in

Review Novel Hold On, It Hurts Karya Noveni Adelia

Hold On, It Hurts adalah sebuah novel yang ditulis oleh Noveni Adelia, seorang penulis asal Indonesia yang namanya populer di platform X. Kisah ini pun pada awalnya diunggah di akun X Adelia yang bernama @lalalafindyou. Kisah ini sangat digemari oleh netizen, dibuktikan dengan sudah diunggah ulang sebanyak 102 ribu kali dan mendapatkan 250 ribu likes. Selain di akun X, kisah ini sempat diunggah pada akun Wattpad Noveni Adelia yang bernama @la3xfindyou. Di Wattpad, kisah ini sudah dibaca lebih dari 5,7 ribu kali dan berhasil mendapatkan 611 votes.

Sepanjang hidupnya, Anindia memiliki ekspektasi besar tentang kehidupan pernikahan. Namun, Jeandra dan egonya yang besar menghancurkan angan-angan yang Anin miliki dalam sekejap mata. Jeandra memandang Anin seakan gadis itu dan semua tentang dirinya tak lebih dari pengacau.

Hold On, It Hurts

button cek gramedia com

Novel dengan 432 halaman yang diterbitkan oleh Penerbit Kawah Media pada 18 Februari 2023 ini akan menceritakan tentang perjalanan cinta Anin dan Jeandra. Kisah ini akan menyajikan konflik-konflik hubungan yang tidak didasari oleh rasa cinta. Apakah hubungan keduanya akan bertahan? Atau malah kandas di tengah jalan? Yuk kita sama-sama temukan jawabannya dalam novel ini. Grameds, baca ulasan buku ini sampai selesai, yuk!

Profil Noveni Adelia – Penulis Novel Hold On, It Hurts

Noveni Adelia atau yang akrab dipanggil Adel adalah wanita kelahiran Ogan lit, Sumatera Selatan, pada 23 November. Adel adalah mahasiswa S1 jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Sriwijaya.  Penulis yang satu ini aktif di media sosial, terutama pada platform X, dengan akun bernama @lalalafindyou. Akun X gadis yang akrab disapa Adel ini sudah verified dan memiliki 321,9 ribu pengikut (per Mei 2024). Adel aktif membagikan cerita-cerita karyanya dalam bentuk thread.

Selain itu, Noveni Adelia juga memiliki akun Wattpad bernama @la3xfindyou. Namun, Adel tidak terlalu aktif menulis di sana. Jadi, bagi Grameds yang ingin mengenal sosok Adel lebih dekat, bisa mengikuti akun media sosialnya, ya!

Sinopsis Novel Hold On, It Hurts

Hold On, It Hurts

button cek gramedia com

Pendahuluan Dari Anindia

Tanggal 15 Januari 2021 di Jakarta, ketika saya berusia sembilan tahun, konsep pernikahan yang ada di dalam benak saya hanyalah gambaran peristiwa yang indah. Saya membayangkan pangeran dan permaisuri yang hidup bahagia di istana, saling mencintai dan memiliki tujuan bersama. Awalnya saya yakin, pernikahan akan selalu dianggap sebagai anugerah yang tak tergantikan.

Namun, setelah bertahun-tahun berlalu, segala harapan indah yang saya bangun tentang pernikahan hancur berantakan oleh Laksamana Jeandra Galuhpati. Dia merusak semua mimpi indah tentang pernikahan saya. Lelaki itu membuat saya meragukan diri sendiri berulang kali, membuat saya terjatuh berkali-kali, dan membuat saya merasakan sakit yang dalam, hanya untuk akhirnya meninggalkan saya sendirian. Setelah sekian lama, pernikahan tidak lagi memiliki arti yang penting bagi saya. Ia bukan lagi sesuatu yang bisa saya pikirkan dengan sukacita, dan tidak lagi menjadi impian indah tentang saya dan pasangan saya. Kehadiran Laksamana Jeandra Galuhpati membuat saya merasakan kebencian terhadap pernikahan untuk pertama kalinya.

 

Pendahuluan Dari Jeandra

Orang sering mengatakan bahwa menikah berarti bersatu dalam satu tubuh tetapi dengan kepala yang berbeda. Saya sangat memahami makna kalimat itu. Konsep pernikahan semacam itu telah tertanam dalam pikiran saya sejak saya masih remaja. Orang tua saya, ibu dan ayah, telah membuat saya benar-benar memahami bagaimana dinamika pernikahan dan bagaimana dua individu mengarungi kehidupan berumah tangga. Masalahnya, yang berdiri menunggu saya di depan altar sana adalah Anindia. Dia Anindia, bukannya Karinina.

Kendalanya adalah saya tidak menginginkan Anindia, saya hanya menginginkan Karinina. Bagaimana mungkin saya bisa bersatu dengan Anindia jika pikiran saya selalu tertuju pada Karinina, baik secara fisik maupun emosional?

The Architecture of Love | Di balik Pena

Apa yang lebih menyakitkan daripada kenyataan bahwa Anindia telah menikah karena perjodohan? Pernikahan Anindia atau yang sering disapa Anin terjadi untuk memenuhi keinginan terakhir seseorang bukan didasari oleh cinta dan itulah kenyataan yang paling menyakitkan yang harus dia terima. Namun, seolah belum cukup dengan penderitaannya, Anin dihadapkan pada ujian lain ketika dia mengetahui fakta lain tepat saat pernikahannya berlangsung.

Perempuan itu telah bersiap untuk berdiri di samping Papa, wajahnya terhias dengan rapi, menambah sinar kecantikannya. Papa berkali-kali menundukkan kepala sambil memegang erat kedua tangannya, berusaha menahan air mata agar tidak jatuh di hadapan anak perempuannya. Anin tersenyum tipis tanpa diketahui sebari memalingkan matanya ke arah lain untuk berpura-pura tidak melihat bagaimana Papanya yang sedang berjuang menahan tangis.

Dalam genggaman tangan kirinya, perempuan itu memegang sebuah buket mawar berwarna merah muda, yang dia tatap dengan rasa kagum yang meluap-luap. Rambutnya dihias dengan indah, diberi sanggul yang dihiasi dengan bunga dan kain tulle, sehingga membuatnya terlihat seperti seorang putri kerajaan yang siap melangkah menuju istana untuk bertemu dengan sang pangeran. Anin berharap begitu. Namun, orang yang dia temui bukanlah pangeran yang akan membawanya ke kebahagiaan rumah tangga. Sosok di depannya bukanlah pangeran yang dia harapkan. Entah bagaimana seharusnya dia menyebut sosok tersebut, yang pasti tatapan tajam dan kilat amarah yang terpancar dari mata elang milik lelaki itu, membuat Anin menyadari bahwa ada badai besar yang menunggu untuk menghancurkan hidupnya.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Hold On, It Hurts

Hold On, It Hurts

button cek gramedia com

Pros & Cons

Pros
  • Premis cerita menarik.
  • Alur dan konflik membuat pembaca tenggelam ke dalam cerita.
  • Karakter dan perkembangannya baik.
  • Menyajikan plot twist tidak terduga.
Cons
  • Alur cerita lambat.
  • Cerita terlalu panjang.
  • Banyak hiperbola yang ditemukan.

Kelebihan Novel Hold On, It Hurts

Hold On, It Hurts

button cek gramedia com

Novel Hold On, It Hurts karya Noveni Adelia memiliki banyak kelebihan yang menjadikannya bisa diadaptasi menjadi novel dan best seller. Novel ini menyajikan premis cerita cinta yang cukup mainstream, tetapi selalu seru untuk diikuti, yakni tentang perjodohan. Noveni Adelia berhasil mengemas cerita ini secara baik, sehingga pembaca bisa merasa tenggelam ke dalam cerita ketika membaca novel ini.

Alur yang dipakai Adel dalam novel ini adalah alur maju dan mundur. Pembaca akan dibawa menyusuri masa depan dan masa lalu para tokohnya ketika menghadapi  berbagai konflik yang kompleks. Konflik-konflik tersebut pun berhasil membuat perasaan pembaca menjadi campur aduk. Pembaca bisa menginvestasikan emosinya selama membaca novel ini.

Noveni Adelia berhasil membangun karakter secara kuat dan saling bertolak-belakang, sehingga mendukung kisah ini yang didominasi perbedaan. Dinamika dialog dan interaksi antartokoh realistis, dan perkembangan karakternya sangat baik. Perkembangan karakter yang ditampilkan tidak muluk-muluk dan masuk akal sesuai dengan timeline cerita.

Kisah ini juga menyajikan plot twist yang tidak terduga lho, Grameds! Siap-siap saja untuk menemukan kejutan yang mencengangkan. Secara keseluruhan, novel Hold On, It Hurts yang diadaptasi dari Alternate Universe ini menjadi salah satu novel adaptasi yang direkomendasikan, karena nyaman untuk dibaca.

Kekurangan Novel Hold On, It Hurts

Hold On, It Hurts

button cek gramedia com

Meskipun Novel Hold On, It Hurts karya Noveni Adelia memiliki banyak kelebihan, novel ini tetap tidak luput dari kekurangan. Lambannya alur cerita yang membuat pembaca merasa terjebak dalam waktu yang berkepanjangan. Setiap langkah cerita terasa seperti melambat, menghambat pengembangan plot yang seharusnya lebih dinamis dan menarik. Selain itu, panjangnya cerita juga menjadi masalah yang signifikan. Bagian-bagian yang terlalu memanjang tanpa tujuan yang jelas membuat pembaca merasa kehilangan fokus dan kehilangan minat dalam mengikuti perjalanan karakter. Penggunaan hiperbola yang berlebihan juga menjadi kelemahan yang mencolok. Ketika terlalu banyak hiperbola digunakan, keaslian cerita terganggu dan karakter serta situasi menjadi tidak realistis

Pesan Moral Novel Hold On, It Hurts

Hold On, It Hurts

button cek gramedia com

Dari novel Hold On, It Hurts ini, pembaca diingatkan untuk tidak memaksakan kehendak diri sendiri. Jangan menjadi seperti orang tua Anindia dan Jeandra yang memaksakan keinginannya untuk menjodohkan kedua anaknya. Keinginan berdasarkan kepentingan pribadi atau keputusan yang didasarkan dengan pemikiran “demi kebaikan”.

Kita pasti sering mendengar orang tua mengambil keputusan untuk anaknya dengan alasan untuk kebaikannya. Hal itu tidak salah, tetapi jika sang anak sudah dewasa, pengambilan keputusan sebaiknya dilakukan oleh seseorang yang sudah dewasa tersebut. Sebaiknya, orang tua hanya memberikan saran dan nasehat saja.

Sebab, kehidupan sejatinya adalah milik orang yang menjalaninya. Maka dari itu, mereka memiliki hak penuh untuk menentukan jalan hidupnya sendiri. Jangan menginvestasikan kehidupan anak demi kehidupan kita. Selalu ingat bahwa anak tidak memilih untuk dilahirkan oleh orang tua.

Nah Grameds, itu dia sinopsis, ulasan, dan pesan moral dari novel Hold On, It Hurts karya Noveni Adelia. Yuk kita cari tahu kelanjutan kehidupan pernikahan Anindia dan Jeandra dengan membaca buku ini yang bisa kamu dapatkan hanya di Gramedia.com! Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan informasi dan produk terbaik untuk kamu.

Penulis: Gabriel

 

Rekomendasi Buku

Hold On, It Hurts – Happy Version

Hold on, it Hurts - Happy Version

button cek gramedia com

Anindia sama sekali tidak menyangka kalau setelah bertahun-tahun berpisah dari Jeandra, keduanya akan kembali dipertemukan melalui perjodohan yang mengharuskan mereka bersatu dalam ikatan pernikahan. Anin kira, dirinya akan baik-baik saja. Namun ternyata, melibatkan diri dengan Jeandra membuat kehidupannya semakin hancur dan membuatnya sadar kalau sejak dulu, harusnya Anindia memilih untuk kabur. Akankah ada kesempatan kedua untuk hubungan keduanya?

Bagi seorang wanita cerdas yang berprofesi sebagai dokter profesional, Anindia mengharapkan sebuah pernikahan yang akan berlangsung seumur hidup. Namun, ketika kenyataan mengatakan bahwa Laksamana Jeandra Galuhpati, sang mantan kekasih yang akan menjadi suaminya, Anindia seharusnya sudah paham bahwa kehidupan pernikahannya tidak akan berjalan dengan baik-baik saja. Apakah bisa Anindia bertahan sampai akhir dengan segala sifat buruk yang diberikan Jenadra untuknya? Apakah penyesalan adalah sebuah kenyataan yang harus Jeandra terima? Atau, kesempatan kedua akan hadir di tengah mereka untuk mengubah segalanya?

 

Tangled Up in Love

Tangled Up in Love

button cek gramedia com

“Haruskah Dia Memotong Dan Berlari…Ditinggalkan di altar sekali saja sudah cukup bagi eksekutif berkekuatan tinggi dan gila kerja Stacey St. Cyr. Stacey seharusnya sedang berlibur di spa mewah. Sebaliknya dia terjebak di Doolittle, populasi Arkansas berikutnya -tidak ada apa-apa — menyaksikan dokter hewan peliharaan seksi dari kota kecil Michael Halliday melakukan keajaiban pada anjing collie-nya yang kolik. Dan yang terpikir oleh Stacey hanyalah betapa menyenangkannya memiliki tangan Michael yang lembut dan berbakat padanya.

…Atau Mengikat Simpul? Ini gila! Dia pedesaan, dia kota besar; dia sibuk, dia santai. Dan jika kedua putrinya yang masih kecil tidak mau menjadi orang yang giat dan seksi, akan ada masalah BESAR bagi ayah tunggal ini. Namun, jika dia bisa membuat Stacey rileks dan belajar untuk hidup sedikit, mungkin dia bisa mengikuti kemana hatinya menuntunnya — dan menikmati hal yang rumit, berantakan, dan manis yang disebut cinta.

 

A Piece of Tale – A Tale of Loss

A Piece Of Tale (A Tale Of Loss)

button cek gramedia com

Anindia, sayang, kalau nanti ada kesempatan untuk kita hidup satu kali lagi, aku nggak akan memaksa agar kamu mau terlahir jadi Anindia yang sama. Kamu bebas memilih mau hidup sebagai siapa dan bersama siapa, asal di sana, kamu bisa hidup bahagia. Kalau memang nantinya, bahagia buat kamu berarti harus dijalani tanpa aku, aku nggak apa-apa. Anindia, sayang, terima kasih karena sudah pernah jadi punyaku, ya? Love, Jeandra.

Sejak pertemuan pertama mereka di akhir tahun 2017, Anin sudah menjadi bagian penting dalam hidup Jean. Setelah sempat berpisah selama tiga tahun dan menjalin hubungan dengan perempuan lain karena sebuah kejadian di masa lalu, Anin masih menjadi jawaban dari semua pertanyaan yang berkumpul di kepala Jean. Kemudian setelah mereka menikah, melewati banyak rintangan rumah tangga hingga hampir mengucap kata cerai, sampai akhirnya Jean ditinggalkan untuk selamanya, Anin tetap menjadi satu-satunya perempuan yang Jean cintai sebanyak itu sampai rasanya, Jean hampir gila.

Sumber:

  • https://www.wattpad.com/story/294837181-hold-on-it-hurts
  • https://x.com/lalalafindyou/status/1423249432821178370?s=46&t=BK8XuJw3AJMpuB4dHfEw0g

Written by Adila V M