in

10 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Bertema English Classics

unsplash.com

Novel Bahasa Inggris – Apakah Grameds suka membaca novel? Sekarang, sudah banyak sekali novel di toko buku yang sesuai dengan genre serta demografi favorit Grameds, termasuk novel bahasa Inggris. Kalian tidak lagi perlu khawatir tidak bisa menemukan novel yang kalian inginkan, karena memang faktanya semudah itu untuk menemukannya.

Grameds juga dimudahkan dengan website atau aplikasi yang menjual aneka ragam novel. Jadi, kalian tidak lagi perlu repot-repot datang ke toko buku dan keliling mencari novel bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia yang kalian inginkan. Cukup mengunjungi website atau aplikasi di HP Grameds, dan kalian bisa mencari serta membeli novel yang kalian mau.

10 Novel Bahasa Inggris Bertema English Classics

Apakah Grameds suka membaca novel bahasa Inggris? Jika iya, maka Grameds sudah pasti mengunjungi artikel yang tepat, karena kali ini kami memberikan 10 rekomendasi novel bahasa Inggris bertemakan English Classics. Apa itu English Classics?

English Classics adalah sekumpulan novel bahasa Inggris yang populer dan dicetak ulang oleh Gramedia. Grameds pasti pernah mendengar beberapa judul novel yang nantinya akan kami rekomendasikan, karena judul-judul tersebut memang sepopuler itu, lho.

Banyak dari novel ini yang sudah dibuat sejak abad ke-20, atau bahkan lebih lama dari itu. Meskipun sudah sangat lama, novel-novel bahasa Inggris ini masih diburu oleh pembaca karena ceritanya yang menarik serta gaya penulisannya yang khas. Rasanya pembaca tidak pernah bosan membaca ulang kisah-kisah ini.

Itulah alasan kenapa novel ini layak menyandang titel sebagai English Classics. Jadi, bagi Grameds yang memang suka membaca novel bahasa Inggris atau ingin mencoba membaca novel bahasa Inggris, kalian bisa banget melihat-lihat rekomendasi dari kami. Semoga saja ada yang bikin kalian tertarik untuk membaca ya! Selamat membaca, Grameds!

1. The Merry Adventures of Robin Hood

Novel Bahasa Inggris

Dari namanya saja Grameds sudah bisa mengetahui cerita tentang novel ini. Ya, ini adalah kisah buronan asal Inggris Robin Hood beserta pengikutnya yang disebut sebagai Merry Men, yang terkenal mencuri dari orang-orang kaya dan memberikan hasil curiannya kepada orang miskin.

Premis novel ini memang terkesan seperti bacaan anak-anak, dan itu memang benar adanya. Meskipun begitu, Grameds yang sudah berusia dewasa juga tentu bisa membaca novel The Merry Adventures of Robin Hood. Grameds bahkan bisa melihat dari sudut pandang lain yang tidak bisa dilihat oleh anak-anak.

Novel ini pertama kali terbit pada tahun 1883. Adalah Howard Pyle, sosok penulis asal Amerika Serikat di balik salah satu novel legendaris ini, yang kebetulan juga merangkap jadi ilustrator. Karya Howard Pyle ini langsung meledak ketika dipublikasikan ke masyarakat.

Mereka amat mencintai sosok Robin Hood dan kawan-kawannya. Potretnya sebagai penjahat dengan sifat heroik sukses menarik perhatian banyak pembaca. Dan hingga kini, kelihatannya karakter Robin Hood masih mampu memikat banyak pembaca. Apakah Grameds akan menjadi salah satunya?

2. Mrs. Dalloway

Novel Bahasa Inggris

Apakah Grameds pernah mendengar nama Virginia Woolf? Jika iya, apakah Grameds sudah tahu bahwa wanita kelahiran 25 Januari 1882 ini dianggap sebagai salah satu sastrawan terbesar di dunia? Karena karya yang wanita asal Inggris buat ini memang sudah diakui sebagai yang terbaik.

Dan salah satu karya terbaiknya, adalah novel Mrs. Dalloway ini. Ketika kali pertama diterbitkan pada tahun 1925, novel tersebut menuai reaksi beragam dari berbagai kalangan masyarakat. Tetapi, saat ini, orang-orang amat menyukai kisah yang dituangkan Virginia Woolf dalam novelnya ini.

Kisahnya sendiri berkutat kepada Clarissa Dalloway, menemukan Septimus Warren Smith, tewas akibat bunuh diri dalam suatu pesta yang dia helat. Clarissa mempelajari latar belakang Septimus yang merupakan prajurit veteran dari perang dunia pertama yang mengalami depresi. Kisah Septimus terus terngiang di kepala Clarissa.

Alur ceritanya yang unik, pemilihan diksi, serta dialog menarik membuat banyak pembaca jatuh hati pada novel ini. Virginia Woolf juga menyinggung isu yang saat itu dianggap tabu oleh masyarakat, seperti depresi, homoseksual, dan feminisme. Dapat dikatakan beberapa tema tersebut sesuai dengan beberapa peristiwa di zaman modern.

3. Alice’s Adventures in Wonderland

Novel Bahasa Inggris

Lagi-lagi ini merupakan judul yang seharusnya Grameds pernah dengar. Karya fiksi ini sudah pernah diadaptasikan ke dalam animasi dan juga live action. Dan sesuai dengan judulnya, novel ini mengisahkan petualangan gadis bernama Alice ketika dia jatuh ke dalam sebuah lubang saat mengikuti seekor kelinci misterius.

Serupa dengan novel Robin Hood, Alice’s Adventures in Wonderland memang sekilas tampak seperti kisah untuk anak-anak. Apalagi dengan latar seperti itu, kita menganggap perjalanan Alice di dunia misterius tersebut terkesan berwarna dan ceria. Padahal, novel ini justru lebih cocok dibaca oleh pembaca kalangan dewasa.

Di dalam novel tersebut, terdapat sejumlah permainan kata yang sukar dipahami oleh anak kecil. Selain itu, dalam novel ini juga mengandung banyak metafora unik dan bahkan menerapkan unsur nihilisme di dalamnya. Sesuatu yang anak-anak pada umumnya belum bisa pahami.

Membaca novel ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi Grameds. Tetapi, jika Grameds berhasil menyelesaikan novel ini, kalian akan mendapat pengetahuan lebih dalam seputar dunia literatur, dan tentunya cerita dari salah satu karya fiksi yang dianggap oleh banyak kalangan orang sebagai yang terbaik di eranya.

4. Through Looking The Glass

Novel Bahasa Inggris

Novel yang kali pertama terbit tahun 1871 ini merupakan sekuel dari novel Alice’s Adventures in Wonderland, yang sebelumnya terbit di tahun 1865. Seperti prekuelnya, novel ini juga mendapat sambutan hangat dari banyak pembaca dan berhasil membedakan dirinya dengan karya sebelumnya tanpa menghilangkan identitas sang penulis.

Through Looking The Glass mengisahkan Alice yang kembali masuk ke dunia fantasi, kali ini dengan cara memanjat lewat cermin di rumahnya. Dunia tersebut merupakan dunia di mana semuanya terbalik layaknya refleksi dari kaca, mulai dari pijakan tempat dia berdiri, hingga logika dari penghuninya.

2 novel di atas adalah buah hasil dari Lewis Carroll. Pria bernama asli Charles Lutwidge Dodgson ini merupakan sastrawan asal Inggris yang tidak hanya dikenal dari novel-novelnya saja, melainkan juga puisi-puisinya. Dirinya dianggap sebagai salah satu sastrawan paling berpengaruh di abad ke-19.

Dan rasanya tidak salah menganggap Lewis Carroll dengan predikat tersebut. Karena hingga sekarang, kedua novel buatannya masih gemar dibaca oleh berbagai kalangan di berbagai belahan dunia. Apakah Grameds juga akan menjadi salah satu pembacanya?

5. Persuasion

Novel Bahasa Inggris

Jika Grameds tertarik dengan sinopsis dari novel Mrs. Dalloway, kalian mungkin juga tertarik untuk membaca novel Persuasion karya Jane Austen ini. Terbit di tahun 1817, kepopuleran novel ini terus menanjak dan hingga kini, masih menjadi wishlist dari banyak pecinta novel.

Novel ini mengisahkan romansa antara wanita asal Inggris bernama Anne Elliot dan perwira angkatan laut bernama Frederick Wentworth. Mereka sebelumnya sempat menikah, namun akhirnya bercerai karena Anne dipersuasi oleh keluarganya. 7 tahun berselang mereka kembali bertemu, dan kelihatannya akan mengulang kisah mereka sebelumnya.

Kisah Anne Elliot dan Frederick Wentworth ini menyita banyak perhatian pembaca. Kualitas novel ini tidak berhenti sampai di situ saja. Dalam narasinya, Jane Austen juga menerapkan gaya kebahasaan puitis dan juga romantis, sesuatu yang bisa menjadi pengalaman unik dan berbeda bagi sejumlah pembaca.

Jane Austen juga menyelipkan banyak sekali adegan di mana karakter membujuk dan terbujuk dalam tulisannya ini, sesuai dengan judul dari novel ini: Persuasion. Kita seakan disadarkan betapa mudahnya manusia termakan oleh bujukan-bujukan orang lain, atau bahkan diri sendiri.

6. Emma

Novel Bahasa Inggris

Novel Persuasion bukanlah satu-satunya novel yang dibuat oleh Jane Austen. Masih ada lagi beberapa novel yang pernah dibuat oleh wanita kelahiran 17 Desember 1775. Novel lain yang juga mendapat popularitas lebih dari novel Persuasion, adalah novelnya dengan judul Emma.

Terbit di tahun 1815, novel ini mengisahkan tentang kisah percintaan di sebuah desa fiktif dan pemukiman fiktif di Inggris. Drama romansa ini terjadi kepada sejumlah penduduk di lokasi tersebut, namun tetap memiliki fokus kepada karakter utamanya, Emma Woodhouse. Dan layaknya kisah percintaan, Grameds akan menemukan manis-pahit dari jatuh cinta.

Sejumlah kritikus novel amat menyukai novel ini. Beberapa dari mereka bahkan berkata kalau tidak ada kata-kata lain yang bisa mendeskripsikan novel tersebut selain “luar biasa”. Tidak hanya itu, novel ini juga dianggap sebagai salah satu novel yang merevolusi industri sastra.

Dapat diwajarkan jika beberapa dari Grameds cukup skeptis akan predikat “revolusioner” terhadap novel ini. Namun, faktanya memang novel ini begitu disukai oleh banyak orang. Jane Austen bahkan dianggap menginspirasi sejumlah novelis romansa lainnya dengan karyanya ini.

7. Dubliners

Novel Bahasa Inggris

Novel ini dikarang oleh pria asal Irlandia bernama James Royce, yang terbit pada Juni 1914. Novel tersebut berisikan sekumpulan cerita pendek mengenai kisah hidup orang-orang di Irlandia. Grameds dapat menikmati banyak cerita berbeda dalam berbagai macam genre.

Kisah “The Sisters” misalnya, menceritakan seorang anak laki-laki mendengar beberapa cerita kurang menyanjung tentang sang ayah yang dulunya merupakan seorang pendeta. Atau kisah “The Boarding House”, menceritakan keberhasilan Mrs. Mooney mengarahkan putrinya, Polly, ke dalam pernikahan dengan tamu penginapannya, Mr. Doran.

Dan masih terdapat cerita-cerita lain di dalam novel Dubliners. Terhitung Grameds bisa menikmati 15 cerita pendek berbeda, dengan latar, karakterisasi, serta sudut pandang berbeda. Grameds tidak akan merasa bosan ketika membaca cerita-cerita di novel ini, karena setiap cerita memiliki keunikannya tersendiri.

Yang menarik, banyak kritikus memperdebatkan makna dari cerita-cerita di dalam novel ini. Hingga akhirnya ada juga yang berargumen kalau sebenarnya James Royce tidak memiliki makna mendalam di tulisannnya. Jika Grameds tertarik membaca novel ini, kalian mungkin akan memiliki pandangan berbeda dari para kritikus tersebut.

8. The Call of The Wild

Novel Bahasa Inggris

Bagi Grameds yang juga gemar menonton film, mungkin pernah mendengar judul ini. Film yang rilis pada Februari tahun 2020 tersebut dibintangi oleh aktor ternama Harrison Ford, dan mendapat sambutan cukup hangat dari penggemar film. Tetapi, tahukah Grameds bahwa film ini merupakan adaptasi dari novel yang sudah terbit sejak tahun 1903?

Novel dengan judul yang sama ini dikarang oleh novelis bernama Jack London. Sosok ini berasal dari Amerika Serikat dan memang terkenal dengan kemampuannya menulis novel fiksi yang melekat di masyarakat pada saat itu. Dirinya juga dianggap sebagai pelopor dari genre science fiction.

Tetapi, novel The Call of The Wild bukanlah novel science fiction, melainkan novel bertemakan petualangan, mengisahkan kehidupan seekor anjing bernama Buck, setelah diculik dan dijual dari pemilik aslinya, oleh tukang kebun yang melakukan hal tersebut untuk membayar utangnya karena kalah judi.

Kisah Buck dalam novel ini memikat perhatian orang-orang Amerika Serikat pada saat itu. Beberapa pakar menganggap novel ini masih menjadi salah satu novel tersukses di pasaran. Apakah Grameds tertarik untuk mengikuti perjalanan hidup dari Buck?

9. The Railway Children

Novel Bahasa Inggris

The Railway Children menceritakan kehidupan seorang keluarga, yang saat itu mengalami musibah karena sang ayah ditangkap akibat dituduh bekerja sebagai mata-mata. Anak-anak dari sang ayah berusaha melakukan segalanya demi membebaskan ayahnya dari tuduhan tersebut.

Dari sinopsis di atas, Grameds mungkin bisa menduga bahwa novel ini merupakan novel yang ringan untuk dibaca. Ini disebabkan karena novel keluaran tahun 1906 ini memang ditujukan untuk anak-anak. Pengarangnya sendiri, Edith Nesbit, memang dikenal sebagai penulis buku anak-anak.

Meskipun begitu, kisah perjuangan anak-anak tersebut menggugah hati banyak pembacanya. Novel ini bahkan sudah berkali-kali mendapat adaptasi film. Di antara banyaknya film-film dengan cerita yang sama, kritikus dan penggemar novel ini menganggap film keluaran tahun 1970 adalah versi terbaik dari novel ini.

Jika Grameds menyukai novel-novel bertemakan anak-anak seperti kisah Robin Hood yang tadi sudah dibahas, novel ini bisa menjadi rekomendasi untuk kalian. Selain jalan ceritanya yang bagus, pemilihan kata dalam novel ini cocok bagi Grameds yang baru ingin memulai membaca novel bahasa Inggris.

10. Robinson Crusoe

Novel Bahasa Inggris

Novel karya dari Daniel Defoe ini adalah novel tertua yang ada dalam daftar rekomendasi ini. Novel ini kali pertama terbit pada tahun 1719. Meskipun sudah eksis dari 300 tahun yang lalu, dapat dikatakan bahwa novel ini adalah salah satu pionir bagi novel-novel lain di masa mendatang.

Kisah dari novel tersebut berkutat pada kehidupan Robinson Crusoe, yang berlayar dari Kingston upon Hull, Inggris, untuk mengejar karirnya di bidang hukum. Naas, kapal yang dia tumpangi karam, dan dia terdampar di sebuah pulau. Lebih buruk, kapal tersebut diambil alih oleh bajak laut, dan Robinson Crusoe diperbudak oleh mereka.

Lagi-lagi kita disuguhkan novel bertemakan petualangan, kali ini dengan sentuhan historis yang cenderung membuat Grameds berpikir bahwa ini merupakan bacaan non-fiksi. Pada kenyataannya, novel ini murni fiksi dan hanya dibuat berdasarkan pemikiran Daniel Defoe sebagai penulis.

Robinson Crusoe memiliki detail yang luar biasa dalam narasinya. Selain itu, gaya penulisannya yang menyerupai autobiografi, membuat banyak orang merasa bahwa cerita ini nyata. Tidak heran pakar sastra menganggap bahwa novel ini menjadi tolok ukur bagi novel-novel lain dengan tema yang sama.

Itulah 10 novel bahasa Inggris rekomendasi Gramedia dengan tema English Classics. Semoga saja di antara novel-novel ini, terdapat novel-novel yang bisa menarik perhatian Grameds. Tidak hanya sekadar tertarik mendengar premis dan plot tentunya, melainkan juga sampai bisa dibaca.

Jika Grameds benar-benar ingin membeli dan membaca novel-novel tersebut, ayo segera kunjungi website kami di www.gramedia.com. Di sana, kalian bisa menemukan banyak sekali novel berkualitas persembahan Gramedia, #SahabatTanpaBatas, yang cocok menemani hari-hari Grameds agar kalian memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: M. Adrianto S.

Written by Ananda