia.com!

Selain novel Young Adult: Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan, Gramin juga sudah menyiapkan rekomendasi beberapa novel Young Adults yang ada di Gramedia.com di bawah ini. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu siap memberikan informasi terlengkap dan terbaik untuk kamu. Selamat membaca!

Penulis: Gabriel

 

Rekomendasi Buku

Young Adult: Seira & Tongkat Lumimuut Karya Anastasye Natanel

Young Adult: Seira & Tongkat Lumimuut

button cek gramedia com

Siapa yang tidak mengenal Malin Kundang dari Sumatera Barat? Sangkurian dan Tangkuban Perahu di Jawa Barat? Atau legenda terbentuknya Danau Toba di Sumatera Utara? Cerita itu sudah lazim didengar. Tapi berapa banyak dari Anda yang tahu Siow Kurur, Toar, dan Lumimuut? Novel Young Adult: Seira & Tongkat Lumimuut ini akan membawa Anda pada kisah Siera. Lalu apa hubungannya dengannya cerita legenda tersebut?

Begitu sembuh dari sakitnya, Seira merasakan perubahan pada dirinya. Dia mendapati ada sesuatu yang lain dalam dirinya sejak bertemu perempuan aneh dalam mimpinya. Menjadi sehat secara mendadak dan kemunculan orang-orang asing di sekitarnya menjadi awal perubahan besar dalam hidupnya.

Pertama, dua anak kembar di kampusnya, Mikaela dan Manasye, yang tiba-tiba menjadi sahabatnya; Kedua, Siow Kurur, laki-laki tampan yang mengaku sebagai pelindungnya; ketiga, kumpulan orang yang mengenakan pakaian ala penari Kabasaran yang datang memburunya. Bukan hanya itu, Papa juga tampak bersikap aneh. Bahkan Giddy, teman kecil Seira yang ia kenal luar dalam, rupanya menyembunyikan rahasia besar darinya. Hidup Seira telah berubah, ia bukan lagi manusia biasa. Bagaimana kehidupan Seira selanjutnya?

Young Adult: Departure Karya Resti Dahlan

Young Adult: Departure

button cek gramedia com

Awalnya seperti terlihat sederhana, Kai membantu Gifty untuk mengumpulkan poin-poin demi syarat kelulusan, tapi permasalahannya Gifty sudah terlambat satu tahun untuk mengumpulkan poin-poin, jadi di tahun keduanya harus bekerja keras mengumpulkan poin-poin. Gifty sangat membenci Lei Han. Sejak menginjakkan kaki di Foshan, dia langsung menyusun rencana untuk menghancurkan hidup putra tunggal pemilik perusahaan software terbesar di Cina itu.

Gifty sudah menyiapkan perangkap dengan matang, meski harus mengorbankan hal penting di hidupnya. Lei Han selalu menjaga Gifty dari jauh. Melindungi gadis itu menjadi prioritasnya di sela-sela kegiatan kuliah dan bisnis yang baru dirintis. Akan tetapi, Gifty terlanjur berprasangka buruk terhadapnya.

Satu-satunya cara menepis kesalahpahaman itu dengan masuk ke perangkap Gifty. Secara tak terduga, Lei Han menawari Gifty menjadi asisten pribadi pemuda itu. Tentu saja gadis itu tak menolaknya karena dia bisa mengetahui kelemahan Lei Han dan langsung menghancurkan hidup pemuda itu.

Young Adult: A Untuk Amanda

Young Adult: A untuk Amanda

button cek gramedia com

Amanda punya satu masalah kecil: dia yakin bahwa dia tidak sepandai kesan yang ditampilkannya.

Dia meyakini rapornya selalu berisi nilai A hanya karena keberuntungan berpihak padanya. Tampaknya para guru hanya menanyakan pertanyaan yang kebetulan dia ketahui jawabannya. Namun, tidak mungkin ada orang yang bisa beruntung setiap saat, kan?

Orang lain mungkin berpikir itu bukan masalah besar. Apalagi mengingat hidupnya diisi dengan berbagai kesempurnaan. Namun, pada akhirnya dia harus mengikuti serangkaian perjanjian psikoterapi. Ketika pulang dengan resep antidepresan, Amanda tahu masalahnya lebih pelik daripada yang siap diakuinya.

Di tengah kerumitan dengan pacar, keluarga, dan sekolahnya, Amanda harus menerima bahwa dia tidak bisa mendapatkan nilai A untuk segalanya.

Sumber:

  • https://www.goodreads.com/book/show/202213762-si-jago
  • https://www.ruangaksaraku.com/2024/01/review-buku-si-jago-pahlawan-pembela-penampilan-iwok-abqary.html?m=1

Written by Gabriela

Hai, saya Gabriel. Saya mengenal dunia tulis menulis sejak kecil, dan saya tahu tidak akan pernah lepas dari itu. Sebab, segala informasi yang kita dapat setiap hari, salah satunya berbentuk tulisan. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya untuk bisa turut memberikan informasi melalui tulisan saya.

Membuat karya tulis akan selalu menyenangkan bagi saya, karena saya bisa terus belajar melalui kata-kata. Setiap kali menulis, saya akan terlebih dahulu membaca sumber untuk memperoleh informasi yang tepat. Keseluruhan proses merangkai kata tersebut adalah proses pembelajaran yang tak berkesudahan.

Saya suka menulis review buku, karena setiap buku menyajikan dunia yang baru dan memberikan banyak pengetahuan baru. Saya juga suka menulis tentang dunia kuliner dan trivia, karena ada banyak fakta unik, tips, dan juga trik yang bisa saya coba praktikkan.

Keahlian
Review buku
Kuliner
Trivia

Pendidikan
Universitas Multimedia Nusantara

Linkedin: Gabriela Estefania
Instagram: @gaby_tandean